Induk Organisasi Olahraga Takraw
Teknik Dalam Sepak Takraw/Smash (foto: London)

Dunia Olahraga Sepak Takraw Skala Internasional dan Nasional

Diposting pada

Olahraga Sepak Takraw, dalam kelas dunia maupun nasional memiliki induk organisasi untuk mengatur tata kelola permainan daripada olahraga ini.

Nico Fikri Hermawan, Olahraga – Organisasi.co.id

Halo sobat olahraga, pada kesempatan kali ini, Beritaku akan mebahas sebuah olahraga yang cukup unik yang bernama Sepak Takraw.

Olahraga ini mungkin tidak sepopuler olahraga olahraga lain, namun Sepak Takraw tetap memiliki peminat yang tak sedikit. Bahkan olahraga ini juga sudah memiliki kejuaraan bergengsinya sendiri di tingkat dunia.

Sepak Takraw sendiri merupakan sebuah olahraga hasil pecampuran antara sepak bola dan bola voli.

Olahraga Sepk Takraw
Bola Dalam Sepak Takraw (Foto: Okezone)

Olahraga ini dimainkan. Di sebuah lapangan sekuruan lapangan bulu tangkis, lengkap dengan netnya.
Dalam Sepak Takraw terdapat dua tim yang bertanding yang masing masing timnya beranggotakan 3 orang.

Cara memainkan olahraga ini hampir sama seperti bola voli, hanya saja menggunakan kaki. Dan setiap pemain dilarang menggunakan tangannya.

Di setiap permainan Sepak Takraw tim yang memenangkan permainan adalah tim yang lebih dulu berhasil mencapai poin 21. Sementara jumlah set di tiap pertandingannya adalah 2 set.

Namun apabila kedua tim berhasil memenangkan setiap set, maka akan berlangsung set tambahan yang dinamakan Tie Break.

Organisatoris lain baca ini: Induk Organisasi Dunia Olahraga, 71 Nasional Dan Internasional

Teknik Bemain Takraw

Agar bisa bermain Sepak Takraw, setiap pemain harus mengusai lima teknik dasar dari olahragar ini.

Lima teknik dasar itu antara lain, Sepak Sila, Sepak Kuda atau Kura, Sepak Badek atau Simpuh, Teknis Memaha, dan Teknik Heading.

Masing masing teknik dasar tersebut harus kita kuasai, karena satu sama lain saling berkesinambungan. Apabila ada satu saja yang belum bisa kita kuasai, kita tak akan bisa bermain Sepak Takraw dengan baik.

PemaiN Sepak Takraw
Teknik Smash Dan Blok Takraw (Foto: Kyodo)

Untuk memainkan permainan atau olahraga ini sebenarnya cukup simple. Kita hanya perlu mempersiapkan sebuah lapangan dengan net di tengahnya, serta bola yang terbuat dari rotan.

Sepak Takraw sendiri bisa pada lapangan indoor maupun outdoor di pantai.

Sepak Takraw oleh banyak orang sebagai olahraga yang indah. Ini karena penonton akan mendapatkan suguhan dengan gerakan akrobatik dari para pemain.

Sepak Takraw sendiri sangat populer di kawasan Asia Tenggara. Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam adalah negara negara yang terkenal memiliki tim Sepak Takraw yang kuat.

Organisatoris lain baca ini: Olahraga Panahan Sejak 5000 Tahun Lalu

Hal-Hal Penting Dalam Takraw

Berikut ini beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam permainan Sepak Takraw:

  1. Servis, Cara melakukan servis dalam Sepak Takraw adalah menendangnya menggunakan kaki. Servis dalam permainan ini juga harus kita lakukan bergantian atau Rolling.
  2. Lapangan, Sama seperti olahraga lain, Sepak Takraw juga membutuhkan lapangan atau arena bermain. Untuk Sepak Takraw sendiri, ukuran lapangannya nyaris seukuran lapangan bulu tangkis, yaitu seluas 13,40 x 16,10 m.
    Olahraga ini juga bisa kita mainkan di dalam gedung atau indoor. Namun dengan syarat ruangan gedung tersebut memiliki ketinggian loteng 8 meter dari lantai.
  3. Tinggi Tiang dan Net, Ukuran net atau tiang dalam permainan Sepak Takraw berbeda di setiap kategori. Dalam kategori Putra, tinggi atau ukuran net adalah 1,52 hingga 1,55 meter. Sementara untuk  kategori Putri, ukuran netnya dari mulai 1,42 hingga 1,45 meter. Bahan yang digunakan untuk netnya adalah benang atau tali. Sedangkan untuk ukurannya adalah panjang 70 cm, dan lebar 6-10 meter. Lubang lubang di netnya juga harus kita perhatikan, yakni masing masing lebarnya 6-8 cm.
  4. Bola, Olahraga Sepak Takraw menggunakan bola berbahan rotan yang ringan dan bagian luarnya ter lapisi karet sintetik. Bola tersebut harus memiliki diameter lingkaran 42-44cm bagi Putra, dan 43-45cm bagi Putri. Untuk beratnya, 170-180gr bagi Putra, dan 150-160gr bagi Putri.

Sejarah Sepak Takraw

Banyak sumber literasi yang memuat mengenai sejarah awal mula Sepak Takraw.

Tercatat ada tiga negara yang mengklaim sebegai penemu olahraga ini, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Meski demikian, bukti sejarah lebih banyak mengatakan olahraga ini berasal dari tanah Malaysia.

Sebuah catatan sejarah yang bernama “Sejarah Melayu” menyebut olahraga ini awal muncul di tanah Melayu.

Permainan Takwar
Bentuk Permainan Takraw (Foto: Indosport)

Kala itu ada seorang raja bernama Raja Ahmad yang membunuh saingannya lewat permainan seperti Sepak Takraw.

Pemerintahan Sultan Mansur Shah Ibni yang saat itu berkuasa lantas menghukum Raja Ahmad. Ia terhukum. Dengan diusir dari tanah kelahirannya karena apa yang sudah ia perbuat.

Akan tetapi tidak lama kemudian, justru Raja Ahmad kemudian malah menjadi Sultan Pahang.

Sementara ada juga menurut sumber lain, yakni Susi Dunsmore yang juga menganalisa catatan Sejarah Melayu.

Dia menyimpulkan bahwa Sepak Takraw pertama kali menjadi permainan tradisional pada abad ke-15 di kawasan Malaka. Kawasan kesultanan ini meliputi Semenanjung Malaya hingga Kepulauan Riau di Indonesia.


Penyebaran Takraw

Kemudian pada abad ke-16, para Saudagar Melayu menyebarkan permainan ini ke Sumatera hingga Sulawesi, Indonesia.

Khusus di wilayah Sulawesi, permainan ini menjadi populer di kalangan suku Bugis. Di sana Sepak Takraw lebih terkenal dengan sebutan Ma’Raga.

Sepak Takraw sendiri sebagai olahraga mulai terkenal masyarakat Indonesia di medio 1970-an.

Usai olahraga ini oleh para pengelana dari Malaysia dan Singapura. Sebenarnya Sepak Takraw sudah masuk lama ke Indonesia.

Namun kala itu Sepak Takraw hanya terkenal sebagai sebuah permainan tradisional, bukan sejenis olahraga. Di Indonesia sendiri, olahraga ini sangat pesat perkembangannya di kawasan Sumatera dan Sulawesi.

Selain dari Asia Tenggara, sempat ada juga sumber yang menyebut bahwa olahraga ini terinspirasi dari sebuah permainan asal Cina.

Permainan tersebut memainkan menggunakan bola kok yang mereka tendang ke atas, dan menjaganya agar tidak jatuh.

Sementara itu nama “Sepak Takraw” sendiri menggunakan dua bahasa, yaitu bahasa Malaysia dan Thailand.

Nama tersebut berdasarkan kesepakatan antara kedua negara tersebut. Thailand sendiri memiliki hak menamai karena mereka merasa berjasa membuat Sepak Takraw populer.

Bila mengartikan Sepak Takraw berasal dari kata “Sepak” dari bahasa Melayu yang artinya Menendang, dan “Takraw”, bahasa Thailand yang artinya Bola yang terbuat dari Rotan.

Asal Takraw Dari 3 Negara

Dari Manakah Sebenarnya Sepak Takraw Berasal? Malaysia, Thailand, atau Indonesia?

Asal muasal Sepak Takraw sampai saat ini sebenarnya masih menjadi sebuah perdebatan. Ada tiga negara sekaligus yang berusaha mengklaim sebagai asal dari olahraga unik ini.

Malaysia sebagai negara yang paling sering di sebut dalam catatan sejarah. Indonesia dengan suku suku tradisionalnya yang kita ketahui sudah memainkan permainan serupa di masa lalu.

Serta Thailand yang bahkan mengklaim negara merekalah yang membuat Sepak Takraw sepopuler saat ini.

Untuk mengetahui dari mana sebenarnya asal Olahraga ini, kita butuh banyak sumber serta bukti. Sejauh ini saya saya sudah mencari dan membaca banyak sumber literasi.

Hasilnya alaysia adalah negara yang paling sering disebut sebagai negara asal Sepak Takraw.

Di atas kita sudah diberitahu kalau olahraga ini sudah dimainkan oleh masyarakat tradisional Malaysia sejak tahun 700-an masehi.

Kemudian catatan sejarah Malaysia sendiri menyebut permainan ini sudah populer sejak Kesultanan Sultan Mansur Shah di abad ke-15.

Bahkan dalam catatan itu juga menyebut, orang orang Melayu lah yang kemudian menyebarkannya ke daerah lain.

Sementara itu bukti bukti serta sumber literasi yang menyebut Sepak Takraw berasal dari Indonesia dan Thailand sangat sedikit.

Meski saya sendiri belum bisa membuktikan, namun bila kita lihat dari banyak sumber sejarah. Kemungkinan besar Sepak Takraw memang berasal dari Malaysia.

Induk Sepak Takraw Nasional

Di Indonesia, perkembangan Sepak Takraw bisa kita katakan cukup cepat. Sama seperti di Malaysia, Sepak Takraw di negara kita ini awalnya oleh banyak masyarakat tradisional.

Akan tetapi dahulu namanya bukanlah Sepak Takraw. Beberapa nama lain Sepak Takraw adalah Ma’Raga yang terkenal di Sulawesi, dan Sipak Rago yang terkenal di Sumatera Barat.

Sementara itu di kelompok masyarakat modern, para bangsawan dahulu yang lebih sering memainkan Sepak Takraw.

Baru kemudian lambat laun, semua kalangan kini bisa memainkan olahraga atau permainan ini. Selain itu, dahulu sistem permainan Sepak Takraw berbeda dengan sekarang.

Dahulu Olahraga ini memainkan 6-9 orang di lapangan berbentuk lingkaran. Mereka saling menendang bola ke atas dan menjaganya agar tak menyentuh tanah.

Perkembangan Olahraga ini kian pesat hingga akhirnya, Induk Olahraga Sepak Takraw Indonesia lahir pada 16 Maret 1971.

Nama awal induk olahraga ini adalah Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia, atau dengan singkatan PERSERASI. Namun sekarang singkatannya berubah lagi menjadi PSTI, Persatuan Sepak Takraw Indonesia.

Logo Induk Organisasi Dari PSTI
Logo Dari Induk Organisasi PSTI (Foto: PBPSTI)

Ketika awal awal berdiri, PSTI hanya memiliki 4 anggota pengurus daerah. Empat pengurus daerah ini berasal dari Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Sulawesi Selatan. Dengan ketua mereka kala itu bernama Drs. H.M. Junus Akbar.

Pertama kali Indonesia menggelar kejuaran Sepak Takraw tingkat Nasional adalah pada tahun 1980. Kemudian setahun berselang, Sepak Takraw untuk pertama kalinya jadi cabang olahraga pada PON ke-10 tahun 1981.

Pagelaran PON inilah yang membuat nama Sepak Takraw terus melejit di Indonesia.

Karena setelah itu, lebih banyak daerah lagi yang memutuskan untuk mengembangkan olahrga ini. Hingga akhirnya di tahun 1985, sudah ada 20 lebih daerah yang mengikuti cabor tersebut.

Induk Sepak Takraw Dunia

Apabila membahas perkembangan Sepak Takraw dunia, ada hal yang cukup menarik terjadi. Di mana, induk olahraga Sepak Takraw dunia terbentuk cukup telat.

Semua berawal di tahun 1965, saat untuk pertama kalinya Sepak Takrawa jadi Cabang Olahraga di ajang SEAP GAMES. Pagelaran tersebut adalah pesta olahraga yang dengan empat negara, yaitu Malaysia, Singapura, Thailand, dan Laos.

SEAP GAMES memiliki kepanjangan South East Asia Peninsulars Games, dan biasa terselenggara setiap 2 tahun sekali.

Tidak lama setelah ajang SEAP GAMES 1965, barulah di tahun 1982, Induk Olahraga Sepak Takraw terbentuk.

Kala itu nama organisasinya bernama ASTAF atau Asian Sepak Takraw Federation. Akan tetapi sesuai namanya, organisasi ini hanya menaungi Sepak Takraw di kawasan Asia.

LogO resmi ASTAF
Logo Induk Organisasi Olahraga Takraw Asia (Foto: Astaf)

Sementara untuk di luar Asia, belum terbentuk organisasinya. Anggota awal ASTAF sendiri berjumlah 14 negara.

Mereka adalah Indonesia, Vietnam, Thailand, Sri Lanka, Singapura, Myanmar, Korea, Jepang, Malaysia, Cina, Philipina, dan Brunei Darusalam.

Barulah setelah itu kemudian di tanggal 5 Maret 1992, terbentuklah Induk Olahraga sepak Takraw Dunia dengan nama ISTAF.

ISTAF sendiri merupakan singkatan dari International Sepak Takraw Federation.

Anggota ISTAF sendiri berjumlah 16, yaitu 14 anggota ASTAF tadi bertambah Finlandia dan Amerika Serikat. Semenjak itulah ASTAF pun masuk dan kini berada di bawah naungan ASTAF.

Demikian artikel mengenai olahraga Sepak Takraw, semoga artikel ini bermanfaat bagi para sobat pembaca Organisasi.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *