POSSI
Olahraga selam (Foto: simphortour.com)

POSSI: Pengertian, 2 Jenis Cabang, dan Atlet Berprestasi

Diposting pada

POSSI, adalah wadah resmi bagi para penggiat olahraga selam, untuk bisa mengasah kemampuannya dan menjadi jalan prestasi para atlet. Terdapat pembahasan mengenai pengertian serta 2 macam cabang olahraga yang digandrungi. Berikut pembahasannya.

Ayu Maesaroh, Olahraga – organisasi.co.id

Kemajuan era yang semakin hari semakin terasa perkembangannya, membuat manusia semakin mendapatkan peluang banyak untu bisa improve diri mereka untuk menjadi generasi bangsa Indonesia lebih baik.

Lewat dari hal yang mereka geluti. Entah dalam bidang pendidikan, ekonomi, sampai dengan ke bidang olahraga. Yang mana bidang tersebut mempunyai banyak cabang yang bisa individu lakukan dengan sedemikian rupa.

Termasuk dengan olahraga selam, yang sekarang sudah banyak sekali orang, mulai tertarik dan mau membuat diri mereka berkecimpung, mempelajari, olahraga selam tersebut.

Bahkan olahraga ini sudah mempunyai organisasi resmi, dan mendapat pengakuan oleh negara sebagai salah satu cabang olahraga air yang bisa ikut serta dalam perlombaan baik taraf nasional maupun internasional.

Jadi, berikut beberapa pembahasan mengenai organisasinya:

POSSI Sebagai Induk Organisasi Selam Indonesia

Definisi POSSI
Olahraga selam Indonesia (Foto: puwsi.org)

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, olahraga renang di Indonesia sudah mendapatkan pengakuan secara resmi dengan adanya organisasi berlisensi yang menjadi wadah para penggiat olahraga tersebut.

Juga olahraga ini sudah sering ikut serta dalam cabang olahraga air pada tingkat nasional maupun Internasional. Ialah POSSI, atau singkatannya adalah Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia.

Organisasi tersebut memiliki jejak sejarah yang sangat panjang. Dengan berbagai kepentingan yang ada, membuat para pencetus pun memilih untuk membuat organisasi selam tersendiri, atas persetujuan dari beberapa organisasi internasional yang juga menjadi naungan beberapa organisasi nasional di bidang yang hampir sama.

Organisatoris lain baca ini: Olahraga Tradisional: Pengertian, Tujuan, Hingga Sejarah

Dari kejadian tersebut, terbentuklah beberapa struktur organisasi mereka, serta mengadakan berbagai perlombaan selam baik tingkat nasional, untuk nantinya di pilih dan mewakilkan Indonesia ke kancah yang lebih luas lagi.

Jadi, berikut singkat cerita mengenai organisasi Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia tersebut.


Kepanjangan POSSI

Sebelumnya telah kita singgung bahwasannya kepanjangan dari Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia. Yang mempunyai catatan sejarah dan alasan tersendiri, yang kemudian menjadi dasar pembentukan organisasi tersebut.

Mengingat semua yang ada di dunia ini, bukan tanpa alasan. Pasti ada maksud yang mana mereka menyelipkan maksud tersebut di bagian tujuan, visi ataupun misi yang nantinya akan mereka rancang.

Begitu juga dengan organisasi tersebut. Jika kembali lagi pada zaman tersebut yakni pada tahun 1962, yang merupakan awal dari warganegara Indonesia mengenal olahraga selam tersebut.

Awalnya olahraga ini sering terlaksana oleh beberapa tenaga asing yang masuk ke Indonesia. Kemudian olahraga tersebut merambah ke ranah TNI terutama angkatan laut, sebagai salah satu keterampilan yang wajib mereka miliki.

Mengingat bahwasannya tidak ada yang tidak mungkin kecelakaan dalam laut bisa tidak terjadi. Dari hal tersebut, maka semakin majulah olahraga tersebut, terutama pada kalangan TNI – AL.

Hingga pada akhirnya beberapa tokoh masyarakat pun mengenalkan olahraga ini, seperti misalnya Adam Malik, kemudian ada Sudomo, Saleh Basarah serta yang terakhir adalah Urip Santoso.


Sejarah Singkat berdirinya POSSI

Dengan para tokoh yang sebelumnya, angkatan dari TNI – AL, membuat beberapa club yang menjadi alasan kenapa olahraga tersebut mulai mereka kenalkan. Dengan nama yakni Nusantara Diving Club atau singkatnya adalah NDC.

Kemudian ada lagi Organisasi yang tidak terlalu berbeda jauh, yakni Surabaya Diving Club, dengan singkatan SDC. Yang kemudian kedua organisasi tersebut mendapat pengakuan dari Organisasi resmi bidang olahraga perairan.

Yakni PEROPI atau kepanjangan dari Persatuan Olahraga Perairan Indonesia. Kemudian selang beberapa tahun kemudian tepatnya pada tahun 1973, olahraga selam membentuk organisasi sendiri.

Dan terbentuklah organisasi Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia, yang juga mendapatkan persetujuan dari PEROPI untuk berdiri secara mandiri.

Pun dengan beberapa organisasi penting lainnya seperti KONI, dan CMAS yang merupakan organisasi selam tingkat Internasional.

Organisatoris lain baca ini: Mengenal 7 Manfaat Senam Irama

Menyetujui organisasi tersebut berdiri sendiri. Dan tahun 1977 tepatnya pada tanggal 4 Agustus, resmi menjadi induk organisasi dari olahraga cabang selam.

Kemudian mendapatkan kebebasan untuk bisa ikut dalam ajang perlombaan PON XI pada tahun 1981, dengan mengikutsertakan sebanyak 7 wilayah yang ada.


Namun seiring berjalannya waktu, olahraga selam kemudian tidak mendapatkan izin untuk ikut serta dalam cabang olahraga perlombaan PON, tepatnya pada tahun 1986.

Padahal kala itu organisasi tersebut sedang berada pada titik perjuangan, dan mulai berkembang dengan tanda sudah banyak wilayah di Indonesia yang mengikutsertakan diri sebagai anggota.

Saat itu, anggota organisasi tersebut berjumlah 14 wilayah yang ada di Indonesia. Namun upaya dan kerja keras dari PB organisasi tersebut.

Akhirnya pada awal tahun 2000, olahraga selam mendapatkan izin kembali untuk ikut serta dalam ajang perlombaan PON, yang waktu itu terselenggara di Surabaya.

Sekarang anggota dari organisasi ini sudah lebih dari 30 wilayah yang ikut menjadi anggota organisasi tersebut di Indonesia.

Logo dan Makna Logo POSSI

POSSI logo (Foto: facebook.com)

Adapun logo daripada organisasi olahraga selam tersebut, yang sampai sekarang menjadi identitas permanen dari mereka kepada pandangan khalayak umum, dalam hal ini adalah masyarakat.

Untuk struktur organisasinya sendiri, ada beberapa jabatan yang ada, dan mendapatkan berbagai kewajiban untuk bisa menjamin keberlangsungan dari organisasi tersebut.

Struktur organisasinya antara lain:

  • Presiden / ketua umum; Buyung Lalana SE
  • Vice Presiden / wakil ketua: DR. Sudirman Saad SH. M
  • Secretary / sekretaris: Ir. Aditya Vilyanto M. Sc
  • Bendahara: Budiyanto Abdul Gani

Olahraga selam sendiri sebenarnya mempunyai beberapa peluang, yang mana bisa para atlet mulai mencobanya. Pun dengan pelatihannya ada 3 jenis.

Yang pertama adalah untuk para atlet, kedua untuk penyelam biasa, dan yang terakhir adalah untuk mendapatkan sertifikat. Yang kita tahu, sertifikasi tersebut merujuk untuk orang yang ingin menjadi ahli selam profesional.


Alamat Website PB POSSI

Seperti yang dilansir di cmas.org, untuk alamat website sendiri berada di http://possi.or.id. Yang mana alamat website tersebut menjadi website resmi mereka.

Kemudian untuk alamat resmi (kantor), berada di Jl Pasir Putih No 10 RW 10, Kec. Pademangan, Jakarta Utara. Umtuk media sosialnya sendiri, organisasi tersebut mempunyai beberapa akun media sosial.

Anara lain media sosial instagram yakni @official_possi, akun twitter juga menggunakan nama yang sama. Untuk facebook sendiri mereka hanya mempunyai fanpage.

Organisatoris lain baca ini: Perlengkapan Renang: Pengertian Hingga 4 Jenis Bikini

Nama akunnya adalah POSSI (Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia). Mereka juga ada aplikasinya, dengan tujuan agar para penggiat olahraga tersebut bisa tergabung dalam organisasi secara mudah.


Cabang dalam Olahraga Selam

Sejalan dengan hal tersebut, ada beberapa cabang olahraga selam yang sering menjadi fokus masyarakat, juga beberapa perlombaan selam lainnya.

Pun dengan mereka yang ingin menjadi ahli profesional dalam bidang selam, bisa mempelajarinya. Cabang olahraga tersebut ada dua jenis, yakni snorkeling dan juga diving. Berikut beberapa pembahasannya:

Snorkeling

Seperti yang sudah jelas di artikel lain dalam organisasi yakni perbedaan antara snorkeling dan diving, memberikan pengertian bahwasannya snorkeling adalah salah satu cabang olahraga selam.

Yang bisa terlaksana oleh siapapun, dengan menggunakan teknik selam yang sederhana. Hal ini merujuk kepada jarak penyelaman yang tidak terlalu dalam.

Paling dalam hanya berkisar 3 meter saja. Dari alasan tersebut juga, membuat olahraga ini tidak membutuhkan begitu banyak alat selam.

Cukup dengan alat seperti kaki katak, kacamata selam, dan juga baju selam yang aman. Berbeda nantinya jika akan melaksanakan cabang lain dari olahraga selam ini.

Diving

Yakni olahraga diving, dengan tingkat resiko yang cukup tinggi. Dari pengertiannya saja sudah tergambarkan bahwa olahraga ini memang membutuhkan keahlian khusus, dalam hal ini adalah masalah pernafasan.

Kemudian olahraga tersebut menjadi salah satu olahraga profesional, yang mana membutuhkan sertifikasi sebagai bentuk daripada profesionalitas orang yang akan melaksanakan olahraga diving tersebut.

Untuk jarak selamnya sendiri, bisa lebih dari 300 meter. Makanya sangat penting untuk para profesional menggunakan alat-alat lengkap diving, seperti tabung penyedia oksigen.

Kemudian peralatan lain yang sekiranya membuat individu tersebut aman ketika melaksanakan olahraga tersebut. Jadi, tidak sembarang orang bisa melakukannya.

Atlet Selam Berprestasi

Salah satu atlet selam berprestasi datang dari Jawa Timur yakni Janis Suprianto. Yang mana dilansir dari antaranews.com.

Gadis tersebut mmecahkan dua rekor sekaligus dalam ajang PON 2016, yakni untuk cabang permukaan putri. yang pertama adalah 100 meter, yang selanjutnya adalah 200 meter.

Dengan jarak waktu penyelesaian 100 meter 40. 35 detik, serta untuk yang 200 meter waktunya 1 menit 32,24 detik. Hal tersebut menjadi prestasi dan torehan terbaik bagi Jawa Timur pada ajang PON XIX 2016. Yang terselenggara di Jawa Barat.


Manfaat Olahraga Selam bagi Tubuh

Terlepas dari hal tersebut, ada beberapa manfaat dari olahraga selam, yang kemudian menjadi benefit tersendiri bagi mereka yang memang menjadi penggiat olahraga tersebut.

Apalagi dengan keadaan seperti sekarang, yang membutuhkan sistem imun yang kuat, dalam menghadapi berbagai virus serta bakteri, yang bisa menjadi penyebab terjangkit penyakit tertentu.

Berdasarkan dari alodokter, ada beberapa manfaat yang bisa kita rasakan, antara lain:

  • Tingkat stress menurun
  • Melatih kelenturan tubuh
  • Membantu pelatihan pernafasan
  • Sistem imun menjadi lebih kuat
  • Melatih otot tubuh lebih kuat
  • dll

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai POSSI yang merupakan olahraga selam resmi Indonesia. Dapat kita simpulkan bahwasannya apapun itu bidang yang digeluti, pasti mendatangkan berbagai manfaat, serta oportuniti lain.

Dengan kegigihan terus berlatih, dan berjuang untuk kemajuan organisasi, semua bisa terwujud, sesuai dengan keinginan.

Pun dari mulai sejarah serta sepak terjang dari organisasi tersebut, kita bisa belajar banyak. Juga menjadi referensi bagi kalian yang ingin menjadi atlet selam.

Kalian bisa mempersiapkan diri, mulai dari mempelajari beberapa hal seperti sejarah, teknik, sampai dengan cabang dari olahraga selam yang ingin kalian geluti.

Sehingga ada persiapan lebih matang untuk terjun ke bidang tersebut.

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka

  1. Sejarah olahraga selam
  2. Sejarah Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia
  3. Struktur organisasi Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia
  4. Manfaat selam
  5. Atlet selam berprestasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *