Organisasi Kepemudaan Nasional Indonesia
Kegiatan Kepemudaan Dari Berbagai Organisasi Sebagai Cikal Bakal Lahirnya Sumpah Pemuda (Foto: Okezone.com)

75 Organisasi Kepemudaan Nasional, Mahasiswa Dan Sayap Partai

Diposting pada

Organisasi Kepemudaan, merupakan wadah berhimpun generasi muda, sebagai energi masa depan bangsa, sebagai persiapan menjadi pemimpin.

I & W Organon, Organisasi.co.id

Usia berapakah yang masuk dalam kategori Pemuda?

Maka jawabannya ketika mengacu pada UU No. 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan, memberikan batas usia muda antara 16 s/d 30 tahun.

Adapun usia yang masuk dalam kategori remaja dan dewasa, Sehingga dengan semikian usia pertumbuhan dan perkembangan secara efektif. Dan juga usia baik untuk belajar dalam hal mematangkan keterampilan berorganisasi.

Namun sebelum membahas tentang organisasi kepemudaan Nasional yang ada saat ini, maka lebih awal akan kita bahas tentang lembaga yang menjadi ujung tombak pemuda dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Selanjutnya 92 tahun yang lalu atau pada 28 Oktober 1928, hampir seabad, para pemuda dari seluruh nusantara Indonesia berdiri. Pada Akhirnya mereka berdiri pada baris terdepan merancang dan menyerahkan jiwa dan raga mereka untuk Indonesia yang tercinta.

Kongres Organisasi Kepemudaan Sebelum Kemerdekaan Indonesia

Indonesia Merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 namun sebelum Proklamasi kemerdekaan, ada peristiwa bersejarah yang terjadi. Yakni pada tanggal 28 Oktober pada tahun 1928.

Merupakan hari bertemunya para pemuda dari berbagai pemuda dan lembaga, untuk menyatukan sikap dan solidaritas nasional. Mencetuskan lahirnya sumpah para pemuda dalam hal menyatukan mereka setanah air.

Maka, sejak peringatan sumpah pemuda, “virus nasionalisme” terus menjalar ke seluruh nusantara. Selanjutnya, negara ini merdeka.

Hingga saat ini telah berdiri beberapa wadah yang menjadi lembaga untuk berhimpun dan bersatunya pemuda dalam berbagai lembaga.

Organisasi Pemuda Nasional

Apa pengertian organisasi kepemudaan?

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 tahun 2009 tentang Kepemudaan, Yakni pasal

1. Pemuda adalah warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 (enam belas) sampai 30 (tiga puluh) tahun.

2. Kepemudaan adalah berbagai hal yang berkaitan dengan potensi, tanggung jawab, hak, karakter, kapasitas, aktualisasi diri, dan cita-cita pemuda.

Sumber: Joloabang

Organisasi Kepemudaan atau selanjutnya kita sebut OKP, sebagai singakatnnya. Menjadi sebuah lembaga yang berdiri dan aktif dalam melakukan pembinaan kepada pemuda sebagai calon pemimpin bangsa masa datang.

Berikutnya, Apakah Kamu kenal tokoh seperti Akbar Tandjung, Anies Baswedan? Nah Bang Akbar dan Anies itu jebolan HMI, dan pernah menjabat sebagai Ketua Umum HMI.

Ini hanya salah satu contoh saja, maka seorang penggiat lembaga mahasiswa banyak yang sukses dalam ruang lingkup politik maupun pemerintahan dan bisnis. Masih banyak tokoh nasional yang lahir dari organisasi kemahasiswa sebagai seorang organisatoris.

Nah, untuk mengetahui organisasi apa saja tempat mengkader para pemuda itu, berikut beberapa OKP yang eksist membina pemuda dan mahasiswa, yakni:

HMI

Kalau HMI, merupakan Organisasi yang satu ini merupakan singkatan, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), selanjutnya harus kita ketahui berdiri 5 Februari 1947, Yogyakarta.

Logo HMI
Logo Organisasi HMI (Foto:Transisi.org)

Melalui Kongres XI HMI tahun 1974, menepatkan bahwa Pendiri HMI adalah Lafran Pane dan kawan-kawan, termasuk nama-nama, yakni : Kartono Sarkasi, Dahlan Husain, St Zainah Alatas, Maisaroh Hilal, Yusdhi Gosali, Zulkarnain dan Marwan. Sumber: Swarnanews.co.id.

Fatayat NU

Berikut lembaga yang bergabung banyak pemuda adalah Fatayat Nahdlatul Ulama (Fatayat NU), berdiri 24 April 1950 di Surabaya.

Fatayat NU
Logo Fatayat NU (Foto:PPFatayatNU.Or.id)

Adapun bertindak sebagai yang tercatatkan namanya menjadi pendiri adalah Maryam Thoha, Nihaya Bakri dan yang ketiga adalah Asnawiyah.

Alamat Website Resmi: Fatayatnu.or.id

PM

Kemudian, dalam Organisasi Muhammadiyah terdapat Organisasi Otonom Pemuda Muhammadiyah (PM), berdiri 2 Mei 1932 Di Djogjakarta. Merupakan wadah bagi siswa-siswi Muhammadiyah, yang tidak lain merupakan murid dari KH.Ahmad Dahlan.

Logo Pemuda Muhammadiyah
Logo Pemuda Muhammadiyah (Foto:Pwmu.co)

Dengan struktur yang mencakup pimpinan Pusat, hingga pimpinan ranting (setingkat desa). Pemuda Muhammadiyah menjadi sebuah organisasi yang memiliki anggota dengan pengurus seluruh nusantara.

NA

Hampir sama dengan Pemuda Muhammadiyah, juga berdiri Nasyiatul Aisyiah (NA), Berdiri 19 Mei 1919 di Djogjakarta. Awalnya, bukan bernama Naisyiatul Aisyiah (NA), melainkan Siswa Praja Wanita, dan berganti nama menjadi NA pada tahun 1931.

Adapun pendiri dari organisasi khusus terhuni para wanita Muhammadiyah tersebut adalah Sumodirdjo.

PPM

Awalnya bukan bernama Pemuda Panca Marga (PPM), tapi bernama Kesatuan Anak Veteran Republik Indonesia (KAVRI). KAVRI merupakan eksponen yang pada bagian-bagiannya merupakan gabungan dari anak para veteran.

Anak para veteran ini mendeklarasikan KAVRI pada 21 Oktober 1966. di Sumatera Barat. Selanjutya 27 April 1971, Tepatnya Bali, juga berdiri lembaga dengan konsentrasi anggota anak Veteran bernama P3M (Persatuan Pemuda Panca Marga LVRI).


Sebagaimana Veteran merupakan “alumni” pejuang yang bertempur pada arena peperangan. Sehingga dalam waktu tahun 1945 hingga 1979, banyak dari para Veteran menjabat pada negara ini. Maka akses kepada presiden sangat tinggi.

Kemudian Negara memberikan Apresiasi, dengan menetapkan Pemuda panca Marga, sebagai anak kandung dari LVRI, melalui Kepres Nomor 254 Tahun 1980. Maka melalui Rakernas (Rapta Kerja Nasional) PPM Seluruh Indonesia, pada 20 sampai 27 Januari 1981.

Maka pada Kongres tersebut Memutuskan bahwa 22 Januri 1981, sebagai hari lahir dari organisasi putra-putri para Veteran.

Gema Kosgoro

Isman (Ayah dari Hayono Isman) Pendiri dari Gerakan Mahasiswa Kosgoro (Gema Kosgoro), berdiri 10 November 1957. GEMA Kosgoro merupakan sayap dari Partai Politik Golongan Karya.

Sebagaimana Kosgoro adalah singkatan dari Kesatuan Organisasi Gotong Royong. Kata Gotong Royong merupakan tagline dari Golongan Karya (Partai).

Dalam perkembangannya Gema Kosgoro menyasar para mahasiswa sebagai kelompok pemilih pemuda untuk mendukung gerakan Golkar saat itu.

BKPRMI

Organisasi selanjutnya, Badan Komunikasi Pemuda Remaja Mesjid Indonesia (BKPRMI), dideklarasikan pada 3 September 1977 bersamaan dengan 19 Ramadhon 1397 Hijriah. Pada Kota Bandung Jawa Barat Tepatnya Masjid Istiqamah.

Sehingga BKPRMI menjadi sebuah organisasi untuk berhimpun para pemuda Islam yang masih berusia remaja. Meskipun namanya Remaja Masjid, namun juga terdapat beberapa orang Dewasa yang mengurusnya.

Maka menjadi kenangan bahwa Pendiri daripada BPKRMI, adalah Toto Tasmara, Murtafid Amna dan sebagainya, sebagai pencetus berdirinya BKPRMI.

HIMMAH

Himpunan Pemuda Al Washliyah Atau HIMMAH lembaga yang berdiri pada 30 November 1959.

KMI

Selanjutnya Kesatuan Mahasiswa Islam, merupakan OKP (organisasi Kepemudaan). KMI beda dengan HMI. KMI berdiri sebagai bagian dari Organisasi Persatuan Tarbiyah Islam yang mendeklarasikan diri pada tahun 1939.

Organisasi ini berpusat pada provinsi Aceh, namun mengalami pasang surut dalam melakukan pembinaan pemuda dan remaja Islam, sehingga namanya tidaklah setenar HMI, IMM dan PMII.

Meskipun demikian, organisasi ini merupakan organisasi Mahasiswa Islam yang aktif melakukan pengkaderan terutama pada Daerah Istimewa Aceh.

Fokusmaker

Berikut, Merupakan organisasi yang berdiri pada 23 Agustus 1982, tepatnya pada puncak bogor. Maka wadah ini bernama Forum Komunikasi Study Mahasiswa Kekaryaan (Fokusmaker).

Fokusmaker merupakan sayap daripada golongan karya, sama dengan Gema Kosgoro.

SAPMA PP

Satuan Mahasiswa Pemuda Pancasila (SAPMA PP), Resmi berdiri pada 20 Mei 1988. Dan menjadi bagian dari Ormas induk mereka Pemuda Pancasila.

SAPMA PP merupakan organisasi yang menghimpun pada pemuda, pelajar dan Mahasiswa dalam lingkup pendidikan (Sekolah serta Mahasiswa). Untuk melatih mereka menjadi kader yang akan berdiri pada baris melindungi Dasar Negara Pancasila.

HIPMI

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) secara formal berdiri sebagai perhimpunan resmi pada 10 Juni 1972. Sebagai sebuah wadah untuk menghimpun pemuda, dalam meningkatkan minat pemuda menjadi seorang pengusaha.

HIPMI sempat tenggelam, tidak setenar sekarang ini pada dekade tahun berdiri hingga tahun 2000. Namun saat ini, organisasi ini tumbuh subur dan memiliki banyak peminat pengusaha muda tanah air.

AMPG

Selanjutnya Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG), Berdiri tepatnya pada 9 Februari 2002. Maka saat Rapim V Partai Golongan Karya, Hal itu sekaligus menjadikan partai “Orde Baru” tersebut melakukan upaya “recovery” pasca Reformasi.

Sebagaimana ketika tahun 1998 setelah tumbangnya Soeharto melalui gerakan Reformasi, sehingga Posisi Partai Golkar pendukung rezim Soeharot menjadi “bulan-bulanan”, dan sempat terpuruk serta mendapatkan banyak tekanan.

Banyak pengurus Golkar yang enggan memakai atribut partai tersebut. Hal itu semakin kencangnya penolakan kepada Partai tersebut.

Namun beberapa pengurus pusat yang tetap setia dalam kepengurusan Golkar mengambil sikap bahwa penyelamatan partai adalah sebuah keharusan.

Maka untuk kembali mematangkan serta memastikan partai tersebut menjadi kuat, maka pendirian organisasi sayap, Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) menjadi sebuah cara untuk mengembalikan “kekuatan” partai.

IPNU

Selanjutnya organisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Berdiri pada 24 Februari 1945 bertepatan dengan  20 Jumadil Akhir 1373. Sebagai sebuah ikatan untuk pelajar dalam lingkup ormas Nahdlatul Ulama.

Alhasil, Dalam posisi IPNU dengan NU, sama dengan PM pada Muhammadiyah, merupakan organisasi sayap yang memiliki otonomi khusus mengkader pada pelajar NU.

Berikut, pendiri organisasi ini adalah Tholhah Mansyur dan kawan-kawan.

IMM

Semua kampus, baik akademi, peliteknik, institut hingga Universitas dalam lingkup Muhammadiyah, maka harus mendirikan organisasi internal mahasiswa bernama Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM).

Tepatnya pada pusat pendirian Muhammadiyah yakni Djogjakarta, juga sebagai daerah tempat berdirinya IMM, tanggal 14 Bulan Maret 1964 M bertepatan dengan 29 Syawal 1384 H.

Adapun pendiri IMM adalah Djazman Alkindi dan kawan-kawan menjadi pencetus berdirinya organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah.

PMII

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) berdiri tepat pada 17 April 1960, Surabaya. Dengan Pendiri Ahmad Husein Dan Kawan-kawan, yakni: Khalid Mawardi, Makmun Syukri, Laily Mansyur dan sebagainya.

Organisasi ini terinspirasi oleh berbagai organisasi lokal dalam lingkup NU, seperti: IMANU (Ikatan Mahasiswa Nahdlatul Ulama), KMNU (Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama), serta IPNU.

GP Ansor

Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor), berdiri atas jasa KH.Abdul Wahab, 24 April 1934. Sebelumnya bernama Persatuan Pemuda NU (PPNU), ataupun pemuda NU (PNU). Kemudian berubah lagi menjadi Anshoru Nahdlatul Oelama (ANO).

Selanjutnya menjadi Barisan Anshoru Nahdlatul Oelama (BANOE).

Kependudukan Jepang, penjajah kejam tersebut menghancurkan semua organisasi pemuda, demi menghilangkan kekuatan kepemudaan. Termasuk BANOE tidak bisa berbuat banyak.

Maka berkat kegigihan Moh, Chusaini Tiway, tepatnya 14 Desember 1949, ANO kembali bangkit dengan nama Gerakan Pemuda Ansor. Semua piranti organisasi mengadopsi ANO. Hanya merubah nama menjadi GP Ansor.

AMPI

Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI), berdiri pada 28 Juni tahun 1978, dengan Pendiri, Akbar Tandjung yang kemudian hari menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar.

Memiliki tujuan menciptakan calon pemimpin nasional dengan pola pengkaderan persiapan menjadi pemimpin masa datang.

Organisasi Pemuda Lainnya

  1. Gerakan Muda Trikora (GEMA Trikora)
  2. Pemuda Reformasi Indonesia (PRI)
  3. Ikatan Putra Putri Indonesia (PPI)
  4. Ikatan Pemuda Tarbiyah Islamiyah (IPTI)
  5. Forum Bersama Pemuda Cinta Bangsa (Forbes Peucinsa)
  6. Generasi Muda Mathla’ulanwar (DPW GEMA MA)
  7. Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri TNI (PD-I GM FKPPI)
  8. Ikatan Siswa Kader Dakwah (ISKADA)
  9. Ikatan Putra Putri Al Washliyah (IPA)
  10. Pemuda Muslimin Indonesia (PMI)
  11. Gerakan Muda KIARA (GM KIARA)
  12. Generasi Muda Penegak Amanat Rakyat Indonesia (GM GAKARI)
  13. Generasi Muda Persaudaraan Muslimin Indonesia (GM Parmusi)
  14. Srikandi Pemuda Pancasila (Srikandi PP)
  15. Pemuda Penerus Amanat Proklamasi Republik Indonesia (PPAPRI)
  16. Gabungan Pemuda Pembangunan Indonesia (GPPI)
  17. Ikatan Pemuda Iskandar Muda (IPIM)
  18. Generasi Muda Pembangunan Indonesia (GMPI)
  19. Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU)
  20. Ikatan Remaja Muhammadiyah (IRM)
  21. Gerakan Pemuda Indonesia (GPA)
  22. Pemuda Islam (PI)
  23. Wira Karya Indonesia (WKI)
  24. Gerakan Pemuda Islam (GPI)
  25. Baladhika Karya (DPD BK)
  26. Mahasiswa Pembangunan Indonesia (MPI)
  27. Angkatan Muda Islam Indonesia (AMII)
  28. Ikatan Pemuda Cinta Bangsa (IPEUTABA)
  29. Ikatan Mahasiswa Sosialis Demokrat (IMASOSDEM)
  30. Himpunan Pemuda Inshafuddin (HP Inshafuddin)
  31. Pemuda Kongres (Pemuda Kongres)
  32. Barisan Pemuda Nasional Indonesia (BPNI)
  33. Generasi Muda Pembangunan (GMP)
  34. Kossi Dunia Pemuda (KDP)

Organisasi Sayap Partai

  1. Pemuda Bulan Bintang (PBB)
  2. Gerakan Pemuda Ka’bah (GPK)
  3. Generasi Muda Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (GEMA MKGR)
  4. Pemuda Demokrat Indonesia (PDI)
  5. Angkatan Muda Ka’bah (AMK)
  6. Barisan Muda Kosgoro 1957 (BM Kosgoro ’57)
  7. Barisan Muda Partai Amanat Nasional (BM PAN)
  8. Banteng Muda Indonesia (BMI)
  9. Barisan Muda Demokrat (BM Demokrat)
  10. Generasi Muda Kosgoro (GM Kosgoro)

Demikian daftar wadah berhimpun pemuda secara nasional untuk mengakomodir pemuda pemudi, pelajar: siswa dan mahasiswa seluruh nusantara, dalam rangak persiapan mereka menjadi calon pemimpin masa datang.

Baca juga Organisasi lainnya:

  1. Teori Organisasi Dasar, Arti, Struktur, Persidangan Dan Periode Kepengurusan
  2. Aliran Organisasi Ada 5: Klasik, NeoKlasik, Modern, Post & Milenial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *