Apa itu diving rp?
Diving RP (Foto: befreetour.com)

Apa Itu Diving di RP?: 4 Aturan Permainan

Diposting pada

Apa itu diving di rp? Adalah satu pertanyaan untuk olahraga selam yang sekarang banyak perbincangan, terutam pada era pandemi seperti saat ini. Jadi, mari kita kupas tuntas mengenai definisi, sampai kepada aturan permainan dari olahraga tersebut.

Ayu Maesaroh, Olahraga – organisasi.co.id

Hai organisator? Hari ini apakah masih terus menjalani rutinitas seperti biasa? Semoga saja menjadi hal yang menyenangkan ya di hari ini.

Atau ada yang baru saja melakukan hobi? Seperti melukis, menulis, bernyanyi, berenang, atau bahkan menyelam? Betul.

Melakukan hal yang kita inginkan, memang sangat menyenangkan. Kerap kali kita sebagai orang yang melakukannya, tidak segan untuk menghabiskan waktu.

Berkutat, mendalami beberapa hal penting mengenai hobi kita. Mungkin banyak orang yang kemudian, mengompori orang lain, menganggap apa yang kita lakukan adalah hal yang sia-sia.

Padahal, tidak semua aktivitas yang tercipta di bumi, berbuntu pada sebuah kesia-siaan. Ada begitu banyak orang yang mereka tidak tahu, berkutat sedemikian panjangnya waktu, hanya ingin mahir dalam hobi mereka.

Dan siapa sangka, hobi tersebut malah menjadi satu profesi utama yang menjanjikan, membuat mereka berubah menjadi mandiri. Setidaknya tidak lagi bergantung kepada orang tua, alias, hasil jerih payah sendiri.

Begitu juga dengan olahraga diving. Yang sekarang di era abad 21, telah begitu banyak orang yang kemudian tertarik, dan berujung mengambil lisensi sebagai penyelam profesional.

Tapi, apa pengertian dari diving rp itu? Untuk itu, berikut beberapa pembahasan selengkapnya:

Kemajuan Diving di Era Digital

Seperti pertanyaan tadi, apa itu diving rp? Bagaimana bisa muncul? Kejayaannya seperti apa? Dan lain sebagainya. Benar.

Sebelum olahraga selam sekarang begitu maju, sudah begitu lama sebenarnya olahraga ini ada, dan bahkan zaman purbakala terpakai untuk memburu makanan yang ada di bawah laut.

Mengingat pada zaman tersebut, mau tidak mau manusia harus bertahan hidup. Mencari cara agar mendapatkan makanan walau dengan tata cara yang sangat sederhana, atau yang terkenalnya adalah primitif.

Hingga kemudian lambat laun, era berganti, dan peradaban manusia pun berubah. Olahraga selam kemudian menjadi satu hal penting bagi para TNI, ketika harus menghadapi perang dunia ke II.

Dari hal tersebut, kemudian terciptalah berbagai alat untuk memudahkan para penyelam saat melakukan selam. Setelah pertempuran berakhir, usut punya usut.

Beberapa alat tersebut kemudian jual-belikan oleh beberapa pihak yang ada. Meski masih tingkatnya sederhana dalam pembuatan alat tersebut.

Nyatanya banyak peminat yang kemudian membelinya. Hal tersebut pula yang akhirnya mencetuskan, mengenai lahir atau munculnya olahraga selam ke permukaan, tepatnya pada tahun 1950-an.

Di Indonesia pun tidak jauh berbeda sejarahnya. Berawal dari para TNI Indonesia yang dikirimkan untuk membantu peperangan saat perang dunia II.

Mereka secara tidak langsung mendapatkan berbagai pembelajaran tentang selam. Mulai dari topik apa itu olahraga diving rp, dan sebagainya. Hingga saat perang dunia II selesai, mereka kembali ke tanah air, dan mulai menyebarkan semua ilmu yang ada.

Tapi, bagaimana kemajuan selam di era sekarang? Mengingat era sekarang dengan sistem PPKM yang entah kapan berakhir.

Tapi jangan khawatir, sekarang sudah ada berbagai peraturan yang kemudian menuntut para penyelam menaatinya, sebelum melakukan selam.

Seperti yang terlansir di inews.id, pada tahun lalu saja, wisata selam di buka dengan menggunakan syarat ketentuan yang berpedoman pada CHSE.

Atau singkatan dari Cleanliness, Health, Safety, serta Enviromental Suistanibility. Peraturan tersebut menjadi pokok agar nantinya para wisatawan dapat nyaman ketika akan melaksanakan olahraga selam tersebut.


Konsep Dasar Permainan Selam

Apa itu konsep dari diving rp?
Konsep diving (Foto: travelingyuk.com)

Sejalan dengan hal tersebut, kemudian ada pertanyaan lagi, mengenai bagaimana konsep dari permainan olahraga selam tersebut?

Mengingat kita sangat paham, bahwa antara selam dengan beberapa olahraga air lain, sangat berbeda. Bahkan peraturannya pun ketat.

Harus orang yang mempunyai lisensi profesional untuk dapat melakukan apa itu olahraga diving rp. Jika tidak, maka kalian tidak bisa melakukan selam.

Konsep dasar dari permainan ini, sebenarnya hanya menyelam dengan memperhatikan beberapa teknik selam yang ada. Teknik tersebut seperti:


1. Water Entery

2. Menghilangkan uap di area bagian masker

3. Menyesuaikan antara telinga dengan tekanan dari laut

4. Serta mencoba untuk menyeimbangkan diri antara tubun dengan tekanan laut yang semakin dalam, semakin besar.

Teknik-teknik tersebut sangat tidak mudah, oleh karenanya butuh orang yang benar-benar profesional dalam menyelam ini, dengan bukti “lisensi profesional selam”.

Organisatoris lain baca ini: Snorkeling dan Diving: Pengertian Hingga 3 Perbedaan

Konsep lain yang menjadi alasan kuat, adalah masalah kedalaman yang tidak biasa. Bahkan bisa lebih dari 300 meter dari kedalaman laut.

Butuh adanya managemen pengaturan nafas yang tinggi, agar seseorang dapat bertahan di kedalaman laut tertentu. Jadi, jangan sembarangan ya ketika menyeletuk ingin menjadi seorang penyelam profesional, tapi belum siap mental apalagi fisik.

Selanjutnya adalah dari pernafasan. Konsep pernafasan dalam hal ini, adalah meminimalisir bagaimana kita sebagai seorang penyelam profesional, kemudian memanagemen dalam penggunaan tabung oksigen agar bisa lebih lama dalam kedalaman laut tertentu.


Istilah Lain Olahraga Selam

Terlepas dari hal tersebut, dalam olahraga selam ada beberapa istilah yang sering kita dengar. Seperti contohnya adalah “selam”.

Yang merupakan nama lain untuk olahraga selam ini. Sebenarnya hanya memudahkan orang dalam memahami olahraga tersebut.

Kemudian mengenai scuba diving. Adalah satu istilah untuk penamaan dari cabang olahraga selam, yang sekarang banyak terucap ketika sebuah perhelatan perlombaan terlaksana. Entah tingkat nasional, Asia, maupun Internasional.

Adapun olahraga lain yang kemudian banyak kaitannya dengan selam, padahal keduanya sangat berbeda. Ialah snorkeling.

Keduanya sangat berbeda. Mulai dari peraturan, sampai kepada alat safetynya. Snorkeling sering disebut diving versi mudah oleh beberapa orang.

Padahal untuk evel mudahnya saja, selam butuh keseriusan lebih, agar nantinya dapat menyerap ilmu dengan mudah pula.

Tidak heran kemudian ketika akan mendaftarkan diri untuk bisa mendapatkan lisensi. Seseorang harus merogoh kocek yang lumayan dalam. Karena kembali lagi para peraturan, konsep, serta teknik lain yang memang tidak bisa terserap secara sembarangan.

Termasuk dengan istilah “olahraga renang air”. Istilah ini sering berlaku untuk mengelompokkan selam pada cabor renang.

Termasuk di FINA yakni organisasi resmi secara internasional, yang sah, mengklaim bahwa selam ikut dalam jenis olahraga air, dan bisa bertanding.


Aturan Permainan Selam

Dan karena sudah tersinggung mengenai aturan dari apa itu olahraga diving rp, jadi, mari kita bahas selengkap-lengkapnya.

Gunanya? Supaya mendapatkan gambaran bagaimana nantinya, ketika seseorang berniat untuk menjadi penyelam profesional.

Berikut beberapa peraturannya:

Kuasai Teori

Menguasai teori selam adalah aturan pertama, untuk para pemula yang baru memasuki dunia selam tersebut. Seperti mengenal sejarah , teknik, sampai kepada bagaimana nantinya kita dapat menyelam dengan baik.

Kemudian masalah persoalan peralatan. Juga perlu adanya pembelajaran berlanjut. Terutama dalam 3 aspek. Yang pertama adalah memilih peralatannya, persiapan, sampai kepada cara merawat peralatan selam dengan baik.

Kuasai Teknik

Selanjutnya adalah menguasai beberapa teknik selam yang ada dalam olahraga tersebut. Tidak bisa kemudian seorang pemula, dapat melakukan selam dengan baik, ketika mereka tidak melalui masa-masa tersebut.

Walau pun terlihatnya sangat mudah, nyatanya antara menyeimbangkan tubuh dengan tekanan air laut, kemudian pernafasan yang harus teratur, saat praktek tidak sesuai dengan realita yang ada.

Praktek di Kolam Renang

Aturan yang selanjutnya bagi pemula, adalah mencoba terlebih dahulu menyelam di kolam renang. Tujuannya? Melatih dari pernafasan kita.

Organisatoris lain baca ini: Induk Olahraga Selam: 3 Perbedaan Diving Dan Snorkeling

Kemudian keseimbangan tubuh, saat harus bertahan pada tekanan tertentu di dalam air. Keduanya harus selaras, benar-benar dikuasai.

Langsung Ke Laut

Untuk level ini, bagi pemula yang memang sudah menguasai beberapa pembelajaran yang ada. Mereka kemudian mencoba menyelam di laut secara bertahap.

Terus begitu hingga akhirnya mereka akan semakin mahir ketika hal tersebut terus terasah.

Itulah beberapa peraturan yang perlu adanya pengindahan kepada seorang pemula, yang ingin menjadi penyelam profesional, dengan mengantongi lisensi.


Induk Organisasi Diving Internasional

FINA logo (Foto: fina-brand.com)

Jadi, apa itu induk organisasi dari diving rp? Bukankah olahraga tersebut kemudian mendapatkan perhatian dari kancah Internasional, dan memang layak untuk ikut menjadi salah satu cabor yang dapat bertanding?

Dan kenyataan sesuai dengan ekspektasi kali ini. Selam menjadi salah satu cabang olahraga yang kemudian bergabung dalam FINA, atau Federation Internationale de Nation.

Federasi Internasional yang menaungi beberapa olahraga air, yang terkenal di dunia, termasuk diving tersebut. FINA sudah berdiri sejak tahun 1908, dengan pendiri pertama kali, ialah George Hearn, sebagai ketua umum pada tahun tersebut.

Untuk sekarang, sekretaris resmi dari FINA yakni di Aljazair, dengan ketua umum yang mana periode bakti di tahun 1988 sampai dengan sekarang, ialah Mustapha Lafaoui.

FINA sendiri sudah mempunyai lebih dari 200 anggota yang tersebar di beberapa negara. Bahkan organisasi tersebut telah menaungi 5 asosiasi federasi tingkat regional, yakni:

1. AASF untuk federasi renang di tingkat Asia

2. CANA, pada wilayah Afrika

3. ASUA, federasi pada bagian negara Amerika

4. LEN, pada wilayah regional di negara Eropa

5. OSA, di wilayah regional pada negara bagian Oseania.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai apa itu diving di rp. Beberapa poinnya dapat kita pahami secara mendalam, mulai dari sejarah, kemajuan.

Lalu ada teknik, konsep yang perlu kita pahami betul oleh para pemula. Juga mengenai beberapa istilah, yang terkadang sangat jauh kaitannya dengan selam.

Meski terlihatnya sama, namun ranah selam lebih dalam ketika harus menyelam. Tidak heran jika kemudian, melakukan selam harus berada di bawah pengawasan orang yang sudah berlisensi profesional.

Tidak boleh sembarangan, apalagi hanya untuk iseng semata. Pun dengan organisasi internasional dari selam. Bisa kita pahami bagaimana olahraga selam kemudian muncul.

Dan menyeruak ke luar. Sehingga tidak ada alasan yang kemudian membuat olahraga ini tidak ada wadah resmi, yang menaungi beberapa penggiat olahraga selam.

Yang mana mereka dengan rela meluangkan waktunya, untuk terus belajar dan belajar, mengenai olahraga selam tersebut.

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka:

  1. blublub.co
  2. inews.id
  3. id.wikipedia.org
  4. femina.co.id
  5. p2kp.stiki.ac.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *