Lapangan Softball Berbentuk Segi: 3 Kategori

Lapangan softball berbentuk segi
Softball adalah (Foto: rankingkelas.net)

Lapangan softball berbentuk segi, adalah salah satu cabang olahraga yang kini banyak digemari oleh orang banyak, yang akhirnya menjadi salah satu olahraga bergengsi, dan hampir sama dengan cabang olahraga lainnya. Jadi, berikut beberapa pembahasannya.Ayu Maesaroh, Olahraga – organisasi.co.id

Ada yang pernah memanfaatkan jalur prestasi dalam bidang kejuaraan olahraga sebagai jalan untuk meraih cita-cita yang diinginkan?

Bacaan Lainnya

Jawabannya pasti ada. Mengingat dalam olahraga, satu bidang harus benar-benar dikuasi betul, baik dari sejarah, peraturan, kategori, sampai kepada teknik melakukannya.

Walaupun memang semua bidang demikian. Apalagi di era seperti sekarang, yang mana ajang kompetisi Olimpiade untuk berbagai cabang olahraga, sedang menjadi topik hangat.

Banyak sekali orang yang awalnya tidak terlalu tertarik dengan olahraga, seketika berubah, dan membahas berbagai olahraga yang ada, dan dipertandingkan.

Salah satunya adalah softball. Dengan jenis lapangan yang ada, entah berbentuk segi ataupun lainnya. Olahraga ini terbilang unik, mengingat lapangan mereka yang sangat minim, namun memberikan uforia luar biasa bagi orang yang menontonnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa pembahasan tentang olahraga ini.

Definisi dan Organisasi Softball Dunia

Softball adalah jenis olahraga, yang mempunyai ukuran lapangan berbentuk segi ataupun setengah lingkaran, dengan jumlah pemain sudah ditentukan, tertuang dalam peraturan yang ada.

Olahraga ini, sebenarnya sudah ada sejak tahun 1887. Yang mana pada waktu itu ada salah satu reporter dari Amerika, yang menemukan ide dari sebuah pertandingan antara universitas yakni Yale dan Harvard, bertemu dalam sebuah pertandingan.

Yang kemudian dari hasil pertandingan tersebu, Yale mendominasi, hingga akhirnya memenangkan pertandingan tersebut.

Organisatoris lain baca ini: Baseball dan Softball Amatir, Struktur Induk Olahraga Dan Aturan

Kemudian ada seseorang yang rasanya tidak terima, dengan ia melemparkan sarung tangan kepada salah satu anggota dari Yale. Sontak orang yang dilempari pun mengambil tongkat, kemudian memukul sarung tangan tersebut.

Tidak sengaja, kejadian tersebut membuat salah satu penemu softball yakni George Hancock, kala itu masih menjadi seorang reporter, menemukan ide untuk menciptakan permainan yang hampir sama seperti baseball.

Dengan segala temuan dan ketekunannya, lambat laun permainan ini mulai diterima oleh masyarakat luas, serta akhirnya terbentuklah organisasi resmi untuk permainan softball sendiri.

Ialah ISF, atau singkatan dari International Softball Federation. Yang berdiri pada tahun 1952, dan sekarang bermarkas di Amerika Serikat. Kini sudah mempunyai anggota organisasi, lebih dari 120 negara.


Kategori Permainan Softball

Lapangan softball berbentuk segi
Aturan softball (Foto: bola.com)

Sejalan dengan hal tersebut, permainan softball dengan ukuran lapangan berbentuk segi ataupun setengah lingkaran ini, mempunyai kategori dalam permainannya.

Yang mana sampai detik ini, masih menjadi pusat perhatian, bila pihak dari penyelenggara entah organisasi softball dunia ataupun nasional, melaksanakan berbagai turnamen.

Kategorinya sendiri terdiri atas dua jenis, yakni untuk laki-laki dan perempuan. Untuk rentan usia sendiri, tidak begitu kaku, dan begitu jelas tercantum dalam peraturan permainannya.

Bahkan, mungkin sudah ada yang menjadi senior dari olahraga ini. Karena kategori tersebut hanya 2 jenis, maka berikut beberapa peraturan mengenai olahraga softball, antara lain:

Jumlah Pemain

Untuk jumah pemain dari olahraga softball, terdiri dari 9 orang. Mereka terbagi atas beberapa posisi, yakni sebagai:

  • 1 orang sebagai pitcher
  • 1 orang berposisi sebagai catcher’s
  • 3 pemain posisi menjadi base man
  • 1 pemain menjadi shotstop
  • Sisanya berada di fielder, entah bagian tengah, kanan, dan juga kirinya.

Cara Bermain

Untuk cara bermain, terdapat beberapa peraturan, yang perlu diindahkan oleh para pemain dari olahraga softball ini, antara lain:

  • Pertandingan dari softball, diberlakukan dengan melakukan undian, guna mengetahui grup mana yang akan menjadi pemukul, dan grup mana yang akan menjadi penangkapnya.
  • Permainan ini, terlaksana selama 7 inning. Inning dalam hal ini, mempunyai arti sebagai putaran yang ada, dengan metode 1 regu menjadi pemukul, satunya menjadi seorang catcher, lalu bergantian jika 1 babak sudah selesai.
  • Jika tim lawan tidak datang, maka secara otomatis pemenangnya adalah tim yang berada pada tempat pertandingan tersebut.
  • Nilai yang tercetak tidak akan secara otomatis terhitung masuk, apabila bersamaan dengan terjadinya out, ataupun hampir sampai ke tempat base.
  • Dalam permainan, tedapat 4 wasit yang akan mengawasi jalannya pertandingan. 1 diantaranya menjadi wasit utama, yang nantinya akan menentukan siapa yang menjadi pemenang dari permainan tersebut.

Perlengkapan Softball

Sejalan dengan hal tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan juga oleh para pemain, yakni perlengkapan untuk bermain softball. Hampir sama dengan baseball.

Namun, softball ini, lebih simpel dan mudah di pahami. Mengingat ukuran lapangan softball yang berbentuk segi ataupun setengah lingkaran, dan sejenisnya. Yang menjadi faktor kemudahan tersebut.

Perlengkapannya antara lain:

  • Lapangan
  • Home Plate
  • Bola untuk bermain
  • Sarung tangan
  • Tongkat untuk memukul
  • Seragam sesuai dengan standar yang ada
  • Sepatu yang standar untuk bermain softball ataupun baseball.

Itulah beberapa poin yang juga masih ada kaitannya dengan kategori dari permainan softball tersebut.


Penemu Olahraga Softball

Penemu softball (Foto: kelaspjok.com)

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa permainan softball ini, terlahir dan ditemukan oleh salah satu reporter dari Amerika, tepatnya dari Chicago.

Ia kala itu sedang meliput pertandingan sepak bola antar universitas di Amerika. Kedua universitaas tersebut adalah Yale, dan Harvard.

Keduanya saling mendominasi, namun pertandingan tidak bisa berbuat curang ataupun menampik sebuah takdir, bahwa universitas Yale, akhirnya menjadi pemenang dari pertandingan tersebut.

Saat itu, ada salah satu anggota tim lawan yang melempar sarung tangan tinju yang ia dapat dari seseorang, kemudian melemparnya ke salah satu anggota tim lawannya.

Seketika orang tersebut secara reflek mengambil pemukul yang ada di lapangan tersebut, dan bersiap untuk memukul sarung tangan tinju tersebut.

Dari situ, George akhirnya menemukan permainan softball, dan gterus menekuni permainan tersebut. Lambat laun, orang-orang pun tertarik untuk mempelajarinya.

Terlebih dengan George yang kemudian membuat nama dari permainan tersebut, sebagai permainan Baseball di ruangan atau indoor.

Temuan-temuannya, seperti peraturan pembuatan lapangan dari softball entah berbentuk segi ataupun setengah lingkaran, mulai muncul.

Hingga pergantian zaman dan waktu, masyarakat semakin menggemari, bahkan ada yang kemudian berencana menjadi seorang atlet softball.

Penggagasan membentuk organisasi resmi untuk permainan softball pun, akhirnya tercanangkan. Dari organisasi tersebut, olahraga softball menjadi lebih baik dengan menentukan peraturan yang ada.

Serta berbagai sanksi jika melanggar peraturan, kategori yang tercanangkan, dan sebagainya.


Organisasi Softball Dunia

ISF logo (Foto: caragigih.id)

Selaras dengan hal tersebut, pun sudah disinggung tentang organisasi softball tingkat dunia. Yang mana dari organisasi ini, terbentuklah berbagai organisasi resmi sofball lainnya di belahan dunia.

Ialah bernama ISF, atau singkatan dari International Softball Federation. Bermarkas di Amerika Serikat, dan berdiri sejak tahun 1952, sekarang usia dari organisasi ini sudah lebih dari 60-an tahun.

Organisasi ini mengatur beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh beberapa peserta, dalam pertandingan tingkat Olimpiade internasional, dan sebagainya.

Pun dengan mereka membuat beberapa kompetisi taraf internasional, yang mana menghadirkan beberapa atlet dari berbagai negara di dunia, membuktikan bagaimana keahlian mereka dalam permainan tersebut.

ISF, juga mendukung pertandingan multi-olahraga, serta memberikan sanksi kepada pihak yang melanggar peraturan permainan, serta mendukung penyelenggaraan kompetisi multi-olahraga tersebut.

Sekarang, ISF sudah mempunyai anggota lebih dari 120 negara, dengan pembagian 5 wilayah, antara lain Amerika, Afrika, Asia, Eropa, serta yang terakhir adalah Oceania.

Indonesia sendiri, softball pertama kali masuk ke tanah air pada tahun 1960-an. Yang mana dalam hal ini, kemudian di akhir tahun tersebut, tercetuslah organisasi resmi bernama PERBASASI.

Atau singkatan dari Persatuan Softball dan Amatir Seluruh Indonesia. Kemudian organisasi tersebut mulai menggelar beberapa Pekan Olahraga pada tahun 1969, di Surabaya untuk pertama kali.

Setelah hal tersebut, kemudian softball tersebar ke beberapa wilayah di Indonesia. Beberapa perlombaan nasional yang sering terselenggarakan oleh PERBASASI, contohnya adalah PON atau Pekan Olahraga Nasional.

Itulah beberapa pembahasan mengenai organisasi softball lapangan berbentuk segi ataupun setengah lingkaran.

Olahraga Softball di Mata Pemerintah

Tapi, bagaimana dengan nasib dari Softball di Indonesia? Rasanya seperti tidak ada pemberitaan apapun dari olahraga ini. Adem ayem begitu, mungkin.

Dan siapa sangka, bahwasannya Indonesia masih harus memberikan dukungan kepada berbagai cabang olahraga di Indonesia, terutama pada olahraga softball ini.

Hal tersebut merujuk kepada pemberitaan pada tahun 2017 yang lalu, yang mana ketua dari Ketua Pengurus Besar dari PERBASASI, sangat meminta dukungan kepada pemerintah.

Agar eksistensi dari olahraga seoftball di Indonesia, lantas tidak mendapatkan perhatian dari masyarakat banyak, dan lambat laun akan gugur dengan sendirinya.

Organisatoris lain baca ini: Konsep Organisasi Olahraga, Sejak 4000 SM Dalam Skala Dunia

Padahal beliau tahu, bagaimana para atlet softball Indonesia, begitu sangat niat dan bekerja keras untuk bisa mengharumkan nama bangsa, dengan mereka bermain softball tersebut.

Mulai dari level yang dasar terlebih dahulu, seperti perlombaan dari antar universitas, yang kemudian mendapatkan sokongan dukungan dari Pemerintah. Entah berbentuk bantuan perlengkapan, dan lainnya.

Hal tersebut dilansir dari bola.com. Membuktikan bahwasannya, memang kita harus memberikan dukungan kepada bidang apapun, yang dapat mengharumkan nama bangsa, di mata internasional.

Bukankah, yang akan memajukan bangsa dan negara, adalah kita sendiri? Dengan memberikan penghargaan, serta dukungan bagi mereka yang berjuang untuk bangsa?

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai lapangan softball berbentuk segi. Yang mana bisa dijadikan sebagai referensi, ketika akan menjadi seorang atlet, dan penggiat dari permainan softball.

Sehingga ketika masuk dalam dunia tersebut, kita sudah mempunyai bekal tersendiri, dan siap untuk menampung berbagai ilmu lainnya terkait olahraga tersebut.

Yang pada akhirnya, membuat seorang individu tersebut lebih percaya diri tentang kemampuannya bisa mendalami permainan softball, dan menanamkan diri mereka bahwa percaya, mereka bisa mengharumkan nama bangsa, lewat jalur olahraga softball ini.

Jadi, bagaimana? Masih ragu untuk menjadi seorang atlet, dan mulai mengharumkan nama bangsa lewat cabang olahraga ini? Ingat, kesempatan tidak datang dua kali.

Sekian ulasan lapangan softball berbentuk segi. Semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka:

  1. Definisi softball
  2. Peraturan dan kategori softball
  3. Sejarah ISF
  4. Sejarah PERBASASI
  5. Pemberitaan Softball

Pos terkait