Sejarah Takraw di Asia: 2 Kemunculan, Atlet Berprestasi

sejarah sepak takraw di Asia

Asia memiliki beragam olahraga yang mendunia. Salah satunya adalah takraw. Sejarah takraw di Asia tidak lepas dari masuknya voli dan sepak bola.Tika, Olahraga – organisasi.co.id

Kemajuan Sepak Takraw di Asia

Negara yang mempelopori sepak takraw adalah Thailand. Lambat laun sampailah ke Indonesia setelah berhembusnya kabar sejarah sepak takraw di Asia. Hal ini terbukti setelah PON 1985 yang mana kurang lebih 20 daerah mengirimkan atlet terbaiknya untuk mengikuti olahraga sepak takraw.

Bacaan Lainnya

Akhirnya semakin banyaklah pihak-pihak yang ingin mengadakan kejuaraan takraw dan berujung di bulan Oktober 1986. Pemerintah mulai mengadakan kejuaraan nasional takraw dan memulai seleksi. Ada dua puluh tiga daerah yang mengikuti seleksi.

Negara-negara lain di Asia bahkan telah lebih dulu mengenal takraw. Terbukti dengan adanya federasi takraw bagi negara-negara di Asia yang berdiri di tahun 1982 dan bernama Asian Sepak Takraw Federation.

Lepas dari Asia, organisasi sepak takraw internasional menyusul di tahun 1992. Ia bernama International Sepak Takraw Federation dengan anggota-anggotanya adalah wilayah luar Asia dan juga Asia.


Sejarah Munculnya Sepak Takraw ke Wilayah Asia

Sebelum masuk ke dunia internasional, sejarah takraw di Asia lebih dulu muncul dan sangat lekat dengan sejarah Melayu. Menurut catatan sejarah, sepak takraw menjadi permainan Kesultanan Melayu pada tahun 634 hingga 713 Masehi.

Bahasa Melayu menyebut olahraga ini sebagai sepak raga. Bolanya terbuat dari anyaman rotan dan para pemain akan membentuk lingkaran sambil berdiri.

Ada pula sejarah yang menyebutkan bahwa olahraga ini berasal dari Malaka. Saat itu ia menjadi bagian dari Malaysia. Sayagnya setiap negara di Asia Tenggara mengklaim bahwa olahraga ini berasal dari negara mereka masing-masing.

Nama Sepak Takraw berasal dari campuran bahasa Thailand dan Melayu. Sepak artinya tendang dalam bahasa Melayu. Takraw memiliki arti bola rotan dan berasal dari bahasa Thailand.

Memang mulanya olahraga ini populer di Thailand. Barulah kemudian negara-negara di Asia Tenggara turut mempopulerkannya karena mereka memiliki mayoritas penduduk yang berasal dari Melayu.

Sipa adalah sebutan untuk permainan ini di Filipina. Sedangkan di Laos ia menjadi Maradong. Di Burma sebutannya adalah Chinlone dan di Thailand adalah takraw.

Beberapa ahli berpendapat jika olahraga ini terinspirasi dari olahraga tradisional China yang menendang kok.

Konsepnya sama dengan takraw yang mana pemain harus menendang kok dan menjaganya agar tidak jatuh. Poin yang terhitung adalah saat pemain berhasil menendang sebanyak mungkin.

Olahraga Bangsawan

Sejarah takraw di Asia menyebutkan jika olaraga ini mulanya adalah untuk bangsawan. Lambat laun masyarakat biasa mulai meainkannya hingga akhirnya olahraga ini menjadi populer.

Di Indonesia, takraw sebenarnya telah ada sejak 1970 an dan mulai populer kembali setelah warga Malaysia dan Singapura memainkannya saat mereka berkunjung ke Indonesia. Dulu takraw berkembang pertama kali di wilayah Sulawesi dan Sumatera.

Kedua wilayah tersebut sangat familiar dengan takraw karena dulu olahraga ini bernama Sipak Rago saat penjajahan. Masyarakat Bugis di Sulawesi mengenalnya dengan nama Ma’raga.

Akhirnya pada 16 Maret 1971 Indonesia membentuk PERSERASI (Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia) yang lalu berubah nama menjadi PSTI (Persatuan Sepak Takraw Indonesia) dengan empat pengurus daerah kala itu.

Empat daerah tersebut adalah Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Riau. Ketua Umum Pertamanya adalah Bapak Drs. H. M Junus Akbar.

Pada tahun 1980 sepak takraw masuk dalam kejuaraan nasional dan di PON 1981 ia kembali menjadi cabang olahraga.

Teknik Sepak Takraw

sejarah takraw di Asia
teknik bermain sepak takraw (adyasta.com)

Sejarah takraw di Asia juga menghasilkan teknik-teknik yang mana mirip dengan olahraga sepak bola. Hanya saja untuk sentuhan yang boleh adalah berjumlah satu kali saja. Selebihnya masuk dalam pelanggaran. Adapun teknik dasar takraw antara lain:

Sepak Sila

Teknik ini adalah cara untuk menyepak bola dengan kaki bagian dalam. Seperti menimang bola dengan kaki sekaligus menerima dan mengumpan. Cara melakukan sepak sila adalah dengan berdiri menggunakan satu kaki.

Angkat kaki untuk menendang setinggi paha. Bengkokkan lutut ke arah samping. Tendang bola dengan kaki bagian dalam dan gerakkan tungkai kaki dari bawah menuju atas dengan keras. Fokuskan pandangan ke arah bola dan target.

Sepak sila merupakan cara untuk menyepak bola dengan menggunakan kaki bagian dalam yang fungsinya guna menerima sekaligus menimang bola, mengumpan serta menyelamatkan serangan lawan.

Sepak Kuda (Sepak Kura)

Menggunakan kuda kaki atau punggung kaki. Sebab itu ia bernama sepak kuda. FUngsinya untuk menimang bola yang datang dengan kncang, keras, dan rendah. Ini adalah usaha untuk menyelamatkan bola. Caranya dengan berdiri menggunakan satu kaki. Sedikitkaki menjadi tumpuan dan belokkan.

Angkay kaki untuk menendang dengan lurus di bagian depan badan hingga setinggi pinggul. Tendang bola dengan punggung kaki dan luruskan kaki saat menendang.

Sepak Cungkil

Adalah cara untuk menyepak bola dengan jari kaki untuk mengambilbola yang letaknya jauh atau pantulan dari blocking. Bahkan gerakan ini juga bisa untuk bola-bola rendah.

Menapak

Menyepak bola dengan telapak kaki untuk smash ke pihak lawan. Gerakan ini juga untuk membloking smash dan menahan bola dari lawan.

Sepak Simpuh atau Sepak Badek

Adalah sebuah teknik menyepak bola dengan kaki bagian luar atau sampinguntuk mengontrol bola dan menyelamatkannya dari pihak lawan.

Main Kepala (heading)

Adalah teknik untuk memainkan bola dengan kepala untuk menerima bola pertama dari lawan dan menyelamatkannya.

Mendada

Sesuai dengan namanya, mendada merupakan cara memainkan bola dengan menggunakan dada. Fungsinya untuk mengontrol bola agar kemudian dapat kembali dimainkan.

Jika bola yang datang setinggi dada, maka berdirilah dengan sikap kuda-kuda. Condongkan badan ke arah belakang dan busungkan dada. Jika badan menyentuh bola, keraskan dada dan dorong ke depan hingga bola memantul. Fokuskan pandangan ke arah bola dan sasaran.

Memaha

Mirip dengan mendada, cara ini adalah menahan bola dengan paha demi mengontrol bola. Hanya bola yang datang setinggi perut atau pinggang saja yang dapat kita tahan dengan teknik ini. Caranya dengan berdiri menggunakan satu kaki. Angkat kaki yang lain beserta paha. Tahan bola dengan paha atas dan fokuskan pandangan ke arah sasaran.

Membahu

Sama dengan kedua teknik sebelumnya. Teknik ini menahan bola dengan bahu sehingga dapat mempertahankan serangan mendadak. Jika kondisi sangat terdesak, teknik ini dapat kita gunakan.

Organisatoris lain baca ini: Prinsip Ekologi Organik: Definisi dan 7 Cara Bertahan

Aturan dalam Sepak Takraw

lapangan sepak takraw (vuiral.com)

Aturan dalam olahraga tidak serta merta langsung muncul sejak awal sejarahnya. Tentu saja terdapat organisasi yang menaungi dan mempertimbangkan mengenai hal ini. International Sepak Takraw Federationtelah membuat peraturan yang disepakati di tahun 2011.

Adapun aturan-aturan tersebut antara lain:

  • Permainan pada set pertama adalah milik regu yang memilih Sepak Mula saat undian berlangsung.

Pemenang dari set pertama juga akan menjadi pemulai pada set selanjutnya. Mirip dengan permainan sepak bola yang mana kapten masing-masing regu akan memilih koin dan wasit melemparkannya.

  • Begitu wasit menyebut angka, pelambung harus langsung melambungkan bola.

Apabila terdapat pemain yang mendahuluinya maka akan mendapat peringatan dan lambungan harus diulang.

  • Servis sah jika melewati net.

Sama halnya dengan badminton dan voli, baik menyentuh net atau tidak, servis adalah sah. Jatuh dan tidaknya di lapangan lawan pun tetap sah.

  • Servis oleh tekong boleh berbagai cara

Semua servis sah asalkan salah satu kaki pemain tetap ada di dalam lingkaran.

  • Angka menjadi milik regu yang dapat mematika bola di daerah lawan.
  • Kemenangan dalam satu set adalah 15 angka.

Apabila saat angka 14 terjadi seri, maka untuk menang harus mendapat selisih dua angka dengn angka terakhir adalah 17. Aturan ini mirip dengan badminton dan sama-sama dengan tiga set kemenangan.

  • Servis adalah tiga kali berturut-turut oleh tiap regu bergantian.

Jika terjadi duice (14-14) servis akan menjadi hak regu yang memperoleh poin.

  • Istirahat setiap set adalah dua menit untuk melakukan pertukaran tempat.
  • Hasil tie break menjadi penentu kemenangan apabila kedua regu memenangkan dua set. Angka 15 menjadi angka terakhir dan ikuti aturan no f.
  • Wasit akan melakukan undian sebelum tie break. Gunanya untuk menentukan pelaku servis pertama.
  • Pergantian tempat terjadi jika salah satu regu telah mencapai 8 poin.

Atlet Takraw Berprestasi

Indonesia dan dunia tidaklah kekurangan atlet berprestasi. Adanya klub-klub olahraga di daerah akan melath calon atletnya untuk maju dan mengikuti seleksi ke tahap nasional. Sebut saja Dini Mitasari yang menyumbangkan emas di setiap ajang ASEAN Games.

Hal ini adalah pembuktian bahwa pelatihan sepak takraw di Indonesia sudah cukup baik dan tidak bisa untuk kita remehkan. Bahkan di kancah internasional pun kita seharusnya menjadi perhatian bagi negara lain. Memang kita tidak bisa serta merta menyebut satu nama saja yang menjadi atlet berprestasi.

Hal ini karena sepak takraw merupakan olahraga beregu sehingga kekompakan menjadi salah satu faktor kemenangan.

Itu di Indonesia. Sedangkan di dunia, hasil dari Federasi Sepak Takraw Internasional menyebutkan bahwa Thailand menjadi peringkat pertama dalam cabang olahraga ini baik bagi tim putera maupun tim puteri.

Harapan kita adalah Indonesia yang telah unggul dalam ASEAN Games dapat melangkahkan kemenangannya di pertandingan dunia. Jadi lawan kita bukan lagi hanya sebatas ASEAN namun juga negara uni Eropa dan ASIA.

Sebaiknya evaluasi tetap terus kita lakukan dan mengintip gaya berlatih Thailand. Tidak ada salahnya untuk mencuri ilmu dari lawan dan mempraktikkannya.

Organisatoris lain baca ini: Struktur Organisasi PT Sido Muncul: 2 Strategi

Penutup

Sepak Takraw merupakan olahraga yang menggabungkan badminton dan voli serta sepakbola dan voli. Mulanya pencetus olahraga ini adalah rakyat Malaka yang terinspirasi dari olahraga tradisional China yang menggunakan kok.

Seiring perkembangan jaman, sepak takraw di Indonesia menjadi berkembang dan terbukti atas kemenangannya di ASEAN Games berkali-kali. PR bagi tim Indonesia adalah bagaimana cara untuk menjejakkan kaki ke kancah dunia setelah sukses dengan ASEAN.

ISTAF menyebutkan bahwa posisi tim takraw terbak saat ini masih berada di tangan Thailand yang sukses mengantar tim putri dan putranya berjaya di kancah internasional.

Daftar Pustaka

Sejarah Sepak Takraw

Sepak Takraw