Kolam Renang Tercantik di Dunia: 3 Jenis

kolam renang tercantik di dunia
kolam renang tercantik di dunia

Tidak hanya penghuni kolam renang saja yang memiliki kecantikan dengan pakaian renang mereka, kolam renang pun sama. Biasanya kita melihat ukuran dan peletakan kolam renang yang begitu-begitu saja padahal terdapat banyak kolam renang tercantik di dunia yang bisa kita coba.

Tika, Olahraga – organisasi.co.id

Bacaan Lainnya

Kolam Renang Tercantik Paling Direkomendasi

Untuk membangkitkan hasrat kita berenang, kita perlu mencoba suasana baru dari sebuah kolam renang. Ternyata begitu banyak kolam renang tercantik di dunia yang memiliki keunikan dan kecantikannya masing-masing.

Setidaknya ada empat belas kolam renang yang sangat patut kita coba jika pergi berlibur ke negara-negara di bawah ini. Tapi jangan salah, ternyata Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki kolam renang tercantik di dunia. Simak penjelasannya di sini!

a. Kolam Renang di Hotel Hacienda Na Xamena (Spanyol)

Mari kita mulai dengan Negara Spanyol. Kolam renang tercantik di dunia ini terletak di atas tebing Na Xamena, Pulau Ibiza.

Tebingnya sendiri memiliki ketinggian enam ratus kaki sehingga benar-benar memberikan pemandangan yang sangat indah yaitu hempasan Laut Mediterania.

Bangunan dengan desain berundak-undak dan juga ornamen-ornamen batu membuat tampilannya menjadi sangat berkilau. Apalagi para perenang akan merasa seperti berenang di bawah air terjun karena adanya undakan tersebut.

b. Kolam Renang yang Berlokasi Blue Palace Resort (Yunani)

Beralih ke Yunani di kawasan tepi pantai Elounda, Kreta, kolam renang yang satu ini cocok bagi kita yang menginginkan kesunyian. Fasilitasnya yang mewah dan lengkap apalagi dengan suhu air yang bisa kita atur sesuka kita membuatnya menjadi kolam renang favorit tamu mancanegara.

Tidak cukup sampai di situ, alasan kolam renang ini mampu menyandang predikat kolam renang tercantik di dunia adalah karena pemandangannya yang menyatu dengan laut. Kita juga dapat menikmati makan malam di tepi kolam.

c. Kolam Renang yang Berlokasi di The Cambrian Hotel (Swiss)

Apa yang ada di pikiran kita ketika seseorang menyebut kata “Swiss”? Pegunungan Alpen adalah jawabannya. Bagi kalian yang ingin merasakan suasana pegunungan di kolam renang namun tidak merasakan dinginnya air kolam, maka di sinilah tempatnya.

Nyaris seperti spa, kita dapat berendam air panas di sini.

d. Kolam Renang di Astarte Suites (Yunani)

Bagi pecinta film klasik, sebaiknya kalian mencoba kolam renang ini. Desainnya sangat mirip dengan masa Yunani Kuno. Kita sapat melihat hiasan tirai-tirai dan juga lorong yang megah.

Lokasinya berada di Santorini, yaitu salah satu gunung berapi di Yunani. Jadi kita dapat melihat gunung dan laut serta pemandangan tak biasa di sore hari.

Kolam renang akan berwarna jingga saat matahari mulai terbenam. Ini benr-benar lebih dari sekedar romantis.

e. Kolam Renang Utah Crater (Amerika Serikat)

Amerika Serikat punya cerita unik sendiri mengenai kolam renang mereka. Kolam renang ini tidak menampilkan pemandangan alam sebagaimana kolam lainnya di dunia, namun justru memberikan nuansa seperti seorang tahanan.

Kolam renang Utah Crater terbentuk dengan alami melalui air hujan yang telah lama terkumpul. Airnya sangat jernih dan membuat kita menyaksikan bagaimana keindahannya yang alami tersebut berpadu dengan cahaya. Tidak hanya itu, keberadaannya yang berada di dalam gua membuat airnya menjadi hangat.

Kolam Tercantik di Indonesia

santorini, yunani (hotelscombined.co.id)

Setelah kita menjelajah luar negeri, saatnya mencari jejak kolam renang tercantik di dalam negeri. Indonesia memiliki banyak pemandangan apik yang tak kalah dengan apa yang ada di mancanegara. Tidak heran jika kita sebenarnya memiliki banyak kolam renang yang cantik. Dimana saja mereka?

a. Kolam Renang di Ubud Hanging Gardens Hotel (Bali)

Sebagai surga dunia, Bali tidak kekurangan apapun untuk memanjakan wisatawannya. Jauh dari hiruk pikuk kota, lokasi kolam renang ini seakan berada di tengah hutan. Kita bahkan dapat mendengar kicauan burung dan suara-suara alami lainnya. Apalagi kolam renang ini juga merupakan kolam renang bertingkat.

b. Sky Pool Star Hotel Semarang (Jawa Tengah)

Selanjutnya kitake Pulau Jawa. Ada sebuah kolam rennag yang tidak kalah cantik dari yang ada di Ubud yaitu Sky Pool Star Hotel Semarang. Dari ketinggian ini tentu saja ada banyak pemandangan yang bisa kita lihat. Kita seolah sedang berenang di awan.

Hotel dengan jumlah lantai 30 ini memberikan suasana ekstrim berenang di atas gedung pencakar langit. Tidak sabar ingin mencobanya kan? Apalagi harga tiket masuknya juga tidak mahal.

Organisatoris lain baca ini: Pupuk Guano Organik: Definisi dan 2 Cara Membuat

Kolam Renang Tercantik di Dunia yang Banyak Dikunjungi

ubud hanging (dekoruma.com)

Melansir dari CNN, ada sepuluh kolam renang di dunia yang banyak mendapatkan kunjungan wisatawan. Kolam renang ini memang bukan kolam renang tercantik di dunia namun ada berbagai macam hal yang membuatnya populer. Salah satunya karena harga tiket masuknya yang nyaman di kantong. Di negara manakah keberadaannya?

a. Zurich, Swiss

Air yang sebening kristal di kota ini membuatnya memiliki banyak objek wisata bertema air. Tidak salah jika wisatawan mancanegara juga cenderung menikmati suasana berenang di kota ini.

b. London, Inggris

Ada sebuah tempat berenang yang menampung air sungai Thames. Wisatawan menyukai kemurnian air di kolam ini karena tidak mengandung kaporit tentunya.

Tidak hanya itu, London juga memiliki kolam renang dengan kedalaman 91 m.

c. Hongkong

Tempat bernama Repulse Bay akan membuat liburan musim panas kita mnejadi sangat indah. Kita harus mencoba berenang di sini.

d. Vancouver, Kanada

Menyulap bendungan menjadi tempat untuk berennag memang benar-benar ide yang bagus. Bendungan Stanley Park memiliki daya tarik tersendiri dan tampil memukau bagi wisawatan.

e. Sydney, Australia

Covelli Bay merupakan spot untuk bermain ski sekaligus berenang di negara ini. Tidak heran jika kita mungkin saja dapat bertemu dengan atlet ski secara tidak sengaja.

Tempat-tempat berenang tersebut memang sangat ramai karena selain murah meriah juga nyaman untuk menjadi pilihan renang seluruh anggota keluarga.

Manfaat Berenang di Kolam Renang

Kita telah banyak membahas mengenai kolam renang baik di Indonesia maupun di mancanegara. Sebenarnya mengapa kita perlu berenang atau apa manfaat berennag?

Sebenarnya berenang tidak harus di kolam renang, di laut pun kita dapat berenang. Bahkan manfaatnya pun sama saja karena berenang intinya adalah berolahraga. Namun tidak sekedar melatih otot fisik, berenangjuga bermanfaat untuk kesehatan psikis.

  • Mengurangi stress

Pernahkah kita merasa sangat rileks hingga lelah sehabis berenang? Itu karena otot-otot kita yang mulai lentur. Berenang akan melemaskan otot sehingga mereka menjadi rileks. Ini akan memberikan sinyal yang baik untuk otak. Oleh sebab itulah kita menjadi lebih rileks.

  • Meningkatkan kualitas tidur

Setelah otot menjadi rileks, maka tidur pun menjadi lebih nyenyak. Jika sebelumnya kita kerap insomnia atau justru sedikit-sedikit terbangun dari tidur, maka setelah berenang kita akan menjadi tidur sangat nyenyak.

  • Menjaga kesehatan jantung

Pernahkah kita mendengar bahwa berenang mampu menguatkan jantung? Saat berenang kita berusaha menahan nafas. Kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen akan semakin ketat yang artinya jantung akan terus bekerja untuk memompa darah.

  • Menurunkan berat badan

Setiap usai berenang, kita akan merasa lapar. Alasannya mudah, karena ketika berenang tubuh mengeluarkan banyak kalori. Sekitar 600 hingga 650 kalori.

Berenang menerobos tekanan air. Artinya tubuh bekerja dua kali lebih berat untuk bergerak. Inilah yang kemudian membuat kita kehilangan lebih banyak kalori.

  • Menambah massa otot

Melalui berenang, otot-otot kita akan menjadi lebih lentur. Dengan demikian kita dapat melihat bahwa betis menjadi lebih kencang. Tekanan dalam air lagi-lagi menjadi faktor kerja keras otot.

Untuk mendapatkan semua manfaat tersebut, hendaknya kita berenang secara rutin tiga hingga lima kali dalam seminggu. Bahkan penggunaan perlengkapan berenang yang tepat juga menjadi faktor pencapaian hasil dari olahraga ini.

Bahaya Berenang di Kolam Renang

Berenang tidak hanya memiliki manfaat namun ada pula kerugiannya. Jika di laut risiko tenggelam sangat tinggi atau terbawa arus ombak, maka di kolam renang juga terdapat beberapa bahaya yang mengintai.

Apalagi jika kolam renang yang kita gunakan adalah kolam renang umum. Tentu semakin banyak pencemaran yang mungkin terjadi.

a. Iritasi mata

Kandungan klorin di kolam renang dapat mengiritasi mata. Sebab itulah kita sebaiknya menggunakan kacamata renang.

Mulanya mata menjadi merah kemudian menjadi perih. Jika hal ini terus berlanjut maka menyebabkan kerusakan mata.

b. Masalah di sistem pencernaan

Air kolam yang tidak sengaja tertelan dengan kandungan urin dan kaporitnya juga dapat menimbulkan berbagai masalah pencernaan. Salah satunya adalah diare.

c. Iritasi kulit

Karena di kolam renang terdapat berbagai jenis orang termasuk penyakit mereka, maka tidak heran jika kita bisa tertular penyakit yang mereka miliki terutama penyakit kulit. Untuk kasus ini ada yang terbilang ringan namun ada juga yang terkena kasus berat. Hal ini tergantung sensitivitas kulit masing-masing.

d. Risiko tenggelam

Berbeda dengan air laut yang kaya akan garam dan membuat massa tubuh kita sedikit lebih ringan, air di kolam renang tidak mengandung garam. Oleh sebab itulah risiko tenggelam menjadi semakin tinggi. Apalagi jika tidak melakukan pemanasan. Kram otot akan sangat mungkin terjadi.

Untuk menghindari berbagai bahaya tersebut, kita sebaiknya berhati-hati dalam memilih kolam renang. Pastikan mereka selalu rutin membersihkan kolam dan jangan lupa bilas dengan air bersih setelah berenang.

Organisatoris lain baca ini: Struktur Kelas Ponpes: 4 Rincian Jabatan

Penutup

Kolam renang tercantik di dunia hadir di berbagai belahan di dunia. Mereka memiliki ciri khasnya masing-masing. Ada yang menawarkan pemandangan alam di sekitarnya, ada pula yang menawarkan sensasi ekstrim dalam berenang. Semuanya memiliki keunikan.

Indonesia sendiri memiliki dua kolam renang yang mendapat pengakuan tercantik di dunia. Tidak hanya cantik, namun ada pula kolam renang yang populer. Banyak orang mengunjunginya karena berbagai hal termasuk harganya yang masuk di kantong.

Ada baiknya kita memperhatikan bahaya dan manfaat berenang baik itu di kolam maupun di laut. Dengan demikian olahraga ini akan memberikan hasil baik yang optimal.

Daftar Pustaka

14 Kolam Renang Paling Indah di Dunia

Pos terkait