Senam dan keindahan wanita
Senam dan kaitannya dengan wanita (Foto: hype.grid.id)

Senam dan Keindahan Wanita: 3 Kaitannya dengan Sehat

Diposting pada

Senam dan keindahan wanita, adalah dua hal yang mempunyai erat hubungannya antara satu sama lain. Berikut beberapa pembahasan kaitannya dengan kesehatan. Ayu Maesaroh, Olahraga – organisasi.co.id

Halo, bagaimana kabar para organisator kali ini? Semoga masih tetap semangat, dan jangan lupa untuk terus berolahraga ya.

Sangat menyenangkan bukan jika kita mempunyai badan yang sehat, baik dari jasmani maupun rohani. Dapat melakukan berbagai aktivitas yang kita sukai, dan sebagainya.

Begitu juga dengan resiko daripada serangan virus penyakit yang hari-hari ini semakin ganas. Namun setidaknya dengan berolahraga, kita dapat meminimalisir resiko prediksi buruk yang akan terjadi pada diri sendiri.

Contoh yang paling konkret, adalah ketika seorang “Deddy Corbuzier” mengalami badai sitokin setelah terkena virus corona varian Delta.

Hal tersebut menjadi satu kesadaran diri kita, bahwa memang dengan melakukan olahraga apapun, baik itu senam atau pun jenis olahraga lain.

Ada benefit tersendiri bagi kita. Tidak memandang usia bahkan gender. Sekarang saja sudah banyak variasi olahraga terutama khusus para wanita yang tidak hanya ingin sehat, namun memiliki bentuk tubuh yang ideal.

Oleh karenanyam antara senam dan keindahan daripada wanita, menjadi satu topik pembahasan yang tidak ada habisnya. Berikut ulasan selengakapnya.

Senam Bagi Wanita

Senam adalah salah satu cabang olahraga yang sekarang banyak sekalo orang menggandrunginya. Dengan alasan ada berbagai benefit yang dapat mereka ambil, dari beragam gerakan yang ditawarkan.

Terutama dengan kaitannya bagi para wanita. Yang mana kita sangat paham, wanita era sekarang tidak hanya memikirkan bagaimana cemerlang dalam berfikir, namun juga penampilan.

Seolah menjadi kewajiban sekarang, bagi wanita agar dapat terus bertahan serta bisa eksis di lingkungan daripada dunia kerja yang mereka geluti.

Tapi, apakah fenomena tersebut adalah kesalahan wanita? Kita ulik dari berbagai fenomena yang ada saja. Cluster paling dasar, adalah keluarga.

Tidak sedikit para anggota keluarga yang sering melakukan hal body shaming kepada anak ataupun kerabat terdekat mereka.

Yang kemudian secara tidak langsung hal tersebut memberikan perubahan tersendiri bagi sang anak. Ada yang dapat menanggapi dengan positif sebagai pecutan, tetapi tidak sedikit pula yang akhirnya memilih mengakhiri hidupnya.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh A. A Surya Gedhe, dkk, dalam jurnal penelitian mereka dengan judul “Body Shaming dan Perubahan Perilaku Korban (Studi Pada Remaja di Denpasar)”.

Mencantumkan “teori atribusi”, yang mana menjelaskan bahwasannya, perilaku seseorang dapat berubah, bisa jadi karena ada hal motif, sebab, dan sejenisnya yang melatarbelakangi adanya perubahan tersebut.

Perubahan itu meliputi beberapa hal seperti sikap, sifat, pandangan, dan sejenisnya dari si korban, ketika mereka mendapati kejadian yang sama nantinya.

Di tambah dengan tren sekarang yang masih menggunakan image wanita “sempurna” sebagai brand ambassador iklan. Yang secara tidak langsung mendistrak para orang tua dan wanita dewasa.

Menginginkan penampilan, wajah, bahkan sampai kepada inner beauty pun diinginkan oleh mereka. Jadi, salah siapa sebenarnya? Jawabannya adalah pada diri pembaca sendiri, dalam menanggapi hal ini.


Jenis Senam yang Sering Dilakukan oleh Wanita

Kaitannya senam dan keindahan wanita
Jenis senam (Foto: klikdokter.com)

Terlepas dari hal tersebut, pada akhirnya membuat berbagai penggiat dari segala lini olahraga, membuat beberapa jenis gerakan senam yang pas dan bisa dilakukan secara rutin oleh wanita.

Dengan demikian, nantinya senam dan kaitannya dengan keindahan wanita tersebut, dapat mereka raih di satu satu jenis senam yang mereka geluti. Lalu, apa saja senam yang sering direkomendasikan untuk para wanita?

Plank

Yang pertama adalah plank. Jenis olahraga ini sering dilakukan banyak wanita, karena gerakannya cukup mudah. Mula-mula persiapkan matras khusus untuk olahraga.

Organisatoris lain baca ini: Induk Organisasi Dunia Olahraga, 71 Nasional Dan Internasional

Kemudian posisikan badan seperti telengkup, kedua kaki lurus ke belakang, dan kedua tangan ke depan menekuk. Angkat badan dengan tumpuan sikut, serta ujung dari kedua kaki.

Tahan sampai dengan 30 menit, baru selesai. Olahraga ini dapat membakar lemak di berbagai bagian yang ada pada tubuh wanita.

Step Ups

Yang selanjutnya adalah gerakan step ups. Gerakan in juga banyak peminatnya. Mengingat gerakannya hanya lompat pada sebuah benda khusus untuk melakukan gerakan olahraga tersebut.

Kemudian lompat menggunakan satu kaki secara bergantian, selama 30 menit. Gerakan ini, dapat membantu wanita untuk mengencangkan serta mengecilkan bagian bawah tubuh.

Brigde

Adapun jenis lain seperti bridge. Yang lebih fokus kepada gerakan mengangkat tubuh bagian perut ke atas, dengan menumpu pada bagian kaki, serta bawah perut yang terangkat.

Mula-mula siapkan matras, kemudian posisikan badan berbaring. Tekuk kedua kaki, lalu letakkan kedua tangan di samping badan. Jika suda, angkat perlahan bagian bokong ke atas, hingga tumpuannya pada kedua kaki serta tubuh bagian belakang.

Shoulder stand

Adapun senam lainnya yang memperhatikan dan berfokus pada penyempurnaan dari keindahan wanita lainnya. Salah satunya adalah shoulder stand.

Gerakan ini lebih berfokus untuk mengencangkan bagian bawah tubuh, serta mengurangi lemak di bagian perut ke bawah. Untuk gerakannya sangat mudah. Pertama adalah siapkan matras, lalu posisikan diri berbaring.

Setelah itu perlahan naikkan kaki ke atas, sampai dengan kedua kaki tersebut terangkat sempurna. Tahan sampai dengan 30 menit.

Itulah beberapa pembahasan mengenai jenis senam yang banyak peminat, dan juga tidak jarang yang melakukannya, baik di tempat senam, maupun di rumah.


Senam Wanita Berdasarkan Tujuan

Sejalan dengan hal demikian, adapun beberapa jenis senam yang kemudian terbagi atas beberapa hal, terutama dengan sisi tujuannya.

Oleh karenanya, pembuatan gerakan senam pun termodifikasi sedemikian rupa agar nantinya sesuai dengan keinginan daripada keindahan dari wanita yang diinginkan. Jadi, berikut beberapa pembahasannya:

Untuk Mengecilkan Perut

Kita sangat paham bagaimana perut yang buncit menjadi satu permasalahan besar bagi siapa saja, terutama bagi wanita.

Yang mana tidak sedikit dari mereka, menginginkan perut yang rata, agar ideal dengan bentuk secara keseluruhan daripada tubuh mereka.

Berikut beberapa daftarnya:

  1. Chrunches
  2. Plank
  3. Senam dengan tumpuan seperti perahu
  4. Hip Lift
  5. Sit up
  6. HIT Cardio

Menurunkan Berat Badan

Kemudian ada tujuan lain seperti menurunkan berat badan. Yang mana tujuan daripada hal tersebut, adalah menginginkan tubuh yang ideal.

Tidak sedikit para wanita yang kemudian melakukan beberapa metode diet, serta beberapa jenis senam untuk mendukung tujuan mereka tersebut. Beberapa senamnya antara lain:

  1. Zumba
  2. Senam Aerobik
  3. Senam Irama, dll

Mengencangkan Tubuh

Keindahan wanita tidak akan lengkap jika pada akhirnya tujuan senam hanya pada sebatas sehat dan bugar saja. Ada poin yang harus tercapai, seperti dapat mengencangkan beberapa bagian tubuh.

Dan biasanya tubuh yang kencang, biasanya berbarengan dengan masa otot yang semakin meningkat, oleh karenanya tidak heran banyak yang bertujuan demikian, ketika ingin melakukan beberapa gerakan senam. Untuk mengencangkannya sendiri ada beberapa jenis, seperti:

  1. Scrissor split jump
  2. Gerakan hollow rock
  3. Senam double side jump
  4. Jenis mountain climber
  5. Plank secara bergantian (kaki)

Mengembalikan Bentuk Tubuh Setelah Melahirkan

Untuk para wanita, mengembalikan bentuk tubuh setelah melahirkan memang menjadi hal utama, yang kemudian mereka rencanakan setelahnya.

Dengan melakukan beberapa program diet khusus untuk ibu setelah melahirkan dan menyusui, serta beberapa olahraga senam pun mereka lakukan. Beberapa jenisnya antara lain:

  1. Berjalan kaki
  2. Belajar pengaturan pernafasan dari perut
  3. Melakukan senam kegel

Untuk hal tersebut dianjurkan memang ibu setelah melahirkan tidak melakukan beberapa gerakan senam yang terlalu menguras tenaga.


Senam dan Kaitannya dengan Wanita

Tetapi, setelah adanya pembahasan mengenai senam, jenis berdasarkan tujuan, dan sebagainya. Apakah ada benang merah yang pada akhirnya membuat hal tersebut sangat melekat dengan wanita?

Memang kita sadar betul bagaimana era sekarang membuat para wanita bersikeras untuk melakukan berbagai hal, agar mimpi mereka dapat tercapai dengan baik.

Tidak hanya soal masalah akademisi, pemikiran, ide, kreatifitas, namun juga hal yang paling krusial menurut mereka, ialah soal penampilan.

Mulai dari masalah wajah, rambut kuku, sampai kepada bentuk tubuh menjadi perhitungan matang mereka, agar mendapati kelancaran dalam menempuh berbagai tantangan yang ada.

Karena kita tidak dapat memungkiri, bahwa keindahan dari wanita, kadang membuat siapa saja tidak bisa menolak dan berpaling, oleh karenanya kadang senam ataupun hal apapun itu. Wanita akan selalu melakukannya dengan baik.

Agar hasil yang diinginkan pun juga sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Jadi, memang antara senam dan wanita, sangat erat kaitannya. Apalagi di era sekarang.

Walaupun memang sudah ada beberapa brand ternama, yang kemudian mengganti beberapa brand ambassador mereka dengan wajah serta penampilan yang tidak biasa.


Motivasi Melakukan Senam bagi Wanita

Motivasi senam (Foto: hipwee.com)

Selaras dengan pembahasan tersebut, akhirnya membuat para wanita membuat berbagai rencana, dengan motivasi yang beragam.

Motivasi sendiri adalah sebuah niat, yang mana menjadi satu energi mereka, agar dapat melakukan berbagai hal yang diinginkan atau direncanakan.

Organisatoris lain baca ini: Panjat Tebing: Induk Olahraga Secara Nasional dan Dunia

Tidak heran kemudian muncul beragam motivasi, dalam hal ini ialah melakukan berbagai jenis senam yang ada. Ada yang memang untuk kesehatan diri pribadi, tetapi ada hal lain yang kemudian tergolong lebih privasi.

Apa saja? Berikut beberapa daftarnya:

  1. Motivasi agar bentuk tubuh lebi ideal
  2. Mengembalikan bentuk tubuh setelah melahirkan
  3. Untuk dapat tetap “dianggap” cantik, serta awet muda oleh orang-orang yang melihat mereka.

Itulah beberapa motivasi yang menjadi satu acuan daripada wanita di era sekarang. Yang mana jika kita ulik kembali, hal-hal tersebut seperti memenuhi ekspektasi daripada lingkungan sosial sendiri dari seorang wanita.

Bukankah hidup untuk berbahagia dengan diri sendiri? Dengan capaian diri terhadap hal yang menjadi passion seseorang? Bukannya memenuhi ekspektasi seseorang, bahkan lingkungan sekalipun?


Apakah Berbahaya Wanita Melakukan Senam?

Terlepas dari hal tersebut, kemudian ada beberapa pertanyaan lainnya, apakah berbahaya jika seorang wanita melakukan beragam varian senam yang bertujuan untuk keindahan dan kecantikan daripada wanita?

Jawabannya adalah tergantung daripada jenis, intensitas saat melakukan, dan juga posisi daripada gerakan senam tersebut.

Pasalnya, kemudian ada beberapa gerakan senam yang tidak jarang kurang direkomendasikan oleh beberapa pihak, termasuk bidang kesehatan sekalipun.

Seperti misalnya sit up, yang mana dilansir dari hellosehat.com, mengatakan bahwa jenis gerakan tersebut kurang efektif, apalagi jika tujuan atau motivasinya adalah mengecilkan perut.

Serta mendapatkan bentuk perut yang sixpack. Oleh karenanya, ada beberapa alternatif yang dapat digunakan oleh beberapa wanita, ketika ingin mendapatkan bentuk perut demikian. Contohnya dengan melakukan plank.

Pun ketika melakukan gerakan yang salah, juga sangat beresiko bagi yang melakukan terkena cedera. Bisa terkena cedera ringan, bahkan berat.

Penutup

itulah beberapa pembahasan mengenai senam dan keindahan wanita. Dari hal tersebut dapat kita lihat, bagaimana sebuah senam menjadi hal yang penting, bagi wanita.

Pun dengan kaitannya yang erat, serta tidak bisa terpisahkan, apalagi di era sekarang. Yang mana bagi wanita, tidak hanya soal akademisi, pemikiran, ide kreatif, dan sebagainya yang dibutuhkan.

Melainkan penampilan juga demikian. Seperti ada nilai plus yang kemudian akan mereka dapatkan, ketika seorang wanita dapat berpenampilan baik dan menarik, sesuai dengan bidang yang digeluti.

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka:

  1. hellosehat.com
  2. orami.co.id
  3. today.line.me
  4. alodokter.com
  5. A .A Gede Surya Wijaya, dkk, “Body Shaming dan Perubahan Perilaku Sosial Korban (Studi Remaja di Denpasar)”, Hal, 3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *