Pengertian ad/art pramuka
AD ART Pramuka (kotakpintar.com)

Pengertian AD/ART Pramuka: 3 Konsep, Cara Membuat

Diposting pada

Pengertian ad/art pramuka. Salah satu pedoman yang sangat penting bagi para anggota terutama pengurus, dalam melaksanakan beberapa kegiatannya. Berikut beberapa pembahasan mengenai konsep dan cara membuat rancangan anggaran dana rumah tangga tersebut.

Ayu Maesaroh, Konsep Organisasi – organisasi.co.id

Suatu kegiatan layaknya perlu perencanaan yang baik, dan juga memadai. Hal tersebut kemudian harus ada sebuah rumusan, yang nantinya akan menjadi pedoman bagi para anggota.

Sehingga ketika akan melaksanakan semuanya, sudah ada patokan harus bagaimana agar kegiatan tersebut berjalan dengan lancar, tanpa adanya hambatan apapun.

Perlu juga adanya Plan A, B, C, dan semuanya. Karena bagaimanapun kita tidak pernah tahu bahwa planning yang sudah terencana, akan sukses mulus, sesuai dengan prediksi dari awalnya.

Yang kemudian perlu adanya rumusan lebih intens dan teliti, dengan melihat berbagai kemungkinan-kemungkinan yang ada.

Apalagi seperti pengertian daripada kegiatan pramuka, yang membutuhkan ad/art serius. Mengingat kegiatan tersebut melibatkan banyak orang, dan harus ada managemen yang baik dari segala pihak.

Berikut beberapa penjelasannya.

Ad/Art Kepramukaan

Ad/art, atau singkatan dari Anggaran Dana Rumah Tangga. Merupakan salah satu hal yang sering dibuat sebagai satu pedoman daripada kegiatan yang akan terselenggara oleh komunitas, organisasi, atau pun perkumpulan tertentu.

Kemudian dalam ad/art tersebut, terdapat berbagai rancangan yang ada, mulai dari bagaimana kegiatan berlangsung, tempat untuk melaksanakan acara, hingga rincian daripada dana yang dibutuhkan.

Tak lupa juga dengan sanksi bagi mereka yang melanggar ad/art, yang telah mendapatkan kesepakatan awal. Begitu juga dengan ad/art untuk pramuka. Dengan mempunyai beberapa penting pengertian.

Ialah ad/art, sebagai salah satu managemen dari Pramuka, untuk melaksanakan kegiatan yang ada. Kemudian pengertian lain dari ad/art pramuka.

Ialah sebagia pengikat dari rasa persatuan dan kesatuan, dengan memegang teguh prinsip, idealisme, tindak perilaku yang baik, menjadi organisatoris, dan sebagainya.

Serta yang terakhir adalah sebagai salah satu hal yang mencerminkan sebuah aspirasi dari visi, misi gerakan pramuka, yang terimplementasi dengan bentuk sistem operasional yang sah, dan tersepakati.


Poin penting dalam AD/ART

Pengertian ad/art pramuka
AD ART Kepramukaan (Foto: infojempol.com)

Kemudian ada poin penting dalam penyusunan pembuatan ad/art. Penyusunan ini harus sesuai dengan kebutuhan yang ada, dan telah disepakati secara bersama.

Mengingat ad/art harus mencakup beberapa poin yang perlu ada, sehingga kegiatan yang akan berlangsung tersebut dapat terealisasikan dengan baik.

Organisatoris lain baca ini: Pengibaran Bendera Raksasa Oleh Betsum Outbound Dan FKIP Unibos

Pun dengan kegiatan pramuka. Yang mana kadang membutuhkan perencanaan yang cukup detail. Karena biasanya kegiatan pramuka membutuhkan waktu sekitar 3 hari pelaksanaan.

Tidak heran jika pada akhirnya ad/art harus terancang dengan benar, sedemikian rupa, dan harus tersepakati oleh anggota yang terkait.

Maka poin-poin tersebut antara lain:

Pembukaan

Dalam pembukaan, harus mencantumkan beberapa hal. Seperti misalnya dasar filosofi dari beberapa ketentuan yang termuat di AD serta GP.

Eksistensi

Kedua ada eksistensi. Eksistensi ini berguna untuk memberikan keterangan tentang nama, status, serta tempat daripada pembuatan pengertian dari ad/art pramuka, yang telah tersepakati.

Harus rinci, dan tidak boleh salah dalam penulisan. Pun dengan menambahkan beberapa hak seperti asas dari pramuka, tujuan dari terbentuknya pramuka, prinsip, tugas pokok, sampai kepada fungsi dari kepramukaan itu sendiri.

Organisasi

Kemudian mencantumkan organisasi. Beberapa yang perlu dicantumkan antara lain: yakni nama dari anggota yang terkait, lalu ada jenjang daripada organisasi tersebut, dalam hal ini adalah kepramukaan.

Setelah itu ada kepengurusan dari organisasi, sampai kepada tim managemen dari keuangan organisasi tersebut. Harus sesuai dan tidak boleh sampai salah penulisan nama.

Lain-lain

Untuk lain-lainnya ada beberapa pembahasan seperti musyawarah serta refendum. Lalu pendanaan serta kekayaan yang ada pada tubuh daripada organisasi pramuka.

Tidak lupa juga untuk membahas tentang penyempurnaan, ketika sudah selesai, dan memang telah disepakati oleh bersama, dari para anggota pramuka yang berkaitan,


GP sendiri berbentuk atribut, yang berkaitan dengan organisasi. Mulai dari bendera, sampai kepada logo dari organisasi terkait.

GP juga berkaitan dengan seragam dari pramuka, yang mana hal tersebut harus dipakai, ketika akan melaksanakan kegiatan kepramukaan, serta latihan ketika harus mempersiapkan semua, dalam masa ajang perlombaan.

Itulah beberapa poin penting dari pembuatan ad/art untuk kegiatan pramuka, dengan pengertian yang terselipkan di sana.


Manfaat AD/ART di Pramuka

Adapun manfaat daripada pembuatan ad/art, yang nantinya bisa menjadi satu poin bagi anggota yang terkait dalam keanggotaan daripada organisasi pramuka.

Kita sangat paham bukan? Bahwasannya organisasi pramuka sudah ada sejak lama, dan menjadi pondasi bagi kita insan manusia agar lebih menumbuhkan rasa kekeluargaan bersama dengan orang lain.

Kemudian menumbuhkan rasa keorganisatorisan, yang harus ada pada setiap masing-masing individu. Berprinsip, disiplin, pun juga harus dimiliki oleh anggota.

Hal tersebut terbentuk dari kegiatan yang terselenggara, dengan penggunaan ad/art dari pengertian kegiatan pramuka yang telah terancang sedemikian rupa.

Manfaat dari hal ini antara lain:

Anggota dan Masa Jabatan

Dalam ad/art pasti ada cantuman daripada masa jabatan dari setiap anggota pengurus. Mereka bisa mengerti bagaimana dan apa saja yang menjadi langkah mereka dalam memajukan komunitas / organisasi.

Pun bisa mengerti siapa saja yang nantinya akan menjadi koordinator, ketika melaksanakan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk memajukan ad/art.

Hak serta Kewajiban

Selanjutnya adalah hak dan kewajiban bagi setiap anggota pengurus dari kepramukaan. Hak apa yang akan mereka dapatkan ketika melaksanakan tugas.

Serta kewajiban yang seperti apa juga, dan bagaimana cara mereka agar dapat menyelesaikan kewajiban dalam memajukan organisasi pramuka. Entah menyusun anggaran, kegiatan dan sejenisnya.

Jadi kita bisa lebih mudah dalam melaksanakan apa yang menjadi “rule” dari organisasi pramuka tersebut.

Kepengurusan

Pun dengan kepengurusan. Yang mana kita nantinya akan bisa lebih paham mengenai posisi diri sendiri. Mulai identitas dari diri sendiri terhadap anggota organisasi lain.

Atau pun di masyarakat, yang mana kita juga membutuhkan sebuah identitas pengurus daripada organisasi pramuka.

Kegiatan dan Pengambilan Keputusan

Karena kita tercantum sebagai salah satu pengurus dari organisasi pramuka. Biasanya kita mendapatkan andil dalam memberikan pendapat, mengenai sebuah permasalahan.

Yang kemudian di musyawarahkan dalam rapat, sehingga nantinya akan bermuara pada kesepakatan bersama, atas masukan dari berbagai anggota, mengenai fenomena yang ada.

Keuangan

Pun dalam masalah keuangan, yang mana mempunyai manfaat, sebagai salah satu hal vital dalam penyelenggaraan kegiatan.

Keuangan ini nantinya harus setiap anggota tahu, jumlah yang ada dan yang harus dikeluarkan. Sehingga kita nantinya dapat menuntut ketika anggaran tidak sesuai.

Atau bahkan berkurang dari rencana sebelumnya. Sehingga kita tahu, bagaimana solusi dalam memecahkan permasalahan keuangan di tubuh organisasi.

Itulah beberapa manfaat dari adanya pengertian ad/art pramuka. Terlepas dari hal tersebut, ada konsep tersendiri dari pembuatan ad/art.


Konsep Dasar Pembuatan AD/ART Pramuka

Mengingat konsep dasar sangat penting dalam sebuah hal. Entah pada sebuah kegiatan, atau pun aktifitas lain yang kiranya butuh adanya konsep dasar dalam merumuskan suatu hal.

Apalagi yang berkaitan dengan sebuah organisasi. Cakupan lebih luas, dan perlu adanya rancangan untuk bisa melaksanakan apa yang menjadi kegiatan.

Walaupun sudah disinggung sebelumnya mengenai konsep yang terbalut dalam poin penting. Ada salah satu pembahasan yang mana.

Organisatoris lain baca ini: Organisasi Pemerintahan Daerah: 5 Tujuan dan Struktur

Dalam membuat ad/art harus ada prinsip yang diikutsertakan. Sehingga ad/art yang terancang, sesuai dengan apa yang memang menjadi pedoman daripada para anggotanya.

Termasuk dalam hal ini adalah organisasi dari pramuka. Beberapa prinsipnya antara lain:

  1. Prinsip serta metode daripada pramuka, menjadi salah satu ciri khas, sebagai pembeda antara pramuka, dengan pendidikan yang lainnya.
  2. Kedua hal tersebut menjadi dua komponen penting, menjadi pendidikan terpadu, dalam melaksanakan kegiatan tertentu
  3. Terakhir, prinsip dan metode, harus terlaksana sesuai dengan kepentingan, kebutuhan, sampai kepada kondisi dari situasi masyarakat yang ada.

Itulah beberapa hal mengenai prinsip dasar daripada pengetian dari ad/art pramuka.


Poin Kesalahan yang Sering Ada dalam Pembuatan AD/ART

Kesalahan pembuatan ad art (Foto: idntimes.com)

Lalu, adakah poin kesalahan yang seringkali banyak orang lakukan terutama para pengurus? Mengingat manusia pada dasarnya adalah bukan makhluk yang sempurna.

Ada kalanya kemudian mereka melakukan beberapa kesalahan, sehingga membutuhkan peringatan agar tidak melakukan hal tersebut lagi.

Pun dengan ketika menyusun ad/art. Maka dalam pembuatannya, harus ada beberapa dokumen yang valid, serta pendapat dari para anggota, yang memang menjadi sumber terpercaya, saat membuatnya.

Sehingga ketika terimplementasikan, mungkin ada beberapa yang melanggar. Namun untuk prosentasenya pasti sudah sangat sedikit.

Oleh karenanya, ada sanksi yang akan menjadi pengingat para anggota, ketika akan melakukan beberapa pelanggaran. Dalam perumusan sanksi pun, biasanya akan memberikan efek jera.

Karena terdapat resiko di masa depan, entah ketika mereka aktif kembali dalam kepramukaan, atau pun hal lainnya. Mengingat dalam organisasi pramuka, ada poin disiplin.

Yang membuat para anggotanya dituntut harus siap segera, dan melaksanakan apa yang menjadi kewajiban sesuai dengan target.

Dan jika kalian ingin menjadi anggota pramukan. Siapkan fisik dan mental kalian, ketika akan memulai berkecimpung dalam dunia yang membentuk karakter disiplin, bertanggungjawab, dan lainnya.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai ad/art, di kepramukaan yang bisa dipelajari, dan juga menjadi referensi. Dari beberapa poin tersebut bisa kita tarik kesimpulan.

Bahwa dalam pembuatan ad/art harus sesuai dengan peraturan yang ada. Tidak boleh main-main ketika merancang pengertian dari ad/art pramuka.

Hal tersebut merujuk kepada kepentingan bersama, dan kemajuan daripada organisasi pramuka. Mimpi menginginkan organisasi pramuka menjadi lebih besar dan maju.

Harus melewati berbagai rintangan yang ada. Serta support dan kekompakan juga dibutuhkan. Kemudian ada beberapa poin seperti prinsip.

Poin tersebut juga memberikan gambaran kepada kita, bahwa hal apapun juga harus berdasarkan prinsip yang kita punya.

Seperti ibaratnya antara prinsip dan perasaan. Bedakan antara keduanya. Walaupun dapat berpengaruh terhadap orang lain, namun efek yang ditimbulkan akan berbeda.

Jadi, jika dalam merumuskan sebuah kegiatan atau hal apapun itu, sertakan prinsip agar paham, jalur yang seperti apa, dan bagaimana rute dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka:

  1. AD/ART Pramuka
  2. Pengertian AD/ART
  3. Manfaat AD/ART

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *