Organisasi Nunchaku
Salah Satu bentuk Nunchaku Atau Double Stick (Foto: dragonsports.eu)

Organisasi Nunchaku, Sejarah Dan Aturan Memainkan

Diposting pada

Nunchaku merupakan salah satu olahraga bela diri yang saat ini telah membentuk komunitas atau organisasi, sebagai sarana latihan buat mereka.

I & W Organon, Organisasi.co.id

Nunchaku itu bahasa Jepang. Sebuah olahraga bela diri yang mematikan, dengan memainkan 2 buah kayu yang disambungkan dengan besi. Nama lain dari Nunchaku adalah Ruyung atau Double Stick. Nah kenal kan?

Nunchaku ini dikenal banyak orang, ketika menyaksikan pemain film legendaris Burce Lee memainkannya. Maka semenjak tahun 1980-an tersebut. Orang Indonesia mulai mengenal jenis alat bela diri ini.

Meskipun tidak semua orang bisa memainkannya karena resikonya yang sangat menakutkan bagi kebanyakan orang. Bayangkan saja jika memainkan alat tersebut, lalu menyentuh bagian muka dengan putarannya yang keras.

Berikut akan diulas tentang sejarah perjalanan Olahraga Double Stick tersebut.

Sejarah Nunchaku Hingga Pembentukan Organisasi Latihan Bersama

Karena resikonya yang bahaya, maka Nuchaku tidak bebas dibeberapa Negara. Misalnya Kanada, Singapura dan Amerika Serikat. Melarang keras olahraga tersebut. Sebab dianggap sebagai sebuah olahraga yang beresiko tinggi.

Bagaimanakah sejarah perjalanan olahraga Nunchaku tersebut?

Nah, Nunchaku (二節棍), atau sebutan lain disebut dengan Nisetsukon / Nichaku, Shuang Jie Gun (兩節棍)/Er Jie Gun (二節棍). Bermula pada penduduk Ryukyu pada tahun 400-200SM.

Dimana waktu itu terjadi migrasi 36 kepala keluarga dari China ke Kumemura (Kuninda), Okinawa – Kepulauan Ryukyu, Negara Jepang.

Nunchaku dulunya itu adalah alat perontok padi di Jepang, Bentuk awalnya tidak simetris seperti sekarang. Karena kebutuhan untuk merontokkan padi, maka satunya panjang, dan yang lainnya pendek sebagai pegangan. Satu sisi 40 cm dan sisi lain 170 cm.

Dahulu kala, golongan petani di larang bawa katana (pedangnya para samurai) berdasarkan aturan Dinasti So. Sebab ditakutkan ketika mereka membawa katana akan melawan pemerintah. Maka petani di Okinawa Kepulauan Rykyu Jepang mengembangkan nunchaku.

Bruce Lee Mensosialisasikan Nunchaku

Oleh Bruce Lee olahraga ini mulai populer. Bermula saat ia belajar dari gurunya bernama Inosato asal Pilifina. Memerankan film Gold of Dragon dan Enter The Dragon.

Bruce Lee memainkan double stick dengan sangat lihai. Maka semenjak saat itu nunchaku populer sebagai alat bela diri hingga sekarang ini.

Perlu diketahui bahwa Bruce Lee seorang praktisi beladiri yang punya keinginan kuat mengembangkan aliran beladiri baru. Bruce Lee memiliki basic bela diri ving tsun atau sekarang dikenal dengan sebutan wing chun. Dia melakukan perjalanan ke piliphine khusus belajar memainkan stick. Selanjutnya Bruce Lee mendirikan bela diri Jet Kune Do.

Semenjak saat itu, permainan bela diri dengan variasi Double Stick dimuali. Peluncuran film tahun 1970. Membuat olahraga ini diterima publik.

Meski kontroversi, sebab banyak yang latihan dengan Nunchaku dan melukai orang lain. Tapi ada pula yang tekun berlatih dan memainkannya dengan sangat apik.

Munculnya Komunitas INC

INC adalah singkatan dari Indonesian Nunchaku Club. Bermula pada tahun 2008. Ada beberapa orang yang mengembangkan permainan nunchaku. Dengan melakukan variasi permainan. Dan sama sekali berbeda dengan gaya yang dimainkan oleh Bruce Lee. Dan gaya tersebut disebut nunchaku freestyle.

Para pemain Nunchaku Indonesia disebut Nunchaker.

Salah seorang Nunchaker berbakar, Andi Jamal Akbar, menjelaskan bahwa nunchaku bukan untuk berkelahi. Tapi digunakan untuk perform/pertunjukan.

Hal ini untuk meluruskan pemahaman orang lain yang menganggap bahwa olahraga nunchaku sebagai olahraga untuk merusak orang lain. Pada kenyataannya Nunchaku, adalah sebuah olahraga dan seni Bela Diri. Sama dengan Tae Kwon Do, Karate dan sebagainya.

Andi Jamal Akbar, Nunchaker Indonesia

Diindonesia terdapat ribuan Nunchaker yang tersebar di seluruh Indonesia. Terutama di Pulau Jawa dan Sumatera. Permainan ini sangat populer. Mengingat bahwa olahraga ini bisa membuat berkeringat tanpa harus memainkan fisik secara keras seperti berlari.

Beberapa Bentuk Nunchaku
Beberapa Bentuk Nunchaku (Foto:Wikipedia)

Sehingga banyak kalangan menilai bahwa permainan olah raga ini, memiliki daya tarik beajar seni yang tinggi.

Aliran Olahraga Seni Nunchaku

Dalam Nunchaku terdapat 3 Aliran, yakni:

  1. Freestyle,
  2. Fight style (semacam seni bunga jurus dalam silat) Dan
  3. Nunchaku combat (yg ini full aplikasi bertarung,namun masih kurang yg mengembangkan)

Di Indonesia, yang banyak penggemarnya adalah aliran Freestyle. Yang membentuk Organisasi Nunchaku hingga melebar keberbagai daerah.

Disamping itu, di TNI dan Polri, biasanya membentuk regu khusus untuk para pemain stick ini.

Contoh: Serda Maykel Korwa Master Double Stick dari Yonif Para Raider 502 Kostrad. Seorang anggota TNI yang sangat lihai memainkan alat tersebut, dikutip dari mindtalk.com.

Tips Memainkan Dan Bagian Dari Nunchaku

Anggota Komunitas yang bergabung dalam Organisasi Nunchaku, memiliki saran dan tips dalam memainkan, permainan ini:


  1. Lakukan perulangan gerakan, hingga mahir.
  2. Perbaiki niat dan sikap sebelum bermain, tidak boleh bermain dalam kondisi emosional,
  3. Senantiasa fokus dalam bermain, untuk mencegak benturan double stik pada organ tubuh terutama organ vital.
  4. Disarankan bermain bersama dengan yang telah terlatih atau mahir, untuk mengurangi kemungkinan fatal.
  5. Untuk menghindari pelanggaran hukum, buat nunchaku dari bahan bahan yang tidak berbahaya, yakni plastik, atau pipa pralon.

Bagian-bagian dari Nunchaku:

  1. Himo, berupa seutas tali sebagai penghubung kedua belah bilah nunchaku.
  2. Ana, lubang yang ada pada ujung atas nunchaku yang berguna untuk memasukkan Himo saat mengikat nunchaku.
  3. Kusari, merupakan penghubung bilah nunchaku dengan alternatif menggunakan rantai.
  4. Kontou, bagian dari kepala nunchaku, yang dikaitkan dengan tali maupun rantai.
  5. Jukonbu, bagian atas dari bilah nunchaku dapat dipegang.
  6. Chukonbu, bagian tengah bilah nunchaku bisa dipegang.
  7. Gekonbu, bagian bawah bilah nunchaku bisa dipegang.
  8. Kontei, bagian pantat dari nunchaku.

Perbedaan bentuk nunchaku tradisional dari Ryukyu dengan dari China terdapat pada bilahnya. Yakni pada Ryukyu memiliki bentuk octagon maupun hexagon. Sementara pada China memiliki bilah silinder.

Biasanya bilah nunchaku masa tradisional dibuat dari kayu keras semacam oak (merah maupun putih), kayu loquat, maupun kayu pasania. Dipoles sedemikian rupa kemudian dilapis dengan minyak agar menjadi liat seram serta tahan lama.

Bagaimana, berminat adu adrenalin memainkan seni tersebut?

Untuk yang berkeinginan belajar secara online, silahkan klik link berikut ini: https://www.youtube.com/c/nunchakerchannel

Organisasi lain: Organisasi Dunia Sepak Bola, Nasional Dan Internasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *