Struktur organisasi yang tergambar pada sebuah lembaga, adalah karya oleh yang melakukan desain. Bagaimana caranya dengan menggunakan Microsoft Excel?Struktur, Organisasi.co.id
Dalam hal pembuatan struktur sebuah lembaga, manajemen biasanya pusing untuk membuat struktur tersebut. Sebab cara pembuatannya tidak seperti mengetik seperti biasa.
Namun tenang, dalam hal pembuatan desain sebuah struktur organisasi tersebut, kami telah merangkumnya dengan cara yang lebih simpel. Untuk memudahkan anda melakukannya.
Hanya dalam waktu 5 menit, pembuatan bagan struktur dari organisasi tersebut akan sukses.
5 Menit Cara Membuat Desain Struktur Organisasi di Excel
Dalam hal pembuatan sebuah desain bagan dari suatu struktur organisasi. Dengan memanfaatkan microsoft excell dengan beberapa cara:
- Dengan Memanfaatkan Fitur Smartart
- Melakukan secara langsung di halaman Excel
Cara Pertama Memanfaatkan Smartart
Berikut, tutorilanya:
#1. Buka Program Excel, seperti gambar yang ada di bawah ini

#2. Selanjutnya klik Insert, kemudian klik Smartart
Maka akan muncul beberapa menu pilihan yang ada seperti gambar dibawah ini.
Setelah muncul seperti gambar diatas maka silahkan memilih, bentuk yang akan dibuat, sesuai dengan kebutuhan organisasi. Atau arahan pimpinan.
Untuk memudahkan, maka klik list dalam kotak besar. Untuk melihat jenis bagan yang akan dibuat. Sebab smartart memiliki banyak pilihan pembuatan bagan:
- Bentuk Basic Block List,
- Bentuk Alternating Hexagon,
- Bentuk Picture Caption (Penempatan gambar), dan lain sebagainya.
Semua ada manfaatnya. Tergantung kebutuhan anda dalam membuat struktur lembaga tersebut.
Contohnya: Jika struktur yang akan dibuat tidak membutuhkan penempatan gambar, maka silahkan pilih bentuk basic block list. Namun jika dalam struktur harus menempelkan gambar maka silahkan pilih Picture Caption.
Pada contoh kali ini akan disimulasikan, bagan struktur dengan penempatan gambar.
#3. Pilih Bentuk yang anda butuhkan, lalu klik ok

#4. Muncul Susunan Memuat Gambar dan Text

3 gambar bagian atas, dan 1 bagian bawah. Susunan Ini bisa dirubah dengan cara menarik keposisi yang diharapkan, seperti gambar dibawah ini.
#5. Isi Jabatan dan Nama serta Foto
Setelah didapatkan susunan yang sesuai maka selanjutnya mengisi nama dan jabatan serta Foto pejabat.
Format penyusunan ini, yang secara umum adalah: Foto bagian atas, Jabatan Kemudian dibagian bawah adalah Nama.
#6. Menambah Kotak Dan Garis
Adapun cara menambah kotak adalah dengan copy paste. ctrl + c, kemudian ctrl + v. Letakkan dimana kotak akan ditambahkan.
Sementara untuk menambah garis adalah dengan klik Insert, lalu klik Shapes, pilih garis.
Silahkan tempatkan garis sesuai dengan garis komando organisasi. Dan Lengkapi sesuai dengan kebutuhan.
Adapun cara lain mengganti gambar dalam kotak gambar adalah:
Klik kanan kotak gambar (warna biru), lalu klik format picture, Klik Fill, kemudian klik picture or texture fill.
Disini akan diberikan pilihan, apakah menggunakan texture warna, atau dengan gambar. Jika dengan gambar, maka pilih file yang akan dimasukkan.
Dan Hasilnya akan seperti dibawah ini
Gampang kan, cara membuat struktur organisasinya?.
Cara diatas adalah dengan menggunakan smart art. Bagaimana caranya jika langsung dalam halaman tamoilan Excel?
Cara Kedua Langsung Pada Halaman Tampilan
Sebagaimana tampilan Excel telah dibuka maka selanjutnya menulis bagian atas struktur sebagai Kop.
#1. Blok Area Yang Akan Ditempati Menulis
Pilih posisi penulisan awal, dibagian tengah. Dan memberikan ruang disisi kiri dan kanan.
Blok area yang akan ditempati menulis. Setelah diblok, silahkan klik merger & Centre
#2. Isi Kotak Dengan jabatan dan Nama Pejabat

Caranya adalah:
- Dilayar, setelah menulis struktur organisasi, maka buat kotak paling atas dengan posisi centre.
- Gunakan kotak dengan menggunakan kolom berjumlah genap, 2 atau 4 kolom,
- Tujuan menggunakan kolom dengan jumlah genap adalah agar posisi garis untuk mengarah kebagian bawah. Garis tersebut berada diposisi tengah.
- Berikan border pada kolom, sebagaimana membuat border (baca pada paragref berikutnya) pada saat mengetik di Excel.
Adapun cara membuat boder tersebut yakni:
- Klik kanan pada kolom yang hendak diberikan border atau garis,
- Klik Format Cell, Klik Border
- Pilih ketebalan garis di kolom kecil style, apakah menggunakan garis putus-putus atau solid.
- Kemudian klik di bagian kolom lainnya, dimana akan ditempatkan garis tersebut. Atas, bawah, kanan atau kiri. Untuk menghapusnya silahkan klik digaris yang akan dihapus.

Demikian cara mudah membuat desain bagan lembaga, tidak ribet kan. Jika ada hal yang kurang jelas, boleh isi kolom komentar. Atau boleh mengirim email ke Pakarorganisasi.co.id@gmail.com.
Bacaan Organisasi: Organisasi Dunia Sepak Bola, Nasional Dan Internasional