Definisi Atau Pengertian Organisasi
Definisi Dan Pengertian Serta Manfaat Organisasi (Foto: Kosngosan.com)

Pengertian Organisasi, Berorganisasi Dan Manfaat

Diposting pada

Secara Umum Pengertian Organisasi Adalah Pertemuan 2 Orang Atau Lebih Untuk Membahas Satu Tujuan Tertentu Yang Terstruktur Dan Sistematis

Konsep, Organisasi.co.id

Menyebut kata organisasi, maka yang terlintas dalam benak pikiran kita adalah sebuah pertemuan, diskusi, struktur (bagan), palu sidang, stempel, logo dan bendera.

Versi Youtube, silahkan baca santai di link berikut ini:

Dalam pranata sosial, hal ini merupakan sesuatu yang tidak terpisahkan dengan masyarakat itu sendiri. Sebab segala sesuatu terikat oleh organisasi. Baik organisasi formal maupun informal.

Boleh jadi kita tidak ingin berorganisasi, namun pada sisi lain kita harus tunduk pada sebuah ikatan terorganisasi. Dari sini kata “tidak mau berorganisasi” tergantikan dengan kata “tidak menjadi pengurus organisasi”

Misalnya: Organisasi Kampus.
Seorang mahasiswa yang tidak mau berorganisasi dalam kampus semisal BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) ataupun HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan). Tidak bermakna mereka tidak menjadi bagian wadah tersebut.

Tidak menjadi pengurus mungkin iya, tapi tidak bermaksuk keluar dari BEM. Sebab pada hakikatnya, semua mahasiswa dalam Fakultas atau dalam kampus (Akademi, Institut, Universitas) merupakan anggota BEM.

Pengertian Organisasi Dan Berorganisasi

Definisi organisasi dari artikel sebelumnya telah terbahas Teori Organisasi Dasar, Arti, Struktur, Persidangan Dan Periode Kepengurusan.

Arti organisasi berbeda antara organisasi sosial, formal, informal, nasional dan internasional.

Organisasi Sosial adalah sebuah perkumpulan yang terjadi pada lingkungan sosial kemasyarakatan. Keberadaannya dan kajiannya mencakup kajian-kajian sosial. Dengan batasan anggota yang jelas.

Meski sebuah institusi melabel diri terbuka untuk umum, namun pada dasarnya semua wadah memiliki kekhususan.

Contohnya: Persatuan Masyarakat Miskin.
Terlintas dalam pikiran kita bahwa bentukan ini untuk seluruh orang miskin, akan tetapi memiliki batasan, seperti batasan wilayah atau cakupan dan sebagainya.

Organisasi Formal dan Non Formal, dalam pengertian lanjut merupakan sebuah wadah resmi (formal), ataupun tidak resmi (non formal). (Sumber: Perbedaan Organisasi Formal Dan Informal).

Formal bermakna terdaftar dan berbadan hukum, sementara informal merupakan bentukan yang tidak mendapatkan legalitas negara.

Formal: KNPI, PSSI, OSIS maupun Partai Politik.
Non Formal: Arisan dan sebagainya.

Pada sebuah lembaga yang memiliki cabang atau mempunyai hak membuka cabang seluruh Indonesia dalam flatform Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga mereka.
Pembukaan cabang se Indonesia, dalam Pengertian lanjut menjadi kategori Organisasi Nasional.

Definisi Organisasi

Sementara Arti Organisasi Internasional, adalah cakupan lebih luas, dengan struktur dan anggota pada seluruh dunia mencakup semua negara.

Dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, menyebutkan Arti Organisasi adalah Kesatuan (susunan dan sebagainya) yang terdiri atas bagian-bagian (orang dan sebagainya) dalam perkumpulan dan sebagainya untuk tujuan tertentu; (Sumber: Beritaku.Id).

Pengertian Berorganisasi

Berorganisasi adalah aktifias dalam sebuah lembaga atau wadah. Selanjutnya yang berktifitas tersebut adalah organisatoris atau aktifis.

Manfaat Organisasi

Apa manfaat organisasi?

Organisasi memberikan manfaat kepada pribadi dan lingkungan, yakni:
Pertama, menciptakan pemahaman serta pengalaman dalam melakukan/aplikasi manajemen.
Kedua, Menciptakan jaringan dan kerjasama.
Ketiga, Mengukur kinerja.
Keempat, Melatih kepercayaandiri pada muka publik.
Ketujuh, Sarana latihan .

Masih banyak manfaat daripada sebuah organisasi, dan menjadi sarana latihan pembelajaran pada kalangan pelajar ataupun mahasiswa, sebelum memasuki ruang manajemen sesungguhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *