Untuk menciptakan website organik yang baik, maka membutuhkan konsep paling dasar berupa SEO, yang tujuan akhirnya mendapatkan ranking terbaik mesin pencari.
Walid, SEO – Organisasi.co.id
Setelah anda memiliki domain, Maka langkah selanjutnya adalah melakukan langkah dasar untuk membuat website mendapatkan ranking terbaik. Dari search engine.
Strategi berikut ini merupakan cara yang dipergunakan oleh ahli seo dunia dan Indonesia. Demi menjadikan blog mereka menjadi yang terdepan dari site (situs) yang lain.
Tentu buat kamu yang merupakan seorang pebisnis online sangat memerlukan SEO, pada era digital yang ada sekarang.
Hal yang harus kita tanamkan dalam diri, bahwa membangun website merupakan salah satu jenis usaha profit rumahan. Yang bisa kita lakukan, apalagi pada masa kondisi ekonomi sekarang ini.
Konsep Dasar SEO
SEO dan organik adalah dua hal penting dalam pembahasan ini.
SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Sementara organik adalah “hal yang hidup, segar”. Organik ibarat tanaman yang menggunakan pupuk alami (bukan pupuk buatan). Buahnya segar dan alami.
Bagi yang mengabdikan dirinya sebagai master SEO, maka jumlah kunjungan organik merupakan ukuran keberhasilan dalam mengatur sebuah situs.
Kembali ke SEO dan organik.
Tujuan akhir dari SEO adalah mendapatkan kunjungan organik. Kunjungan organik adalah bersumber dari klik mesin pencari. Sebelum klik maka potensinya adalah impresi. (baca ulang, paragraf ini jika kepalamu mulai pening).
Mesin pencari adalah Google, Yahoo, Bing maupun duckduckgo. Manajemen mesin pencari menciptakan seperangkat sistem untuk mendetekasi website yang relevan dengan kata kunci yang kamu ketik pada mesin pencarian.
Semakin banyak kunjungan ke website dari mesin pencari, maka kredibilitas wesbite semakin baik. Dan jika kredibilitas baik, maka akan menghasilkan peringkat yang baik.
Terakhir, peringkat yang baik menciptakan profit (keuntungan usaha) yang baik berupa penghasilan adsense.
Apa Itu SEO/Optimasi Mesin Pencari?
Yang paling utama dan dasar adalah ketahui apa pengertian dari SEO, secara sepintas SEO adalah upaya optimasi mesin pencari.
Maksudnya, mengatur sedemikian rupa website agar mesin pencari mengenali ketersesuaian kata kunci dengan rekomendasi dari SE (Search Engine). Untuk melengkapi pengetahuan maka silahkan baca tulisan Pengertian SEO Dengan 23 Istilah Untuk Pemula.
Pada intinya, Optimasi dengan SEO adalah menciptakan perhatian pelanggan maupun pembaca dari halaman pencarian.
Contoh: Kamu mencari “Bisnis 2022”, pada penelusuran kamu akan temukan data sebagai berikut:
Perhatikan hasil pencarian dari kata kunci :”bisnis 2022″, kami mengambil sampel dengan SE, Duckduckgo, Yahoo dan Google.
- Duckduckgo, dengan kata kunci tersebut, memposisikan bukalapak sebagai paling rekomended. Kemudian kompas. Selanjutnya urutan ketiga adalah website bisnisukm.
- Yahoo, berbeda dengan duckduckgo, justru yang teratas adalah kompas dengan judul 5 trend bisnis menjanjikan. Lalu menyusul republika dengan jusul konten, kira-kira apa sih bisnis menjanjikan 2022. Pada urutan ketiga adalah okezone.
- Google, sebagai ponggawa mesin pencarian. Ternyata tidak ada satupun yang masuk halaman satu dari pencarian yang sama dengan duckduckgo dan yahoo. Justru menempatkan subdomain Okezone: ekonomi.Okezone.com sebagai juara pada judul Periskop 2022, deretan bisnis. Sementara urutan kedua adalah subdomain republika dengan nama retizen.republika.co.id dengan judul artikel inilah 9 bisnis menjanjikan 2022 bagi pemula. Dan urutan ketiga adalah seva.id.
Perbedaan hasil dari masing-masing pencari adalah wajar. Sebab mereka memiliki bot yang tentu berbeda. Duckduckgo memandang bahwa yang terbaik adalah bukalapak. Sementara Yahoo memandang tidak demikian, justru memandang tulisan kompas yang terbaik. Google juga mengambil sikap pembacaan yang berbeda.
Tugas Dan Cara Kerja Bot Mesin pencari
Konsep Bot pada SEO adalah sesuatu yang harus kamu ketahui.
Apa itu Bot dari mesin pencari?
Simpelnya, bot itu adalah sistem pada mesin pencari yang membaca setiap postingan kamu. Jadi jangan berpikir bahwa Google, Duckduckgo, Yahoo maupun Bing tidak merayapi (crawling) semua konten situs kamu.
Setiap kata, kalimat, titik koma semuanya akan dihinggapi oleh bot (sebut robot) tersebut. Bot itu ibarat karyawan perpustakaan (pustakawan). Yang membaca seluruh isi tulisan, merekam, dan menyimpannya dalam memori.
Proses menyimpan tersebut kita kenal dengan “index”.
Dengan demikian, tugas dari bot adalah “merayapi” atau crawling. Dan semua yang tercrawl akan menghasilkan analisa “terindex” atau sebaliknya tidak terindex (deindex).
Terindex berarti terekomendasikan ke mesin pencari jika ada yang mencarinya.
Sementara deindex adalah ibarat tulisan dibuang oleh mesin pencari ketempat sampah.
Apakah bisa merekomendasikan tulisan dari tempat sampah?
Singkatnya, semua tulisan akan didatangi oleh bot.
Bot akan membacanya, namun jika alur komunikasi website (tata kata tulisan) tidak baik. Maka bot akan meninggalkan tulisan tersebut begitu saja.
Sehingga jangan heran, jika ada url (uniform resource locator) atau permalink yang tidak terayapi (crawl) oleh bot. Jika tidak tercrawl maka efek menyakitkan berikutnya: yakin saja (pasti) tidak terindex.
Ingat tadi pustakawan membaca tulisan?
Jika penulis dalam menulis tanpa menggunakan kaidah yang benar, maka pustawakan tersebut tidak menuntaskan bacaan (tidak crawling istilah bot).
Namun, bot bukan pendendam. Maksudnya meskipun url kamu tidak tercrawl hari ini (baca google serach console kamu). Maka jangan bersedih hati, sebab besok atau lusa akan datang lagi mencoba untuk mencrawlnya. Dengan catatan kamu telah melakukan perbaikan tulisan.
Maka, harus rajin memeriksa GSC (google search console). Untuk mengetahui halaman yang bermasalah. Dengan harapan bot mengambilnya dan memasukkannya dalam status indeks (baca, terindeks).
Konsep Algoritma SEO Yang “Jujur”
Apakah kamu sudah paham perbedaan antara crawl dan index?.
Crawlling (perayapan, pembacaan bot), indexing (mengambil dan menyimpannya untuk direkomendasikan).
Direkomendasikan, nah ini pertarungan berikutnya. Semua tulisan yang telah terindex. Maka pustakawan (ingat, bot) tersebut, mencatatkannya dalam daftar buku perpustakaan yang akan terpajang pada etalase.
Maka proses ini pada mesin pencari menggunakan algorithm (algoritma). Algoritma atau algorithm adalah sebuah rangkaian terstruktur dalam mesim pencari. Untuk mengenalisasi, memisahkan, memprioritaskan potensi (kemampuan) untuk menjawab kebutuhan pelanggan.
Sebagai tambahan pengertian Algoritma, menurut Abu Aja’far Muhammad Ibn Musa Al Khawarizmi dengan buku Al-Jabr Wa-Almuqabla. Menjelaskan: Algorithm merupakan metode dari serangkaian langkah secara terstruktur sistematis. Untuk menyelesaikan masalah dengan bantuan komputer.
Algoritma akan menimbang semua tulisan, dengan cara:
- Mendeteksi penggunaan kata, kaidah penyusunan kalimat (transisi), paragraf. Hingga titik komanya juga menjadi perhatian. Jika kamu menggunakan yoast, ada alat keterbacaan dan analisis SEO. Buat menjadi hijau, pertanda kamu mengikuti tata bahasa yang baik.
- Melakukan evaluasi kecocokan tulisan. Apakah konten tersebut original atau merupakan copy paste tulisan orang lain? Algoritma sangat anti dengan plagiarisme.
- Tulisan yang baik, akan masuk dalam daftar buku yang rekomended. Dan tugas bot kembali mengantar kepada pengunjung (pembaca) dalam daftar bacaan. Dan bot pula yang mengantarkan ke halaman pencarian sesuai keyword.
- Setelah mempersembahkan ke halaman 1,2,3 dan seterusnya. Algoritma kembali mengevaluasi, apakah tulisan tersebut relevan atau tidak.
Dan cara mengukur (relevansi) ini adalah dengan melihat bounce rate (rata-rata pentalan). Maksudnya adalah berapa lama pembaca atau pengunjung, membaca tulisan tersebut. Semakin lama mereka tinggal membaca maka akan semakin rekomended (bounce rate rendah). Begitupun sebaliknya, jika pentalan (bounce rate tinggi) maka tulisan tersebut siap-siap tersingkir dari “impresi” atau terlihat, untuk tidak terekomendari lagi berikutnya. - Bekal bounce rate, juga menjadi pertimbangan dari algoritma, apakah konten tersebut memakai cara: White Hat SEO atau Black Hat SEO.
Jujur dalam menulis atau melakukan manipulasi proses penulisan. Ingat, bahwa kita bisa memanipulasi tulisan. Namun bot Google sangat lihai dalam menganalisasi kejujuran maupun penipuan dari setiap konten yang kita buat.
Untuk Apa Mengikuti Aturan Algorithm?
Saya juga pernah berpendapat demikian. Ngapain kita harus patuh pada Algorithm. Sementara Algorithm, pacar bukan dan lebih-lebih dia juga bukan presiden, gubernur, walikota atau ketua RT saya bukan?
Rasional jawaban pertanyaan untuk apa mengikuti aturan algoritma? Adalah sama seperti kita memasukkan jualan pada pasar swalayan.
Bahwa buah maupun sayuran yang mereka jual, berasal dari penghasil buah dan sayur. Dengan menggunakan kriteria, harus buah segar, tidak cacat. Harum dan juga warnanya menarik (alamiah).
Yang mengatur dan memilah buah segar, harum adalah manajemen swalayan dan sebagainya tersebut sama dengan “Algorithm”.
Sehingga ketika kita sepakat, untuk apa mengikuti aturan swalayan. Maka swalayan akan menjawab, ya tidak ada masalah kalau tidak mau ikut aturan kami. Akan tetapi buah kamu jangan dijual pada swalayan kami. Adil kan?
Seperti itulah kenapa kriteria crawling, indexing sebagai bagian dari algorithm SEO sangat penting menjadi konsep paling dasar. Demi memaksimalkan kinerja website untuk mendapatkan peringkat terbaik.
Tidak bersedia ikut aturan, ya tidak apa-apa. Tapi jangan berharap penghasilan adsense. Sebab adsense hanya untuk tulisan yang mengikuti algorithm.
Dasar Pemahaman Konsep SEO Untuk Pemula
Jika telah menentukan sikap, dengan membuat sebuah situs, setelah Memilih Nama Domain. Maka domain/hosting itu tidak gratis.
Kegunaan SEO, sangat jelas untuk optimasi konten dengan menggunakan keyword (kata kunci). Untuk menjadikan site tersebut menjadi penghasilan dari usaha profit, maka tanamkan beberapa pemahaman penting berikut:
Memilih Nama Domain
Buat nama situs terbaik, baca Panduan Mudah Memilih Nama Domain.
Prinsip utama dari pemberian nama domain adalah menarik (untuk kamu dan pembaca). Namun jika harus memilih antara menarik untuk pemilik/kamu atau pembaca, maka nama tersebut harus menarik buat kamu.
Menarik dan mudah diingat. Tapi biasanya jika sudah menarik, maka mudah kita ingat. Seperti tertariknya kamu pada gadis memakai jilbab cokelat. Nah, bahkan kamu ingat kan warna jilbabnya! Hehe
Mau Jadi Wartawan Atau Penulis?
Tentukan diri anda, dan bedakan anatar seorang penulis dan wartawan.
Beberapa alasan seseorang membuat portal dengan beberapa alasan, kenali jenis situs. Berikut kami jelaskan secara sederhana. Agar kamu mengetahui, dirimu seorang author, penulis artikel atau seorang wartawan.
Media Pemberitaan, maka ini jenis media berita (news) online. Yang menjadi penguasa area berita online, tentunya adalah media elektronik maupun cetak. Yang telah memiliki reputasi baik selama ini. Seperti Merdeka, Republika, Tribun, Kompas, Sindo atau Liputan6.
Jenis terbitan rutin, perhari atau setiap berapa kali perhari. Pagi, sore atau malam.
Website Komunitas, adapun jenis ini adalah merupakan situs untuk komunitas maupun organisasi tertentu. Beberapa lembaga membuat jenis situs komunitas.
Jenis terbitan tidak rutin, namun sesuai dengan volume kegiatan.
Situs Penulisan Artikel, maka website jenis ini adalah menuliskan artikel tertentu. Sesuai dengan visi dan misi yang mereka miliki. Dengan postingan sistematis dan rutin. Apakah harian, mingguan, bulanan atau tahunan.
Proses menentukan jadwal posting adalah menyesuakan sumber daya yang kamu miliki.
Yang utama adalah tentukan niche kamu apa dalam hal alasan membuat situs. Apakah kamu mau jadi wartawan? maka lengkapi kebutuhan sesuai dengan aturan PWI, PWRI dan sebagainya.
Namun jika mau menjadi seorang penulis, maka tidak perlu menyiapkan kelengkapan sebagaimana kebutuhan PWI. Sebab kamu bukan wartawan, melainkan penulis, peneliti atau pengamat.
Banyak yang membuat website karena mau bekerjasama dengan pemkab, pemkot atau pemprov maupun dinas. Maka itu ranahnya media berita (news).
Tentutkan Apa Judul Dan Tagline Site
Situs ini memilih apa judulnya? Dan apa tagline yang kamu akan gunakan. Pergunakan kalimat singkat dengan kata yang tepat.
Jangan menggunakan kata yang berulang (meski itu hanya kata hubung). Selanjutnya, lengkapi deskripsi situs dengan penjelasan yang singkat namun padat.
Jangan bertele-tele. Singkat dan jelas.
Contohnya:
Judul Website: Tanaman Organik Tanpa Pupuk Buatan
Tagline: Alami, Sehat dan Ideal
Deskripsi: Situs ini membahas tentang cara bercocok tanam metode organik secara alami tanpa pupuk buatan untuk menciptakan makanan sehat dan ideal.
Konsep Konten SEO: Jangan Menjadi Oranglain
Ini yang sangat penting dalam membangun kredibilitas website. Perlu kamu ketahui bahwa kredibilitas dalam dunia online, bukan hanya dari pembaca.
Sebagaimana ini merupakan arti secara umum dari kata “kredibel” adalah mendepatkan kepercayaan dari orang lain. Berdasarkan kemampuan atau kecakapan yang kamu miliki.
Selain kredibilitas dari pembaca maka yang penting adalah kredibel dari mata algoritma mesin pencari.
Sehingga untuk mendapatkan kredibilitas dari pembaca dan mesin pencari. Maka transformasikan diri kamu kedalam website tersebut. Jangan pernah menjadi orang lain. Utamakan menjadi diri sendiri.
Jangan pernah menjadi oranglain dengan mengambil karya orang lain kedalam portal kamu. Ini situs milik kamu, maka warna dan “cita rasa” serta aroma harus kamu.
Maka tulisan (kontennya), original.
Oyyah, apa nama makanan favorit kamu dari daerah kamu?
Ketika kamu keluar daerah, ada juga yang membuat makanan yang sama. Namun apa yang terjadi, ternyata cita rasanya berbeda.
Begitulah juga bot, mampu mengenali jenis makanan dan masakan tersebut. Mengenai cita rasa dan siapa pembuatnya.
Ingat pula, semua penulis memiliki ciri khas masing-masing dan itu tumbuh sejalan dengan waktu.
Melihat tulisan orang lain menarik, cara termudah adalah copy dan paste ke website kamu. 5 menit, tulisan kelar.
Kembali ke cita rasa makanan tadi, apakah kamu bisa membedakan masakan mak kamu atau bukan? Maka bot juga bisa demikian. Mendeteksi mana yang asli dan mana imitasi.
Maka yang imitasi akan menempati posisi tempat sampah. Sementara yang original akan tersimpan dalam “lemari/etalase perpustaakaan” google (mesin pencari).
SEO Menghasilkan Master/Konsultan
Konsep untuk dasar SEO yang “susah” tersebut, menghasilkan banyak orang yang fokus mempelajarinya.
Sehingga banyak ahli dari Search Engine Optmization yang lahir. Kita bisa menyaksikan Master SEO Nusantara Dalam 12 Daftar Terbaik.
Mereka merupakan pakar terbaik diantara sekian banyak nama yang juga merupakan seorang master atau guru SEO. Kenali 5 Ini Sebelum Kontrak Optimasi Pada Konsultan SEO.
Menggunakan pengalaman menganalisasi algoritma.
Namun harus kamu ketahui, bahwa semua konsultan, master, guru SEO di seluruh dunia.
Tidak ada satu orangpun yang mampu menebak algoritma itu sendiri. Maksudnya, algorithm google, bing, yahoo masih misterius “bentuk pastinya” hingga saat ini.
Tapi pada guru, master menggunakan pengetahuan secara praktis “mengendalikan” website agar sesuai “secara umum” dengan aturan algoritma itu sendiri.
Memulai Dari Nol, Tanpa Konsultan
Memilih konsulen sebagai tempat untuk bertanya atau lazimnya kita sebuat dia adalah konsultan seo. Bukan sebuah keharusan.
Meski terdapat banyak guru seo di Indonesia sebagai pakar atau ahli. Namun tidak menjadi keharusan untuk kamu menggunakan jasa spesialist tersebut.
Kecuali jika website tersebut merupakan milik perusahaan besar. Maka sebaiknya menggunakan jasa spesialis optimasi.
Jika kamu memutuskan belajar sendiri dari nol, itu bukan soal, kami menyediakan buat kamu banyak tulisan seputar dasar search engine optimization. Sebab mengunakan jasa mereka tentu dengan biaya bukan? Sementara kamu masih pemula dalam membangun konsep website dalam pemahaman SEO.
Tekuni dan serius menjalani. Seburuk apapun hasil kerjamu. Terserah penilaian orang lain bagaimana. Intinya memulai dan salah itu jauh lebih baik. Daripada tidak pernah memulai karena takut salah.
Sebab semua sukses berasal dari keseriusan dan ketekunan menjalani.
Jangan hanya mau menerima enaknya dan nikmatnya. Namun yang bijak adalah nikamti prosesnya. Soal hasil hanyalah bonus dari proses. Zaaaadaf, sok bijak. Wallahu Wa’lam.
Samurai SEO