Organisasi Tenaga Profesi Kesehatan

25 Organisasi Profesi Kesehatan, Tahun Berdiri Dan Syarat Anggota

Pekerjaan bidang kesehatan, sebagai sebuah profesi, pada profesi tersebut berhimpun anggota dalam organisasi kesejawatan. Berikut Syarat Anggota.

I & W Organon, Organisasi.co.id

Selama ini yang kita kenal publik tentang pekerja kesehatan, adalah dokter, perawat dan bidan. Namun tahukah anda, bahwa selain itu terdapat lebih banyak pekerja bidang kesehatan.

Mereka berhimpun dalam sebuah organisasi profesi untuk mengontrol dan mengendalikan mereka dalam kode etik profesi. Sebagaimana artikel sebelumnya pada Organisasi Profesi, Definisi, Ciri Dan Daftar Yang Formal

Daftar 25 Organisasi Profesi Bidang Kesehatan

Terdapat 25 wadah perkumpulan anggota profesi kesehatan dengan dimensi ilmu berbeda, berikut penjelasannya:

IDI

Ikatan Dokter Indonesia (IDI)

Berikut ini Merupakan organisasi kesehatan tertua pada Negara Indonesia dengan profesi dokter sebagai anggotanya. Berdiri pada tahun 1911.

Pada awalnya bukan bernama IDI tapi Vereniging van lndische Artsen Yang berarti Assosiasi Dokter India (Indianesia). Pada saat itu belum ada nama Indonesia. Dan Belanda masih menggolongkan Negara ini mirip dengan suku India.

Selanjutnya Tahun 1926 perkumpulan ini berubah menjadi Vereniging van lndonesische Geneeskundige (VIG) Yang berarti Ikatan Dokter Indonesia.

Maka Tahun 1943, oleh penjajah Jepang merubah VIG menjadi Jawa Isha Hōkokai.

Selanjutnya pelaksanaan Mukhtamar pertama IDI dan Dr. Sarwono Prawirohardjo terpilih sebagai Ketua Umum IDI pertama.

Alhasil, Yang masuk sebagai anggota IDI adalah mereka yang telah menempuh pendidikan profesi dokter Bukan hanya sarjana kedokteran.

Alamat Website: http://www.idionline.org/

PDGI

Selanjutnya, Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), berdiri pada Kota Bandung pada 22 Januari 1950. Selanjutnya PDGI berisi para Dokter Gigi lulusan Fakultas Kedokteran Gigi. Dengan gelar drg.

Selanjutnya Bentuk pengurus pusat terkenal dengan sebutan Pengurus Besar (PB).

Akses situs ke: www.pdgi.or.id

IAI

Merupakan singkatan dari Ikatan Apoteker Indonesia selanjutnya memakai singkatan IAI, berdiri pada 18 Juni 1955.

Kemudian IAI merupakan wadah berhimpun para apoteker Pada negara Indonesia, dengan mengedepankan nilai profesionalisme. Yeng bertugas Membina hubungan solidaritas kesejawatan.

IAI mendorong anggota untuk melakukan praktik kefarmasian dengan cara yang lebih profesional, maka IAI Mengedepankan nilai humanistik dalam pelayanan.

Alamat Website: http://www.iai.id/

PPNI

Atau singkatan dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia.
Selanjutnya Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) berdiri pada tanggal 17 Maret 1974.

Bukan merupakan organisasi profesi pertama pada Negara Indonesia, namun merupakan organisasi profesi dengan jumlah anggota terbanyak se-tanah air.

Dari segi kuantitas, antara Dokter dan Perawat saja. 1:10, hal itu bermakna bahwa anggota profesi ini dominan pada dunia kesehatan.

Selanjutnya Organisasi Profesi PPNI lahir sebagai wadah pemersatu perawat se-tanah air, untuk melindungi anggota dari berbagai hambatan dan tantangan. Terutama mendorong terciptanya kesejahteraan anggota.

Adapun Syarat menjadi anggota profesi ini, yakni: Alumni Diploma III, S1 dan Profesi Ners, S2 dan S3 bidang keperawatan.

Situs website: https://ppni-inna.org

IBI

IBI yang merupakan singkatan dari Ikatan Bidan Indonesia
Selanjutnya Wadah ini menjadi sebuah organisasi profesi untuk pekerja kesehatan bidan Republik Indonesia. Lembaga ini berdiri pada tanggal 24 Juni 1951.

Fokus pelayanan Bidan adalah maternitas, membantu ibu pada proses persiapan kehamilan, saat hamil, sebelum melahirkan serta setelah melahirkan.

Untuk melakukan perawatan pada bayi dan ibu hamil, dan menyusui.

Situs resmi https://www.ibi.or.id/

PATELKI

Merupakan singkatan dari Persatuan Ahli teknologi Laboratorium Medik Indonesia (PATELKI).

Sebelumnya bernama Analis Kesehatan, kini berubah nama menjadi ahli teknologi laboratorium.

Organisasi ini berdiri pada tanggal 16 April 1986, maka resmi lembaga ini berdiri untuk menghimpun seluruh analiser kesehatan ketika itu.

Seiring berkembangnya pendidikan dan jumlah anggota, kini organisasi profesi tersebut melebarkan sayap hingga keberbagai provinsi.

Pendiri organisasi Drs. Sjarifuddin Djalil

Alamat situs resmi https://patelki.or.id/

PERSAGI

Ini bukan Persatuan Ahli Gambar Indonesia (persagi).

Nama singkatan saja yang sama, namun wadah khusus buat para ahli gizi Indonesia bernama PERSAGI (Persatuan Ahli Gizi Indonesia), berdiri pada 13 Januari 1957.
Kemudian Dalam hal pelayanan kesehatan, profesi yang satu ini memiliki peran penting. Sehingga beliau-beliau yang meracik jenis gizi yang terbaik buat pasien untuk membantu proses penyembuhan.

Selain itu profesi gizi merupakan sebuah profesi yang menjadi kebutuhan sebagai konsultan gizi pada berbagai resto ternama dan hotel-hotel mewah.

Alamat situs https://persagi.org/

IFI

Berikut ini Merupakan lembaga untuk menghimpun para fisioterapis, Bernama IFI singkatan dari Ikatan Fisioterapi Indonesia.

Profesi ini fokus pada pemulihan pasien, terutama yang berhubungan dengan otot dan saraf pada pasien. Dengan berbagai jenis pelayanan profesional yang mereka berikan.

Untuk bergabung dalam organisasi tersebut, maka minimal pendidikan Diploma III.

Situs resmi https://www.ifi.or.id

HAKLI

Berdiri pada 12 April 1980, selanjutnya HAKLI merupakan tempat berhimpun (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia)
Selanjutnya, berisi para ahli kesehatan lingkungan, dengan latar pendidikan Diploma Tingga hingga pasca sarjana.

Maka spesifik kemampuan anggotanya adalah melihat beberapa persoalan kesehatan lingkungan. Dan efek limbah kepada lingkungan serta masih banyak lagi kajian ilmu kesling (Kesehatan Lingkungan).

Situs resmi http://www.hakli.or.id

PORMIKI

PORMIKI merupakan Perhimpunan Profesional Perekam Medis & Informasi Kesehatan Indonesia. Berdiri pada tanggal 18 Februari 1989.
Berikut berhimpun para ahli rekam medik, yang memiliki kemampuan khusus dalam hal perekaman data-data pasien.

Menyimpan data, dan merecall data pasien yang datang berulang. Sehingga 1 pasien cukup 1 status rekam medik pasien. Untuk memudahkan mengetahui riwayat penyakit pada pasien tersebut.

Situs resmi https://pormiki.or.id/

IPAI

Sebuah organisasi yang berisi perawat anestesi. IPAI singkatan dari Ikatan Penata Anestesi Indonesi. Pekerjaannya spesifik pada anestesi pasien. Agar tidak merasakan sakit saat proses pelaksanaan operasi.

Bisa anda bayangkan, ketika operasi tanpa proses anestesi, kira-kira apa yang akan terjadi? Nah Profesi perawat Anestesi ini yang memiliki tugas untuk melakukan tugas tersebut.

IPAI dengan PPNI berbeda yah IPAI punya induk sendiri dan bukan bagian dari PPNI.

IPAI berdiri pada Kota Jakarta tepatya pada 1 Oktober 1986.
Situs Resmi www.ikatanpenataanestesiindonesia.org

IKATEMI

Berbeda dengan organisasi PPNI, IDI, IBI. Tapi lembaga yang satu ini, dalam lingkup logo kesehatan. Punya pekerjaan khusus mengurusi alat-alat medik.

Bidang kajian khususnya adalah mengurusi alat medis, seperti alat operasi (mesin), alat periksa jantung. Intinya alat listrik yang mereka pergunakan (para tenaga kesehatan) untuk kepentingan pelayanan kesehatan kepada klien.

Nah itu tugas pekerja yang satu ini yang bergabung dalam Ikatan Elektromedis Indonesia, atau kita kenal dengan singkatan IKATEMI. Yang berdiri pada 4 Desember tahun 1983. Pada RSB Harapan Kita.

Namun kini telah berkembang dan membentuk pengurus wilayan atau cabang seluruh Indonesia.

Situs resmi https://ikatemi.or.id/

IROPIN

IROPIN itu Ikatan Refraksionis Optisien Indonesia berdiri pada 22 September 1972.

Tugas khususnya adalah mengetahui keakuratan ukuran refraksi mata, sehingga seseorang tepat dalam hal penggunaan kacamata. Berapa lama dan ukuran.

Alamat website: http://iropin.org/

PPPKMI

PPPKMI adalah singkatan pada Perkumpulan Promotor dan pendidik kesehatan masyarakat Indonesia.
Terdeklarasikan pada 14 Februari 1988. Kajian ilmunya lebih kepada penyuluhan kesehatan. Pada masyarakat, Puskesmas dan sebagainya. Meskipun profesi ini bisa bekerja pada seluruh tatanan pelayanan kesehatan.

Alamat situs https://pppkmi.org/

PTGMI

PTGMI (Persatuan Terapis Gigi dan Mulut Indonesia). Merupakan institusi tempat berlembaga para terapis gigi dan mulut. Dengan layanan promotif, dan preventif seta kuratif.

Alumni dari perguran tinggi khusus pendidikan gigi dan mulut.
Alamat situs https://ptgmi.org/.

PARI

Persatuan Radiografer Indonesia (PARI). Berdiri pada tahun 1956. Memiliki tugas untuk memfoto tubuh pasien. Atau teknik Rontgen, sehingga tergambar tulang-tulang pasien. Nah itu pekerjaan profesi dari institusi ini.
Alamat situs: Https://pari.or.id/

IKATWI

Ikatan Terapis Wicara Indonesia (IKATWI), berdiri pada 1973.

Situs resmi https://www.ikatwi.or.id/

IOTI

IOTI (Ikatan Okupasi Terapis Indonesia). Merupakan wadah bertempat para pekerja dengan pelayanan pasien yang mengelami kelainan fisik, cacat, gangguan mental. Berdiri pada tahun 1994.

Pekerjaannya mirip dengan profesi pada IFI. Tapi IOTI lebih cendrung kepada latihan khusus. Untuk meningkatkan fungsi organ vital tertentu. Misalnya jari-jari. Dalam hal latihan ADL.

HAKTI

HAKTI merupakan Himpunan Akupunktur Terapis Indonesia
Selanjutnya berhimpun Akupunktur Terapis berdiri pada tahun 2007. Dengan pendidikan minimal D-III Akupunktur, bisa bergabung dalam organisasi ini.

IOPI

IOPI adalah Ikatan Ortotis dan Prostetis Indonesia. Merupakan
sebuah lembaga tenaga kesehatan yang membidangi pekerjaan ortotik prostetik.

Ortotik Prostetik merupakan layanan kesehatan yang terlaksana oleh Ortotis Prostetis.

Ortosis merupakan alat bantu kesehatan, berfungsi untuk bracing, splinting, dan supporting. Terpasang pada luar tubuh, dengan peruntukan bagi pasien/klien.

Sementara Prostesis merupakan alat pengganti anggota gerak tubuh yang terpasangk pada tubuh. Misalnya kaki palsu.

IAKMI

Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI)
Didalamnya bergabung para ahli kesmas Indonesia.

PTGI

PTGI merupakan Persatuan Teknisi Gigi Indonesia
Lebih kepada kegiatan Teknisi Gigi, dengan spesifikasi pekerjaan pembuatan gigi pada pasien.

PATKI

Perhimpunan Teknisi Kardiovaskuler Indonesia disingkat PATKI. Ini merupakan pendidikan baru, sebab dinyatakan resmi pada tahun 2015.

PAEI

Perhimpunan Epidimiologi Indonesia sebagai kepanjangan dari PAEI. Berdiri pada tanggal 14 Maret 1989 Jakarta.
Kajiannya spesisifik pada penyebab penyakit dihubungkan dengan lingkungan dan faktor-faktor yang ada didalamnya.

Akses resmi ke https://www.paei.or.id/

IPTDI

IPTDI adalah Ikatan Paramedik Teknologi Transfusi Darah Indonesia
Hal ini menjadi wadah buat profesi kesehatan bagi Teknisi Transfusi Darah di seluruh Indonesia.

Hak dan Kewajiban pengurus Organisasi
Kegiatan Organisasi PMI (Foto: Inews.id)

Demikian wadah sebagai tempat berkumpul bagi anggota profesi bidang kesehatan yang ada di Indonesia.

Organisasi lain: 10 Organisasi Pecinta lingkungan hidup dunia, Bersosial dan Berpengabdian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *