Struktur Organisasi CV Dan Makanan
Struktur Organisasi Sebuah Usaha (Foto: Berbagi Struktur)

Cara Pendirian Dan Struktur Organisasi: CV, Kontraktor Dan UKM

Diposting pada

Berbagai usaha seperti CV, PT dalam bentuk organisasi mereka membutuhkan Struktur Organisasi dalam menjalankan kegiatan dan program perusahaan untuk mengatur manajemen, Berikut Bagaimana penjelasan menariknya?.Struktur, Organisasi.co.id

Apakah CV, PT dan Usaha Makanan membutuhkan struktur organisasi?

Pertanyaan ini sering muncul untuk sebuah cv yang menjalankan aktifitas sebagai kontraktor maupun usaha barang dan jasa lainnya.

Baik dalam skala kecil maupun besar, yang dalam kegiatan tugasnya dalam kegiatan perdagangan maupun perusahaan jasa, distribusi dan konstruksi.

Secara sederhana kita bisa menyusun struktur atau bagan organisasi CV dalam memaksimalkan pelayanan. Sehingga kepuasan pelanggan maupun peningkatan profit perusahaan bisa tercapai.

Tentunya hal ini juga berlaku untuk perusahaan dengan skala besar seperti perseroan terbatas (PT). Yang pada lazimnya menjalankan aktifitas sebagai kontraktor.

Akan tetapi pembahasan dalam artikel ini tidak hanya terbatas pada CV maupun PT. Akan tetapi juga struktur organisasi dalam usaha kecil makanan yang saat ini banyak kita temukan.

Namun untuk awal yang akan kita bahas adalah bagan organisasi pada CV.

Organisatoris lain baca ini: Sejarah Organisasi: Konsep, 5 Jenis, Hingga Komunikasi

Struktur Organisasi CV

Apa singkatan dari CV?

CV merupakan singkatan dari Commanditaire Venootschap, melihat namanya ini merupakan nama Belanda. Sebab memang awal mula adanya CV adalah pada masa pemerintahan penjajah kolonial Belanda. Ini pula yang menjadi pembeda antara CV dan PT, yakni jenis badan usaha ini merupakan peninggalan Belanda.

Selain itu CV antara satu dengan yang lain bisa saja memiliki persamaan nama, dan hal ini berbeda dengan PT yang dalam pembuatan badan hukumnya tidak memiliki kesamaan.

Struktur Organisasi Comanditer
Contoh Bagan Organisasi CV (Foto: Jasaperijinan)

CV memiliki keterbatasan dalam mengerjakan sebuah pekerjaan, dalam jumlah anggaran tertentu. Sehingga pada akhirnya CV jika kita bandingkan dengan PT memiliki lingkup kerja yang lebih kecil. Untuk hal tersebut, maka CV memiliki struktur organisasi yang terbatas.

Commanditaire Venootschap Memiliki struktur lebih kecil sebab ruang kerja yang juga terbatas. Maka jika pembaca hendak membuat CV bisa menggunakan struktur organisasi berikut ini sebagai dasar pertimbangan. Meskipun sebenarnya kita bisa melakukan penambahan bagian, sesuai dengan kebutuhan kerja.

Organisatoris lain baca ini: Organisasi Zaman Agama: Bentuk dan Ciri

Komponen Struktur Organisasi Commanditaire Venootschap (CV)

Dalam susunan kepengurusan manajemen sebuah perusahaan berbentuk Commanditaire Venootschap (CV) maka membutuhkan beberapa posisi manajem, yakni:

  1. Direktur
  2. Wakil Direktur (sesuai kebutuhan)
  3. Keuangan
  4. Pemasaran
  5. Administrasi
  6. Staff

Tugas Pejabat Struktur CV

Direktur

Dalam penyebutan lain director, atau direktur utama, merupakan penamaan sesuai dengan posisi tertinggi perusahaan ini.

Dalam tugas pada pembahasan awal ini adalah direktur, sebagaimana direktur memiliki tugas sebagai berikut:

  1. Penanggung jawab seluruh aktifitas kegiatan perusahaan,
  2. Mengambil kebijakan untuk memajukan perusahaan,
  3. Mengendalikan keseimbangan pemasukan dan pengeluaran perusahaan,
  4. Melakukan rekruitmen atau menghentikan karyawan sesuai kebutuhan,
  5. Membangun sinergitas dan alur manajemen perusahaan.

Wakil Direktur

Dalam penyebutan lain adalah Direktur (bagian) misalnya direktur keuangan atau direktur teknik. Tentunya ini merupakan jabatan satu tingkat dibawah pimpinan tertinggi (direktur maupun direktur utama).

Biasanya bagian ini tidak menjadi jabatan wajib atau harus ada dalam perusahaan CV, sebab pelaksanaan kegiatannya bisa langsung ke bagian-bagian.

Akan tetapi jika saja dalam perusahaan ini menjadi salah satu bagian penting (dibutuhkan), maka tugasnya adalah sebagai berikut, yakni:

  1. Membantu direktur dalam aktifitas sesuai bagian,
  2. Memberi masukan dalam pengambilan kebijakan baik sesuai bagian maupun keseluruhan,
  3. Mengendalikan keseimbangan organisasi sesuai dengan tugas yang diberikan,
  4. Membangun sinergitas staff sesuai dengan tugas pokok yang melekat padanya.

Bagian Keuangan

Setelah unsur pimpinan, maka kita masuk pada middle manager atau manager pada bagian tengah, yakni bagian-bagian. Adapun bagian penting dalam struktur CV adalah keuangan.

Tugas daripada bagian keuangan yakni:

  1. Mendokumentasikan uang masuk dan keluar,
  2. Melaporkan seluruh penggunaan anggaran kepada pimpinan diatasnya,
  3. Melakukan perencanaan kebutuhan keuangan

Bagian Pemasaran

Anda akan menjual apa sehingga CV ini berdiri atau anda buat? Sehingga bagian Pemasaran merupakan bagian yang tidak kalah pentingnya.

Perusahaan ini punya produk dan jasa apa?

Sebab sebuah perusahaan hanya menawarkan kedua hal tersebut, jika bukan produk fisik maka itu produk jasa atau layanan.

Bagian pemasaran yang terus melakukan penjualan ke berbagai arah dan segmen yang sesuai dengan produk dan jasa yang mereka miliki.

Bagian Administrasi

Administrasi juga tidak bisa terpisahkan dengan CV, sebab pekerjaan mereka adalah mengadministrasikan kebutuhan. Meski bagian ini biasanya oleh Bagian keuangan dan pemasaran. Namun pada sebuah usaha yang telah maju, maka bagian ini menjadi berdiri sendiri.

Sehingga bagian keuangan dan pemasaran langsung pada urusan teknis saja, sebab urusan adminitrasi terurus langsung oleh bagian khusus yang menangani.

Staff

Dalam pembuatan struktur organisasi sebuah CV maka staff menjadi bagian yang menjadikan perlunya sebuah manajemen. Dengan seorang direktur dan seorang staff maka perusahaan telah berjalan.

Artinya seluruh urusan pemasaran, keuangan dan administrasi bisa terbagi dua antara staff dengan seorang direktur. Hal ini biasanya mereka menganut struktur organisasi fungsional maupun garis (lini).

Organisatoris lain baca ini: Struktur Organisasi

Struktur Organisasi Perusahaan Kontraktor

Organisasi swasta untuk pengerjaan oleh swasta biasanya bernama kontraktor berbentuk Perseroan Terbatas, meski pada hal tertentu juga ada CV yang melaksanaan pekerjaan konstruksi.

Struktur Organisasi PT
Contoh Struktur Organisasi PT (Foto: Kabarin.co.id)

Akan tetapi secara lazim dan kebanyakan kegiatan kontraktor menggunakan perusahaan dengan status berbadan hukum seperti PT.

Struktur PT baik secara sederhana maupun kompleks, sebagai struktur perusahaan di Indonesia, memiliki beberapa aturan baku dan semenjak pemerintahan presiden Jokowidodo, prasarat begitu lebih mudah.

Mengenal PT di Indonesia Dan Dunia

Terdapat perusahaan dengan struktur organisasi perusahaan terkenal di Indonesia, seperti PT Sarana Multigriya Finansial.

Maupun perusahaan besar skala dunia, seperti: Google, microsoft, apple, amozon, samsung, oracle, alphabet dan sebagainya. Tentu struktur dan bagan organisasi terurus oleh struktur yang besar.

Hal ini bermakna bahwa semakin banyak hal yang akan dikerjakan oleh sebuah perusahaan maka semakin banyak personil yang kita butuhkan didalamnya.

Syarat Pendirian PT

Berbeda dengan tahun-tahun sebelum tahun 2007. Sebab semenjak tahun 2007 terjadi perubahan aturan dan kemudahan dalam membuat PT. Hingga tahun 2020, terbit UU cipta Karya yang lebih memudahkan seseorang untuk mendirikan sebuah perusahaan.

Syaratnya tidak seperti tahun sebelumnya, yang sangat ribet dalam pengurusan berkas dan banyak calo pengurusan berkas. Saat ini (tahun 2021), kemudahan-kemudahan akan kita dapatkan setiap pendirian PT.

Nah bagaimana syarat penting pendirian sebuah PT, berikut ini penjelasannya:

  1. KTP, NPWP Dari pengurus PT yaitu direktur dan komisaris,
  2. Kartu Keluarga,
  3. Kepemilikan Kantor, atau kontrak/sewa kantor perusahaan (Bukti kontrak),
  4. Copy pelunasan pajak bangunan kantor,
  5. Keterangan domisili kantor,
  6. Foto kantor (tampak dari depan),
  7. Lokasi kantor: pusat perkantoran, perumahan dan sebagainya.
  8. Modal awal pendirian PT minimal 50 juta.

Langkah Pendirian

Langkahkan kaki anda meninggalkan rumah, pakailah pakaian terbaik dan jangan lupa menggunakan parfum. Ya ia, ini kan seorang pimpinan perusahaan.

Jika telah memiliki nama perusahaan, maka tulis dalam kertas, biar anda ingat.

Datang ke Notaris yang memiliki reputasi baik. Namun jika memilih kelas ini bisa jadi biayanya juga mahal. Tau gak, bahwa biasanya beda notaris beda pula biaya administrasinya.

Maka untuk hal ini cari tahu dulu notaris dengan biaya murah. Jika biaya pas-pasan, hehe.

Organisatoris lain baca ini: Jenis Organisasi Berdasarkan Komposisi Pimpinan

Daftar Nama PT Oleh Notaris

Nama perusahaan (PT) antara yang satu dengan yang lain tidak boleh sama, maka langkah awal adalah setor nama dan itu masuk ke Kementrian hukum dan ham. Ini yang membedakan dengan CV.

Pendaftaran ini langsung ke negara dengan menggunakan website https://ahu.go.id

Akta Perusahaan

Akta perusahaan akan segera dibuat oleh notaris, setelah nama mendapatkan persetujuan oleh negara.
Tentunya bahasa dan kalimat dalam akta ini menggunakan bahasa resmi (formal). Bukan bahasa informal seperti anda menghubungi pasangan anda. Hehe.

Namun usah pikirkan bagian akta ini, sebab notaris mengetahui konten-kontennya, mereka profesional dalam mengerjakan ini.

Permohonan Izin Badan Hukum

Selanjutnya setelah pembuatan akta oleh notaris, maka notaris melakukan pengajuan izin pendirian badan hukum. Dengan melakukan pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

NIB, SIUP

Pengajuan NIB. NIB merupakan singkatan dari Nomor Izin Berusaha. Dan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).

Izin ini merupakan izin yang mudah kita akses pada website resmi Oss. Tidak memakai prosedur yang panjang, seperti panjangnya perjalanan kita namun tak berakhrir bahagia, serius amat.

Pendaftaran PT ke Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) maupun ke Dinas Ketenagakerjaan.

Melakukan pendaftaran ke BPJS ketenagakerjaan, dengan cara online ke bpjsketenagakerjaan

Pengajuan SIUP dan NIB, SIUP saat ini dikeluarkan oleh sistem Online Single Submission (OSS) dan TDP telah dialihfungsikan dengan NIB yang berfungsi sebagai nomor pengenal.

Pendaftaran PT, melakukan pendaftaran di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) atau Dinas Ketenagakerjaan.

Pengajuan BPJS Ketenagakerjaan, melakukan pengajuan BPJS secara online melalui http://bpjsketenagakerjaan.go.id.

Pajak

Nah, ini penting. Jangan hanya berpikir untung, namun tidak bayar pajak yaah. Akan tetapi, untuk urusan daftar NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) ini tidak terlalu susah sebab bisa kita akses ke https://ereg.pajak.go.id.

Sangat mudah dan pelayanan memuaskan, tidak ribet seperti ribetnya jika melamar pekerjaan.

Struktur Organisasi PT

Dalam organisasi perseroan terbatas yang memiliki kekuasaan tertinggi adalah seorang Direktur Utama (secara eksekutif). Dalam pada penyataannya, kewenangan tertinggi ada pada pemegang saham perusahaan.

Struktur organisasi perum (perusahaan umum) memiliki bagan yang jauh lebih kompleks pada PT, tentu berbeda dengan CV.

Unsur yang ada dalam PT adalah:

  1. Direktur Utama
  2. Direktur Bagian
  3. Departemen
  4. Bagian

Berbeda dengan struktur organisasi pada CV, PT memiliki pekerjaan yang lebih besar dan kompleks sehingga dalam hal komposisi pengurus juga cukup besar.

Hampir sama dengan bagan pada CV, namun dalam segi jumlah, biasanya PT lebih banyak daripada CV. Bagian tersebut bisa kita tambahkan sesuai dengan kebutuhan kita.

Struktur Organisasi Usaha Kecil Makanan

2 sub judul yang ada sebelumnya, kayaknya membahas hal-hal yang formal, resmi bagai perusahaan besar gitu, nah berikut ini akan kita kupas Usaha Kecil Makanan, seperti usaha rumahan yang lazim.

Jangan salah, sebuah usaha besar biasanya bermula dari usaha mikro dan kecil.

Dalam sebuah kisah, seorang kontraktor besar, awalnya hanya seorang pengusaha (pekerja) kusen. Setelah berkembang, iapun mendirikan sebuah PT untuk menjadi Developer.

Pengertian Usaha Kecil

Agar kita tidak tersesat, seperti tersesatnya mencari alamat palsu. Dalam pembahasan berikutnya maka untuk awal kita bahas dulu apa pengertian usaha kecil.

Benarkah usaha kita ini masuk ketagori kecil, menengah atau masih mikro?

Undang-undang Nomor 9 Tahun 1995 Tentang Usaha Kecil Dan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro. Memberikan batasan bahwa yang dimaksud dengan usaha kecil dapat kita lihat dari berbagai kriteria, yakni:

Omzet

Usaha kecil dalam kriteria omzet, adalah minimal 300 Juta dan maksimal 2,5 Miliar. Lha kalau dibawah dari 300 juta masuk usaha apa dong?

Nah, jika sebuah usaha memiliki omzet kurang dari 300 juta, itu masuk dalam kategori usaha Mikro.

Keuntungan

Usaha kecil memiliki keuntungan antara 50 juta hingga 500 juta dalam setahun. Jika lebih dari 500 juta akan masuk kategori usaha menengah. Sementara jika kurang dari 50 juta masuk dalam kategori usaha mikro.

Kemurnian keuntungan (laba) ini tidak termasuk lokasi (kantor) usaha, namun murni selisih dari hasil transaksi sebagaimana kita sebut Omzet.

Besaran Tenaga Kerja

Usaha kecil memiliki karyawan antara 6 hingga 19 orang. Sementara jika hanya 1 – 5 orang maka masuk kategori usaha mikro. Sedangkan jika sebuah usaha lebih dari 20 hingga 99 orang telah masuk dalam kategori usaha menengah. Ini berdasarkan penjelasan kriteria dari badan pusat statistik atau BPS.

Tentunya pengangkatan atau pengurangan jumlah karyawan menyesuaikan omzet dan keuntungan untuk mempertahankan pemasukan dan pengeluaran serta laba sebuah perusahaan.

Modal

Penting untuk hal awal dalam mendirikan sebuah usaha adalah modal, semakin besar modal maka semakin besar juga kategori sebuah usaha.

Modal 50 juta kebawah masuk kategori usaha mikro, sementara untuk usaha kecil antara 50 hingga 300 juta, baik itu usaha makanan dan lain sebagainya.

Pembina Usaha

Soal kemana sebuah usaha mendapatkan pembinaan?

Maka kita harus baca Undang-undang No 23 Tahun 2014. Sangat jelas dalam undang undang tersebut menjelaskan bahwa sebuah usaha Mikro dibina oleh Kabupaten/Kota, sementara usaha kecil pada pembinaan pemerintah provinsi.

Struktur Organisasi Usaha Kecil Makanan

Berapa jumlah karyawan dalam usaha kecil makanan?

Maka untuk sebuah usaha kecil kembali kepada kriteria jumlah karyawan yakni 6 – 19 orang. Siapa saja yang termasuk dalam 6 -19 orang ini?

Jika anda bersama anak anda yang menjalankan usaha ini bersama saudara yang lain, maka itu sudah terhitung 3 orang. Hingga maksimal 5 orang maka usaha tersebut masuk kategori usaha Mikro.

Namun jika usaha makanan tersebut mau kita masukkan dalam kategori usaha kecil maka tambah lagi 1 orang karyawan (dari 5) menjadi 6 orang. Nah itu sudah masuk dalam kategori usaha kecil.

Jangan lupa ikuti standar modal, omzet dan pencapaian keuntungan. Sebagaimana telah dibahas pada sub judul sebelumnya.

Bagan Organisasi Usaha Kecil Makanan

Untuk pembuatan susunan dalam struktur usaha kecil makanan, maka yang penting adalah siapa pemilik usaha dan biasanya pemilik usaha bertindak sebagai pimpinan atau direktur.

Struktur Organisasi Usaha Kecil Makanan
Contoh Struktur Organisasi Usaha Kecil Makanan (Foto: Toilet Bisnis)

Maka untuk memudahkan bisa kita contohkan sebagai berikut:

  1. Pimpinan ,
  2. Bagian Produksi,
  3. Unit Bahan Baku,
  4. Bagian Pemasaran,
  5. Bagian Keuangan
  6. Staff

Sesuaikan jumlah karyawan dengan volume kerja, sebab untuk apa menerima karyawan jika tidak memiliki pekerjaan, dan tidak membantu dalam proses transaksi untuk peningkatan Omzet.

Demikian penjelasan mengenai Struktur Organisasi CV, PT dan Usaha kecil Makanan dan Minuman, semoga memberikan manfaat.

Sumber Referensi:

  1. Online Pajak
  2. Izin.co.id

4 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *