susunan acara perpisahan guru
Mengatasi demam panggung(Kementrian Pendayagunaan)

Susunan Acara Perpisahan Guru: 2 Trik Pembuatan Teks

Diposting pada

Ada pertemuan tentu ada perpisahan. Dalam kehidupan sehari-hari kita kerap menjumpai kepergian seseorang termasuk guru. Ada baiknya kita mempersiapkan susunan acara perpisahan guru yang baik agar meninggalkan kesan yang baik pula.

Tika, Konsep Organisasi – organisasi.co.id

Pentingnya Susunan Acara

Acara yang pernah kita hadiri tentu bermacam-macam. Masyarakat Indonesia sangat kental dengan keramahtamahannya maupun kesigapan dalam menjamu seseorang. Bahkan rasa sosial mereka juga tinggi.

Tidak heran jika hampir di segala situasi masyarakat membuat acara. Baik dari sisi kebudayaan yang bersifat turun temurun ataupun justru karena perkembangan jaman. Bahkan dari sisi keagamaan juga kerap memiliki tema acara tersendiri.

Durasi setiap acara berbeda-beda. Tamu dan pengisi acara juga berbeda-beda. Pembawa acara akan mengalami kesulitan jika tidak mencatat poin-poin penting yang harus mereka ucapkan. Sebab itulah muncul susunan acara.

Pentingnya susunan acara adalah:

  • Membantu pembawa acara untuk mengatur acara
  • Memberikan gambaran kepada para tamu mengenai acara yang mereka hadiri
  • Membantu pengisi acara untuk mengatur waktu dan durasi mereka saat mengisi acara.
  • Panitia acara dapat mengestimasi lamanya acara dan menyiapkan segala keperluan dengan tepat.

Dengan kata lain adanya susunan acara akan sangat bermanfaat bagi peserta, pembawa acara, dan juga pengisi acara. Mungkin kita pernah menghadiri sebuah acara yang tidak jelas ujungnya? Biasanya itu terjaid pada acara yang bertemakan hiburan.

Acara konser musik umumnya tidak memiliki susunan yang jelas. Akan tetapi akan menjadi berbeda ketika kita ingin mengadakan acara perpisahan. Contohnya adalah susunan acara perpisahan guru. Tidak terlalu banyak hura-hura ataupun durasi yang panjang, dalam acara perpisahan yang terpenting adalah kesan dan pesan.

Sangat umum untuk memberi pesan kepada yang akan ditinggalkan dan juga memberikan kesan akan apa yang telah terjadi serta pengalaman yang didapat selama ini.

Untuk acara perpisahan, hendaknya berlangsung dengan khidmat. Jika pun harus mengadakan acara musik di akhir acara, biasanya tidak berlangsung berjam-jam. Tentu saja akan ada acara ramah tamah atau santap bersama untuk menghangatkan suasana. Hal ini karena umumnya perpisahan sangat menyedihkan.

Tergantung dari formal dan non formalnya sebuah acara, maka durasi acara perpisahan dapat berlangsung singkat padat, dan jelas, namun juga dapat menjadi acar ayang bertele-tele. Sebaiknya kenali dulu jenis acaranya.


Poin Penting Pembuatan Susunan Acara

Macam-macam teknik pidato
perpisahan guru (Foto: sumbawabaratkab.go.id)

Sebelum membuat susunan acara, terdapat beberapa hal yang harus kita ketahui terlebih dahulu. Dalam susunan acara perpisahan guru, kita perlu menyimak siapa yang akan membawakan acara dan siapa yang akan terlibat untuk mengisi acara tersebut.

Dimana lokasi acara dan apa saja inti dari acara tersebut juga perlu kita ketahui. JBahkan tatanan bahasa juga menjadi penting. Acara formal dan non formal akan memiliki tatanan bahasa yang berbeda. Jadi poin-poin yang perlu kita siapkan adalah:

Informasi mengenai acara tersebut.

Pastikan ke panitia dan pihak-pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan acar atersebut dan kumpulkan informasi dari mereka. Jika di sekolah, kita dapat menghubungi OSIS atau guru yang nampaknya terlibat dalam acara tersebut.

Membuat tabel berdasarkan informasi tersebut.

Pastikan kembali dan buatlah kolom kegiatan. Kita dapat membuat dalam bentuk selain tabel yang penting kita paham dengan apa yang telah kita tuliskan. Unntuk pembuatan tabel, menggunakan microsoft Word juga bisa, jadi tidak harus menggunakan Microsoft Excel terutama jika kita ingin mencetaknya.

Isi kolom dengan nama kegiatan beserta waktunya.

Mulailah untuk mneghitung durasinya dan lakukan koordinasi dengan pengisi acara.

Untuk dapat mempermudah kita dalam menyusun kegiatan tersebut, lakukan dengan menggunakan aplikasi Microsoft baik itu Microsoft Word maupun Microsoft Excel.

Sebagai saran, penggunaan Microsoft Excel akan lebih menguntungkan karena kita dapat melihat kalkulasi waktu secara otomatis.

Apabila kita membutuhkan revisi, maka kita tidak perlu melakukannya satu per satu. Cukup dengan mengubah satu sel saja maka baris lainnya akan ikut terubah.

Kirimkan hasil susunan acara yang kita buat kepada pihak yang terlibat seperti panitia maupun tim lainnya.

Jika mereka memiliki pendapat yang berbeda-beda, inilah saatnya kita berembug mencari titik tengah mengenai konsep acara yang seharusnya kita buat. Perhatikan juga banyaknya spek pendukung seperti sewa tempat dan lain-lain yang dapat membantu kita mengontrol durasi acara yag kesannya berlebihan.

Apabila terdapat sedikit kesalahan dan membutuhkan perbaikan, lakukan revisi hingga hasilnya telah benar.

Kita tidak perlu membuat dari awal asalkan kita masih menyimpan file sebelumnya. Cukup dengan membukanya kembali pada gadget dan mengedit bagian yang perlu kita perbaiki.

Jika sudah benar kita dapat mencetaknya ataupun menggunakannya secara langsung melalui gadget.

Poin penting yang perlu kita ingat, jika kita mencetaknya, maka akan mudah bagi kita untuk menambahkan catatan-catatan kecil. Namun saat harus membawa gadget, akan sedikit sulit untuk menambah catatan. Apalagi ukuran gadget yang terlalu besar juga akan mengganggu MC saat membawakan acara.

Baik digital maupun cetak memang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Riisko hilang dan basah juga tidak akan terjadi pada susunan digital.

Organisatoris lain baca ini: Prinsip Ekologi Organik: Definisi dan 7 Cara Bertahan

Trik Membuat Susunan Acara Perpisahan Guru

Sampailah kita pada inti artikel kali ini yaitutrik membuat susunan acara perpisahan guru. Pertama, kita harus mengetahui kapan dan kemana guru yang bersangkutan akan pindah. Kemudian galilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai profil guru tersebut sehingga dapat menyampaikan sedikit kata pengantar sebelum masuk ke dalam acara.

Kedua, hubungi pihak-pihak yang terlibat. Misalnya Kepala Sekolah hinga perwakilan murid dan juga guru yang bersangkutan. Tanyakan apakah mereka bersedia memberikan kata sambutan atau sedikit pesan dan kesan pada acara perpisahan nanti.

Ketiga, acara-acara lainnya. Untuk hal ini sebaiknya kita menanyakan ke panitia. Apakah setelah sambutan akan ada acara makan-makan, menyanyikan lagu “hymne guru” atau acara lainnya maka kita perlu kejelasan lebih lanjut.

Keempat, susun acara tersebut dalam bentuk ketikan hingga tulisan tangan manual. Senyaman kita karena kita yang akan membawakan acara tersebut.


Jika kita simpulkan maka isi teks susunan acara perpisahan guru akan menjadi seperti ini jika yang membawakannya adalah perwakilan murid.

Teks susunan acara perpisahan guru

Assalaamu’alaikum Warohmatullah Wabarokaatuh.

Selamat pagi

Yang Terhormat, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Cileungsi

Kepada Yang Kami Cintai, Para Guru SMA Negeri 1 Cileungsi

dan teman-teman siswa siswi SMA Negeri 1 Cileungsi yang saya banggakan.

Alhamdulillaah, telah sampailah kita pada pagi hari ini dengan suasana yang cerah merona seolah memberikan kita kekuatan untuk menghadapi perpisahan.

Semoga kita juga terus mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW hingga akhir jaman, Aamiin.

Sedikit mengharukan bagi kita bahwa di hari yang cerah ini seorang guru terpopuler kita, ibu Ratih Kurnia Sari akan meninggalkan sekolah kita dan menempuh cita-citanya di sekolah baru. Besar harapan kami ibu tidak melupakan segala kenangan indah yang terukir selama ini di sini.

Baiklah, tanpa berbasa-basi lagi, inilah susunan acara kita pada hari ini dengan mengusung tema Lepas Pisah Kami untuk Ibu Ratih Kurnia Sari, Senin, 2 Oktober 2021.

Acara pertama pembukaan.

Kedua, sambutan kepala sekolah

Ketiga, sepatah dua patah kata dari salah satu perwakilan siswa SMA Negeri 1 Cilengsi, kakak Aditya Winarko kelas 3 IPA 1.

Keempat, pesan dan kesan dari Ibu Ratih Kurnia Sari, M. Pd.

Kelima, pemberian kenang-kenangan yang akan diwakilkan oleh perwakilan guru, ibu Sundariasih, M. Pd

Keenam, penutup dan doa serta jamuan

Itulah kurang lebihnya susunan acara pada hari ini. Kita sambut perpisahan dengan hati yang lapang dan dengan harapan yang lebih baik di masa mendatang.

Langsung saja menuju acara selanjutnya, Sambutan dari Kepala Sekolah. Kepada Bapak Dr. Winarko, kami persilahkan.

Pihak Yang Terlibat Dalam Acara Perpisahan Guru

susunan acara
Contoh susunan acara (UNPAD)

Untuk memperlancar sebuah acara, kita tidak bisa berdiri sendiri. Sangat sulit berpikir dan bekerja dengan satu kepala dan satu badan. Sebab itu sangat penting untuk membuat panitia khusus. Dalam hal perpisahan guru, maka kita sebaiknya membentuk panitia perpisahan guru.

Yang bertugas melakukannya adalah para guru dan OSIS. Jika hal ini terjadi di sekolah dengan tingkat lebih rendah seperti SD atau TK, maka yang bertanggung jawab adalah Kepala Sekolah, Guru, dan Perwakilan dari Orang Tua Siswa. Adapun fungsi dari pembentukan panitia adalah:

  • Kita perlu membuat perencanaan yang matang terkait perencanaan, koordinasi, pelaksanaan, memonitor, hingga mengevaluasi acara tersebut. Panitia akan memiliki tugas masing-masing dalam hal ini.
  • Panitia akan mengatur tata kerja dan pelaksanaan yang ada saat persiapan dan termasuk juga saat pelaksanaan acara.
  • Mengelola jalannya acara termasuk isi di dalam acara tersebut.
  • Panitia akan menciptakan dan mengkoordinasikan acara sehingga menjadi aman, nyaman, kondusif, dan juga kooperatif.
  • Tujuan panitia adalah untuk mengendalikan segala kegiatan operasional yang terjadi.
  • Panitia akan berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pihak-puhak yang terlibat hingga inti atau tujuan acara dapat tercapai.

Jadi, panitia nantinya akan bekerja sama untuk mengelola acara tersebut. Ketika perpisahan terjadi, maka jangan dibuat sedih. Kita tetap harus melepas dengan tenang dan menatap masa depan. Lagipula ini bukanlah perpisahan selamanya, kita masih dapat bertemu di tempat lain hanya saja dengan keadaan yang berbeda.

Untuk itu panitia harus kreatif menyusun dan mengisi materi acara agar terkesan tetap santun dan berkesan. Bahkan dalam hal pemberian kenang-kenangan juga sebaiknya terkoordinir dengan baik.

Penutup

Perpisahan pasti terjadi namun tidak perlu melakukannya dengan bersedih hati. Susunan acara perpisahan guru hendaknya kita buat sebaik mungkin dan melibatkan semua pihak baik guru maupun murid. Pentingnya koordinasi yang tepat juga akan membantu penyususnan acara menjadi lebih baik.

Sebab itulah kita memerlukan panitia yang mengatur jalannya acara. Berbagai trik dapat kita coba untuk membuat susunan acara yang baik. Bahkan saat ini dengan bantuan teknologi digital, tidak ada lagi usaha yang terlalu sulit untuk dapat kita lakukan.

Organisatoris lain baca ini: Pupuk Guano Organik: Definisi dan 2 Cara Membuat

Daftar Pustaka

Rundown Acara Resmi: Pengertian, Bentuk, 1 Cara Ringkas Menyusun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *