Keibodan dan Heiho
(Foto: tawangsarikampoengsedjarah.wordpress.com)

Keibodan dan Heiho: Awal Pendirian, 3 Cara Kerja

Diposting pada

Keibodan dan Heiho merupakan organisasi masa kepemerintahan Jepang di Indonesia yang tersebar di seluruh wilayah. Bertujuan untuk memperkuat kedudukan dan posisi di Asia dalam perangi sekutu.lalu, apa perbedaan antara keduanya?

Fifih Fauziyah, Konsep Organisasi – organisasi.co.id

Masa kependudukan Jepang di tanah air Indonesia mulai 8 Maret 1942 sampai 17 Agustus 1946, berdasarkan hasil pukul mundur pasukan Belanda di berbagai wilayah strategis serta terima penyerahan tanpa persyaratan dari Belanda.

Masa pemerintah tersebut terbilang cukup singkat, sekitar 3,5 tahun, sangat jauh daripada Belanda sampai 350 tahun. Tetapi, pendudukan Jepang ini lebih kejam bahkan menyengsarakan.

Selama masa tersebut, Jepang berhasil membentuk beberapa organisasi pada umumnya perekrutan yang Jepang ambil dari rakyat lokal.

Jepang membentuk organisasi tersebut memiliki tujuan agar dapat memperkuat kedudukan di tanah jajahan serta posisi di Asia untuk memerangi sekutu.

Awalnya armada perang, Jepang mendirikan beberapa organisasi militer Indonesia supaya pasukan Jepang melawan sekutu semakin bertambah.

Organisasi-organisasi produk Jepang yaitu PETA, Heiho, Keibodan, Jawa Hokokai, Seinendan, Funjinkai dan Jibakutai.

Adanya organisasi-organisasi tersebut tidak hanya dapat memperkuat pihak Jepang, namun mampu mendoktrin rakyat tanah air.

Dengan demikian, tidak dapat kita pungkiri adanya organisasi dari Jepang justru menjadi pematik juang bebasnya kemerdekaan untuk Indonesia.

Berakhirnya pendudukan Jepang pada 17 Agustus 1945, proklamasi Kemerdekaan ini oleh Soekarno dan M.Hatta.

Keibodan dan Heiho: Awal Pendirian, Cara Kerja, dan Perbedaan

Berdasarkan yang telah bahas di atas, selama 3,5 tahun Jepang membentuk berbagai organisasi militer serta semi militer untuk membantu perang.

Jepang kerahkan rakyat Indonesia khususnya pemuda pada berbagai organisasi yang memiliki sifat militer dan semi militer.

Mengapa? Berdasarkan bangsa Jepang, pemuda Indonesia tidak di kawasan yang sama sekali belum terpengaruh Barat.

Selain itu, Jepangpun membantu propaganda bersama gerakan Tiga A bersama semboyan khasnya. Jepangpun memberi pendidikan umum ataupun pendidikan khusus bagi pemuda negeri.

Pendidikan umumpun berupa SR atau Sekolah rakyat maupun setara dengan SD dan SM, sedang pendidikan khusus, adalah berupa latihan.  

Keibodan secara bahasa merupakan organisasi yang terbentuk oleh Jepang yang merupakan Barisan Pembantu Polisi maupun Laskar Penjaga Keamanan rakyat.

Sejarah Selanjutnya…

Terbentuk pada 29 April 1943 dengan Seinendan pimpinannya Gunseikan. Tujuan pembentukannya yaitu agar dapat membantu polisi pemerintah Jepang di masa penjajahan Jepang.

Motifnya yaitu memberi pelatihan militer terhadap pemuda Indonesia agar dapat membela negara dari berbagai gangguan musuh.

Namun, selain itu  terselip dari niatnya Jepang agar mempunyai cadangan pasukan ketika perang lawan sekutu.

Keibodan di Sumatera terkenal dengan istilah Bogodan, sedang di Kalimantan terkenal dengan Sameo Koen Hokokudan.

Pada kalangan Cina terbentuk seperti halnya Keibodan yaitu Kayo Keibotai. Pembinanya yaitu disebut Keimumbu. Anggotnya para pemuda sekitar usia 20 hingga 35 tahun kira-kira jumlahnya sejuta pemuda.

Tugasnya untuk membantu polisi, yaitu atur lalu lintas serta menjaga keamanan desa-desa. Pembina Keibodan merupakan Keimubu/departemen kepolisian.

Organisatoris lain baca ini: Pemberontakan Bersenjata: 6 Daftar dan Ideologinya

Yang mana termasuk organisasi kepolisian sampai kepala polisi harus tanggung jawab atas keibodan yang terdapat di masing-masing daerahnya.

Heiho merupakan organisasi bentukan Jepang yang beraggotakan para perajurit Indonesia sehingga dapat memperkuat militer angkatan laut, udara, serta kepolisian.

Heiho ini tidak hanya di Indonesia, namun terdapat pula seluruh daerah Jepang misalnya di Vietnam, Burma, Malaya, dan Singapura.

Utama dalam aktivitasnya yaitu membangun pertahanan, membantu para tentara Jepang untuk peperangan, dan menjaga kamp pertahanan.

Sebagai salah satu paramiliter, Heiho ini lebih terlatih daripada organisasi-organisasi lain. Jumlah keanggotaan Heiho sampai masa penduduk Jepang mencapai 42.000 lebih.

Perekrutannyapun mempunyai syarat ketat, yaitu usianya 18 hingga 25 tahun, berkepribadian dan berkelakuan baik, sehat jasmani rohi, pendidikan minimal SR/SD.

Awal Pendirian

(Foto: vredeburg.id)

Penting sekali sebagai warga Negara Indonesia memahami dan mengetahui banyak mengenai sejarah Indonesia organisasi Keibodan, salah satunya yaitu awal pendirian Heiho berikut.

Awal pendirian Keibodan

Keibodan atau Korps Kewaspadaaan merupakan organisasi semi militer beranggotakan pemuda yang memiliki usia 25 hingga 35 tahun.

Organisasi tersebut terbentuk pada april 1943 yang bertujuan membantu Polisi di masa penjajah oleh Jepang.

Keibodan mempunyai ketentuan utama sama halnya dengan Heiho, supaya setiap kalangan bisa masuk dan harus mempunyai tubuh sehat serta kepribadiannya baik.

Apabila dari segi usia anggota, keibodan ini lebih matang serta siap membantu para tentara Jepang untuk ketertiban dan keamanan.

Misalnya kegiatan membantu kepolisian dalam mengatur pengamanan desa serta lalu lintas. Organisasi Seinendan serta Keibodan ini awal berdirinya di seluruh pelosok Indonesia, meski memiliki nama berbeda-beda.

Seperti di Sumatera terkenal Bogodan, sedangkan Kalimantan terkenal Borneo Konan Kokokudan. Selain di Negara kita, penduduk Cinapun kenali organisasi yang satu ini sebutannya adalah Kakyo Keibotai.

Awal pendirian Heiho

Heiho atau Pasukan Pembantu Prajurit Jepang merupakan organisasi beranggotakan prajurit Indonesia yang melaksanakan pertahanan, baik angkatan darat ataupun laut.

Perkumpulan ini terbentuk berdasarkan intruksi angkatan darat kerajaan Jepang 2 September 1942 kemudian di bulan April 1945 sebagai cikal bakal.

Heiho atau tentara pembantu merupakan pasukan dari tanah air Indonesia, pembentukannya oleh tentara Jepang di masa perang dunia II.

Heihopun termasuk sebuah organisasi militer selain Gyugun dan PETA. Namun, pemuda Indonesia yang gabung bersama Heihopun tidak pernah memiliki jabatan maupun pangkat tinggi.

Berbeda pula untuk pemuda yang gabung pada PETA maupun Gyugun selalu terdapat promosi naik jabatan atau pangkat.

Diskriminasi tersebut berlanjut pada seluruh Heiho kelautan dan darat yang mana harus memberikan hormat terhadap warga Jepang.

Terdapat pula perbedaan gaji, makanan, dan akomodasi yang disesuaikan oleh strata sosial Heiho itu sendiri.

Sebulannya, gaji yang didapatkan 30 perak bagi bujangan serta 35 perak bagi yang sudah rumah tangga. Padahal pemuda memiliki harapan, perekrutannya sebagai pijakan militer dapat meningkatkan gaji Jepang serta terhindar dari Romusa.

Cara Kerja Keibodan dan Heiho

Setiap organisasi memiliki cara kerja yang menjadi khas setiap masing-masing organisasi. Berikut cara kerja keibodan dan Heiho.

Cara kerja keibodan

Keibodan adalah salah satu organisasi semi militer terbentuk tahun 1943. Anggotanya yaitu para pemuda yang memiliki usia 23 hingga 25 tahun.

Cara kerjanya yaitu membantu polisi saat bertugas yaitu menjaga keamanan lalu lintas, sebagai mata-mata, keamanan desa serta lainnya.

Keibodan tersebut selain agar dapat memperkuat disiplin serta tingkat kewaspadaan masyarakatpun agar tidak terpecah belah.

Keibodan ini mendapat pengawasan dari para tentara Jepang, karena dapat menghindari pengaruh kaum nasionalis terhadap badan yang satu ini.

Di pelosok Indonesia telah terbentuk sejak lama meski memiliki nama berbeda-beda setiap daerahnya.

Cara kerja Heiho

Tujuan berdirinya Heiho merupakan sebagai pembantu angkatan perang serta masuk sebagai bagian dari para tentara Jepang, cara kerjanya yaitu :

  • Membantu pertahanan
  • Membantu Jepang untuk peperangan
  • Menjaga pertahanan

Organisasi tersebut khusus bagi bidang kemiliteran sampai terlatih daripada organisasi-organisasi lain. Heiho tersebut terbagi bagian-bagiannya, baik angkatan darat, laut, maupun kepolisian.

Organisatoris lain baca ini: Tujuan Pemberontakan OPM, Sejarah Dan Fakta

Heihopun memanfaatkan pasukannya untuk tenaga kasar dalam peperangan, misalnya memelihara senjata-senjata perang, memindahkan senjata serta peluru ke atas truk dari gudang.

Agar menjadi anggota organisasi ini tidak begitu mudah, terdapat persyaratan harus terpenuhi, syarat-syarat itu antara lain:

  • Memiliki usia 18 hingga 25 tahun
  • Badan sehat jasmani rohani
  • Berkelakukan serta berkepribadian baik
  • Pendidikan minimal SD

Jumlah anggotanya kisaran 42ribu orang, dari semenjak berdiri sampai akhir masanya. Dari keseluruhan itu, 25 orang yaitu penduduk Jawa.

Tetapi, tidak terdapat seorangpun memiliki pangkat pejabat/perwira, karena pangkat pejabatnya untuk kalangan Jepang.

Perbedaan Keibodan dan Heiho

(Foto: minews.id)

Heiho maupun terkenal dengan istilah pasukan pembantu adalah kumpulan prajurit dari Indonesia yang langsung bertempat di organisasi Jepang.

Heiho ini mempunyai persyaratan khusus untuk gabung menjadi anggotanya yaitu minimal 18-25 tahun, mempunyai badan sehat, kelakukan baik, serta pendidikan minimal Sekolah Dasar.

Lalu, apa tujuan terbentuknya Heiho? Yaitu untuk membantu para tentara Jepang dalam membangun pertahanan, menjaga tatanan, serta membantu dalam medan perang.

Organisasi ini lebih terlatih oleh militer daripada organisasi Jepang yang lain. Heiho tersebut terbagi atas angkatan darat, laut, serta kepolisian.

Lalu, apa bedanya dengan organisasi Keibodan dengan Heiho? Tentunya memiliki perbedaan dari segi cara kerja dan tujuan terbentuknya.

Keibodan ini istilah lainnya yaitu kops kewaspadaan adalah organiasi yang beranggotakan pemuda, usianya 25 sampai 35 tahun.

Tujuan Terbentuknya…

Tujuan terbentuknya yaitu agar dapat melatih serta mendidik pemuda supaya bisa menjaga dan mempertahankan tanah air.

Jepang memberi palatihan Heiho secara khusus agar dapat tingkatkan keterampilan dan kualitas dari organisasi Keibodan ini selama sebulan.  Organisasi Keibodan dan Heiho ini terbetuk di daerah seluruh Indonesia.

Kita semua hidup di masa kini serta merencanakan untuk masa depan, entah bagaimana, hal-hal tersebut bertentangan dengan sebuah naluri kita untuk khawatirkan masa lampau.

Inilah  mengapa sejarah tercipta untuk dapat mempelajari masa lampau. Mengingat memiliki banyak kekhawatiran mengenai kehidupan di keluarga, universitas, uang serta lainnya.

Mengapa repot-repot  berpikir mengenai apa yang sudah terjadi serta berlalu?

Setiap studi membutuhkan berbagai alasan, setiap sarjana mempelajari historiografi menjelaskan hal-hal seperti apa terjadi pada masa lalu karena masyarakat umumnya kurang begitu tertarik tehadap subjek serta lebih skeptic mengenai mengapa harus repot-repot tahu apa tujuannya.

Mempelajari sejarah tentunya tidak dapat selamatkan nyawa serta tidak pula tingkatkan perjalanan untuk bekerja.

Namun terdapat alasan kenapa mempelajari sejarah menjadi sebuah pilar pendidikan dengan menyeluruh, :

  • Sejarah dapat membantu memahami masyarakat
  • Kontribusi terhadap pemahaman moral
  • Sejarah memberi identitas
  • Mempelajari sejarah merupakan hal penting agar dapat mewujudkan warga yang baik

Sejarah Heiho sangat penting untuk kita pelajari, mulai dari berkembangnya teknologi, identitas sampai seperti apa memahami masalah sekarang ini, berikut pentingnya belajar sejarah Indonesia Keibodan dan beberapa manfaatnya.

Memahami dunia dan perilaku masyarakat

Sejarah dapat memberi gambaran data mengenai hukum maupun teori beberapa aspek yang terdapat di kalangan masyarakat sekarang ini.

Maka itu, dengan melihat pada masa lalu, sedikit banyak menerima gambaran jelas mengenai dunia pekerjaan, misalnya seperti apa perkembangan teknologi, perilaku sosial, sistem pemerintah, serta budaya kehidupan masyarakat.

Memahami identitas

Tidak hanya mengenai identitas pribadi, sejarah dapat membantu memberi penjelasan kuat untuk pahami identitas dalam sebuah Negara, keluarga, serta kelompok. Sejarah dapat menceritakan bagaimana berkembang dari zaman ke zaman.

Memahami setiap permasalahan

Tidak dapat terlepas dari apapun yang dilakukan serta terjadi pada masa yang lalu, maka itu, mempelajari sejarah dapat membantu siapapun memahami permasalahan terjadi di hari ini serta mengambil jalan terbaik supaya hal buruk sebelumnya pernah terjadi tidak terjadi lagi di hari yang akan datang.

Daftar Pustaka

  1. Militer zaman Jepang
  2. Heiho adalah
  3. Seinendan dan fujinkai
  4. Bentuk organisasi Jepang
  5. Sejarah