Pendirian Organisasi Bola Voli: Sejarah dan Isu Pemberitaan

Pendirian organisasi voli
voli (voi.id)

Bola voli adalah sebuah olahraga yang telah mendunia. Itulah sebabnya terjadilah pendirian organisasi bola voli demi mengatur kesejahteraan para atlet dan melanggengkan olahraga ini.

Tika, olahraga- organisasi.co.id

Bacaan Lainnya

Sejarah Singkat Pendirian Organisasi Bola Voli

Sebelum jadi sebesar seperti saat ini, dulunya organisasi bola voli mungkin tidak terbersit di pikiran manusia. Bola voli sendiri masuk ke Indonesia yang kala itu bernama Hindia Belanda di tahun 1928.

Hanya para bangsawan dan orang-orang Belanda saja yang memainkannya. Kompeni Belanda mendatangkan guru-guru olahraga untuk memberikan pelatihan mengenai kebugaran kepada tentara Belanda.

Lama kelamaan warga Indonesia juga bermain bersama di lapangan terbuka dengan net yang ada di tengah lapangan. Di tahun 1951, Olahraga bola voli mulai ada di Pekan Olahraga Nasional di Jakarta. Sayangnya belum ada organsiasi khusus untuk cabang ini.

Pendirian organisasi bola voli lalu muncul setelah klub bola voli Surabaya dan Jakarta di tahun 1954. Ketua Umum pertamanya adalah W. J Latumeten.

Komite Olimpiade Indonesia meresmikan organisasi ini di bulan Maret tahun 1955 dan memberi dampak positif bagi olahraga ini. Bahkan IVBF (International Volley Ball Federation) juga turut mengesahkannya.

Namun saat itu PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) belum tercatat sebagai anggota. Setelah empat tahun dari waktu peresmian, barulah ia masuk ke dalam IVBF bersama 63 negara lainnya.

Dari sinilah kemudian PBVSI mengembangkan kegiatan tentang bola voli dalam skala nasional dan internasional.

Pendirian Organisasi Bola Voli di Dunia

Pencipta bola voli adalah William G Morgan. Ia adalah seorang instruktur di Amerika Serikat. Namun saat itu olahraga ini memiliki nama Mintonette.

Pembentukan organisasi ini di tahun 1947 melibatkan 14 negara. Mereka berasal dari Brasil, Mesir, Belgia, Ceko, Belanda, Italia, Hungaria, Portugal, Polandia, Amerika Serikat, Rumania, Yugoslavia, dan Uruguay.

Mereka bertemu di Paris dengan pemimpin mereka Paul Libaud dari Prancis. Ia pun akhirnya menjadi Presiden pertama FIVB.

Kantor pusat FIVB berada di Paris dengan kepemimpinan Paul Libaud selama 37 tahun. Penggantinya ada;ah Dr. Ruben Acosta yang adalah warga Meksiko.

Dua tahun setelah kongres, ia mendirikan kompetisi internasional bola voli pertama yang bernama Kejuaraan Dunia. Dari kepemimpinan beliau, markas federasi FIVB pindah ke Swiss agar lebih dekat dengan kantor IOC.

Lanjut di tahun 1998, beberapa peraturan baru muncul untuk memenuhi kebutuhan sponsor dan penggemar.

Organisatoris baca: Metode Pertanian Organik: 5 Tujuan, Jenis Hewan Ternak


Aturan Resmi Permainan Bola Voli Internasional

Induk Organisasi Permainan Bola Voli Nasional Dan Dunia (Foto: BukReview)

Pendirian organisasi bola voli memberi angin segar pada atlet dan penggemar permainan ini. Dari sinilah muncul aturan resmi yang membuat permainan lebih kondusif.

Lapangan bola voli

Panjang lapangan adalah 18 meter dengan 9 meter. Luas totala dalah 162 m2. Garis tepi lapangan berwarna putih dengan lebar standar 5 cm pada garis lapangan.

Garis serang

Sejajar dengan lebar lapangan serta jarak 3 meter dari garis tengah lapangan. Lebarnya sama dengan garis lapangan yaitu 5 cm. Garis tengah merupakan haris sejajar. Fungsinya membagi area tim menjadi dua.

Net

Membatasi dan membagi lapangan menjadi da area. Ukuran standar tinggi pemain putra 2,34 meter. Untuk pemain pitri adalah 2,24 meter karena standar laki-laki lebih tinggi dari perempuan.

Panjang net 9,5 meter. Net harus lebih longgar maka mata jaring pada net memiliki ukuran 10 cm.

Antena

Pembatas di atas ujung tiang net. Untuk membatasi gerakan bola yang dapat melebar ke samping.

Warna antena adalah belang. Hitam putih contohnya. Bahannya juga elastis dengan bahan dari fiber.

Bola voli

Ukurannya beda dengan bola cabang lain. Bulat dan diameter 65 hingga 67 cm dengan berat 250 gram – 280 gram. pada bagian permukaan terdapat garis-garis sebanyak 12. Maksimal terdapat 18 garis. Tekanan udara adalah 0,48 kg/cm2 sampai dengan 0,52 kg/cm2.

Terbuat dari kulit lunak hingga bahan lainnya. Di baian dalam menggunakan bahan karet elastis. Bola voli harus berwarna terang agar nampak mudah terlihat.

Wasit dan pengawas

Berbeda dengan wasit pada sepak bola dan basket, wasit pada bola voli bertindak memberi keputusan atas pelanggaran. Ia juga akan mengesahkan skor.

Jadi ketika bola jatuh di area lawan, maka jika wasit mengesahkan artinya hal itu akan menjadi poin. Wasit memang hanya akan duduk diam di pinggir garis tengah dan mengawasi pertandingan.

Pemain

Terdiri atas 6 pemain aktif di dalam lapangan. Jadi total dua tim yang bertanding adalah 12 orang. Pemain cadangan berjumlah 6 orang setiap tim namun minimal yang ikut bertanding adalah 4 orang. Ketika cadangan lebih sedikit dari 4 orang maka tim tidak dapat melanjutkan pertandingan.

Tidak ada batasan dalam pergantian pemain

Kostum

Seragam pemain bola voli adalah kaos olahraga dengan nomor punggung dan dada. Celana merupakan celana pendek dan setiap pemain wajib menggunakan sepatu khusus voli dengan kaos kaki seragam.

Posisi Tim

Terdapat empat posisi dalam satu tim bola voli. Mereka adalah:

  • Tosser. Ia adalah pemain dengan tugas memebri umpan bola kepada pemain lainnya sekaligus playmaker. Tosser akan mengatur jalan dan tempo permainan. Ketika ia memainkan bola, ia hanya memiliki sekian detik untuk mengambil keputusan mengenai arah bola. Itulah sebabnya tosser harus memiliki insting yang baik.
  • Spiker. Merupakan pemain dengan tugas memukul bola agar jatuh ke daerah lawan. Ia juga berperan untuk mengeksekusi umpan pemain lainnya.
  • Libero. Adalah pemain bertahan. Akan tetapi ia bebas keluar masuk lapangan untuk memainkan bola. Ia juga tidak boleh smash ke arah lawan. Libero adalah pengganti dari setiap pemain yang posisinya di depan atau belakang. Jika bola terlalu tinggi dari net, maka libero tidak bolej ikut menyerang. Ia juga tidak boleh melakukan bocking dan tidak boleh keluar masuk lapangan dari garis samping. Penggantian libero tidak terbatas namun harus dengan selingan satu rally.
  • Defender. Tugasnya adalah bertahan terutama dari serangan lawan.

Serve awal oleh tosser. Setelah itu ia harus kembali ke posisi awal. Jika tim penerima serve berhasil mendapatkan poin, maka selurth poisisi pemain dari kedua tim akan berputar. Arah putarannya adalah searah jarum jam.

Organisatoris baca: Caddy Golf Tercantik Untuk Pemain Berkelas di Lapangan


Kategori Permainan Voli Saat pendirian Organisasi Voli

Olahraga bola voli (Foto: kids.grid.id)

Terdapat dua kategori permainan voli. Pendirian organisasi bola voli telah mengatur dua kategori utama permainan voli yakni indoor dan outdoor.

Untuk voli indoor, sesuai namanya akan berlangsung di dalam ruangan sebagaimana kita lihat di pertandingan-pertandingan olimpiade.

Voli outdoor berlangsung di luar ruangan atau di pantai. Permainan ini tentu lebih berat karena adanya tekanan dari pasir pantai dan angin.


Isu Pemberitaan Bola Voli Hari Ini

Usai sudah rangkaian Olimpiade Tokyo 2020. Cabang olahraga voli pun demikian. Amerika Serikat memecahkan sejarah dengan menjuarai voli puteri. berhasil mengalahkan Brasil 3-0, Amerika Serikat membawa medali emas.

Jauh sebelum-sebelumnya, voli putri AS hanya berhasil dengan perak dan perunggunya. Tentu ini menjadi kebanggaan yang indah bagi mereka.

Memiliki nasib hampir serupa, tim voli putra Prancis juga berhasil mendapatkan emas pertamanya setelah medepak juara bertahan. Rusia tunduk dengan Prancis pada skor tipis 3-2.

padahal jauh sebelum-sebelumnya, Prancis bahkan tidak lolos dalam empat besar. Mulanya banyak orang yang percaya jika Rusia akan kembali bertahan setelah penampilannya mengalahkan Tunisia dengan skor telak 3-0.

Sejarah Tim Voli Putera Rusia Harus Bangga dengan Perak

Setelah mengalahkan Tunisia, Rusia menduduki posiis pertama pada klasemen grup B. Ia hanya mengalami satu kali kekalahan. Sama halnya dengan Brasil yang berada di posisi kedua karena kalah poin dari Rusia.

Apa daya Prancis yang hanya berhasil lolos di posisi keempat dengan empat poinnya.

Itu kisah tim putera voli, lalu bagaimana dengan tim puteri? Amerika Serikat dan Brasil menjadi jawara di grupnya masing-masing. Amerika Serikat dengan 10 poinnya yang terdiri atas empat menang dan satu kalah.

Sedangkan Brasil memperoleh 14 poin dengan lima kemenangan berturut-turut pada penyisihan fase grup.

Kembali lagi ke tim putera, Prancis memulai gregetnya di perempat final. Kemenangan menjadi milik Prancis walaupun sanagt tipis, yaitu 3-2 melawan Polandia.

Di lian sisi, Rusia menang telak dari Kanada dengan 3-0. Jepang sebagai tuan rumah harus siap kalah dari Brasil dengan skor 0-3.

Tim putri tidaklah sama kekuatannya dengan tim putera. Tim puteri Rusia angkat tangan melawan Brasil. Kemenangan di perempat final merupakan milik Amerika Serikat yang berhasil menumbangkan Republik Dominika sebanyak 3-0.

Final Voli Putera dan Puteri

Masuk ke semifinal, Rusia dan Prancis kembali bertemu. Berjalan sengit namun Rusia belum mendapatkan Dewi Fortuna. Negara yang kalah di semifinal adalah Brasil dan Argentina. Mereka memperebutkan perunggu dan hasil akhir menjadi milik Argentina.

Di grup puteri, Amerika Serikat menang atas Brasil mulai dari set pertama hingga ketiga. Di pertandingan lain, Serbia memenangkan perunggu setelah mengalahkan Korea Selatan.

Jadi hasil akhir adalah Prancis menjadi peraih medali emas di tim putera sekalipun sebelum-sebelumnya telah gagal di Olimpiade.

Rusia pun harus berpuas hati dengan medali peraknya. Bahkan Brazil juga harus undur diri dan puas di posisi empat teratas.

Sama dengan tim putera Prancis, tim puteri Amerika Serikat juga meraih kemenangan perdananya. Padahal sebelum-sebelumnya mereka harus senang dengan perunggu dan perak.

Nasib tim puteri Brasil bahkan jauh lebih baik dari tim putera karena berhasil mendapatkan perak. Serbia mengalami kemunduran nasib baik dengan mendapat perunggu padahal sebelumnya berhasil meraih perak.

Penutup

Pendirian organisasi voli memberikan kemajuan yang signifikan terhadap permainan bola voli di masa sekarang. Tidak hanya masuk dalam salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di olimpiade, voli juga merebak di seluruh pelosok dunia. Terbukti dari banyaknya klub voli yang muncul.

Daftar Pustaka

  1. Mengenal Lahirnya Induk Organisasi Bola Voli di Indonesia Tahun 1955
  2. Teknis dan Peraturan Bola Voli Terbaru Menurut FIVB (Lengkap)
  3. Telah Usai, Yuk Simak Serunya Pertarungan Bola Voli Olimpiade Tokyo 2020

Pos terkait