Penemu bola basket mini
(Foto: dbl.id)

Penemu Bola Basket Mini: Profil, 6 Cara Bermain

Diposting pada

Penemu bola basket mini yaitu James Naismith tahun 1891. Seiring perkembangan zaman, kini permainanan olahraga bola basket mulai meluas dan popular, khususnya di Indonesia. Lalu, bagaimana profil penemu secara detail dan cara memainkannya?

Fifih Fauziyah, Olahraga – organisasi.co.id

Bola basket merupakan salah satu olahraga bola yang berkelompok terdiri dari 2 tim masing-masing timnya yaitu 5 orang, disini akan kami sampaikan penemu dari jenis mini.

Olahraga ini popular di Amerika serta penduduk belahan bumi lainnya misalnya Eropa Selatan, Indonesia, sampai Lithuania .

Banyak kompetisi basket secara terbuka/outdoor maupun ruang yang tertutup/indoor.

Penemu Bola Basket Mini: Profil hingga Cara Bermain

Basket adalah permainan diciptakan oleh guru olahraga yaitu James Naismith tahun 1891. Saat itu, Jame ingin membuat sebuah permainan yang dapat murid-muridnya mainkan pada ruangan yang tertutup, terutama ketika musim dingin.

Tetapi, basket yang James lakukan berbeda dengan yang sekarang. James hanya membuat aturan dasar supaya banyak kalangan yang menerima.

Berbagai aturan tersebut James terapkan, yaitu setiap tim terdapat Sembilan orang serta tidak ada teknik dribble.

Jadi, menggiring hanya dengan cara lempar bola. Seiring perkembangan zaman, permainan tersebut mengalami perubahan, mulai dari namanya yaitu basketball.

Permainan tersebut sudah beredar di AS dan terus berkembang dengan pesat hingga kini.

Di wilayah Asia, China bola basket ini menjadi satu antara Negara yang pertama mulai kenali olahraga basket, ada pula Jepang serta Filipina pun sudah beredar, yang mana penemu jenis mini yaitu James.  

Tahun 1930, perkumpulan basketball ini mulai hadir pada beberapa kota di Negara kita, mulai Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Surabaya sampai Medan.

Basket ini kemudian semakin berkembang dengan pesat sesudah Indonesia merdeka di tahun 1945.


Profil Penemu

Nama penemu bola basket mini
(Foto: dbl.id)

Penemu bola basket jenis mini yaitu James Naismith, berdasarkan yang telah kami singgung di atas,

James ini menjadi sosok sangat berjasa atas kehadiran basket yang sekarang bahkan menjadi sebuah olahraga paling favorit di kalangan masyarakat seluruh dunia.

Mengingat peran begitu luar biasa pada dunia olahraga, basket salah satunya, marilah kita kenali sosok penemu basket secara detail.

Pria kelahiran Kanada, Ontario, Almonte, 6 November 1861 menemukan olahraga bola basket di Desember 1891. James ini memang paling unggul pada bidang olahraga semenjak masih muda.

Bola basket inipun James kenalkan ketika dirinya masih menjadi instruktur seorang Kepala Departemen Pend Jasmani yaitu Luther Halsey Gulick Jr di Springfield.

Saat itu, James diminta untuk rancang permainan pada ruangan yang dapat gantikan olahraga di outdoor/luar ruangan.

Perintah tersebut hadir saat wilayahnya sedang masuk pada musim dingin hingga tidak memungkinkan memainkan olahraga di luar.

Lalu, James ini menemukan ide sangat cemerlang mengenai olahraga bola basket. Idenya hadir dari penggabungan beberapa konsep olahraga, misalnya sepak bola di Amerika sampai Hoki.

Namun, berusaha hilangkan kontak fisik pada permainananya. James kemudian mencoba main olahraga basket ini dengan hadirkan Sembilan orang pada setiap timnya.

Lainnya..

Jumlah pemain tersebut terbentuk berdasarkan jumlah tim di kelas jasmani. Mempunyai 18 murid, ia memutuskan membagi menjadi 2 kelompok hingga setiap timnya ada 9 orang.

Namun seiring terus berjalannya waktu, sejumlah pemain menjadi 5 orang saja dalam setiap timnya. Awal main olahraga basketball, James meminta pemain-pemain memasukan bola pada keranjang buah.

Berkat ide James sebagai penemu yang begitu cemerlang, ia terima gelar M.D dari Colorado, Gross Medical College, dan Universitas pada 1898, yang mana bola basket jenis mini semakin berkembang.

Semenjak saat itu sampai 1937, ia menjadi Ketua Departemen Pend Jasmani di Lawrence, Universitas Kansas. Jamespun menjalani pekerjaan sebagai pelatih olahraga basket hingga 1908.

Sekarang, meskipun James telah meninggal dunia 28 November 1939, sosok tersebut masih tetap terkenang di seluruh dunia.



Awal Penemuan Basket Mini

James Naismith adalah tokoh penemu paling penting dalam sejarah olahraga bola basket mini. Beliau adalah orang pertama kali perkenalkan olaharga bola basket maupun sebagai penemu permainan basket.

Pada mulanya James ini adalah guru olahraga di YMCA Amerika Serikat. Memasuki musim yang dingin pada 1891, James melihat kejenuhan-kejenuhan seluruh muridnya.

Penemuan basket mini

Apalagi kondisi sekitar tidak support untuk lakukan aktivitas olahraga karena suhunya sangat dingin. Tetapi, hal demikian sedikitpun bukanlah sebagai hambatan untuk James memberi pelajaran olahraga terhadap semua muridnya.

Pada saat itu, ia mencoba untuk mendapat ide cemerlang mengenai olahraga dapat memainkan basket ketika musim dingin nanti.

Pada akhirnya mulai teringat mengenai aktivitas masa kecil yang ia lakukan dengan pantulkan bola serta menangkapnya lagi.

Ide tersebut lalu menjadi cikal bakalnya dari olahraga basket tersebut, yang James cetuskan lalu menjadi popular sampai mendunia, terutama di Amerika Serikat.

Andapun harus mengetahui bahwa awal penemuan basketball ini, setiap timnya support 9 pemain dengan aturan masih kurang begitu sempurna.

Organisatoris lain baca ini: POSSI: Pengertian, 2 Jenis Cabang, dan Atlet Berprestasi

Perkembangan basketball ini sudah terkenal di kalangan banyak orang dan terus alami perubahan aturan sampai sekarang ini.

Penemu James tersebut awalnya tidak menganggap idenya terhadap basket ini memberi dampak serta penyambutan olahraga bola mini yang antusianya oleh kalangan banyak luar biasa.

Aturan dan pla permainannya berdasarkan perkembangan kondisi industri olahraga. Jame ini akhirnya menjadi pindah kewarganegaraan menjadi warga AS serta menjadi Presiden Kehormatan Federasi Basketball di olimpiade Berlin 1936.

Perkembangan Peraturan Olahraga Bola Basket

Permainan basket hanya memerlukan waktu setahun untuk terus meluas terhadap publik Amerika semenjak James mulai memberikan olahraga permainan terhadap muridnya.

Penemuan basket ini lalu dengan hangat disambut banyak kalangan di Amerika Serikat.

2 tahun sesudah penemuannya, James ini dengan rekannya Luther Gullick mulai berpikir terkait aturan-aturan bola basket jenis mini resmi yang wajib penemu dan pemain taati.

Tidak membutuhkan waktu lama sesudah aturan tersebut jadi, sampai akhirnya permainan basket ini merupakan salah satu menjadi bagian paling penting dari permainan olahraga di Amerika Serikat.

Bahkan pada 1895, basketball ini adalah bahasa Inggris dari permainan olahraga yang masuk pada kosakata KBAS, perkembangan basket ini pesat sekali tentunya diikuti bersama kebutuhan sarana.

Apalagi di masa tersebut, James membutuhkan tidak sedikit sarana misalnya lapangan sampai bola tersebut sendiri untuk support penemuan basket mini.

Hal tersebut memudahkan diri serta rekan lain untuk antisipasi antusiasme serta aturan yang diperlukan.

Inovasi serta perjuangan dilakukan James dengan semua rekannya yang pada akhirnya akan terbayar secara lunas.

Pada 1932, terbentuklah federasi basket atau FIBA menjadi naungan pada kompetisi maupun organisasi dari basketball pada seluruh dunia.

Sampai sekarang ini, publik AS masih tetap idolakan olahraga tersebut serta basketpun menjadi sebuah industri olahraga di AS.

Selain itu, bola basket jenis mini adalah olahraga yang sekarang menjamur di Negara penemu, serta mendunia termasuk di Negara kita.

Olahraga tersebut banyak kalangan menggemari para pelajar, mahasiswa sampai orang dewasa yang telah bekerja.

Tidak sedikit kompetisi basketball di Indonesia dengan menarik responnya cukup banyak dari kalangan masyarakat.


Cara Bermain Basket Mini

(Foto: ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id)

Permainan olahraga basket telah masyarakat ketahui, bagi anak-anak, sekarang tersedia permainan olahraga basket mini.

Bola basket mini merupakan modifikasi permainan olahraga basket dewasa maupun standar yang sudah sesuaikan bersama kebutuhan anak usia SD.

Teknik Dribbling

Tujuan pantulkan bola atau dribbling, yaitu supaya pemain bisa arahkan bola secara cepat berdasarkan keinginan tanpa berbagai hambatan.

Variasi dribbling ini bisa pemain lakukan dua macam teknik, yaitu dribble tinggi serta dribble rendah. Dribble tinggi memiliki tujuan agar dapat menggiring bola sambil jalan maupun lari yang pemain lakukan ketika posisi pemainnya jauh dari lawannya, secepatnya masuk pada daerah pertahanan tim lawan.

Sedangkan dribble rendah bertujuan agar dapat menghindari lawan main yang ingin rebut bola.

Dribble rendah tersebut dapat dilakukan secara cepat agar dapat mencari celah supaya bisa terobos pertahanan lawan main.

Variasi teknik lempar dan tangkap bola

Teknik lempar bola bisa dengan cara mengembangkan gerakan lempar pada beberapa bentuk saat latihan, yaitu :

  • Lempar atas kepala / over head pass
  • Lemparan dada / cheast pass
  • Lempar lurus ke samping / base ball pass
  • Lempar mantul ke tanah / bounce pass

Variasi teknik tangkap bola

Belajar tekink dasar tangkap bola sangat penting, sama halnya teknik memberikan umpan. Terdapat dua cara tehnik tangkap bola pada game basketball yaitu menggunakan satu serta dua tangan.

Teknik tembak bola pada ring basket

Teknik yang satu ini bisa pemain lakukan dengan cara kembangkan berbagai gerakan tembak bola, teknik tersebut bisa pemain lakukan pada tempatnya maupun melompat dengan dua maupun satu tangan bertujuan agar memudahkan bola basket mini masuk pada ring. Variasi teknik tembak bola, yaitu :

  • Tembakan bersama posisi diam pada tempat/set shoot dengan satu maupun dua tangan
  • Tembakan dengan cara melompat/jump shoot
  • Tembak bola menggunakan gerakan kaki, melompat, serta melompat/lay up

Teknik lay up

Teknik yang satu ini pada game basket yaitu teknik tembak bola pada ring yang pemain lakukan dengan kembangkan berbagai gerakan lay up, baik mandiri ataupun teman. Lay up yang pemain lakukan dengan cara berlari.

Kombinasi teknik permainan olahraga bola basket

Tujuannya berlatih kombinasi ini yaitu untuk memperbaiki, memudahkan, serta kembangkan keterampilan penguasaan basket untuk mempersiapkan diri agar dapat main pada bentuk pertandingan.

Sarana Prasarana Olahraga Bola Basket Mini

Lapangan basket mini

  • Panjang lapangan basket min 18m
  • Lebar lapangan 9m

Organisatoris lain baca ini: Taekwondo Indonesia: 2 Aspek dan Para Atlet Cantiknya

  • Jari-jari tengan lapangan 4,5m

Papan pantul serta ring basket

  • Papan pantul
  • Terbuat dari bahan kayu keras dengan tebal 2,8cm. papan pantul mempunya panjang 180cm serta tebal 105cm

Ring basket

  • Tinggi ring 2,8m
  • Diameter ring 450mm
  • Jaringnya terbuat dari nilon
  • Panjang jaring 45cm

Bola basket jenis mini

Bola untuk main bola basket jenis mini ini memiliki ukuran berbeda dengan olahraga bola oleh kalangan dewasa.

  • Anak usia Sekolah Dasar yaitu memiliki ukuran 5. Bola tersebut terbuat dari bahan karet sintetis dan permukaannya totol-totol halus.
  • Berat bolanya antara 469-510gr.
  • Keliling bolanya antara 68,0-73,0gr.
  • Lebar garis sambungnya 6,4mm maksimal.

Aturan Main Game Bola Basket Jenis Mini

Berdasarkan permainan olahraga lainnya, basketball inipun mempunyai aturan permainan harus pemain taati oleh pemain. Marilah kita pelajari berikut ini.

Permulaan main

Permainan basket mini mulanya dengan teknik jump ball, adalah bola pemain lempar ke atas oleh wasit pada tengah lingkaran, antara dua orang pemain berlawanan.

Lama permainan

Lamanya permainan basket mini ini yaitu 2x10menit.

Nilai

Penghitungan angka yaitu poin pertama untuk masukan bola dari area dalam, poin dua masukan bola dari area luar.

Tim basket jenis mini ini terdapat empat setiap timnya yang saling bertanding.

Daftar Pustaka

  1. Permainan bola
  2. Penemu
  3. Sejarah dan peraturannya
  4. Profil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *