Olahraga Tinju Dari Thailand: Definisi dan Manfaat

olahraga tinju thailand
muay thai (yuksinau.id)

Seni bela diri bertujuan untuk melindungi diri dari serangan musuh. Salah satu seni bela diri adalah tinju. Setiap negara memiliki ciri khasnya masing-masing. Olahraga tinju dari Thailand kerap kita kenal dengan sebutan Muay Thai. Simak penjelasannya pada artikel di bawah ini.

Tika, olahraga – organisasi.co.id

Bacaan Lainnya

Definisi Olahraga Tinju dari Thailand

Tinju merupakan sebuah olahraga yang melibatkan dua orang dengan berat badan yang kurang lebih sama. Mereka akan melakukan serangan dan pertahanan melalui tinju mereka. Jika dalam sebuah pertandingan, kedua partisipan akan bertanding dengan interval tiga menit yang kita kenal dengan istilah ronde.

Olahraga tinju dari Thailand tidak jauh berbeda dengan negara lain. Hanya saja ia termasuk dalam seni bela diri garis keras karena melibatkan delapan titik tubuh.

Tidak hanya mengandalkan kekuatan tinjuan, Muay Thai juga melibatkan siku, lutut, hingga tulang kering. Mirip dengan Muay Boran, tinju asal Thailand ini juga sering nampak sebagai seni bela diri dengan senjata.

Teknik pada Muay Thai memang banyak yang fokus pada pitingan, tendangan, serta tarian tinju. Dulu memang seni bela diri ini adalah hiburan bagi para raja hingga akhirnya banyak staf kerajaan yang tertarik mempelajarinya.

Awalnya mereka tertarik menggunakannya sebagai pelindung raja namun lambat laun olahraga ini muncul di berbagai festival.

Organisatoris lain baca ini: Perkembangan Pertanian Dalam 6 Zaman

Aturan Permainan Olahraga Tinju Thailand

Setiap olahraga memiliki peraturan. Salah satunya adalah olahraga tinju Thailand. Umumnya olahraga yang kita kenal dengan sebutan Muay Thai ini memiliki beberapa aturan seperti:

  • Kedua petarung akan memperoleh nilai 10 apabila pada sebuah ronde berlaku hasil yang seimbang.
  • Apabila terdapat satu orang yang menang tipis, maka petarung tersebut akan mendapat nilai 10:9.
  • Ketika seorang petarung menang telak maka ia akan memperoleh nila 10:8
  • Seorang petarung menang telak serta memperoleh penghitungan dari wasit, maka ia akan mendapat nilai 10:7
  • Bila peratung menang tipis dan mendapat penghitungan dari wasit makaia memperoleh nilai 10:8
  • Terakhir, jika pada sebuah pertandingan petarung mendapat dua kali perhitungan wasit, maka nilainya adalah 10:7

Teknik Pada Muay Thai

Olahraga tinju Thailand memiliki beberapa teknik seperti:

a. Memukul

Terkesan sebagai teknik yang biasa, namun pada olahraga tinju Thailand, terdapat empat teknik memukul. Mereka adalah:

  • Hook (meninju area wajah maupun tubuh bagian samping dari lawan).
  • upper cut (meninju dari bawah ke atas dengan mengincar area dagu).
  • Jab (memukul dengan meninju searah area wajah dan bagian tubuh lain).
  • Strike (mirip jab namun pukulan seakan lebih bertenaga. Caranya dengan meninju secara lurus setelah hook).

b. Mengunci

Mengunci lawan adalah sebuah gerakan untuk menjatuhkan lawan sebelum akhirnya melemparkan tubuh lawan. Caranya adalah dengan memegang leher, badan, serta kepala lawan. Ketika ia sudah tidak lagi seimbang, lakukan serangan.

c. Menendang

Terdapat beberapa teknik menendang seperti:

  • low kick (menyerang area pinggang ke bawah
  • Push kick (menendang untuk menjatuhkan lawan)
  • Hich kick (menendang untuk menyerang area kepala)
  • Middle kick (area pinggang ke bawah yang siap untuk terkena tendangan)

d. Mendengkul

Beberapa teknik mendengkul meliputi serangan samping lawan (hook knee), memutar anggota tubuh yang terpusat pada dengkul dan lutut. Lalu lanjut ke area samping tubuh (circle knee).

Pada teknik ini hanya boleh menyerang area rusuk dan juga kaki area paha. Ada juga teknik mengambil ancang-ancang ke bagian atas dagu sebagai target (upper cut knee).

e. Menyikut

Dorongan kaki bukan satu-satunya serangan dalam Muay Thai. Masih ada juga teknik tangan untuk pertahanan. Defensif pada muay thai menggunakan dorongan kaki. Ada juga cara untuk memblok dengan cara menangkis.

Teknik menangkis akan membantu melindungi area wajah. Bahkan ada juga block out yaitu teknik mengeblok dengan kaki dan tangan.

Induk Organisasi Tinju dari Thailand

Olahraga tinju dari Thailand kini telah mendunia. Tidak heran jika sudah seharusnya ia memiliki induk organisasi yang menaunginya.

Adanya induk organisasi ini akan memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk melindungi para atlet hingga pengaturan mengenai standar petarung dan hal-hal teknis lainnya dalam pertandingan.

Di Indonesia, MI atau Muay Thai Indonesia adalah induk organisasi bagi olahraga ini. Sedangkan untuk tingkat dunia, organisasi yang menaunginya adalah IFMA. Ia berdiri di Bangkok pada tahun 1993.

Saat ini, IFMA telah memiliki kurang lebih 128 negara anggota dan Indonesia adalah salah satunya.

Organisatoris lain baca ini: Metode Pertanian Organik: 5 Tujuan, Jenis Hewan Ternak

Manfaat Tinju bagi Kesehatan

muay thai (sehatq.com)

Pada hakikatnya, setiap olahraga memiliki manfaat bagi kesehatan. Tinju pun demikian. Dengan adanya gerakan yang kita lakukan sambil mengeluarkan keringat, artinya metabolisme terjadi. Pembuangan zat-zat residu dalam tubuh nyata adanya.

Lalu apa saja manfaat tinju bagi kesehatan? Sebelumnya mungkin kita memiliki kekhawatiran terhadap olahraga yang ingin kita lakukan.

Sebab itulah sangat penting bagi kita untuk mengetahui manfaat dari olahraga yang kita pilih. Gerakan-gerakan yang ada pada sebuah olahraga tentu memberikan efek bagi fungsi tubuh.

Misalnya gerakan tangan akan melatih otot tangan. Sebaliknya, gerakan kaki juga melatih otot kaki. Tidak hanya untuk fisik, namun secara mental, olahraga dapat melepaskan hormon rileks dan bahagia. Tidur pun akan semakin lelap.

Berikut adalah penjabaran dari manfaat olahraga bagi tubuh, khususnya tinju.

a. Mempertahankan kesehatan jantung

Untuk mengetahui kekuatan jantung, maka kita perlu mengetahui banyaknya darah yang mampu dipompa oleh organ tubuh yang satu ini.

Semakin sering kita melatih jantung, maka ia akan memberikan pasokan darah yang cukup termasuk juga pasokan oksigen di dalamnya.

Artinya jantung tidak perlu sering-sering memommpa demi menghasilkan oksigen yang cukup. Dengan demikian, denyut jantung bisa menjadi lebih teratur dan tidak akan mengalami kesulitan dalam bernafas.

Tinju akan melatih jantung agar lebih efisien dalam menjalankan tugasnya. Bahkan olahraga ini akan membantu tubuh kita untuk selalu bergerak. Pukulannya juga mampu membuat otot-otot berkontraksi dan membuat jantung lebih keras dalam memompa darah.

b. Sarana untuk melatih otot vital serta stabilitas tubuh

Tinju akan melatih otot-otot vital yang ada di dalam tubuh contohnya adalah otot pinggang, perut, punggung, dan panggul.

Dengan melakukan pukulan pada tinju, maka otot tangan akan semakin kuat. Dampaknya akan sangat penting pada punggung. Apabila otot tangan telah kuat, maka risiko nyeri punggung dan cedera pada punggung juga akan berkurang.

Tidak hanya itu, postur tubuh pun akan menjadi semakin baik. Kemampuan motorik tubuh untuk menjaga keseimbangan tubuh akan semakin baik.

Gerakan yang cepat dan spontan akan bermanfaat dalam kegiatan kita sehari-hari. Adanya gerak refleks akan membuat kita mampu melindungi diri ketika mendapat halangan-halangan di hadapan kita.

Manusia umumnya akan membutuhkan waktu untuk merespon sesuatu. Akan tetapi ketika tubuh kita telah mengenali berbagai macam ancaman, secara tidak langsung respon kita terhadap sesuatu akan menjadi semakin cepat. Inilah yang kita terima setiap kali berlatih tinju.

c. Membantu Meningkatkan Koordinasi Tubuh

Dengan menggerakkan beberapa bagian tubuh dengan bersamaan, kita menjadi tau cara untuk berkoordinasi dengan tubuh secara baik. Inilah yang akan kita latih pada olahraga tinju.

Kita mampu menyelaraskan gerakan pada bagian kaki dan tubuh lainnya. Kita juga dapat menganalisa arah pukulan yang tepat yang nantinya mampu menyerang titik lemah objek dengan tepat.

Bahkan tidak menutup kemungkinan kita mampu menggerakkan tangan dan kaki sekaligus ke arah serangan yang berbeda. Jika tidak melatihnya, bagaimana kita dapat melakukan gerakan tersebut?

Insting atletis serta gerakan refleks akan terlatih dari olahraga tinju. Kita juga menjadi lebih sadar terhadap lingkungan sekitar. Kemampuan koordinasi pada tubuh meningkat.

d. Membakar Kalori

Inilah yang diinginkan kaum hawa dalam olahraga. Bahkan mungkin bukan hanya kaum hawa yang mengharapkan pengurangan kalori dari sebuah olahraga. Kaum Adam pun mungkin menginginkan hal yang sama.

Tinju adalah olahraga yang menguras cukup banyak energi. Artinya tubuh bekerja lebih keras dan berakhir pada pembakaran kalori yang lebih banyak. Jadi, jika kita ingin menurunkan berat badan, olahraga ini dapat menjadi sebuah alternatif.

Tapi sebelum kita berharap ada kalori yang terbakar atau justru melihat teman kita lebih cepat dalam pembakaran kalori, kita perlu memahami satu hal.

Pembakaran kalori tentu berdasarkan pada jenis latihan yang kita lakukan. Perempuan akan membakar 400 kalori pada umumnya selama satu jam saat berlatih tinju. Sedangkan laki-laki membakar lebih banyak kalori yaitu sekitar 500 kalori.

Semua olahraga dapat meningkatkan metabolisme tubuh melalui pembakaran lemak serta kalori. Namun jangan berharap untuk mendapatkan hasil yang ideal dengan cepat. Kita harus melakukannya dengan rutin ketika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

e. Menambah daya tahan tubuh

Dengan terlatihnya otot-otot tubuh, kita dapat memberikan serangan dengan lebih kuat tanpa merasa cepat lelah. Inilah maksud dari penambahan daya tahan tubuh dalam diri kita.

Apalagi melalui latihan ini kita dapat membuat paru-paru mampu menyerap oksigen lebih banyak serta mengalirkannya ke saraf tubuh dengan lebih efisien. Pembuluh darahpun menjadi kaya akan oksigen.

Semakin banyak oksigen pada tubuh, artinya akan semakin sehat pula tubuh kita.

Penutup

Olahraga tinju Thailand yang kita kenal dengan Muay Thai memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tidak hanya sebagai seni pertahanan diri, olahraga ini juga meningkatkan metabolisme dan daya tahan tubuh kita. Telah ada sejak jaman kerajaan, dulunya Muay Thai berfungsi sebagai seni bela diri untk melindungi keluarga kerajaan negeri Siam.

Baik pria maupun wanita dapat mencoba beberapa teknik Muay Thai untuk menghasilkan koordinasi anggota tubuh yang baik. Bahkan ketika kita membutuhkan gerak refleks yang lebih baik, Muay Thai akan mengajarkan kita teknik tersebut. Pembakaran jumlah kalori pada wanita cenderung lebih sedikit daripada pria ketika melakukan olahraga yang satu ini.

Untuk menjadi seorang petinju handal, kita dapat bergabung dengan klub Muay Thai di Indonesia yang berada di bawah naungan MI (Muay Thai Indonesia). Organisasi ini berada di bawah perlindungan IFMA yang berpusat di Bangkok, Thailand.

Daftar Pustaka

  1. Apa Itu Muay Thai ?
  2. Muay Thai: Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan, Peralatan

Pos terkait