taekwondo Indonesia
gerakan taekwondo (liputan6.com)

Taekwondo Indonesia: 2 Aspek dan Para Atlet Cantiknya

Diposting pada

Taekwondo Indonesia tidak kalah dengan asing. Negara kita memiliki banyak prestasi di bidang ini. Tidak hanya penampilan para atlet yang memukau, tapi juga paras mereka yang cantik.

Israwati – Organisasi.co.id

Taekwondo Indonesia adalah satu dari sekian banyak contoh olahraga asing yang masuk. Sebuah olahraga dari negeri ginseng, taekwondo, ternyata menarik hati sebagian besar masyarakat Indonesia. Mulai dari artis hingga pelajar, semua tertarik mempelajarinya. Mari kita mengenal olahraga ini dari dekat.

Sejarah Taekwondo Indonesia

Sebagai sebuah seni beladiri yang populer di Indonesia, olahraga ini ternyata berasal dari Korea Selatan. Ia telah ada sejak tahun 37 Masehi di masa Kogooryo kala itu di Korea.

Seni beladiri ini merupakan pertunjukan ritual dan juga menjadi perisai bagi para ksatria Korea. Tahun 1945, saat Korea merdeka, masyarakat Korea berusaha mengembangkan olahraga ini.

Akhirnya Taekwondo masuk ke seluruh dunia dan resmi memiliki Federasi pada tanggal 28 Mei 1975. Di Indonesia, pada tahun tersebutlah olahraga ini masuk.

Pembawanya adalah Mauritz Dominggus. Ia datang ke Indonesia pada tahun 1975 dan berdiam di Tanjung Priok, Jakarta.

Atlet Cantik Taekwondo Indonesia dan Internasional

Indonesia patut berbangga karena salah satu atlet cantiknya di bidang Taekwondo berhasil mendapatkan medali emas pertama bagi negara ini.

Pada acara Sea Games 2018, Delfia Rosmaniar, atlet berhijab ini berhasil mengalahkan atlet Iran, Marjan Salahshouri. Wanita ini mengenal Taekwondo saat ia masih duduk di bangku SMP.

Berkepribadian santai, wanita ini semakin mencintai Taekwondo. Tak heran jika dirinya menuai emas atas kegigihannya.

Tidak hanya Delfia, artis cantik Tya Ariesta juga menekuni Taekwondo sejak kelas 2 SD. Sebelum terjun di dunia keartisan, ia adalah atlet taekwondo.

Bagaimana dengan dunia Internasional?

Juara dunia Taekwondo diduduki oleh wanita cantik asal Turki bernama Irem Yaman. Gadis kelahiran 4 Agustus 1995 ini telah menekuni Taekwondo sejak kecil.

Sejauh ini, ia telah memenangkan kejuaraan taekwondo kelas ringan pada tahun 2015 dan 2019. Ia juga telah memenangkan kejuaraan Eropa sebanyak lima kali.

Tidak hanya itu, Grand Slam dan Grand Prix juga ia kuasai hingga pantaslah ia menjadi atlet terbaik tahun 2018 yang dinobatkan oleh World Taekwondo Federation.

Organisasi Taekwondo RI

Seperti yang telah kita ketahui, taekwondo merupakan seni beladiri asal Korea Selatan yang mendapat tempat di hati rakyat Indonesia.

Lambat laun, terbentuklah dua organisasi Taekwondo di Indonesia. Pertama Federasi Taekwondo Indonesia dan yang kedua adalah Persatuan Taekwondo Indonesia.

Keduanya telah ada sejak 1981 namun kemudian memutuskan bersatu di bawah nama Pengurus Besar Taekwondo Indonesia.

Penanggung jawabnya adalah Kemenpora (Kementrian Pemuda dan Olahraga). Atas dukungan tersebut, kini organisasi ini telah mengikuti berbagai pertandingan Taekwondo, salah satunya dalam acara Sea Games 2018.

Sebelum mengikuti pertandingan, maka organisasi ini harus mengadakan pemusatan Latihan Daerah. Dari situlah muncul para atlet bertalenta yang siap mengharumkan nama bangsa.

Organisatoris lain baca ini: Induk Taekwondo: Olahraga Seni Bela Diri

Logo Federasi Taekwondo Internasional Dan Nasional

Terdapat dua organisasi Taekwondo di Indonesia. Pertama adalah FTI (Federasi Taekwondo Indonesia) dan kedua adalah PTI (Persatuan Taekwondo Indonesia).

Keduanya menggelar Musyawarah Nasional pertama pada tanggal 28 Maret 1981 guna membahas kemajuan Taekwondo Indonesia.

Untuk federasi internasional, ia memiliki sebutan World Taekwondo Federation. Ia adalah induk organisasi internasional khusus olahraga Taekwondo.

Organisasi ini telah mendapat pengakuan dari Komite OIlimpiade Internasional (IOC) dan bermarkas di Seoul, Korea Selatan.

Sampai dengan tahun 2015, organisasi ini telah memiliki lebih dari 205 anggota.

Janji Taekwondo

taekwondo
gerakan taekwondo (liputan6.com)

Sebelum memulai teknik beladiri ini ataupun sebelum ujian kenaikan tingkat, para atlet harus mengucapkan janji. Apa saja janji tersebut?


  • Menjunjung tinggi nama baik bangsa dan negara Indonesia dengan landasan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
  • Menaati asas-asas Taekwondo Indonesia.
  • Menghormati para senior, pengurus, dan Taekwondoin untuk mengembangkan Taekwondo Indonesia.
  • Senantiasa berperilaku jujur serta bertanggung jawab untuk menjaga nama baik Taekwondo Indonesia.
  • Menjadi pembela untuk keadilan serta kebenaran.

Demikian janji atlet taekwondo Indonesia dengan tetap menjunjung tinggi nawa dan wibawa negara Indonesia, tentunya dengan bakat yang mereka miliki. Melahirkan mereka menjadi atlit taekwondo yang berpegang pada janji.

Gerakan Taekwondo Untuk Pemula

Sebagai olahraga asal Korea, taekwondo memiliki tiga teknik dasar. Mereka adalah teknik pertarungan, rangkaian jurus, dan memecahkan benda keras. Apa saja pengertian masing-masing teknik tersebut?

a. Korugi (pertarungan). Merupakan praktik teknik gerakan dasar yang melibatkan dua orang yang saling bertaring. Mereka menggunakan teknik pertahanan diri dan serangan yang telah mereka pelajari.

b. Poomsae (rangkaian jurus). Adalah teknik gerakan dasar untuk menyerang dan bertahan dengan melawan lawan yang tidak nampak sambil mengikuti diagram tertentu.

c. Kyukpa (teknik memecah benda keras). Merupakan latihan teknik yang menggunakan objek benda mati. COntohnya adalah genting, papan kayu, dan batu bata.

Teknik-teknik tersebut merupakan nomor-nomor lomba yang menjadi perlombaan di ajang internasional.

Bagi pemula, mereka harus menguasai beberapa teknik atau jurus seperti:

Seogi (kuda-kuda)

Jenis kuda-kuda dalam taekwondo ternyata ada banyak. Contohnya adalah kuda-kuda sejajar, kuda-kuda rapat, kuda-kuda duduk, sikap jalan kecil, kuda-kuda sikap harimau, kuda-kuda panjang, kuda-kuda silang, dan kuda-kuda L.

Melangkah juga termasuk dalam teknik kuda-kuda. Pengertian langkah adalah gerakan kaki tanpa tendangan dan pukulan. Tujuannya untuk menghindari, menjauhi, dan mengecoh lawan.

Sekilas memang nampak sederhana namun dalam pertandingan, teknik ini menjadi penting untuk mengelabui lawan.

Kyongkyok kisul (serangan)

Sebuah teknik serangan ini terdiri dari tusukan, sabetan, pukulan, dan tendangan. teknik ini pun kemudian terbagi menjadi banyak.

Contohnya saja teknik tendangan. Ia terdiri dari tendangan ke depan, tendangan melingkar, tendangan mengayun atau cangkul, tendangan ke belakang, tendangan ke samping,

tendangan sodok depan, dan tendangan balik degan mengait.

Makki (tangkisan)

Merupakan sebuah teknik berupa tangkisan seperti tangkisan ke atas, tangkisan ke bawah, tangkisan dari dalam keluar, tangkisan dari luar ke dalam, dan tangkisan dengan pisau tangan.

Keup so (sasaran tubuh)

Tubuh taekwondoin mempunyai nilai yang berbeda-beda. Sesuai dengan aturannya, dalam pertandingan resmi, sasaran yang boleh untuk diserang adalah:

Badan dan wajah. Keduanya boleh untuk terkena serangan. Boleh dengan tangan maupun kaki. Namun terbatas pada bagian tubuh yang endapat perlindungan dari pelindung tubuh kecuali sepanjang tulang belakang.

Khusus untuk area wajah, tidak boleh mendapat serangan dari tangan dan tidak boleh mengenai kepala bagian belakang.

Organisatoris lain baca ini: Pendekar Wanita Dalam Komunitas Pencak Silat, Judo, Taekwondo Dan Karatedo

Cara untuk melakukan keseluruhan teknik tersebut adalah dengan berlatih secara rutin. Mulai dari sabuk putih yang akan mendapat pendampingan dari pelatih profesional.

Arti Taekwondo secara sederhana adalah seni untuk mendisiplinkan diri dengan teknik kaki dan tangan kosong. Di Indonesia, olahraga ini semakin terkenal setelagh Saseong Nim Daxon Joetandi,

yang merupakan bankir profesional terkenal dengan sabuk hitam yang ia peroleh di usia 7 tahun. Sampai saat ini baik pria maupun wanita menggemari olahraga ini.

Kelebihan Taekwondo

olahraga taekwondo
gerakan dasar (suaramerdekacolo.com)

Setiap olahraga tentu memiliki sisi biak dan buruk. Begitu pula dengan taekwondo. Kelebihannya antara lain:

  • Membuat badan menjadi lebih sehat. olahraga ini memprioritaskan kebugaran tubuh. Nampak pada teknik-tekniknya yang membutuhkan kekuatan besar untuk melakukannya. Orang yang mendalami taekwondo (taekwondoin) harus melatuh fisiknya agar dalam pnerapan tekniknya dapat menjadi maksimal.
  • Mempertahankan diri. Guna olahraga ini adalah untuk pertahanan diri saat mendapat serangan musuh.
  • Mendisiplinkan diri. Bagi olahraga ini, disipilin menjadi kunci sukses. Dengan banyaknya pola, gerakan, tendangan, serangan, hingga pukulan akan membuat pikiran kita terstimulasi dan tubuh menjadi semakin kuat. Kita emakin mampu untuk menyempurnakan bentuk dan mengingat pola, mengendalikan gerakan dan lainnya yang memerlukan fokus serta konsentrasi.

Kekurangan Taekwondo

Selain memiliki kelebihan, tentunya taekwondo juga memiliki kekurangan. apa saja itu?

  • Risiko terluka pada bagian tubuh. Karena mengandalkan gerakan dengan mengeluarkan seluruh kekuatan, maka tidak heran jika tubuh harus siap mengalami cedera. Bagian kaki memiliki risiko paling besar. Ketika tidak mendapa penanganan dengan baik, maka akan terjadi luka yang serius.
  • Tidak bisa melakukan perlawanan ketika kaki terkunci. Sulit melakukan perlawanan balik ketika kaki terkunci oleh lawan. Hal ini karena taekwondo merupakan olahraga yang mengandalkan kaki. Jadi ketika kaki cidera pun kita tidak akan dapat bertanding.

Perhatikan kekuatan kaki sebelum terjun lebih dalam ke olahraga ini. Ketika tidak memiliki kekuatan yang cukup, maka sedikit sulit untuk beranjak pada gerakan dasar.

Jika kita telah serius menekuni olahraga taekwondo, maka sebaiknya benar-benar mendapat pendamping yang mahir. Jangan sampai teknik yang kita pelajari salah dan malah membuat kita mudah cidera.

Lalu bagaimana dengan Karate? Meskipun mirip, ternyata olahraga karate tidak sama dengan taekwondo. Karate memiliki kelebihan untuk pertahanan diri sama halnya dengan taekwondo.

Olahraga ini juga dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Pada dasarnya, karate dapat menyeimbangkan aliran darah dan menurunkan kolesterol. Bahkan mental kita pun terlatih sehingga tidak mudah takut serta tenang menghadapi tekanan.

Bahkan tingkat kepercayaan diri kita juga semakin bertambah. Namun jangan salah, karate juga memiliki kekurangan.Hal itu karena ia begitu mematikan.

Sang master karate Mas Oyama mampu membunuh tiga ekor banteng dengan tangan kosong. Jadi jika tidak dapat mengontrolnya, kita bisa saja membunuh orang.

sama halnya dengan taekwondo, semua teknik beladiri tentu memiliki risiko cidera. terlebih karena kaki bukan menjadi bagian terkuat, pertahanan kita akan menjadi mudah goyah.

Dengan demikian apabila tangan dan kaki kita terluka, kaki tidak akan dapat mengambil peran.

Penutup Taekwondo Indonesia

Taekwondo dan berbagai jenis bela diri lainnya kini dapat dinikmati oleh kaum hawa. Tidak sedikit para atlet wanita yang mendapat posisi terbaik di kancah perlombaan internasional.

Selain untuk keselamatan diri, taekwondo juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Melatih fisik dan mental menjadi dua poin dan alasan mengapa kita perlu mempelajari seni beladiri ini.

Namun dengan fisik yang tidak kuat, sepertinya energi untuk melakukannya menjadi tidak mudah.

Alasannya karena taekwondo benar-benar menguras energi. Namun bukan tidak bisa, hanya saja kita perlu menyiapkan pelatih handal dalam hal ini.

Jadi, sudah siapkah untuk menjadi bagian dari negeri ginseng?

Daftar Pustaka

  1. Teknik Taekwondo
  2. Web resmi takewondo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *