Manuskrip Skripsi Adalah: 11 Format Penulisan

manusakrip skripsi adalah
skripsi (pejoang.com)

Membuat kerangka karangan sangat penting dalam sebuah karya tulis. Kita menyebutnya sebagai manuskrip. Pada tulisan ilmiah seperti skripsi, manuskrip sangat membantu susunan penulisan yang baik. Manuskrip skripsi adalah gambaran awal mengenai isi skripsi.

Kita membuatnya sebelum skripsi benar-benar sah dan terpublikasi.

Bacaan Lainnya

Tika, Konsep Organisasi – organisasi.co.id

Pentingnya Manuskrip Pada Penelitian Ilmiah

Penelitian ilmiah menampilkan berjuta fakta yang kaya akan makna tersurat. Ketika kita tidak berhati-hati dalam menyusunnya maka penafsiran akan penelitian tersebut akan rancu. Salah satu penelitian ilmiah adalah skripsi.

Manuskrip skripsi adalah format awal yang menyajikan hasil penelitian ilmiah yang masih membutuhkan perbaikan. Sebelum terbit, inilah yang perlu kita lakukan pada skripsi kita agar menghasilkan penyajian yang baik.

Mirip seperti draft, inilah yang kita lakukan pada manuskript. Maksudnya adalah kita seakan membuat coretan-coretan isi dalam skripsi namun dengan format yang telah ada. Dengan ini kita menjadi mampu membuat skripsi yang terstruktur rapi.


Definisi Manuskrip Skripsi

Sebelum membahas mengenai Manuskrip Skripsi, ada baiknya kita mengenal definisi manuskrip.

Manuskrip merupakan sebuah tulisan yang menjadi bentuk awal dari suatu penelitian ilmiah. Isinya sangat sistematis dengan tampilan format yang sesuai dengan jenis penelitian ilmiah yang digunakan.

Manuskrip skripsi adalah tulisan berupa penelitian ilmiah yang sistematis sesuai format skripsi.

Pada saat membuatnya, kita sebaiknya menggunakan grafologi. Perannya adalah untuk menghasilkan struktur bahasa serta kosa kata yang tepat.

Tujuannya adalah untuk menghindari pengertian makna yang berbeda.

Dalam penyusunan manuskrip skripsi, hendaknya kita membuatnya menjadi sistematis dan masuk akal. Untuk skripsi sendiri biasanya akan mengangkat tema yang hangat dan belum menjadi tulisan orang lain.

Beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dalam menulis manuskrip adalah:

  • Keaslian naskah. Hal ini menyangkut keaslian penelitian serta penulisan.
  • Berisi mengenai hasil penelitian yang merupakan hasil observasi asli dan berkaitan dengan ruang lingkup jurnal ilmiah.
  • Konten yang ada belum pernah diterbitkan pada media maupun jurnal yang lain.
  • Penulis memiliki tanggung jawab penuh terhadap isi konten.

Berhubung setiap orang pasti memiliki gaya kepenulisan yang berbeda satu sama lain, sangat sulit untuk menemukan konten duplikat secara tiak sengaja. Bahkan saat ini telah ada berbagai aplikasi untuk mengecek kandungan plagiasi dalam sebuah artikel yang dapat membantu.

organisatoris lainnya baca ini: Struktur Organisasi PT Sido Muncul: 2 Strategi


Format Pembuatan Manuskrip Skripsi

Sidang skripsi
`pengertian skripsi (indraziru.com)

Pada hakikatnya membuat manuskrip skripsi mirip dengan manuskrip lainnya. Untuk itu hal-hal yang perlu mendapat perhatian penulis pun kurang lebih sama. Mereka adalah:

Informasi Umum

Sebagai informasi yang harus penulis ketahui, manuskrip tampil pada kertas berukuran A4. Jika kita tidak menemukannya dalam komputer atau laptop, kita dapat membuat ukuran kertas manual yaitu 210 mm x 297 mm.

Margin pada manuskrip berukuran 3 cm untuk margin atas, bawah, dan juga kiri. Untuk kanan maka marginnya adalah 2.5 cm.

Spasi dalam artikel adalah 1,5 cm. Untuk abstrak sedikit berbeda yaitu 1 cm pada spasi. Jika di Word kita dapat menemukannya sebagai spasi single. Untuk huruf, sesuai standar adalah Times New Roman berukuran 12.

Jika menulis menggunakan bahasa Indonesia maka jumlah halaman yang sebaiknya ada berjumlah 6 hingga 12 halaman.

Komponen yang harus ada pada manuskrip skripsi adalah Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan Penelitian, Kesimpulan Penulis, Ucapan Terima Kasih (bersifat tidak wajib), dan Daftar Pustaka. Jika kita hitung maka terdapat 6 sub judul.

Format Draf manuskrip

Dari ke enam sub judul tersebut, setiap bagian memiliki format tersendiri dan harus sesuai urutan. Adapun format dari masing-masing sub judul termasuk tambahannya dalam skripsi adalah:

Judul

Pada bagian judul, ukuran huruf sedikit lebih besar yaitu 14 dan tebal. Dalam judul berbahasa Indonesia, maka judul hanya boleh maksimal 14 kata saja. Jika menggunakan judul berbahasa Inggris, maka jumlah kata maksimalnya adalah 12 kata.

Untuk judul harus singkat dan juga tepat sasaran. Tentunya juga harus informatif dan kurang lebih merefleksikan isi skripsi.

Di dalamnya mengandung masalah, target populasi, hingga variabel dari penelitian. Sebaiknya tidak mengandung kata-kata penghubung, penyebutan untuk bahan penelitian yang rinci, objek tertentu, hingga tempat penelitian.

Kita juga sebaiknya tidak menulis singkatan, rujukan, hingga rumus pada judul. Pastikan dari judul tersebut terkandung kata-kata kunci.

Baris kepemilikan

Bagian ini umumnya ada dalam penelitian ilmiah. Bukan hal yang harus, namun pada draft akhir skripsi kita sebaiknya mencantumkannya.

Jadi dalam bagian ini terkandung nama-nama penulis yang ikut serta mulai dari perencanaan, pelaksanaan penelitian, analisa hasil, pembahasan hasil penelitian, hingga penulisan akhir laporan.

Dalam hal skripsi, maka penulis utama adalah mahasiswa dan penulis lainnya adalah dosen pembimbing dan sebagainya.

Ada pula tambahan lain seperti penulisan alamat email dan lainnya agar pembaca dapat langsung menghubungi yang bersangkutan jika menemui kritik maupun saran terhadap hasil penelitian.

Abstrak

Terdapat dua bahasa untuk menyajikan abstrak yaitu bahasa Inggris dan Indonesia. Pada bagian ini tiak boleh lebih dari 200 kata namun tetap memuat informasi yang bersifat informatif seperti latar belakang, tujuan skripsi, metode yang dipakai, hasil penelitian, dan kesimpulan.

Tidak diperkenankan menyertakan sitasi oda abstrak. Selain itu, abstrak juga hanya mengandung satu paragraf yang memuat kata kunci di bagian bawah dengan tidak lebih dari lima kata.

Maksud dari kata kunci adalah hal-hal pokok yang menyangkut masalah yang sedang diteliti oleh penulis. Hal tersebut berupa istilah-istilah yang menjadi dasar dalam sebuah skripsi baik berupa kata tunggal maupun gabungan dan antara satu sama lainnya terpisah oleh koma.

Pendahuluan

Isi pada bagian pendahuluan adalah latar belakang yang mencakup alasan penulis melakukan penelitian. Jadi penulis dapat memberikan informasi mengenai peneitian-penelitian sebelumnya dan mulai membandingkan hasil dari seluruh penelitian itu atas dasar metode yang mereka gunakan.

Cara menuliskan latar belakang masalah pada sub judul pendahuluan ini hendaknya membahas hal-hal yang masuk akal sehingga membawa pembaca untuk melihat lebih lanjut mengenai rencana memecahkan permasalahan hingga ke rumusan dari suatu tujuan.

Sumber referensi juga harus terbaru namun tetap tidak dengan berlebihan. Penulisan tabel maupun gambar juga sebaiknya tidak ada pada bagian ini.

Metode

Pada sub bab ini mengandung beberapa bagian seperti alat yang akan digunakan peneliti, bahan-bahan, cara mengerjakan penelitian, dan terakhir adalah analisis data. Bahkan dalam hal ini jika akhirnya harus menggunakan rumus, maka rumus tersebut dalam penulisannya menggunakan Equation.

Tuliskan alat dan bahan secara lebih spesifik.

Hasil dan Pembahasan

Dua hal ini saling berkaitan dan sebaiknya mengandung referensi yang mendukung. Contohnya adalah artikel ilmiah maupun jurnal yang terbaru dengan total referensi minimal sepuluh.

Hasil wajib tertulis dengan gamblang dari sisi penulis dan juga akurat. Jangan memberikan kesan yang ambigu kepada pembaca. Sangat baik jika penulis dapat menyajikan gambar maupun data di bagian ini.

Tidak boleh menuliskan hal-hla yang bersifat opini dan mengandung sisi subjektif. Di sisi lain, penulis juga tidak boleh terlalu mengeneralisasi hasil atau justru menuliskan hal-hal yang tidak berkaitan dengan data dari penelitian

Untuk penggunaan refrensi atau pustaka, sebaiknya juga berhubungan dengan penelitian dengan usia pustaka tidak lebih dari sepuluh tahun yang lalu.

Jika saat ini adalah tahun 2022, maka pustaka maksimal ada di tahun 2012. Lebih dari itu maka penelitian tidak bersifat terbaru.

Kesimpulan

Pengungkapan mengenaia kesimpulan npenelititianhars tertulis dengan tepat. Selain itu sebaiknya tidak mengandung pernyataan ataupun pengantar yang tidak ada hubungannya dengan penelitian. Kita dapat membuat kesimpulan secara umum dan khusus.

Catatan pentingnya adalah dalam kesimpulan harus mengandung jawaban dari tujuan penelitian dengan kalimat essay yang singkat dan padat.

Ucapan Terima kasih

Salah satu pembaca pastinya pihakpihak yang terlibat. Untuk itu penting bagi kita untuk membeberikan ucapan terimkasih kepadaberbagai pihak yang terlibat mulai dari proses penelitian samapaii akhirnytya pada publikasi.

Kita dapat menuliskan nama per orang hingga institusi. Jika terdapat pemberian dana, maka wajib memberikan informasi apakah dana tersebut hibah atau lainnya.

Daftar Pustaka

Referensi yang penulis gunakan hendaknya ada dalam daftar pustaka. Penulisannya menggunakan sistem Harvard yakni nama belakang dari sumber yang digunakan kemudian tahun dan judul.


Komponen Pembuatan Manuskrip Skripsi

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa manuskrip skripsi sama dengan pembuatan manuskrip ilmiah lainnya. Untuk itu penulisan juga menggunakan huruf Times New Roman dengan spasi 1,5 dan ukuran A4.

Komponen yang terkandung meliputi pendahuluan yang mencakup latar belakang masalah dan tujuan skripsi, metode penelitian berisi alat dan bahan, cara kerja, hingga cara menganalisa hasil, pembahasan yang berisi hasil penelitian dalam gambar maupun table dan menyandingkannya dengan penelitian sebelumnya.

Selanjutnya kesimpulan yang tertulis dengan singkat dan daftar pustaka yang memuat sumber referensi yang digunakan.

Bahasa asing menggunakan huruf miring. Total keseluruhan mnuskrip hendaknya tidak lebih dari 4000 kata atau 10 hingga 12 halaman saja termasuk tabel dan gambar.

Jika mengutip pustaka hendaknya pada pembahasan jika hal itu sangat penting dan memadukannya dengan apa yang ada di bab pendahuluan.

Bagi mahasiswa yang membuat manuskrip skripsi, maka hendaknya terdapat lembar penilaian oleh penguji. Tidak hanya itu, terdapat pula surat keterangan mengenai penerimaan manuskrip untuk publikasi atas karya tersebut.

Surat keterangan itu berasal dari dewan penyunting jurnal dan perlu kita lampirkan pada manuskrip termasuk pengalihan hak cipta berupa surat pernyataan.

Organisatoris lainnya baca ini: Struktur Kelas Ponpes: 4 Rincian Jabatan


Format Pengambilan Sumber Untuk Manuskrip Skripsi

Untuk pengambilan sumber hendaknya menggunakan pustaka yang berusia tidak lebih dari 10 tahun untuk tetap menjaga keterkinian penelitian.

Dari sumber pustaka tersebut pula penulis dapat melihat apakah pustaka yang mereka ambil sesuai dengan tema penelitian mereka atau tidak.

Gunakan format Harvard yang menuliskan nama belakang penulis lalu koma nama depan, tahun pustaka, dan judul. Penggunaan tulisan cetak miring dalam beberapa hal diperlukan terutama untuk judul asing.

Pastikan untuk mengetahui apakah pustaka berasal dari situs atau literatur cetak. Jika dari situs maka nama situs wajib tertulis dan tercetak biru.

Daftar Pustaka

Manuskrip Skripsi, KTI, Tesis, Cara Membuat dan Contohnya