Induk Organisasi Senam Nasional Dan Internasional
Salah Satu Atlit Senam Dunia (Foto;Republika)

Sejarah Induk Organisasi Senam Indonesia Dan Dunia

Diposting pada

Atlit cantik dan segar kebanyakan para pesenam, mereka bergabung dalam induk dan Struktur organisasi senam dalam skala nasional (Indonesia) maupun internasional (dunia) untuk mengakomodir mereka

I & W Organon, Organisasi.co.id

Sebagaiamana artikel sebelumnya, Daftar Induk Organisasi Dunia Olahraga, 71 Nasional Dan Internasional. Maka kali ini akan menjelaskan tentang sejarah daripada “ibu kandung dari organisasi para pesenam”.

Apakah itu Senam?
Senam merupakan arti kata dari bahasa Inggris yakni Gymanstics dalam bahasa Belanda Gymnastiek. Sementara dalam bahasa Yunani adalah Gymnos.

Tahukah anda apa arti Gymnos?
Asal jangan kaget, Gymnos itu berarti telanjang. Sebab pesenam zaman dulu adalah dengan telanjang maupun setengah telanjang. Hal itu terjadi karena pada dahulu kala, teknologi belum semaju sekarang, atau arti kata belum bisa menciptakan pakaian yang elastis.

Namun kondisi sekarang telah berubah dengan kemajuan teknologi pembuatan pakaian dengan elastis.

Sejak kapan dikenal olahraga senam?
Perlu kita memahami bersama bahwa senam mulai menjadi sebuah olahraga yang tren semenjak tahun 1912. Pada tahun tersebut, olahraga ini tersosialisasikan pada negara Indonesia.

Senam Dan Organisasi Induk
Salam Satu Jenis Senam Ritmik (Foto: Suara.com)

Sejarah Senam Indonesia Dan Pendirian Wadah

Lebih awal kita akan mengupas, tentang bagaimana olahraga yang biasanya menampilkan para pemain yang memiliki tampilan menarik dan ideal tersebut.

Sejarah Senam Indonesia

Adalah Minkema, seorang perwira angkatan laut Belanda, yang pertama kali membuka kursus senam pada tahun 1918 pada kota Malang Jawa Timur. Namun selama beberapa tahun olahraga ini belum berkembang pesat, karena masyarakat masih tabu dalam mengikuti senam ini.

Maklum, masyarakat Indonesia yang mayoritas Islam, memandang bahwa memperlihatkan aurat (lekuk tubuh) adalah sesuatu yang mereka hindari.

Namun pada tahun 1922, tepatnya pada kota Bandung, berdiri sebuah sekolah bernama Militaire Gymnastiek en Sporschool (MGSS). Selanjutnya sekolah ini membina para siswa untuk mahir dalam olahraga senam. Tidak hanya sampai disitu. Akan tetapi alumni sekolah ini menjadi instruktur pada sekolah lainnya. Untuk mempelajari olahraga senam tersebut.

Melihat meningkatnya penggemar olahraga tersebut, sehingga terbuka cabang-cabang MGSS pada beberapa daerah, yaitu: Probolinggo, Bogor, Malang, medan, dan Surakarta.

Selama 20 tahun, yakni tahun 1922 hingga 1942, olahraga ini terus berkembang dan memiliki banyak peminat.

Namun setelah penaklukan oleh penjajah Jepang pada tahun 1942, kegiatan senam ini mendapatkan instruksi penghentian. Semua argumen penghentian oleh Jepang tersebut dengan alasan politis, yakni olahraga yang berasimilasi kebarat-baratan menjadi aktifitas terlarang oleh penjajah Jepang.

Tetapi, tidak berati senam berhenti total, melainkan jenis kegiatannya tergantikan dengan “Taiso” atau sejenis senam pagi (kalestenik), kegiatan ini berbentuk aktifitas pagi oleh para murid sekolah.

Dengan seremoni (upacara) awal adalah memberikan penghormatan kepada Kaisar Jepang (Tenno Heika). Untuk penghormatan tersebut, seluruh murid dan instruktur menghadap kearah Utara (lokasi sang kaisar berada). Dengan cara membungkukkan badan, memberikan hormat.

Selama 3 tahun, yakni rentang waktu tahun 1942 sampai tahun 1945, kegiatan senam tersebut terlaksana pada semua instansi pendidikan, terutama sekolah-sekolah.

Namun setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaan pada tahun 1945, kegiatan penghormatan mendapatkan penentangan dan kritik dari seluruh wilayah Negara Republik Indonesia. Termasuk kegiatan senam Taiso tersebut berhenti.

Dan Indonesia kembali menggunakan senam yang mereka dapatkan pada zaman penjajahan Belanda.

Baca juga organisasi lain: Struktur FIFA dan Organisasi PSSI, Nasional & Dunia

Sejarah Induk Organisasi Senam Indonesia

Apakah nama induk organisasi Senam secara Nasional?
Induk Organisasi Senam Indonesia adalah PERSANI yang merupakan singkatan dari Persatuan Senam Indonesia.

Yang resmi berdiri pada 14 Juli 1963, atas prakarsa beberapa atlit senam dari berbagai daerah dan Kota Jakarta sebagai saksi sejarah pendirian wadah induk senam tersebut. Dengan Ketua Umum pertama PERSANI adalah Raden Suhadi.

Hanya butuh setahun kemudian atau tepatnya pada tahun 1964, PERSANI tampil dalam ajang internasional, pada kegiatan GANEFO (Games of the New Emerging Forces). Dengan peserta: China, Korea, Mesir, Rusia Dan Indonesia sebagai tuan rumah.

GANEFO merupakan sebuah gagasan kegiatan olahraga atas prakarsa presiden Soekarno. Tujuannya tidak lain menyatukan negara-negara lain dunia untuk membangun sinergi antara beberapa negara baru merdeka.

Memasuki tahun 1969, tepatnya pada PON (Pekan Olahraga Nasional) VII Surabaya, sebagai pekan kegiatan pertandingan olahraga secara nasional. Menampilkan cabang olahraga senam sebagai salah satu cabang yang dipertandingkan.

Olahraga yang berasal dari Negara Yunani tersebut telah menjadi salah satu aktifitas para pemuda pemudi pada negara tersebut (Yunani). Untuk melatih Raga dan elastisitas. Berhubungan dengan Filosofi, Socrates, plato serta Aristoteles.

Filsuf tersebut memberikan dukungan penuh latihan fisik dalam rangka menciptakan harmonisasi dalam hidup. Dalam rangka membentuk raga (fisik), kecantikan serta keindahan tubuh.


Sejarah Induk Senam Dunia

Seiring dengan perkembangan zaman, Yunani mengembangkan olahraga ini sejak tahun 1000 SM hingga 451 SM.

Pemuda pada kerajaan Yunani memiliki fisik yang kuat, apalagi jika mereka yang menjadi prajurit kerajaan Yunani. Mereka aktif melakukan latihan fisik.

Adapun Induk Organisasi Senam Dunia adalah FIG yang merupakan singkatan dari Bahasa Prancis Federation International de Gymnastique.

Adapun sejarah berdirinya organisasi senam dunia bermula pada tahun 1881, yakni pada saat berdirinya Federation Europeene de Gymnastique (FEG) Belgia.

Tepatnya 7 April 1921, FIG resmi berdiri pada Negara Belgia, berselang 3 tahun markas FIG berpindah dari Belgia ke Prancis.

Bentuk Senam:

  1. Tumbling
  2. Calestenik
  3. Akrobatik

Tumbling adalah sebuah gerakan yang cepat dan eksplosif serta merupakan gerakan dengan satu garis lurus.

Adapun ciri daripada tumbling adalah:

  1. Adanya unsur melompat,
  2. Melayang bebas di udara dan dilakukan dengan cepat.

Contoh dari tumbling adalah kip, handspring, atau salto

Calestenik adalah kegiatan olahraga untuk melenturkan tubuh, seperti senam pagi dan senam kesegaran jasmani.

Akrobatik merupakan bentuk senam dengan menonjolkan keindahan pada flekasibilitas gerak serta keseimbangan. Dengan menggunakan gerak lambat.

Contohnya adalah chestroll, walkover, dan backover.

Jenis Senam terdiri dari:

  1. Artistik,
  2. Ritmik,
  3. Trampoline,
  4. Aerobik,
  5. Akrobatik, dan
  6. Parkour

Demikian penjelasan mengenai induk organisasi senam dunia dan nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *