Jenis-Jenis Bikini: 5 Daftar Serta Stereotype Terhadap Wanita

Kery Anne Payne, Atlit Renang Inggris, salah satu perenang yang memiliki banyak penggemar kamera (Foto: Kaskus.co.id)

Bikini menciptakan sensasi tersendiri di negara timur salah satunya Indonesia. Jenis-jenis bikini akan mempengaruhi penilaian seseorang terhadap penggunanya.

Tika, olahraga – organisasi.co.id

Bacaan Lainnya

Tujuan Pembuatan Bikini

Bikini merupakan pakaian renang yang terdiri atas dua bagian terpisah. Bagian atas berfungsi menutupi payudara dan bagian bawah untuk menutupi kemaluan.

Mulanya pakaian ini untuk menggantikan penggunaan bra saat berenang. Jika dulu wanita masih harus mengenakan bra untuk berenang, adanya bikini dapat membuatnya semakin praktis.

Tahun 1946, Louis Reard di Paris pertama kalinya memperkenalkan bikini. Berbeda dengan bra yang terbuat dari kain yang tipis, bikini justru terbuat dari kain yang tebal.

Ukuran tali pada benda ini juga tidak dapat kita atur seperti bra. Walaupun demikian, ia tetap memiliki fungsi seperti bra yang mana berfungsi sebagai penopang payudara, menjaga bentuk tubuh, dan untuk kesehatan.

Sering kali kita melihat pria berenang hanya menggunakan celana renang yang tidak menutup kemungkinan juga merupakan celana yang ia gunakan sehari-hari sebagai pakaian dalam sebelum mengenakan pakaian utama.

Bikini pun demikian. Wanita memakai pakaian dalam sebelum menggunakan pakaian luar. Bra dan celana dalam merupakan contohnya.

Kelebihan Olahraga Renang Bagi Perempuan

Jenis perlengkapan renang
Olahraga renang (Foto: honestdocs.id)

Jenis-jenis bikini tidak mempengaruhi kualitas berenang seorang wanita. Pada dasarnya olahraga renang tetap memiliki banyak manfaat sekalipun menggunakan pakaian renang biasa (model terusan).

lalu apa saja manfaat berenang bagi wanita?

a. Mengurangi risiko kanker payudara

Cancer research Center di Seattle Amerika Serikat mengungkapkan hasil penelitian mereka pada tahun 2003. Hasilnya adalah berenang merupakan salah satu olahraga yang mampu mencegah kanker payudara.

Melalui berenang maka semua otot dalam tubuh wanita akan bekerja dan meningkatkan ketahanan saraf-saraf mereka.

b. Menurunkan berat badan

Kita kerap merasa lapar setelah berenang. Hal ini terjadi karena tubuh kehilangan banyak kalori. Tentunya memiliki berat badan ideal menjadi idaman banyak wanita.

Berenang akan membantu mereka mewujudkan impian karena mampu mendukung program diet para wanita. Semakin sering berenang maka semakin cepat kita mendapatkan berat badan ideal.

c. Menguatkan rahim ibu hamil

Banyak iklan makanan dan minuman ibu hamil yang mempromosikan olahraga ini. Dengan berenang maka otot rahim dan panggul wanita hamil akan seakin kuat. Jika melakukannya dengan rutin maka otot-otot semakin kuat menuju proses persalinan.

Risiko pembengkakan juga akan berkurang bilamana wanita hamil rutin berenang. Terutama pembengkakan di area kaki.

d. Berkurangnya risiko osteoporosis

Berennag sangat baik untuk kesehatan sendi dan tulang. Di hari tua kedua bagian tubuh ini akan membutuhkan perhatian khusus.

e. Mencegah stress dan depresi pada wanita

Banyak bekerja dan terlalu lelah mengurus rumah dapat membuat wanita rentan stress. Stress akan memberikan banyak dampak buruk bagi kesehatan. Dengan berenang maka risiko stress akan berkurang dan wanita menjadi lebih bahagia.

Untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan, maka sudah sepantasnya kita berenang dengan rutin. Tentunya sebaiknya menggunakan peralatan renang yang sesuai seperti baju renang, penutup kepala, kacamata renang, dan lainnya. Kita juga dapat menggunakan bikini namun sebaiknya memilih dulu jenis-jenis bikini yang sesuai.

organisatoris lainnya baca ini : Perkembangan Pertanian Dalam 6 Zaman

Bikini dan Styreotypenya Terhadap Wanita

bikini (dzargon.id)

Di negara barat menggunakan bikini bukan hal yang tabu.Banyak film-film yang menampilkan bagaimana para wanita berbikini dengan bebas di pantai. Namun di negara timur yang menjunjung kesopanan, hal itu masih nampak kurang baik.

Di Indonesia sendiri kontroversi penggunaan bikini telah muncul sejak Artika Sari Devi mengikuti Miss Universe 2005 yang berlokasi di Thailand kala itu.

Jika puteri-puteri Indonesia sebelumnya menolak foto sesi bikini, namun wanita cantik ini berani mengambil keputusan untuk mengikuti sesi pemotretan tersebut.

Memang dalam kontes kecantikan selalu identik dengan kata cantik. Cantik pun memiliki standar yang berbeda dari setiap orang. Kata sifat ini bersifat relatif. Terpancar dari kebaikan dan penjurian di ajang Miss Internasional bukan hanya dari urusan pamer tubuh.

Ada lagi kasus Dinar Candy yang baru-baru ini ditahan karena berbikini di pinggir jalan umum. Tujuannya adalah memprotes pemberlakuan PPKM, namun justru berujung penahanan karena meresahkan publik. Seperti itulah pandangan negara kita akan bikini.

Yang menjadi masalah adalah ketika pria menatap wanita yang menggunakan bikini. Definisi seksi akan ada di dalam pikiran mereka. Apa yang kira-kira mereka pikirkan dari wanita yang mengenakan jenis pakaian ini?

a. Sulit menahan godaan

Decision Analyst di Amerika Serikat pernah mengadakan survey. Jika 400 pria tersebut bertemu dengan wanita seksi di stasiun, maka 75,8% dari mereka pasti akan memandangnya. Sulit bagi mereka melewatkan pemandangan indah itu.

b. Memperhatikan senyum dan mata

Survey dari Daily Mail memberikan hasil bahwa dari seribu partisipan, mereka akan memperhatikan mata, rambut, senyum, dan dada wanita saat memandangnya.

Memang benar jika pria suka dengan payudara akan tetapi itu bukan yang pertama mereka perhatikan.

c. Pria memandang dada dan menyukai yang tidak terlalu besar.

Tipe payudara cup C merupakan kesukaan pria. Mereka cenderung menyukai payudara yang besar tapi tidak terlalu besar. Dengan berbikini tentu mereka menjadi mudah berfantasi.

Contohnya saha 65% pria di India memiliki fantasi untuk memiliki wanita seksi sebagai istri. Walaupun ini harapan mereka namun umumnya tidak akan menjadi kenyataan.

d. High maintenance

Wanita seksi berbikini akan membuat pria terintimidasi karena terkesan mewah. Indah dipandang namun membuat pria merasa rendah diri.

Jenis-Jenis Bikini

Jenis-jenis bikini

Sebelum memilih, hendaknya kita mencari tahu terlebih dahulu jenis bikini apa yang cocok untuk tubuh kita. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Berikut adalah jenis-jenis bentuk tubuh wanita:

a. Pear-Shape (jenis-jenis bikini ideal)

Berbentuk seperti buah pir, kita dapat mengamatinya mulai dari pinggul dan paha. Jika melengkung dengan bagian atas yang lebih kecil, maka itu termasuk dalam bentuk ini.

Jika kita menyamakan dengan artis, maka Jennifer Lopezdan Beyonce adalah dua contoh bentuk tubuh seperti pir. Bikini yang cocok adalah yang dapat menutup bagian vital dengan nyaman dan menyeimbangkan proporsi badan.

Contohnya adalah bikini yang berbentuk v tajam dengan atasan sporty. Kita juga dapat menambahkan celana dalam yang minimalis. Dengan demikian kaki kita akan terlihat lebih jenjang.

b. Payudara yang besar

Sedikit kesulitan dalam mencari bikini yang cocok, wanita dengan payudara besar harus memadupadankannya dengan bra yang kuat dan berpenyokong.

Di satu sisi mereka harus menunjukkan kelebihan mereka dengan mengekspos payudaranya, namun di sisi lain mereka tidak akan ingin terlalu mengeksposnya.

Sebab itu carilah bikini dengan kawat penunjang tanpa renda atau manik-manik di bagian atas. Hal itu hanya akan menarik perhatian orang lain untuk menatap payudara kita. Pilih bikini dengan ukuran yang tepat seperti ukuran bra D.

Sebagai catatan tambahan, bikini dengan pola garis bergelombang akan membantu bentuk payudara yang besar agar tidak nampak terlalu mencolok. Pilih pula yang polos dan tidak menarik perhatian.

c. Payudara kecil

Bentuk payudara yang kurang proporsional masuk dalam kategori kecil. Ukurannya biasanya adalah A cup atau B cup dan butuh sedikit sumpelan agar nampak lebih besar. Carilah bra bikini dengan corak renda atau hiasan.

Berkebalikan dengan payudara besar, wanita dengan payudara kecil akan sesuai dengan bikini yang berisi hiasan mencolok yang membantu memberi ilusi dan mengelabui ukuran payudara.

d. Atletis

Tubuhh yang atletis adalah lurus dari atas ke bawah. Jadi hampir tidak ada lekukan atau hanya sedikit lekukan . Jenis-jenis bikini yang sesuai adalah yang mampu memberikan lekukan seperti bercorak garis-garis.

e. Perut menonjol (Jenis-jenis bikini satu sisi)

Perut yang membuncit bukanlah masalah dengan pemilihan baju renang yang tepat. Namun sebenarnya itu tergantung pribadi masing-masing apakah mau menutupi atau cuek saja.

Bikini dengan gaya pinggang yang tinggi dapat membuat perut kita tertutupi dan menjadi lebih percaya diri. Pilih saja model monokini.

Organisatoris lainnya baca ini : Metode Pertanian Organik: 5 Tujuan, Jenis Hewan Ternak

Kesalahan Memakai Bikini

Setelah mengetahui jenis-jenis bikini yang coock dengan bentuk tubuh kita, jangan sampai kita melakukan kesalahan-kesalahan yang membuat usaha kita sia-sia. Adapun kesalahan-kesalahan itu antara lain:

a. Mengikuti mode padahal tidak nyaman

Jangan memaksakan diri untuk tampil modis. Walaupun modelnya lucu dan merupakan idaman, kenyamanan adalah hal yang terpenting. Ketidaknyamanan akan membuat kita risih. Kita juga perlu memilih ukuran bikini yang sesuai dengan bentuk tubuh. Pastikan pilihan kita aman dan nyaman.

b. Tali bikini berbekas

Ukuran bikini yang telalu kecil akan meninggalkan tali yang berbekas. Sama halnya dengan memilih bra, jika tali bikini terlalu kencang, artinya ukuran itu terlalu kecil untuk kita.

Untuk membuktikannya kita dapat menggunakannya selama beberapa jam dan melihat ada tidaknya bekas disana.

c. Tali bikini jatuh ke lengan

Memalukan adalah satu kata ketika kita mendapatka tali bikini yang jatuh ke lengan. Jika meninggalkan bekas artinya kekecilan, maka jika jatuh ke lengan artinya adalah kebesaran.

Sebaiknya kita memilih yang tidak membuat bahu sakit namun juga tidak turun ke lengan. Longgarnya tali ini juga dapat terjadi karena bikini terlalu sering dicuci.

Mencuci dengan mesin cuci juga dapat menyebabkan tali menjadi longgar. Jika ini terjadi maka sebaiknya mengganti biikini dengan yang baru.

d. Menyebabkan gatal dan iritasi

pada kenyataannya tidak semua orang nyaan dengan model pakaian yang mereka beli. Kulit gatal dan iritasi kerap terjadi salah satunya dengan pemakaian bikini.

Walaupun itu adalah model favorit kita, hentikan penggunaannya ketika mengiritasi kulit. Carilah bahan yang aman dan nyaman sehingga dapat kita gunakan untuk waktu yang lama.

e. Leher menjadi sakit

Bikini model halter dengan tali melingkar d leher akan membuat leher sakit. Jadi sebelum membelinya, pastikan bikini tersebut tidak terlalu kecil. Selain itu sebaiknya kita memperhatikan bahan halter tersebut.

Penutup

Di negara barat, penggunaan bikini sangatlah umum dan normal. Akan tetapi di negara timur yang menjunjung kesopanan, penggunaannya menimbulkan kontroversi.

Walaupun demikian pada dasarnya sah-sah saja menggunakannya di tempat yang tepat. Ada baiknya kita mencari tau jenis-jenis bikini yang coock dengan tubuh kita. Jangan sampai membuat tidak nyaman atau mengiritasi kulit.

Di jaman modern ini begitu banyak pilihan bikini yang ada. Jangan sampia kita tergoda dengan motif dan modelnya padahal kedua hal itu tidak cocok dengan tubuh kita.

Daftar Pustaka

AWET MUDA? BERIKUT MANFAAT LAIN BERENANG BAGI WANITA

Oohlala, Ini Dia 5 Jenis Bikini yang Cocok Dengan Tipe Badan Anda!

Pos terkait