Iklan Youtube, satu platform sejuta umat yang dinobatkan sebagai “si media punya segalanya”, bahkan menjadi satu tools bisnis iklan paling lejit. So, bagaimana strategi untuk winningnya? ~ Profit
Reni Cahyo Wening
Youtube iklan menjadi salah satu alternatif beriklan yang sangat efektif. Hal ini karena Youtube menjadi platform yang banyak penggunanya.
Bisa dilihat jika hampir setiap hari orang-orang di sekitar kita menggunakan aplikasi ini.
- Cara Memulai Iklan dengan Youtube
- 1. Mengupload Video ke dalam aplikasi Youtube
- 2. Membuat Campaign Terbaru Menggunakan Google Ads
- 3. Melengkapi Kampanye Iklan
- 4. Campaign Name
- 5. Bid Strategy
- 6. CPV ( Cost per Vier)
- 7. CPM ( cost per mile)
- 8. Budget
- 9. Networks
- 10. Youtube Search Result
- 11. Youtube Videos
- 12. Menentukan Siapa Audiens
- 13. Menentukan Demografi Audiens
- 14. Menentukan Minat Para Target Audiens
- 15. Menentukan Pemilihan Penempatan Iklan
- 16. Memilih Video Pengiklanan
- Pentingnya Youtube Iklan untuk Bisnis
- Kelebihan dan Kekurangan Beriklan di Youtube
- Alternatif Iklan Selain Youtube
Cara Memulai Iklan dengan Youtube
Di era modern sepertu saat ini, siapa sih yang tidak tahu Youtube? Youtube merupakan sebuah platform video yang memberikan banyak informasi. Banyak orang saat ini banyak menggunakan aplikasi ini.
Maka tidak heran, jika youtube bisa digunakan untuk memasang Youtube iklan supaya bisa diakses oleh semua orang.
Caranya beriklan menggunakan platform ini juga cukup mudah. Berikut ini adalah penjelasannya secara lengkap, yaitu:
1. Mengupload Video ke dalam aplikasi Youtube
Sebelum memulai kampaye atau iklan, unggahlah video iklan pada chanel Youtube. Supaya hasilnya bisa maksimal, maka kita harus memastikan kualitas video.
Pastikan video tersebut sudah baik dari segi tampilan dan sudah sesuai dengan ketentuan dari Youtube. Setelah itu, ikuti langkah ini:
- Masuk pada akun chanel Youtube
- Klik ikon pada bagian pojok kanan atas
- Klik opsi “ unggah video”
- Pilih video yang akan diunggah
2. Membuat Campaign Terbaru Menggunakan Google Ads
Setelah melakukan pengunggahan video, cara untuk beriklan menggunakan Youtube iklan adalah dengan masuk ke Google Ads. Ini merupakan langkah awal untuk melakukan campaign iklan. Berikut stepnya, yaitu:
- Masuk ke dalam Google Ads
- Klik opsi “ All Campaigns”
- Klik opsi icon +. Ini merupakan langkah untuk berkampanye baru video yang akan diiklankan
- Pilih dan tentukan tujuan periklanan
- Pilih opsi video
- Pilih serta tentukan jenis video untuk beriklan di Youtube. Ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan
- Pilih opsi Continue untuk melanjutkan ke tahapan selanjutnya
Pada dasarnya, tujuan dari beriklan di Youtube bisa berbeda antara satu dengan lainnya. Hal ini tergantung pada kebutuhan terhadap pemasaran.
Contohnya saja tujuannya adalah untuk membangun awareness atau meningkatkan grafik penjualan.
Organisatoris lain juga baca ini: JKN BPJS
3. Melengkapi Kampanye Iklan
Langkah selanjutnya dalam memulai Youtube ads Iklan adalah melengkapi data untuk melanjutkan proses pengiklanan selanjutnya. Ada beberapa komponen yang harus dilengkapi, yaitu:
4. Campaign Name
Campaign name merupakan data berisi nama yang menggambarkan kampaye pada iklan. Ini akan membantu dalam mempermudah di dalam proses pemantauan.
Maka dari itu, sebaiknya menggunakan nama campaign yang jelas apalagi jika sedang mengelola banyak iklan.
5. Bid Strategy
Bid Strategy adalah sebuah informasi yang berisi mengenai strategi apa yang akan digunakan dalam beriklan Youtube.
Ini menjadi hal yang penting dan harus dipikirkan secara matang supaya bisa membidik sasaran pemasaran yang tepat.
6. CPV ( Cost per Vier)
CPV merupakan salah satu ciri khas dari Youtube Iklan. Ini menunjukan nominal biaya dalam beriklan menggunakan Youtube.
Kita akan diminta untuk memilih berapa nomimal harga yang sesuai dengan jumlah view pada iklan.
7. CPM ( cost per mile)
Selain CPV, dalam periklanan menggunakan Youtube juga mengenal istilah CPM. Ini merupakan sebuah istilah pembayaran pada Youtube setiap per 1000 tanyangan video iklan.
8. Budget
Budget menunjukan berapa jumlah biaya yang akan dikeluarkan untuk menggunakan iklan di Youtube.
9. Networks
Networks berhubungan dengan lokasi mana yang akan ditampilkan pada iklan. Ini akan membantu di dalam memperluas jaringan sehingga iklan akan lebih efektif dan juga tepat pada sasaran.
10. Youtube Search Result
Youtube Search akan membantu dalam memunculkan iklan pada halaman hasil pencarian pada Youtube. Dengan begitu ini akan membuat lebih mudah dicari dan pada setiap penayangan video.
11. Youtube Videos
Youtube videos akan selalun muncul pada hasil pencarian. Selain itu, ini juga muncul pada halaman chanel di video iklan maupun homepage.
12. Menentukan Siapa Audiens
Hal yang sangat penting dalam sebuah Youtube khusus untuk Iklan adalah penentuan siapa saja audiens. Kita harus memilih siapa saja target pemasaran iklan yang nantinya akan melihat iklan secara spesifik. Ini tentu saja akan membantu meningkatkan terus penjualan. Berikut caranya:
13. Menentukan Demografi Audiens
Pada dasarnya sebuah iklan di Youtube akan memberikan keleluasaan untuk bisa menentukan siapa saja yang menjadi jaringan jangkauan pengiklanan. Ini dipilih berdasarkan beberapa hal mulai dari jenis kelamin, status, usia dan lainnya.
14. Menentukan Minat Para Target Audiens
Google Ads memiliki sebuah opsi dimana memungkinkan para penggunannya untuk menemukan target pasar secara lebih spesifik.
Ini akan membantu untuk bisa mengaet target pasar yang lebih besar dan luas sesuai dengan minat atau interest para audience.
15. Menentukan Pemilihan Penempatan Iklan
Langkah selanjutnya dalam membuat sebuah iklan di Youtube adalah dengan memilih dimana mana penempatan iklan. Bagaimanakah caranya? Berikut penjelasannya secara detail.
- Masukanlah kata kunci atau keyword . Ini diperoleh berdasarkan hasil riset dengan mengandalkan aplikasi pencarian keyword
- Menentukan dan melakukan pemilihan terhadap topik yang relevan sesuai dengan tampilan iklan
- Memilih penempatan iklan. Apabila ingin mengosongkan bagian ini, maka iklan akan muncul pada penempatan Youtube atau yang disebut dengan display. Pilihlah jaringan mana pun yang sekiranya sesuai dengan penargetan iklan.
16. Memilih Video Pengiklanan
Langkah terakhir dalam pembuatan Iklan di Youtube adalah dengan melakukan pemilihan video.
Pada saat memasukan link video, maka kita akan melihat beberapa rangkuman yang berasal dari ad setting sebelumnya.
Jangan lupa juga untuk melakukan pengisian pada URL. Ini berguna untuk menentukan tampilan display serta menambah call to action bagi siapa saja yang melihatnya.
Selain itu, ini bisa membuat headline menjadi lebih menarik.
Pentingnya Youtube Iklan untuk Bisnis

Di zaman seperti sekarang ini, bisnis sangat berkembang pesat. Banyak orang berlomba-lomba untuk membuka berbagai peluang bisnis yang menguntungkan. Di sisi lain, persaingan bisnis juga semakin ketat.
Untuk bisa mengimbangi persaingan dalam bisnis, maka para pebisnis berlomba-lomba untuk menyusun berbagai macam strategi pemasaran produknya.
Salah satunya adalah dengan menggunakan Youtube iklan.
Ini merupakan sebuah metode periklanan modern di mana mengandalkan platform Youtube sebagai sarana iklan.
Pada saat ini, Youtube sudah banyak digunakan oleh semua kalangan sehingga di rasa bisa menjadi strategi pengiklan yang tepat.
Pada saat ini, sudah banyak pengusaha memanfaatkan iklan dengan menggunakan Youtube.
Lalu penting dan pengaruhnya apa saja penggunaan Yotube iklan untuk kelangsungan bisnis? Berikut penjelasannya.
1. Sarana untuk Menghemat Biaya Promosi
Jika memulai sebuah bisnis baru atau hanya mempunyai modal yang terbatas, strategi marketing menggunakan Youtube menjadin salah satu pilihan yang tepat.
Semuanya bisa diakses secara gratis sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya promosi.
Para penggunannya tinggal membuat akun channel Youtube dengan bermodalkan alamat email.
Setelahnya, mereka bebas untuk meng-upload video tanpa batas serta melakukan interaksi dengan para audiens melalui kolom komentar maupun chat secara gratis.
Dengan kata lain, para penggunanya bisa berkomunikasi secara aktif dengan para audiens. Hal ini tentu saja bisa menambah jaringan serta memberikan sinyal jika pemilik bisnis peduli dengan para audiensnya.
Kepedulian inilah yang menjadi magnet atau daya tarik bagi para audiens.
Dengan begitu, mereka terdorong untuk semakin tertarik dengan brand yang diiklankan sehingga mereka berpotensi menjadi pelanggan.
Organisatoris lain juga baca ini: Cara Buat Karya Tulis Ilmiah
2. Mampu Menjangkau Target Pasar yang Lebih Banyak dan Luas
Pada saat menjalankan sebuah usaha bisnis, maka sangat penting membangun nama baik terhadap sebuah brand.
Ini akan membuat brand semakin dikenal di kalangan audiens atau target pasar. Penggunaan Youtube mampun mengaet audiens lebih banyak dan luas.
Telah diketahui, market di Indonesua mempunya 139 juta pengguna platform Youtube di tahun 2023.
Ini terus mengalami perkembangan dimana grafik pengguna Youtube semakin meningkat. Ini bisa menjadi buktu bahwa semakin taun semakin banyak pengguna aplikasi tersebut.
Melihat fenomena ini maka mengoptimalkan penggunaan Youtube untuk media promisi menjadi pilihan yang tepat.
Selain itu, ini bisa menjadi sarana untuk membangun brand produk sehingga lebih di kenal oleh masyarakat luas.
Para pengguna Youtube untuk bisnis harus senantiasa membuat berbagai konten video mernari dan mampu mempromisikan brand dengan media Youtube.
Platform ini juga memungkinkan potensi untuk bisa mem-viralkan sebuah brand dalam hitungan waktu yang cepat.
3. Bisnis Akan Selalu Berada di Urutan Teratas Mesin Pencarian Google
Pada dasarnya, Algoritma google pasti akan membuat sebuah penelusuran yang bersifat universal baik berupa berita, video, gambar dan lainnya.
Ketika membuka Google, tidak jarang menemukan video Youtube yang sering muncul dari hasil penelusuran.
Hal inilah yang membuktikan jika Google telah menganggap video menjadi hal yang sama pentingnya dengan halaman teks maupun sebuah artikel.
Apabila sebuah bisnis memilki website, maka bisa memakai Youtube sebagai salah satu bagian dalam marketing.
Ini akan membantu dalam meningkatkan otoritas pada situs bisnis pada Google.
Semakin tinggi otoritasnya maka akan semakin dikenal. Selain itu, akan mendapatkan ranking baik dalam situs pencarian google.
Kelebihan dan Kekurangan Beriklan di Youtube

Youtube telah menjadi tempat yang cukup populer sebagai sarana untuk berbagi video, mencari hiburan bahkan untuk melakukan promosi bisnis. Akan tetapi, media Youtube juga mempunyai kelebihan dan kekurangan.
Kelebihan Beriklan di Youtube
- Mempunyai Jangkauan yang Cukup Luas
Pada dasarnya, Youtube mempunyai banyak pengguna yang aktif dan tersebar di seluruh penjuru dunia. Dengan menggunakan platform ini maka bisa berpotensi untuk memperkenalkan bisnis ke audiens yang lebih banyak.
- Memiliki Video yang Berkesan
Dengan menggunakan Youtube maka penggunanya bisa membuat video yang menarik dan informatif. Ini menjadi salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan sebuah bisnis.
Platform ini semua orang bisa membagikan konten yang berkualitas.
- Memiliki Kemudahan dalam Berbagi
Platform memberikan kemungkinan bagi para pengguna untuk bisa membagikan video dengan sangat mudah ke beberapa media sosial.
Seperti instagram, facebook dan lainnya. Ini membuat visibilitas perusahaan semakin terlihat.
Kekurangan Beriklan Menggunakan Youtube
- Persaingan yang sangat Ketat
Pada zaman sekarang ini banyak orang yang memanfaatkan Youtube sebagai tempat iklan. Maka dari itu, banyak persaingan yang sangat tinggi.
- Kendala Penggunaan Internet
Ketika menggunakan Youtube tentu saja memerlukan sambungan internet yang stabil.
Apabila sinyal buruk maka bisa menyebabkan pengalaman menonton video terganggu. Tentu saja hal ini akan menghalangi potensi pengunjung menonton video promosi.
- Iklan yang Bersaing
Pada dasarnya, Youtube tidak hanya penuh dengan video promosi bisnis lain.
Akan tetapi, ini juga berisi iklan yang berbayar tanyang di awal, di temgah atau setelah diunggah. Ini bisa menghilangkan minat audiens untuk melihatnya.
- Kurang Bisa Mengontrol
Platform Youtune memiliki beberapa kebijakan serta peraturan yang cukup ketat terkait pengunggah sebuah konten.
Maka dari itu sangat perlu sekali berhati-hati agar tidak melanggar peraturan dan akun tidak di banned.
Alternatif Iklan Selain Youtube

Selain menggunakan platform Youtube , ada beberapa cara alternatif untuk beriklan. Salah satunya adalah dengan menggunakan iklan advertorial.
Ini merupakan sebuah iklan yang berbentuk mirip seperti media massa misalnya saja artikel, koran majalah, dan lainya.
Iklan ini berisi kurang lebih 70 % manfaat atau keunggulan pada produk bisnis dan 30 % promosi.
Maka tidak heran jika jenis iklan ini tidak nampak seperti iklan pada umumnya yang menggunakan gambar maupun video.
Organisatoris lain juga baca ini: Jasa Publikasi Jurnal Sinta
Ada banyak jasa pembuatan iklan advertorial dan Youtube iklan. Ini akan membantu sebuah perusahaan untuk mengiklankan dengan sangat efektif.
Selain itu, harganya juga cukup murah terjangkau. Penasaran? Yuk segera hubungi 081329694985 untuk mendapatkan layanan pengiklanan terbaik.
Sumber: