william G Morgan
voli (sport.detik.com)

Wiliam G Morgan: Sumber Inspirasi Dalam Penemuan Permainan Voli

Diposting pada

Bermain voli menjadi kegiatan yang menyenangkan di pantai. Namun ada baiknya kita juga mengetahui penemu permainan ini. Wiliam G Morgan telah memberikan jasanya kepada seluruh umat di dunia untuk memanfaatkan bola dengan tangan, tidak hanya dengan kaki.

Tika, olahraga – organisasi.co.id


Siapa Penemu Permainan Voli?

Mendengar nama Wiliam G Morgan, kita akan teringat kepada permainan bola voli yang ada saat ini. Beliau merupakan seorang Director of Physical Education / guru pendidikan jasmani di Young Men Christian Association (YMCA).

Wiliam G Morgan lahir di New York, Amerika Serikat pada tahun 1870. Mulanya, penemu permainan voli meninggal di tahun 1942 saat beliau berusia 72 tahun.

Saat itu permainan bola voli bernama Mintonette. Morgan memperkenalkan permainan tersebut di Holuoke, Massachusetts, Amerika Serikat pada tanggal 9 Pebruari 1895.

Setahun kemudian nama mintonette berubah menjadi bola voli (volleyball).

Organisatoris baca: Membuat Struktur Organisasi Excel dan Word: 8 Cara


Latar Belakang Wiliam G Morgan

William G Morgani (alchetron.com)

Wiliam G Morgan mirip dengan orang-orang pada umumnya yang bersekolah dan kuliah. Beliau melanjutkan perkuliahannya di Springfield College. Pengelolanya adalah Young Men’s Christian Association.

Di sanalah ia bertemu dengan James Naismith. Naismith adalah rekannya yang menciptakan olaraga bola basket pada tahun 1891.

Wiliam G Morgan lulus di tahun 1895 lalu bekerja sebagai Direktur Pendidikan Jasmani di asosiasi yang sama di Massachussets.

Ia menciptakan permainan Mintonette dengan kondisi bola yang lebih ringan dari bola basket. Tujuannya agar orang-orangtua dapat turut memainkannya.

Konsep perancangannya berdasarkan fausball yang berasal dari Jerman. Lambat laun berkembang menjadi bola voli.


Inspirasi Wiliam G Morgan Dalam Menemukan Permainan Voli

Rekan Wiliam G Morgan yang bernama James Naismith ternyata menjadi sumber inspirasinya. Ia menyadari jika bola basket cocok menjadi permainan anak-anak muda. Ia pun menciptakan alternatif olahraga yang cocok untuk orang-orang dewasa.

Olahraga tenis dan bulu tangkis juga menjadi sumber inspirasinya. Dalam mencari sebuah permainan yang seimbang, beliau sempat memikirkan bahwa tenis sangat menarik perhatian. Akan tetapi saat mengetahui jika harus membutuhkan berbagai kelengkapan seperti bola, net, raket, dan lainnya, ia kembali memikirkan hal lain.

Beliau lalu meinggikan net hingga 1,98 meter yang mana lebih tinggi dari tinggi badan pria umumnya. Morgan mencoba melakukan permainan dengan bola dan mendatangi pabrik manufaktur yang berkolasi di Chicopee, Massachussets.

Ia meminta bola yang tidak terlalu besar, dapat memantul, dan ringan. Muncullah bola tangan dengan diameter 25 hingga 27 inch dan berat 250 hingga 330 gram.

Lapisan material kulit yang ringan menjadi bahan bola tersebut. Di tahun 1986 ia mulai mendistribusikan bola tersebut dalam sebuah konferensi yang mengumpulkan seluruh direktur pendidikan jasmani.

Morgan juga menjelaskan mengenai tujuan permainan voli. Salah satunya untuk menjaga bola tetap berada di udara dan mampu menyebrangi net ke arah daerah lawan.

Saat itu jumlah pemain adalah sepuluh orang dengan masing-masing lima orang dalam satu tim. Semakin berkembang, jumlah pemain pun berubah menjadi enam orang dalam setiap tim.

Tidak hanya itu, bahkan aturannya pun berubah seiring berkembangnya jaman. Salah satunya adalah aturan menghenai maksimal tiga kali sentuhan.


Daftar Pemain Hebat Voli Tahun 2020 – 2021 dan Dunia

voli (voi.id)

Dari waktu ke waktu begitu banyak atlet olahraga yang muncul ke permukaan. Salah satunya adalah atlet bola voli. Dunia telah mencatat sepuluh nama pemain voli hebat sepanjang masa.

a. Giba (Brasil)

nama lengkap pemain voli asal Brasil ini adalah Giberto Amaury de Godoy Filho. Saat ini usia beliau telah 40 tahun. Sejak tahun 2000 an ia telah menjadi salah satu pemain voli terbaik id dunia.

Kala itu penampilannya adalah sebagai spiker luar dan membela Brasil sejak 1996 hingga 2012. Tidak heran jika namanya tercatat dalam sejarah.

Giba berhasil emmenangkan piala dunia di tahun 2003. Juara Liga dunia sebanyak 8 kali juga ia raih bersama timnya. Bahkan di tahun 2002, 2006, dan 2010 timnya menjadi juara dunia tiga kali berturut-turut. Itulah sebabnya sangat sulit mengalahkan Brasil pada tahun 2000 an.

b. Hugo Conte (Argentina)

Memiliki nama lengkap Hugo Nestor Conte, pemain asal Argentina ini memang saat ini telah pensiun. Akan tetapi namanya tetap harum sebagai pemain voli asal Argentina.

Walaupun demikian, beliau juga pernah membela negara lain seperti Italia dan Prancis. gelar Juara Eropa Liga Champions ia raih saat bersama tim Italia.

Kejuaraan Dunia Argentina di tahun 1982 juga miliknya serta hadiah perunggu dalam Olimpiade Seoul 1988.

c. Jimmy George (India)

Nama Jimmy George yang lhir di tahun 1955 asal India ini telah terkenal sebagai pemain voli India yang pertama. Latihan fisiknya baik dan tidak salah jika ia memperoleh Arjuan Awarddi usia 21. Ada pula Award lainnya yang ia peroleh di tahun 1975 dan 1976.

Sayangnya kini ia telah meninggal dunia. Walaupun demikian namanya tidak lekang oleh waktu.

d. Josef Musil (Republik Ceko)

berasal dari Republik Ceko, josef Musil lahir di tahun 1932. Bel;iau telah meninggal pada Agustus 2017 dan terkenal sebagai mantan ppemain bola voli dari Nation Team Cekoslowakia.

Menjuarai dua medali untuk Ceko di tahun 60 an, tambah lagi dengan tiga medali di Kejuaraan Dunia, masih banyak medali lainnya.

Kehormatan tertinggi menjadi miliknya yang ia peroleh dari mantan pengusa Ceko berupa julukan Merited Master of Sport. Ia juga mendapatka npenobatan dari FIVB sehingga menjadi pemain bola voli terbaik di abad ini.

e. Karch Kiraly (Amerika)

Sebagai satu-satunya pemain asal Amerika yang berhasil membawa medali emas dalam dua jenis kejuaraan yakni bola voli indoor dan outdoor, karch Kiraly mendapat julukan Volleyball Thunderball.

Ia menjadi pemain di tim UCLA Bruins sejak tahun 1979 hingga 1982 dan mendapat penghargaan Most Outstanding Player di du atahun berturut-turut.

Berhasl meraih medali emas dalam olimpiade 1984, tidak salah jika namanya tercatat sebagai pemain terdepan.

f. Lang Ping (China)

Atlet wanita asal China ini telah pensiun dan kini menjadi pelatih bola voli wanita di China. ia juga terkenalsebagai MVP bola voli wanita saat olimpiade di tahun 1984.

Nama beliau ternyata telah melambng hingga ke Amerika Serikat sebagai pelatih timnas AS. ia membawa anak didiknya untuk mendapat silverdi olimpiade beijing 2008 dan China mendapat emas di Olimpiade Rio 2016.

Sebagai pelatih sekaligus pemain menjadikannya ahli dalam melatih variasi dan teknik.

g. Matt Anderson (Amerika)

Berusia 30 tahun kala itu, ia menjdi salah satu anggota tim nasional voli putra di Amerika Serikat. Matt Anderson adalah peraih perunggu di limpiade 2016 dan mendapat emas di Pan American Cup 2008.

Sebagai juara dari NORCECA Champion pada tahun 2013, World Cup, dan juga World League, hal itu tidak lantas membuatnya selalu bahagia.

Ia terkena depresi di tahun 2014 dan memutuskan kembali menjadi atlet di tahun 2016.

h. Mireya Luis (Kuba)

Sebagia mantan pemain voli legendaris, beliau memiliki beragam prestasi. Memulai karir saat berusia 16 tahun, ia meraih peringkat pertama Pan American GHames di tahun 1983.Kuba memenangkan pertandingan di tahun 1991 dan menjadi Juara Dunia di Meksiko.

i. Logan Tom (Amerika)

Sebagai pmain voli indoor dan outdoorm nama Logan Tom sukses memikat hati siapapun. Utamanya saat ia bergabung di Games Sydney pada tahun 2000.

Medali perak ia torehkan untuk Amerika Serikt saat Olimpiade Beijjing. tim terkenal sebagia pemain dengan teknik yang benar baik ari sisi gaya, kemampuan, dan tknik.

Masalah serangan dan blocking dalam satu waktu menjadi kemampuan terbaiknya. tidak heran jika ia menjadi Best Scoreer saat itu.

j. Konstantin Reva (Ukraina)

Pemain bola voli pria indoor ini memang telah lama tiada. Saat pre olimpiade tahun 1940, ia mulai bermain di Central Sport Club yang kemudian membawa timnya memenangkan kejuaraan.

Tidak heran Jika Konstantin reva mendapat julukan Honored Master of Sport.

Pemain voli terbaik di tahun 2020 tetap dapat kita keahui walaupun sedang ada wabah Corona. FIVB merilis nama-nama atlet terbaik seperti Bruno Rezenda yang menjadi top atlet voli di tahun 2020.

Siapakah nama-nama selanjutnya?

  • Yuji Nishida (Jepang)

Menjadi satu-satunya pemain volidari Asia yang masuk ke dalam posisi 10 besar atlet voli terbaik dunia di tahun 2020. Berhasil megoleksi 300 poin, Yuji mengalahkan nama-nama lainnya dari Brasil dan Rusia. Yuji berada di peringkat 4.

  • Facundo Conte (Argentina)

Total poin yang berhasil ia kumpulkan adalah 382.

  • Osmany Juantorena (Italia)

Berhasil mengumpulkan 349 poin selama 2020.

  • Evandro Guerra (Brazil)

itulah nama-nama peringkat 1 hingga 5 pemain voli terbaik dunia di tahun 2020.

Lau bagaimana dengan pemain voli terbaik putri? Di tahun 2021, saat Olimpiade Tokyo, terdapat tiga atlet putri yang menarik perhatian. Mereka adalah:

  1. Andrea Drews

Sangat sukses membawa Amerika Serikat memperoleh medali emas voli pertama kalinya, Andrea menjadi sorotan masyarakat. Sepak terjangnya tidak hanya di Amerika Serikat. Ia pernah bergabung dengan tim Turki dan juga Jepang.

2. Rosamaria

Atlet voli asal Brasil ini memiliki penampilan memukau saat Brasil melawan Korea Selatan. Tinggi dan cantik membuatnya bak model di tengah liga.

3. Tijana Boscovic

Sebagai bintang muda berusia 24 tahun, Tijana tampil memukau membela Serbia. Ia berhasil mengumpulkan skor cukup banyak selama Olimpiade Tokyo.

Organisatoris baca: Sejarah Pertanian Organik: 4 Pola Penanaman

Penutup

William G Morgan berhasil membawa bola voli menjadi sebuah permainan yang tak lekang oleh waktu hingga saat ini. Begitu banyak atlet voli yang menorehkan sejarah. Tak hanya itu, baru-baru ini atlet voli muda menunjukkan taringnya dalam Olimpiade Tokyo. Keberadaan mereka akan melestarikan olahraga ini.

Dalam perkembangannya, olahraga voli ternyata tidak hanya cocok bagi orang dewasa seperti keinginan pembuatnya, akan tetapi anak muda pun kini juga menggemarinya.

Daftar Pustaka

  1. William George Morgan, Pencipta Permainan Bola Voli
  2. Daftar Peringkat Pemain Voli Dunia Putra Terbaru