Optimasi 7 Hal White Hat SEO, Pada Website Organik

Strategi Konten White SEO
Strategi Konten White SEO

Jika Black Hat SEO adalah beresiko, maka White Hat SEO justru sebaliknya, cara ini merupakan cara terbaik berburu ranking website.Waldan, Organik – Organisasi.co.id

Sebuah penelitian telah membuktikan, bahwa sebuah metode Black Hat SEO telah menguntungkan dalam waktu singkat secara semu. Namun merusak secara realistis dalam jangka waktu yang panjang.

Bacaan Lainnya

Berbeda dengan teknik yang lebih organik yang kenaikannya tidak spontan, namun bertahannya lebih kuat dari search engine ranking page (SERP).

Sebelum lanjut, berikut daftar istilah, untuk tidak membingungkan pada pembacaan artikel ini, yakni:

  1. Selubung SEO Gelap (terlarang), sinonim dengan Black Hat SEO,
  2. Selubung SEO Bersih (Putih, jernih), sama dengan White Hat SEO,
  3. SEO, Search Engine Optimization. Upaya optimasi website demi mendapatkan peringkat pada halaman pencarian,
  4. Pakar/Master SEO, seorang ahli atau pakar dalam rangka optimasi dengan teknik SEO.
  5. SERP (Search Engine Rangking Page), peringkat halaman/konten “teratas” dari mesin pencarian.
  6. Search Engine, Mesin pencari, seperti Google, Yahoo, Bing

Demikian beberapa istilah yang akan kita pergunakan dalam pembahasan artikel ini. Sebagaimana artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel Selubung SEO Gelap (Black Hat SEO). Cara gelap tersebut akan merugikanmu, jika kamu terjebak memainkan kartunya maupun triknya.

Pakai cara ini, agar terhindar dari penalti mesin pencari. Sekaligus mengamankan pundi dollar dari adsense dengan cara “halal” dan bertahan lama.

Definisi SEO Selubung Bersih (White Hat SEO)

Pembahasan artikel sebelumnya adalah Black Hat SEO (SEO Selubung Hitam)

Apa yang dimaksud dengan Label Selubung Putih dalam dunia SEO?

White Hat Search Engine Optimize (SEO belabel Selubung putih) merupakan cara menulis konten dengan menggunakan cara normatif, sesuai dengan aturan algoritma mesin pencari, baik isi maupun tautan yang berhubungan dengannya. SEO On/Off page.

Pada hakikatnya cara ini merupakan cara yang jernih, tidak menabrak aturan secara hukum maupun norma aturan yang berlaku. Untuk mendatangkan pengunjung organik secara naturalistik.

Penulis memakai taktik ini adalah menempatkan konten sebagai raja yang harus terlayani dengan baik. Tidak dengan memperlakukan manipulatif atau melakukan rekayasa.

Samurai SEO
Salah Satu Konsultan SEO Terbaik, Samurai SEO

Ibaratnya, konten adalah pimpinan yang harus kita berikan pelayanan terbaik. Tidak dengan menciptakan sebuah pencitraan semata, yang justru merusak pimpinan dari mata publik.

Oleh karenanya maka pembuat konten sangat hati-hati dalam merelasikan (koneksi) antara konten yang ia buat dengan “ambisi” memenuhi target kata kunci.

Sebab secara komprehensif konten sebaiknya berisi narasi yang alami, benar secara fakta, serta tepat dalam proses merangkai antar kalimat (kata perkata). Lebih dari itu, harus original. Jadi diri sendiri.

Fokus Perhatian SEO Bersih

Cinta itu perang yang berkecamuk dalam jiwa manusia, jika menang akan menciptakan manusia yang tulus, ikhlas, sabar, luas pikiran. Namun jika kalah maka akan menciptakan manusia putus asa, lemah hati, sesat dan pikiran sempit.Pesan Buya Hamka

Petikan pesan bijak Buya Hamka sangat baik untuk kepenulisan, sebab dalam hal menulis, tidak membutuhkan rasa putus asa, rendah diri dan lebih-lebih pikiran sempit.

Sebaliknya, membutuhkan rasa sabar dan ikhlas. Kedua hal inilah yang hilang pada mereka yang melakukan cara-cara tidak relevan dalam menuangkan tulisan. Yakni menjadi tidak ikhlas untuk diri sendiri, atau tidak sabar menunggu ledakan adsesens.

Untuk membantu meningkatkan traffic website seiring dengan peningkatan peringkat maka berikut beberapa strategi yang baik.

Dan secara konsisten kita terapkan dalam membangun brand terutama menanamkan reputasi sebuah portal, terutama domian hosting yang telah anda bayar bukan?

Quality Content

Semua berangkat dari sini. Quality Content different Quantity Content.

Konten berkualitas, adalah konten yang segar, menarik. Bukan repost tulisan berupa recycle ataupun reuse konten. Sebab pembaca membutuhkan tulisan yang baru. Unik, berbeda dengan yang lainnya.

  1. Apa yang menarik?
  2. Apakah tulisan ini saya butuhkan?
  3. Benarkah konten ini menjawab tugas-tugas saya secara lengkap?
Kualitas Konten Dengan Penerapan What Hat SEO
Kualitas Konten Adalah Hal Yang Menjadi Prioritas

Seputar itulah kebutuhan pembaca yang mencari dengan memanfaatkan kata kunci pada mesin pencari. Yang harus terjawab untuk mereka.

Maka tugas search engine, mendeteksi kata kunci tersebut, memilih permalink penyedia yang sesuai kata kunci, kemudian menyajikannya secara beurut melalui peringkat (pagerank).

Pembaca tentu akan memilih urutan 1-3, atau 4 hingga 10 (halam pertama) pencarian. Pertarungan para ahli SEO pada arena halaman pertama tersebut.

Peningkatan “bounce rate” atau rasio pantulan, menjadi salah satu ukuran, bahwa konten tersebut tidak mendapat tempat pada hati pembaca. Maka mesin pencari akan menurunkan rankingnya. Why?

Jawabannya sangat singkat, yakni karena konten tidak berkualitas.

Sehingga menjadi hal utama dalam sebuah konten yakni memiliki kualitas yang handal.

Terutama konten harus berbeda dari yang lainnya. Sebab jika sama, maka bisa jadi itu adalah plagiat atau spinning content.

Maka utamakan kualitas tulisan, daripada kuantitas.

Kita tentu mengharapkan portal kekuasaan kita memiliki sajian konten yang banyak. Akan tetapi untuk apa konten yang banyak jika tidak ada satupun yang berkualitas. Jelas yah sampai disini?

URL, Permalink

Apa itu URL?
URL adalah singkatan Uniform Recource Locator.

Dalam penulisan lanjutnya untuk mengarahkan kepada konten secara lengkap adalah bernama permalink.

Contoh:
https://organisasi.co.id ini adalah URL.
Kemudian https://organisasi.co.id/12-daftar-master-seo-terbaik-nusantara/ ini merupakan permalink. Dengan adanya penambahan alamat konten atau judul, setelah nama alamat domain.

Dalam aturan White Hat maka Permalink harus mengandung kata kunci.

Pembahasan lengkap ini lengkap pada tulisan, definisi SEO dan istilah penting.

Riset Kata Kunci

Jika ada yang memberikan penjelasan bahwa gunakanlah kata kunci yang lebih mudah, atau persaingannya sangat rendah. Boleh memakai pendapat ini. Untuk memudahkan anda menang dalam persaingan.

Akan tetapi jika keinginan kuat anda adalah menyajikan konten dengan persaingan kata kunci yang pesat atau tinggi. Itu bukan soal. Sebab jadi penulis haruslah memiliki tekad dan keinginan yang kuat untuk menjadi diri sendiri.

Risetlah kata kunci. Terserah mau persaingan tinggi atau rendah.

Sesuaikan dengan kata hati anda. Sebab hatilah yang bergerak untuk menulis. Kali aja tulisan anda langsung masuk halaman satu pencarian meski dengan kata kunci yang sangat sulit.

Sekali lagi, algoritma google susah untuk kita tebak. Oleh sekelas spesialist (konsultan) SEO sekalipun.

Namun yang jelas, sebelum menulis, maka lakukan penelitian keyword (kata kunci), dan lengkapi dengan latent semantik indexing (LSI). Atau penjabaran kata kunci yang masih beririsan dengan keyword tersebut.

Pahami Feeling Pembaca

Menulis adalah satisfaction (kepuasan) yang tidak otokratik.

Maksudnya, menulis adalah 2 arah yang selalu terpuaskan. Puas bagi penulis dan terutama puas bagi pembaca.

Jadi tidak hanya memuaskan satu sisi. Apalagi menulis untuk melakukan rekayasa yang menipu. Tentu penulis akan terpuaskan karena berhasil menipu pembaca dan adsense meningkat. Namun tidak memuaskan pembaca.

Contoh tulisan dengan judul menipu. “Innalillah Wa Inna Ilaihi Rojiun, (Nama Artis Terkenal) Meninggal” ternyata isinya berbeda dengan apa yang kita pikirkan. Karena yang meninggal adalah orang lain yang memiliki nama yang sama dengan artis tersebut. Apakah pembaca puas?

Sehingga kreatifitas penulis adalah penting untuk memahami kebutuhan pembaca.

Selain itu jangan hanya terfokus memenuhi kebutuhan kuantitas kata kunci.

Oleh karena itu memahami feeling pembaca, bermakna mengetahui apa kebutuhan mereka. Bukan “menipu mereka”.

Contoh kata kunci : “Cara Menguasai SEO”

Kira-kira, siapa yang akan menggunakan kata kunci tersebut pada halaman pencarian?

Maka jawabannya adalah penggiat SEO terutama bagi pemula.

Namun sudah banyak tulisan yang berhubungan dengan kata kunci tersebut. Seperti:

  1. 7 cara cepat belajar SEO,
  2. Belajar SEO terbaru pemula 2021,
  3. Pengertian dan Cara SEO Website,
  4. Dasar-dasar SEO Pemula,
  5. Panduan belajar Basic SEO.

Mika jika anda meneruskan menulis, segera buat formulasi judul yang lain, dan sesuaikan dengan feeling kebutuhan pembaca. Misalnya:

  1. Cara Karyawan Menaklukkan SEO,
  2. Mahasiswa Hidup Dari SEO, dan lain sebagainya

Maka risetlah keyword dan sesuaikan dengan feeling kebutuhan pembaca. Sekali lagi “jangan menipu pembaca dari judul yang abal-abal”.

Deskripsi Dan Meta

Deskripi adalah pernyataan singkat yang mencakup isi dari konten, termasuk meta dan pengaturan pada fitur snippet. Dalam penulisan deskripsi yang penting dan harus kita terapkan adalah menulis kata kunci pada deskripsi tersebut.

Termasuk mencantumkan keyword tersebut dalam meta. Namun sekali lagi harus kita ingat, penulisannya jangan berlebih-lebihan. Sebab jika berlebihan akan membuat mesin pencari menandai sebagai Black Hat SEO.

Sehingga buatlah secara alami, natural. Jangan menambah secara membabi buta. Santai saja. Menulis memakai hati, seperti caramu menaklukkan cewek berbaju kuning. Hehe. Anak pak RT.

Mobile Friendly

Konten harus mobile friendly. Tentunya ini merupakan adaptasi SEO dengan zaman, yakni dengan kemajuan media informasi.

Banyak orang mengakses informasi dan konten dengan menggunakan android, tab maupun IOS.

Bahkan lebih banyak dari pengakses basis telepon cerdas jika di bandingkan dengan pengguna laptop atau komputer portable. Berbanding terbalik dengan era 15 tahun lalu ketika pengguna android masih kurang.

Sehingga syarat dalam selubung SEO jernih adalah konten yang mobile friendly. Ramah terhadap mobile phone.

Mobile Friendly Dalam Penerapa White Hat pada SEO
Mobile Friendly Dalam Penerapan White Hat pada Search Engine Optimization

Sejalan dengan hal tersebut adalah loading yang cepat.

Maksudnya, harus mempertimbangkan bagaimana layanan akses yang cepat kepada pembaca. Mengingat jika portal lambat loading. Akan membuat pembaca meninggalkan tulisan (peningkatan bounce rate).

Pembaca maunya cepat, sebab jika tidak, maka kekuatan jarinya dengan mudah berpindah sepersekian detik ke konten yang lain. Sangat mirip dengan hati seseorang yang mudah berpindah kelain hati.

UX Dari Rankbrain Ke Rankpage

User Experience atau UX memiliki peranan sangat vital dalam peringkat anda. Pembahasan ini merupakan pengembangan secara spesifik dari hubungan antara keyword dengan memahami feeling pembaca. Keterikatan diantara keduanya. Saling mempengaruhi.

Apa itu Rankbrain?

Rankbrain adalah metrik dari prilaku pembaca yang berhubungan dengan rasio pentalan (bounce rate), waktu tunggu, lama membaca konten, rata-rata klik. Data-data ini menjadi hal yang penting buat mesin pencari.

Apa itu User Experience?

User Experience adalah pengalaman dari para pembaca, yakni mereka berbahagia dalam portal yang kita miliki. Oleh karena mereka telah mendapatkan jawaban dari apa yang mereka cari. Sehingga pada lain waktu mereka akan kembali.

User experince juga terdeteksi dengan lamanya membaca dan mengklik tautan lainnya. Bermaka percaya dengan konten tersebut.

Prilaku seperti bounce rate (meninggalkan) yang rendah merupakan salah satu faktor yang menunjukkan bahwa pembaca memiliki UX yang baik.

Sehingga user experience memberikan reaksi positif rankbrain dan pada efek berikutnya adalah meningkatkan peringkat atau ranking page.

Tips Menerapkan Selubung SEO Putih

Faktor lain yang perlu menjadi perhatian untuk mengatur SEO dengan label White atau selubung SEO dengan kategori putih atau jernih adalah.

White Hat SEO, Mulai Dari Nol

Jangan ragu memulai dari nol. Lakukan beberapa perubahan untuk memenuhi syarat selubung SEO yang jernih. Jika selama ini telah melakukan kesalahan dengan menulis gaya Black Hat SEO.

Maka mengatur segala hal yang berkaitan dengan cara SEO adalah mutlak untuk penulisan berikutnya.

Sebab memposting artikel plagiat merupakan kesia-siaan. Membuang waktu dan tidak mendatangkan keuntungan sama sekali.

Kecuali jika website anda, anda rancang memposting berita dari instansi secara bersama-sama. Berupa website news, dengan skala pemberitaan kegiatan pemkab.

Jika mau bermigrasi SEO, harus menentukan sikap, apakah News atau penulisan artikel. Dengan konsekuensi masing-masing.

Sekedar berbagi pengalaman, banyak instansi yang mengirimkan berita dan tulisan ke media ini. Namun manajemen tidak menelan mentah-mentah berita tersebut dan langsung melakukan publikasi. Akan tetapi tetap harus melakukan proses editing.

Untuk apa? Agar tidak terdeteksi plagiasi dari media lain.

Start Dari Awl Memulai SEO
Start From Zero

Rancang Desain Ringan

Pakai gaya anda sendiri, dan terutama adalah gunakan rancangan desain tampilan yang simpel. Tidak terlalu berat, apalagi bergaya sedemikian rupa.

Ingat teori hukum fisika, gaya berbanding terbalik dengan tekanan. Banyak gaya maka banyak tekanan. Itu juga berlaku pada desain website.

Semakin banyak gaya yang anda terapkan kepadanya, maka semakin tinggi tekanan yang menyebabkannya makin lambat. Sehingga lambat laun pengunjung pergi meninggalkan anda.

Sehingga dalam hal penulisan pada wesbite menerapkan White Hat. Pada SEO (Selubung SEO Putih), sangat menekankan perlunya menggunakan desain sederhana.

Sebab pengunjung lebih mengutamakan kenyamanan mereka membaca, dibandingkan mereka mengamati keindahan desain web yang anda buat.

Apakah Anda Sudah Kagum Dengan Tulisan Anda?

Kita boleh kagum pada tulisan artikel orang lain, namun jangan habiskan kekaguman, sebab kita juga memerlukan untuk mengagumi tulisan kita sendiri.

Coba pertanyakan pada diri anda, apakah sudah kagum dengan tulisan sendiri? Jika belum, maka jangan harap orang lain mengagumi tulisan tersebut.

Maksudnya adalah rasional apa yang kita akan terapkan, seorang kagum dengan apa yang kita produksi. Sementara hasil karya kita sendiri tidak mendapat tempat pada hati pembuatnya.

Desain dan keindahan itu perlu. Namun lebih dari itu, kemudahan mengakses jauh lebih penting.

Sumber:

  1. UX Design And SEO
  2. Teknik White Hat SEO
  3. Definisi White Hat SEO

Pos terkait