Tim Putri Hockey Indonesia
Tim Putri Hockey Indonesia (Foto: Haluan Riau)

Organisasi Hockey Indonesia, Sejarah Induk & 6 Aturan

Diposting pada

Induk Organisasi Hockey Indonesia, merupakan suatu wadah bagi para pecinta seni olahraga yang menarik ini, bagaimana teknik dan sejarahnya?Luluk, Struktur – Organisasi.co.id

Hockey adalah jenis olahraga permainan yang menggunakan tongkat pukul sebagai propertinya.

Sistem permainan Olahraga ini, ialah memasukkan bola kedalam gawang lawan menggunakan tongkat pukul.

Organisasi Olahraga Hockey, Kate Sebagai Anggota
Kate Middleton Putri Kerajaan Ingris Pecinta Olahraga Hockey (Foto: Facetofeet)

Hockey dimainkan secara berkelompok atau tim yang masing-masing tim beranggotakan enam orang. Permainan ini hanya dapat berlangsung di atas es.

Teknik dari permainannya hampir sama denan sepak bola, hanya saja hockey menggunakan tongkat untuk menggiring bola.

Bola hockey terkenal dengan nama puck yang memiliki bentuk seperti cakram dan terbuat dari karet.

Dalam permainan hockey, masing-masing tim pemain akan menggiring bola menggunakan stick atau tongkat pukulnya ke arah gawang lawan dan berusaha mencetak gol.

Rata-rata orang yang tinggal di negara dengan 4 musim, banyak menggemari olahraga hockey ini.

Mengingat permainan ini dapat mereka mainkan di atas lapangan lapisan es.

Permainan ini sudah sangat populer, bahkan beberapa negara juga mengadakan olimpiade dalam permainan hockey.

Hingga saat ini tercatat permainan ini sangat peminatnya di berbagai negara, selain melatih kekompakan, permainan ini juga dapa membangun fokus.

Organisatori lain baca ini: Induk Organisasi Dunia Olahraga, 71 Nasional Dan Internasional

Sejarah Dunia Organisasi Hockey

Hockey berasal dari Persia Kuno dan mesir Kuno, dalam sejarah tercatat bahwa adanya penemuan kuno dari relief-relief di sekitar Bani Hasandi Mesir Kuno yang menggambarkan suatu permainan bola yang menggunakan tongkat.

Saat itu permainan ini disebut dengan hoksa. Persebaran dari permainan hockey ada di sekitar Arab dan Afrika bagian utara, namun olahraga hockey yang modern baru ada pada tahun 1800 di Inggris.

Namun Perancis juga mengklaim bahwa permainan hockey berasal dari negaranya.

Pendirian Organisasi Hockey Pertama

Pada tahun 1850 mulai terbentuk klub hockey yang pertama dengan nama Black Heat Hockey Club (BHHC), kemudian di tahun 1886 sebuah organisasi induk organisasi hockey mulai terbentuk dengan nama English Hockey Association (EHA).

Hingga akhirnya permainan hockey mulai menyebar ke seluruh daratan di Eropa. Namun masing-masing negara memiliki peraturan tersendiri dalam permainan hockey.

Organisasi Hockey Wanita

Bahkan pada tahun 1895 terbentuklah organisasi putri untuk permainan bola hockey dengan nama Women Hockey Board (WHB), tentu saja organisasi ini terbentuk dengan peraturan tersendiri.

Atlet Hockey
Atlit Hockey Dunia

Organisasi Hockey Internasional

Permainan bola hockey pertama kali berlangsung untuk kelas dunia oleh negara Inggris dan Irlandia, saat itu Inggris memenangkan pertandingan. Kemudian pada akhir abad ke-19 mulai terbentuklah organisasi hockey secara internasional dengan nama International Hockey Board (IHB).

Pada awal mulanya permainan ini sangat sulit untuk diikutkan dalam kejuaraan olimpiade, sebab permainan ini belum memiliki organisasi yang dapat melindungi secara internasional.

Pada tahun 1908 menjadi ajang pertama pemainan hockey dapat masuk di sebuah olimpiade, saat itu olimpiade berlangsung di London, Inggris.

Panitia penyelenggara saat itu dari International Hockey Board (IHB). Olimpiade tersebut diikuti oleh beberapa negara seperti Inggris, Irlandia, Skotlandia dan Wales.

Pada tahun 1923 mulai terbentuk International Hockey Federation (IHF) yang dapat mencakup seluruh negara di dunia, sehingga hockey tidak hanya dapat dipertandingkan pada olimpiade United Kingdom saja.

Saat itu peraturan yang berlaku, untuk permaina putra dan putri sama. Sekitar tahun 1923-1927 terjadi perang dingin antara IHB dan IHF, kedua organisasi tersebut saling memperebutkan kekuasaa.

Kedua organisasi tersebut berusaha mengambil kekuasaan penuh sehingga dapat merubah peraturan yang telah ada sebelumnya. Hal tersebut menyebabkan permainan hockey tidak ikut serta dalam olimpiade di tahun 1924.

Rivalitas Induk Organisasi Hockey

Keadaan tersebut semakin memanas dengan adanya asosiasi baru yang didirikan oleh beberapa perempuan, yaitu International Federation of Woman’s Hockey Association (IFWHA).

Hal tersebut menyebabkan lagi-lagi hockey tidak dapat mengikuti olimpiade di tahun 1928, sebab adanya peraturan bahwa pertandingan hockey hanya untuk pemain putra saja.

Dengan adanya peraturan tersebut membuat IHB semakin marah dan tidak mau mengikuti olimpiade berikutnya. Kemarahan IHB berlangsung hingga tahun 1938.

Namun selama tidak ikutnya IHB dalam olimpiade tidak membuat mereka kehilangan penggemarnya. Masih banyak masyarakatnya yang mengidolakan pada permainan hockey.

India mengikuti olimpiade hockey pertama kali pada tahun 1928, saat itu India langsung dapat menjuarai olimpiade yang terselenggara. Selanjutnya belanda berada di posisi kedua dan pada posisi ketiga oleh Jerman. Saat itu olimpiade diikuti oleh 9 negara.

India berhasil mempertahankan kejuaraannya hingga olimpiade 1960 yang berlangsung di Roma.

Penggantian IHB menjadi IHRB

Tahun 1972 International Hockey Board (IHB) berganti nama menjadi International Hockey Rules Board (IHRB) dengan tujuan agar permainan hockey putri dapat ikut serta di dalamnya.

Pada olimpiade Muskow India lagi-lagi mengambil posisi pertama. Amerika mulai ikut bergabung di tahun 1932 saat olimpiade Los Angles. Kemudian jepang mengyusul di tahun 1940 untuk ikut bergabung di IIHF, sehingga jumlah anggota IIHF saat itu bertambah menjadi 14 negara.

Kepopuleran hockey semakin bertamah dari tahun ke tahun, hingga pada tahun 2000 tercatat ada sebanyak 100 negara yang ikut bergabung.

Organisatoris lain baca ini: Mengenal Drum Band, Sejarah Dan Induk Organisasi

Peralatan Dalam Permainan Hockey

Peralatan yang wajib ada adalah tongkat pemukul atau stick, dalam permainan hockey. Ketentuan untuk stick yang berlaku, yaitu memiliki berat antara 12-23 ons untuk putri dan 12-28 ons untuk putra.

Stik yang digunakan memiliki permukaan yang rata di sebelah kiri badan hingga batas handle atau pegangan tangan. Di bagian kepalanya yang berada di bawah terbuat dari kayu yang berbentuk lengkungan.

Peralatan Permainan Hockey
Peralatan Dalam Permainan Hockey

Bahan baku dalam pembuatan stik hockey adalah fiber atau kayu. Stick yang digunakan oleh penjaga gawang memiliki perbedaan dengan stick yang digunakan oleh pemain inti.

Bola yang terbuat dari kulit berwarna putih yang mengalami proses jahit, seperti pembungkus bola kriket. Dengan berat atara 5,5 -5,75 ons dengan diameter 8-13 in.

Bola yang digunakan saat pertandingan bisa kita ganti atau tukar, jika kondisinya sudah tidak layak untuk bermain hockey. Atribut penjaga gawang adalah sarung tangan dan sarung kaki (sebagai pelindung), masing-masing-masing batas maksimal 300 mm.

Peraturan Dalam Permainan Hockey

Peraturan dalam permainan hockey yang harus terlaksana oleh seluruh pemain yaitu :

  1. Tidak boleh mengangkat tongkat pemukul melebihi pundaknya dan posisi yang dapat membahayakan pemain lainnya
  2. Tidak boleh melakukan pukulan bola ke udara
  3. Mendapat punishment jika menggiring bola atau menendangnya dengan kaki kecuali penjaga gawang saja yang boleh melakukannya
  4. Larangan menahan bola dengan kaki kecuali penjaga gawang
  5. Larangan menahan stick lawan dengan cara memukul atau menggigitnya, hanya boleh menahan dengan tangan saat bola jatuh
  6. Pemain dilarang menahan, mendorong dan menjatuhkan lawan menggunakan stick atau badan

Cara Bermain Hockey

Untuk dapat memenangkan sebuah pertandingan, terlebih dahulu kita harus mempelajari cara bermain bola hockey. Berikut cara-cara bermain dalam bola hockey.

Organisatoris lain baca ini: Olahraga Panahan Sejak 5000 Tahun Lalu

Pelajari Permainan

Dalam bermain bola hockey, para pemain hendaknya mempelajari terlebih dahulu tentang permainan tersebut. Bagaimana permainan tersebut dapat terlaksana, serta persiapan apa saja saat akan melakukan pertandingan Hockey.

Pelajari Gambar Lapangan

Mempelajari gambaran dari lapangan dalam permainan juga penting, para pemain harus mengetahui fungsi dari garis-garis dalam lapangan

Pelajari Peraturan Dalam Bola Hockey

Selanjutnya pelajari terlebih dahulu peraturan yang berlaku dan yang tidak, dalam permainan hockey agar saat bermain tidak melakukan banyak pelanggaran.

Siapkan Peralatan

Menyiapkan peralatan dalam permainan juga penting, dengan peralatan ini pemain dapat bermain dengan lancar dan sebagai pelindung tubuh.

Pelajari Cara Meluncur

Penting bagi para pemain mempelajari bagaimana cara meluncur yang baik agar tetap seimbang dan aman.

Pelajari Cara Menggunakan Stick

Menggunakan stick dalam menggiring bola, mengoper, menerima dan menembak juga sangat perlu, sebab ini adalah kunci dari permainan.

Pelajari Cara Menguasai Bola

Untuk dapat memenangkan sebuah permainan, terlebih dahulu pelajari bagaimana cara menguasai bola yang baik agar bola tidak berpindah ke posisi lawan.

Pelajari Cara Mengoper

Agar pemain lain dapat menerima operan kita tepat sasaran maka pelajari juga bagaimana cara mengoperkan bola yang baik dan benar.

Pelajari Cara Menerima Operan

Menerima operan dari pemain lain juga butuh keahlian khusus, untuk itu para pemain juga wajib mempelajari bagaimana teknik yang efisien dalam menerima operan.

Pelajari Cara Membuat Gol

Tim yang mendapatkan cetak skors dalam permainan, artinya tim tersebut memenangkan pertandingan Hockey yang terselenggara.

Pelajari Posisi Dalam Permainan

Perhatikan Posisi tubuh saat bermain, sebab jika posisi tubuh yang kita lakukan saat permain dapat menyebabkan cidera atau hilangnya keseimbangan. Para pemain hendaknya mempelajari bagaimana cara mengatur posisi dalam sebuah permain. Dan yang tak kalah penting adalah tata letak pemain, seorang pemain hockey harus paham kapan dia harus berada dalam posisi yang seharusnya agar bola dapat ia terima dan menggiringnya ke gawang lawan.

Pelajari Cara Bermainan Yang Baik

Bermain dengan cara yang baik dan teknik yang baik juga perlu agar tubuh tidak mudah lelah, untuk itu pemain hendaknya mempelajari bagaimana mengatur nafas, mengatur emosi dan mengatur fokus.

Induk Olahraga Hockey Dunia

Induk olahraga hockey di dunia adalah Federasi Hoki Es Internasional (FHEI) atau International Ice Hockey Federation (IIHF) yang berada di Zurich, Swiss. Organisasi ini telah diakui oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Logo Organisasi Hockey Internasional
Logo Organisasi Hockey Internasional

International Ice Hockey Federation (IIHF) adalah badan olahraga hockey es se dunia dengan anggota 100 negara. Induk organisasi ini melindungi segala kegiatan hockey es di seluruh dunia, termasuk saat terlaksananya olimpiade di suatu negara.

Induk Olahraga Hockey Indonesia

Saat ini Indonesia memiliki 2 induk organisasi hockey, yaitu Pengurus Besar Persatuan Hoki Seluruh Indonesia (PB PHSI) dan Pengurus Pusat Federasi Hoki Indonesia (PP FHI).

Kedua induk organisasi olahraga hockey tersebut mengurus persoalan atlit di Indonesia.

Pengurus Pusat Federasi Hocekey Indonesia (PP FHI) adalah induk organisasi cabang olahraga hockey yang resmi terdaftar dalam anggota KONI pusat.

Logo Hockey Indonesia
Logo Hockey Indonesia

PP FHI bertugas untuk menjalankan seluruh kegiatan dan peraturan organisasi olahraga sesuai dengan ketentuan perundang-undangan berikut:

  1. UU RI No. 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional
  2. PP. No. 16 Tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Keolahragaan
  3. PP. No. 17 Tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Pekan dan Kejuaraan Olahraga
  4. PP. No. 18 Tahun 2007 tentang Pendanaan Olahraga
  5. AD/ART KONI Pusat
  6. AD/ART PP. FHI
  7. Keputusan Rapat Anggota PP. FHI

Demikian artikel tentang organisasi olahraga Hockey dengan induk dalam skala nasional Indonesia dan dunia Internasional.

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *