Marching Band
Penampilan Salah Satu Marching Band (Foto: Appstate)

Mengenal Drum Band, Sejarah Dan Induk Organisasi

Diposting pada

Drum Band sebagai salah satu cabang senin dan olah raga memiliki induk organisasi untuk mengatur pada pemain dalam tata aturan secara internal.

Ayu Maesaroh, Struktur – Organisasi.co.id

Drum band merupakan salah satu kesenian musik yang banyak orang menggemarinya.

Berbagai atraksi yang ada juga kadang membuat semua terpukau dengan suguhan penampilan para pemainnya.

Namun, ternyata drum band ada induk organisasi, baik dari Nasional, maupun tingkat Dunia. Jadi bagaimana penjelasan selengkapnya?

Drum Band Memiliki Induk Organisasi Secara Nasional Dan Internasional
Penampilan Salah Satu Drum Band (Foto: Netral)

Apakah kalian masih ingat saat perayaan ulang tahun NKRI? ada begitu banyak pertunjukan yang memukau banyak orang.

Mulai dari permainan mereka, atraksi dari orang-orang yang mengikuti pertunjukan tersebut, dan lainnya, termasuk dengan Drum Band.

Meski begitu, pertanyaan selanjutnya adalah, benarkah pada saat perayaan ulang tahun Indonesia, adalah drum band  yang kita lihat?

Atau marching band?

Apa bedanya dari kedua hal tersebut? Jadi, mari kita bahas!

Perbedaan Drum Band dan Marching Band

Adapun yang mempengaruhi perbedaan dari drum band dan marching band, yang mungkin kita pikir hampir sama, namun tidak pada kenyataannya.

Drum band

Yang paling kentara perbedaannya antara marching band dengan drum band, adalah dari segi komposisi pemain musiknya.

Untuk drum band, komposisi dari para pemain lebih banyak kepada aspek drum.

Sehingga saat memainkan drum band, akan menghasilkan vibes yang lebih powerful dalam membawakan sebuah lagu ketimbang marching band. Hal ini merujuk pada namanya, yakni “drum band”.

Untuk permainan lagu, biasanya mengarah ke lagu-lagu mars, atau yang sering kita kenal dengan lagu resmi dari suatu organisasi ataupun Lembaga resmi tertentu.

Seperti contohnya, mengadakan pertunjukan  acara resmi kenegaraan, seperti misalnya pelantikan anggota Angkatan bersenjata entah TNI, POLRI, dan sebagainya.

Dalam komposisi lagu drum band lebih condong menggunakan melody vibraphone, di mana alat tersebut sebagai musik tiup yang nantinya menghasilkan suara musik tertentu.

Organisastoris lain baca ini: Induk Organisasi Judo Seluruh Indonesia

Marching band

Marching band merupakan kumpulan dari berbagai orang dengan memainkan alat musik yang bervariatif, sehingga menghasilkan suara musik yang indah, seirama, seimbang, dan sebagainya. Hal tersebut karena marching band sangat memperhatikan komposisi dari elemen grup mereka.

Berbeda dengan drum band, marching band bisa memainkan berbagai lagu yang sesuai dengan kebutuhan.

Marching band biasanya akan ada pada acara festival, parade, karnaval, di mana ada banyak orang yang menyaksikan, dan mereka akan merasa terhibur saat itu dengan berbagai lagu yang mereka mainkan.

Marching Band
Penampilan Salah Satu MArching Band (Foto: Appstate)

Dan seperti yang sudah disinggung tadi, marching band bisa memainkan berbagai lagu sesuai dengan kebutuhan.

Mengingat marching band ini sangat teliti dengan komposisi musik, sehingga menghasilkan suara yang harmonis dan enak untuk di dengar.

Dan kesimpulannya, yang sering kita lihat di berbagai acara parade maupun karnaval ataupun festival yang mungkin pernah ada di kota tempat kita tinggal, ialah marching band ya. Jadi jangan salah lagi.

Tapi, bicara soal perbedaan antara marching band dengan drum band, salah satunya ada yang sangat menggelitik untuk di bahas lebih dalam. Apalagi jika bukan drum band. So, mari kita bahas selengkapnya!

Organisatoris lain baca ini: Induk Olahraga Selam: 3 Perbedaan Diving Dan Snorkeling

Sejarah Lahirnya Drum Band

Banyak literatur yang mengatakan bahwa sejarah drum band berawal dari tradisi sejak dulu untuk merayakan acara entah festival dan sebagainya, namun dilakukan dengan cara berjalan, sebagai suatu iringan yang mengiringi perayaan festival tersebut.


Seiring berjalannya waktu dan revolusi dari drum band terus berlangsung, maka saat itu juga drum band dipakai untuk iringan acara-acara resmi seperti kemiliteran pada awal peradaban baru di dunia.

Hal tersebut menjadi salah satu pemicu mengapa drum band lebih identik dengan acara resmi, khususnya saat acara kemiliteran. Dulu saat perayaan acara resmi, para personel drum band harus memakai atribut serta kostum yang seragam.

Budaya tersebut masih berlaku oleh beberapa negara sampai detik ini, meski sekarang sudah era modern seperti sekarang.

Di Indonesia sendiri, drum band berkembang pesat pada kalangan Angkatan bersenjata. Bahkan dalam Angkatan senjata tersebut, mereka membentuk grup bernama SATSKLAP atau singkatan dari Satuan Musik Lapangan.

Hal ini merujuk pada drum band yang memang mempunyai tugas sebagai iringan pasukan Angkatan bersenjata saat melakukan baris-berbaris menggunakan lagu yang lebih condong ke mars. Hingga pada akhir tahun 1970-an, banyak yang mendesak untuk membuat organisaasi resmi untuk drum band guna menjadi wadah bagi mereka yang menyukai budaya kesenian ini.

Mengingat sebenarnya budaya drum band ini telah menyebar ke berbagai wilayah, serta banyak orang yang mulai berlatih drum band dengan serius. Maka terbentuklah PDBI, yang merupakan hasil desakan dari Yayasan Dharma Wanodya, serta KONI kepada MENPORA.

Hingga sampai detik ini, ada sekitar 400 unit drum band yang menyebar unitnya hingga ke 25 provinsi di Indonesia.

Istilah, aturan, dan syarat drum band, serta Struktur Organisasi

Dalam bahasa inggris, drum band mempunyai arti sebagai orkes berbaris, dengan memainkan beberapa lagu, serta mengkombinasikan alat musik sehingga menghasilkan nada lagu yang seirama dan nyaman saat mendengarkan permainan lagu. 

Beberapa contoh alat musik yang menjadi komposisi drum band: alat musik tiup, perkusi, dan sebagainya.

Fungsi drum band sendiri, adalah sebagai salah satu pengiring atau sebagai salah satu hiburan yang menjadi suguhan saat acara resmi, entah acara kemerdekaan Negara, pelantikan Angkatan bersenjata, dan sebagainya.

Alat Musik Drum Band

Adapun beberapa jenis alat musik drum band, antara lain:

Bass drum

Merupakan alat drum band yang memiliki fungsi sebagai pengakhir ketukan sebuah lagu mars.

Saat akan memainkan alat bass drum, perlu memperhatikan posisi penempatan bass drum di badan kalian.

Bass Drum
Bass Dalam Drum Band

Sebagai catatan bahwa bass drum terletak pada bagian depan badan.

Snare drum

Merupakan alat drum band yang berfungsi sebagai genderang. Alat pemukul snare drum terbuat dari kayu meranti yang dibuat menjadi dua stik. Bentuk dari snare drum ini, rata-rata seperti tabung, namun lengkap dengan dua fiber untuk bagian atas dan bawah.

Snare Drum
Snare Drum

Hal tersebutlah yang membedakan antara snare drum dengan alat drum band lain. Saat memukul snare drum, secara otomatis snare drum akan menghasilkan pantulan suara.  Suara tersebut akan terdengar seperti huruf “R”.

Bellyra

Merupakan alat drum band yang berfungsi sebagai alat yang memainkan beberapa nada lagu.

Belyra
Belyra

Bentuk dari bellyra ini, terstruktur antara tangga nada satu dengan yang lain. Untuk stik alat drum, menggunakan bahan mika sebagai ujungnya. Sehingga aman saat memukul tangga nada bellyra.

Cymbal

Merupakan alat musik yang cara mainnya harus beradu untuk membentuk sebuah suara yang unik dalam permainan drum band. Alat ini berjumlah sepasang, serta pemainnya harus berjumlah dua orang.

Cymbal
Cymbal Sebagai salah satu Alat Drum Band

Biasanya menggunakan cymbal ini, untuk mengisi kekosongan nada lagu yang dimainkan. Alat cymbal juga bisa  sebagai intro dari permainan lagu.

Quarto

Quarto merupakan salah satu alat drum band yang berjumlah 4 buah. Untuk memainkan alat ini harus dilakukan oleh satu orang dengan memukul quarto, sebagai awalan ritme lagu mars yang akan dimainkan.

Quarto
Quarto Dalam Permainan Drum Band

Selain sebagai awalan ritme lagu, quarto juga berfungsi sebagai pembukaan dari lagu yang akan dimainkan dalam grup drum band tersebut. Untuk jenisnya ada dua, yakni Quarto Tom serta Quintom.

Aturan Bermain Drum Band

Dalam permainan drum band, terdapat beberapa aturan, hal tersebut membuat pemain harus mematuhinya. Maka beberapa peraturan tersebut antara lain:

Aspek Visual

Visual dalam hal ini, pemain harus memperhatikan koreografi permainan bendera. Saat musik drum band terdengar, pemain bendera harus memberikan Gerakan satu efek, serta barisan yang harus rapih untuk hasil formasi dari keseluruhan yang seimbang.

Komposisi pemain alat musik

Untuk komposisi pemain alat musik, hal tersebut bergantung kepada pelatih masing-masing grup. Mengingat tidak bisa semua grup drum band bisa lengkap sesuai dengan peraturan pada umumnya.

Jadi, tidak kita tidak bisa mematok berapa komposisi grup drum band yang ideal untuk berlatih pada awal permulaan. Namu, ada salah satu perhitungan komposisi pemain drum band yang mungkin bisa kalian pahami, ini bisa berlaku untuk acara-acara resmi yang lebih besar, dan mungkin jumlahnya bisa dua kali lipat dari perhitungan ini.

Jika pemain ada 100 orang, maka bisa di komposisikan sebagai berikut:

  1. Snare drum ada 12 buah
  2. Quartom ada 4 buah
  3. Bass  drum ada 5 buah
  4. Cymbal ada 4 buah
  5. Bellyra ada 8 buah
  6. Terompet ada 12 buah
  7. Mellophone ada 6 buah
  8. Baritone ada 4 buah
  9. Dsb.

Karena drum band sudah resmi menjadi salah satu budaya yang bisa ikut lomba dan sudah memiliki organisasi resmi yang mewadahi para pemain drum band sekaligus beberapa grup drum band yang ada di Indonesia. Ialah PDBI yang sampai sekarang sekarang masih menjadi organisasi resmi di Indonesia yang menaungi banyak grup drum band di berbagai wilayah.

Untuk struktur organisasi PDBI seperti layaknya struktur organisasi lain. Terdiri dari pemimpin atau ketua umum dari organisasi, lalu ada wakil ketua umum yang mendampingi serta membantu ketua dalam mengambil keputusan.

Lalu ada sekretaris serta bendahara umum yang nantinya akan membantu dalam masalah anggaran serta berbagai peraturan baru lain yang mengharuskan pihak organisasi mulai memberlakukan peraturan tersebut.

Lalu di bawahnya terdapat berbagai Pengda PDBI yang juga memiliki struktur organisasi agar semua kegiatan dari organisasi tersebut berjalan lancar.

Struktur Induk Organisasi Drum Band Indonesia

Seperti yang sudah disinggung, bahwa Induk Organisasi drum band di Indonesia, merupakan PDBI yang telah ada sejak tahun 1977.

Penyebab dari adanya pembentukan ini, ialah Yayasan Dharma Wanodya, yang saat itu menjadi wadah perkumpulan drum band di seluruh Indonesia, mendesak untuk membuat sebuah organisasi resmi sebagai naungan dari para organisasi drum band lain yang ada di Indonesia.

Logo Induk Organisasi Drum Band PDBI
PDBI: Persatuan Drum Band Indonesia (Foto: Est)

Maka terbentuklah 5 orang dalam PDBI tersebut, antara lain: B Nurdanadharma, Gusanto Mulyohardjo, Drs. Zaidan Hendy, lalu ada Slamet Nugrahono, serta yang terakhir adalah E. Sukarno. Lalu setelah hal tersebut KONI bersama MENPORA meresmikan PDBI sebagai salah satu organisasi resmi yang menaungi drum band di seluruh Indonesia.

Induk Organisasi Drum Band Dunia

Induk organisasi dunia dari drum band dunia sekarang, ialah WAMSB atau singkatan dari World Assosication of Marching Show Band. PDBI yang merupakan organisasi naungan dari KONI, mulai berafiliasi dengan WAMBS pada tahun 2014.

Logo Induk Organisasi Drum band
Logo Resmi WAMSB

Hal tersebut memiliki alasan bahwa dengan begitu, drum band di Indonesia akan semakin maju dan berkembang lebih baik di masa depan. WAMSB ini merupakan salah satu asosiasi tingkat dunia yang memiliki tujuan untuk mempromosikan interaksi dan komunikasi dalam aspek dedikasi pertunjukan marching band yang lebih intensif.

Pembentukan WAMSB berskala internasional memiliki tujuan, salah satunya adalah mendorong parsitipasi pertunjukan marching band  serta beberapa organisasi yang berafiliasi dengan mereka secara universal, dan aktif. Serta ikut dalam merencanakan berbagai pentas marching band dan lainnya pada tingkat dunia.

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi.

4 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *