sejarah shorinji
kempo (telisik.id)

Sejarah Shorinji vs Muay Thai: 3 Hal yang Berbeda

Diposting pada

Sejarah Shorinji sedikit berbeda dengan olahraga beladiri lainnya. Ada yang mengaku olahraga ini mirip dengan apa yang China gambarkan, ternyata justru bukan berasal dari negeri tirai bambu tersebut.

Tika, Olahraga – organisasi.co.id

Teknik beladiri memang harus mendapatkan perhatian bagi kita. Demi mengantisipasi perbuatan jahat di sekeliling serta untuk pertahanan diri, setidaknya kita perlu mempelajari dasar seni beladiri.

Ada begitu banyak pilihan. Selain kempo, kita juga dapat memilih Muay Thai. Lalu apa beda keduanya?


Sejarah Kempo

Kempo merupakan sebuah seni beladiri dari Jepang. Pendiri Shorinji Kempo adalah Doshin So pada tahun 1947. Ia menciptakannya sebagai sistem pelatihan serta pengembangan diri (gyo).

Arti kata Shorinji kempo adalah sho yang berarti kecil, rin memiliki arti hutan, ji artinya adalah kuil, ken merupakan kepalan tangan atau tinju, dan po yaitu metoda. Jadi kata Shorinji adalah mengacu pada kuil Shaolin di Tiongkok.

Pelafalannya adalah Shaolinsi dalam bahasa Tionghoa dan olahraga ini adalah modifikasi dari Kung Fu. Teknik lainnya adalah pada filosofi “jiwa atau ruh dan tubuh kita adalah sebuah kesatuan yang tidak terpisahkan. Tidak hanya itu bahkan juga melatih tubuh dan jiwa”.

Adapun tiga manfaat Kempo adalah pelatihan mental, pelatihan pertahanan diri, dan meningkatkan kesehatan orang yang bersangkutan.

Bodhidarma adalah terduga yang membawa teknik-teknik bertarung. Ia merupakan Leluhur Zen yang pergi ke Tiongkok 1500 tahun yang lalu.

Kemudian Sang leluhur Zen tersebut pergi dari India untuk menyalurkan pengajaran sejarah Buddha dan berakhir di Kuil Shaolin Songshan. Saat ini kuil tersebut terkenal dengan Propinsi Hainan.

Dari sinilah lahir teknik-teknik beladiri yang tersebar ke penjuru Tiongkok. Kemudian pada tahun 1928, Kaiso mempelajari teknik-teknik dari berbagai guru yang ia temui.

Ia melakukan perjalanan ke Tiongkok dengan tekad kuat karena pekerjaannya yang tidak biasa.


Lambang Shorinji Kempo

Menggunakan Manji, tanda ini seperti yang ada dalam Buddhisme selama berabad-abad. Arti Manji ada dua yang menjadi sebuah kesatuan yaitu kasih sayang dan kekuatan.

Kasih sayang (menghadap kanan), kekuatan (menghadap kiri) adalah perlambangan ajaran Kongo -Zen.

Melalui World Shorinji Kempo Organization, lambang ini tidak boleh digunakan. Jadi Manji harus mendapat perlindungan (perisai) pada lambang sehingga muncullah Nagare-Manji yang artinya bulat Manji.

Di tahun 2005, terjadi perubahan. Shorinji Kempo Group menggunakan tanda baru yang menjadi kesatuan di seluruh dunia. So-en (lingkaran ganda) merupakan bentuk ekstrim dari sepasang manji.

Tanda tersebut mendapatkan perlindungan atas haknya oleh Kempo Group.

Teknik Shorinji Kempo Jepang

Ada begitu banyak titik kelemahan manusia. Jadi sangat penting untuk menghafal letak titik kelemahan tersebut. Apalagi ketika badan bergerak.

Titik kelemahan tersebut ada di 138 tempat dan menjadi syarat utama untuk serangan dengan tepat ke titik tersebut.

Pertama, perhatikan jarak sasaran. Jarak jangkau antara lawan dan kita.

Ma Ai (jarak sasaran) bukan bertujuan untuk terkena sasaran, tapi untuk mengenai sasaran dengan tepat melalui teknik pukul atau tendangan dengan kuda-kuda yang tepat.

Makin cepat serangan mendarat maka akan semakin baik. jadi tidak perlu terburu-buru namun kecepatan untuk sampai sasaran perlu mendapat perhitungan tepat.

Kerasnya otot-otot akan terkalahkan oleh kecepatan mengenai titik kelemahan. Walau menggunakan sarung tinju dengan spons, jika kecepatan yang digunakan tinggi maka akan menjadi sesuatu yang fatal.

Teknik kedua adalah adanya kebulatan hati baik secara fisik maupun mental. Jadi bukan hanya fokus pada tenaga lawan namun juga kepada mental lawan.

Sikap gamae kita akan terlihat. Kyu Jitsu yang merupakan semangat atau sisi mental kita juga dapat menyebabkan kecelakaan fatal. Sia-sia tenaga yang telah kita keluarkan.

Dojo merupakan tempat berlatih yang tepat dengan alat-alat yang sesuai. Dengan demikian, kecepatan, refleks, dan pengenalan akan titik kelemahan menjadi sempurna.

Organisatoris lain baca ini: Teknik Dasar Kempo Dan Judo: Istilah Yang Jarang Kita Dengar



Sejarah Shorinji Kempo Masuk Ke Indonesia

sejarah shorinji
kempo (telisik.id)

Pemerintah Jepang menerima mahasiswa dan pemuda Indonesia untuk belajar dan berlatih sebagai bentuk pembayaran pampasan perang sejak akhir tahun 1959.

Saat itu secara bergelombang dari tahun ke tahun hingga sepuluh tahun kemudian, para pemuda Indonesia mendapat kesempatan belajar di negeri Sakura tersebut. Ketika senggang, mereka lantas mendalami Judo dan Karate.

Tidak sedikit juga yang mempelajari Ju Jit Su dan Kempo. Jadi sekembalinya dari Jepang, mereka telah menguasai beberapa seni bela diri selain membawa ijazah kelulusan. Inilah sejarah Shorinji di Indonesia.

Tibalah saat acara kesenian oleh mahasiswa Indonesia untuk menyambut tamu, Utin Syahraz yang merupakan salah satu pemuda yang hadir mendemonstrasikan Shironji Kempo.

Akhirnya hal itu menarik minat mahasiswa Indonesia dan pemuda lainnya. Hal itu terjadi di tahun 1964 dan membuat Ginanjar Kartasasmita dan Indra Kartasasmita langsung datang ke kota Tadotsu untuk mempelajarinya.

Lantas mereka bertiga membentuk suatu organisasi Shorinji Kempo dengan nama Persaudaraan Bela Diri Kempo Indonesia (PERKEMI) pada tanggal 2 Pebruari 1966.

Perkumpulan yang satu ini berada di bawah pengawasan KONI Pusat dan menjadi anggota dari Federasi Shorinji Kempo se Dunia (WSKO). Berpusat di kuil yang bernama Shorinji Kempo di kota Tadotsu Jepang.

Organisasi ini telah mengadakan pemilihan pengurus setiap empat tahun. Hal yang populer adalah saat Kejuaraan Nasional Kempo Pertama di Jakarta pada tahun 1970. Kemudian di tahun selanjutnya terselenggara Kejuaraan Kempo antar Perguruan Tinggi.

Setelah itu Kempo menjadi pertandingan sejak PON IX di tahun 1977 dan pada tahun 2004, Perkemi berubah nama menjadi Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia.

Sejarah Muay Thai

sejarah shorinji
Muay Thaiu (whatnewindonesia.com)

Tinju Thai atau Muay Thai merupakan seni bela diri keras yang berasal dari kerajaan Thai. Jika sejarah Shorinjo menyebut olahraga itu dari Jepang, maka seni beladiri ini mirip dengan berbagai gaya beladiri di dunia.

Contohnya Tomoi dari Malaysia, Muay Lao dari Laos, dan sebagainya. Sekilas ia nampak mirip dengan Kickboxing. “Muay” berasal dari bahasa Sansekerta artinya tinju bela diri. Thai memiliki arti suku Thai.

Muay Thai juga memiliki sebutan Seni Delapan Tungkai. Tekniknya sarat akan tendangan, serangan lutut, siku, pukulan, dan delapan titik kontak serta empat poin dalam seni beladiri.

Kombinasi dari Cina dan seni bela diri India telah membuat gabungan kickboxing yang hebat. Namun menurut sejarah, di Kerajaan Thai, olahraga ini telah ada dua ribu tahun.

Tidak hanya sebagai perisai diri, olahraga ini juga menjadi hiburan raja-raja serta dalam perayaan festival-festival.

Lambat laun, para bangsawan semakin menghormati para pemain Muay dan mereka dapat tinggal di istana. Mereka bertugas melindungi kerajaan hingga pemerintahan raja Rama.


Logo Muay Thai

Logo olahraga ini terbilang berubah-ubah tergantung perkumpulan masing-masing. Mengandung unsur gambar beladiri di dalamnya, Muay Thai terbilang cukup ekstrim.

Teknik Dasar Muay Thai

sejarah shorinji
Teknik Muay Thai (intisari.grid.id)

Ketika sejarah Shorinji menceritakan teknik ratusan titik kelemahan, berbeda halnya dengan Muay Thai. Teknik utama dan teknik minor menjadi pembagian tekniknya.

Olahraga ini adalah tempur kontak penuh yang mana dua lawan akan saling bertukar pukulan. Akan tetapi, pukulan ini di sirkuit dunia tidak lagi nampak mematikan.

Hal itu karena pada akhirnya teknik di dalamnya menggunakan gerakan seluruh tubuh.

Pukulan (mirip dengan sejarah Shorinji)

Pukulan dalam Muay Thai terbilang sederhana. Serangan menyilang dan panjang dengan lengan lurus tidak terkunci. Kemudian mendarat dengan tumit telapak tangan.

Kombinasi tinju gaya barat adalah untuk mengindari menyerang kepala dan membalas serangan siku atau lutut. Petarung dapat menggunakan gaya berdiri ala Barat atau Thai untuk menyerang dengan jarak panjang atau pendek dengan efektif.

Siku lengan (tee sok)

Beberapa cara untuk menyerang dengan siku lengan adalah diagonal ke atas dan bawah, horizontal, pukulan ke atas dan bawah, berputar ke belakang dan terbang.

Dalam hal ini siku sebagai langkang memotong pelipis lawan. Walaupun demikian, siku diagonal akan lebih cepat namun memang kurang kuat.

Siku tunggal merupakan gerakan siku yang merdeka dari gerakan lainnya. Sementara itu, siku lanjutan merupakan serangan kedua berasal dari lengan yang sama.

Tendangan (tae)

Tendangan yang umum adalah teep dan teh chiang. Artinya adalah jab kaki dan menendang ke atas dengan bentuk segitiga dan memotong pada bagian bawah rusuk dan lengan. Kita biasa mengenalnya dengan tendangan sudut.

Hal ini menggunakan rotasi untuk seluruh tubuh. Banyak praktisi yang menggunakannya karena mirip dengan karate. Tendangan ini melingkar dengan kaki belakang yang sedikit bergerak ke belakang.

Risikonya pun cukup tinggi karena pangkal paha menjadi rentan. Dengan mengumpulkan kekuatan atas rotasi tubuh, terutama di bagian pinggul. maka banyak petarung yang menggunakannya untuk membebaskan serangan.

Ketika lawan mencoba, umumnya petarung akan menangkis melalui tendangan di tulang kering. Alasannya karena kaki memiliki banyak kelemahan.

Tendangan samping dan tendangan ke belakang berputar juga menjadi bagian dari teknik Muay Thai.

Dengkul atau Lutut (tee kao)

Dalam teknik ini, seharusnya petarung menggunakan tangan terikat tali dan bukan sarung tinju. dengan menggunakan tali, ia berpotensi memotong dan menyilet wajah lawan serta memblok dan menangkis serangan.

Dari semua teknik tendangan yang terbandingkan oleh banyak seni bela diri, serangan lutut Muay Thai mengakibatkan efek paling besar.

Dorongan kaki (tip)

Teknik ini adalah teknik defensif yaitu untuk mengendalikan jarak terhadap serangan tangkisan. Gerakan mendorong ini harus lancar dan cepat dan dengan kekuatan cukup untuk menjatuhkan lawan.

Sejarah Masuknya Muay Thai Ke Indonesia Vs Sejarah Shorinji

Jika awal mula masuk shorinji adalah karena pemuda Indonesia yang belajar dan kembali, berbeda dengan Muay thai. Pada hakikatnya, sejak jaman kerajaan Majapahit, teknik ini telah ada di Indonesia.

Ada pula yang menyebut tekniknya yang mirip dengan Tarung Drajat. Jadi, jika hendak mengetahui awal mula olahraga ini masuk ke Indonesia, sedikit sulit memastikan kapan lebih tepatnya.

Saat ini, beberapa organisasi di perguruan tinggi telah mencoba membuka pelatihan Muay Thai. Hanya saja, peminatnya belumlah banyak.

Organisatoris lain baca ini: Teknik Dasar Kempo Dan Judo: Istilah Yang Jarang Kita Dengar

Banyak yang menganggap olahraga ini terlalu ekstrim dan benar-benar berbahaya. Berbeda dengan kempo yang memiliki prinsip tidak menyerang sebelum diserang,

Muay Thai justru akan selalu berusaha menyerang. Inilah juga yang membedakannya dengan Tarung Drajat yang mana berfokus untuk perlindungan diri.

Daftar Pustaka

  1. Terkuak! Seni Beladiri Muay Thai Ternyata Dari Indonesia
  2. matranews.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *