Organisasi Dunia Sepak bola

Organisasi Dunia Sepak Bola, Induk Nasional Dan Internasional

Induk organisasi Dunia sepak bola skala nasional dan internasional. Untuk mengatur persepakbolaan, baik pada tanah air maupun juga ke seluruh dunia.

I & W Organon, Organisasi.co.id

Apa nama dari induk organisasi internasional dan nasional sepak bola dunia, yang penggemarnya mendunia tersebut?

Maka Jawabannya adalah PSSI dan FIFA, sebagai 2 organisasi ini menjadi wadah atau institusi dalam mengatur tata kelola dan peraturan serta pertandingan bola sepak. Indonesia dan negara lainnya atau skala nasional dan dunia (internasional).

Induk Organisasi Dunia Sepak Bola

Adapun Dalam Dunia persepakbolaan, terdapat induk yang mendunia, yakni dengan nama FIFA.

Mengenal Induk Internasional FIFA

Nama FIFA itu bukan bahasa Inggris, tapi FIFA itu singkatan dari bahasa Prancis “Fédération Internationale de Football Association“. Selanjutnya memiliki singkatan FIFA. Dalam Bahasa Inggris International Federation of Football Association.

induk organisasi sepak bola Internasional
Nama induk organisasi sepak bola Internasional adalah FIFA

Menggunakan singkatan Bahasa Prancis (Bukan Bahasa Internasional Inggris), sebab organisasi ini berdiri pertama kali pada Negara Prancis, pada 21 Mei 1904.

Dalam Bahasa Indonesia tersebut sebagai Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA).

Selanjutnya Pada abak ke XVIII, pertandingan sepak bola tidak terkenanal pada negara Asia apalagi Indonesia. Maka Pada tahun 1872 Inggris bertemu dengan Skotlandia, sebab saat itu sepak bola menjadi olahraga favorit se-Britania Raya. Yakni, Negara Inggris, Scotlandia, Wales dan Irlandia Utara.

Semenjak saat itu, sepak bola menjadi sebuah olahraga yang memiliki penggemar keseluruh penjuru dunia.

Anggota Organon FIFA

Awal berdirinya organisasi tersebut, negara-negara yang bergabung berikutnya yaitu:

  1. Prancis,
  2. Denmark,
  3. Belgia,
  4. Jerman,
  5. Belanda,
  6. Spanyol,
  7. Swedia, dan
  8. Swiss.

Selanjutnya, Organisasi Dunia Sepakbola tersebut berpusat pada negara Zurich Swiss. Dengan leader organisasi sepakbolah Internasional tersebut adalah Robert Guerin. Namun, pada 1906, Daniel Burley Woolfall menggantikan Guerin.

Untuk mewujudkan program organisasi mereka, maka pelaksanaan Olimpiade untuk pertama kalinya pada tahun 1908.

Kondisi politik dunia yang terjadi pada tahun 1910, mengancam organisasi tersebut. Yakni terjadinya perang dunia I (pertama).

Pasca perang, membuat kebuntuan dan perang dingin antar negara. Sehingga butuh waktu 20 tahun untuk melakukan recoveri. Tepatnya pada tahun 1930, organisasi FIFA menyelenggarakan Piala dunia pertama.

Seiring perkembangan zaman, Indonesia masuk bergabung menjadi anggota FIFA pada tahun 1952. Meski sempat Negara Indonesia terdiskualifikasi dari keanggotaan pada tahun 2015 karena melakukan intervensi pihak tertentu kepada PSSI.

Butuh waktu 1 tahun, Indonesia kembali mendapat pengakuan, tepatnya 13 Mei 2016, Presiden FIFA Gianni Infantino mencabut pemberlakuan sanksi sebelumnya.

Demikian ringkasan penjelasan mengenai organisasi sepak bola internasional adalah “Fédération Internationale de Football Association” atau FIFA.

Tahukah kita semua, bahwa pada tahun 2021, FIFA memutuskan mengadakan Even Dunia, dengan tuan rumah Indonesia. Pada piala dunia umur 20 tahun.

Saat ini pemerintah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut kegiatan bergengsi tersebut. (Sumber:Setneg.go.id)

Mengenal Induk Organisasi Nasional PSSI

Indonesia memiliki Induk organisasi sepakbola yakni Persatuan Sepakbola seluruh Indonesia. Disingkat PSSI. Hal inilah organisasi yang menaungi sepakbola Pada Negara indonesia.

induk organisasi sepak bola nasional adalah
Induk organisasi sepak bola nasional adalah PSSI (Logo, Dumber Foto:Liputan6.com)

Sejarah berdirinya Organisasi PSSI

Tepatnya Pada Wilayah Djogjakarta, tanggal 19 April 1930 organisasi ini lahir meski dalam posisi mendapatkan tekanan penjajah Belanda pada saat itu. Namun organisasi untuk mengatur sepak bola Indonesia tetap pada komitmen untuk berdiri.

Sebagai organisasi sepak bola nasional, maka Pendirian PSSI, bukanlah semata untuk menghimpun para pemain sepak bola. Tetapi, upaya mencari dan mengumpulkan rasa nasional para pemuda dari berbagai daerah.

Terinspirasi dari rasa nasionalisme yang tercetuskan tahun 1928, untuk menyatukan pemuda pada seluruh Indonesia, maka Menginspirasi lahirnya federasi PSSI tersebut.

Dengan pendiri bernama Soeratin Sosrosoegondo, seorang Ir Sipil (bukan sarjana olahraga). Alumni Jerman yang cinta dengan sepakbola.

Pergerakan untuk mendirikan organisasi bola sepak tersebut, adalah pergerakan bawah tanah, oleh karena mendapatkan tekanan dari penjajah Belanda.

Pada tanggal 19 April 1930, bertemu para utusan organisasi bola. Dari beberapa daerah dan sepakat untuk mendirikan PSSI (Persatoean Sepakraga Seloeroeh Indonesia).

PSSI ini berubah dalam kongres PSSI Solo 1950 menjadi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia yang juga menetapkan Ir. Soeratin sebagai Ketua Umum PSSI.

Organisasi permainan Dunia Sepak Bola Tanah air, PSSI dalam perkembangannya, mendapatkan banyak dukungan dari Raja pada Keraton Djogja. Karena pada era tahun 1930, masa penjajahan Belanda. Kemajuan sepak bola tanah air telah terminati oleh banyak warga Indonesia dan bisa menjadi lambang perjuangan bangsa.

Maka berdirik stadion Sepak Bola pertama Djogjakarta. Pada era tahun 1970, Indonesia memiliki pemain-pemain bertalenta dan melegenda. Seperti Ramang dan sebagainya.

Organisasi Dunia Sepakbola Berbentuk Confederasi

FIFA sebagai Induk utama, namun di beberapa Negara membentuk konfederasi. Yang merupakan gabungan dari beberapa negara (benua).

Diantaranya:

UEFA

UEFA merupakan singkatan dari Union of European Football Associations. Dengan dengan 53 Negara anggota.

Dengan Negara yang ada adalah Negara yang memiliki kemampuan sepak bola yang hebat, seperti Jerman. Prancis, Spanyol, Portugal dan sebagainya.

Pendirian pada tahun 1954 mewakili negara Eropa. Turnamen utama yang terselenggara adalah Piala Eropa.

CAF

CAF merupakan organisasi singkatan dari “Confédération Africaine de Football”

Dengan 53 Negara anggota + 2 rekan. Berdiri pada tahun 1957 yang bertindak mengatur seluruh negara bagian Afrika.

Penyelenggara kegiatan Piala Afrika.

AFC

Merupakan Konfederasi sepak bola di Benua Asia. Singkatan dari Asian Football Confederation

Supporter Bola Tercantik Asal Korea
Supporter Korea (Foto: Bola.Net)

Menaungi Negara sebanyak 46+1(non-fifa) anggota termasuk Indonesia. Berdiri semenjak tahun 1954 Juara pada Piala Asia akan menjadi wakil dari benua ini. Untuk berlaga pada ajang internasional.

CONMEBOL

Merupakan singkatan dari “Confederación Sudamericana de Fútbol” Konfederasi ini memiliki 10 anggota. Organisasi berdiri pada tahun 1916 Dengan nama ajang pertandingan bernama Copa America.

CONCACAF

Singkatan dari Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football.

Mengendalikan 40 negara anggota dalam konfederasi tersebut.

Didirikan tahun 1961 untuk negara dibagian Amerika Utara, Amerika Tengah dan Karibia.

Menyelenggarakan Piala Emas CONCACAF.

OFC

Merupakan singkatan dari “Oceania Football Confederation”. Memiliki 11 anggota + 6 rekan. Berdiri sejak tahun 1966 mewakili negara-negara Oseania.

Turnamen utama yang diselenggarakannya adalah Piala Oseania.

Demikian artikel tentang wadah sepak bola dunia, dengan penggemar mendunia.

Baca Organisasi Lain: Organisasi Tradisional, Modern, Millenial, Perbedaan 3 Jenis Organon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *