Definisi snorkeling dan diving
Pengertian snorkeling dan diving (Foto: pgsp.big.go.id)

Snorkeling dan Diving: Pengertian Hingga 3 Perbedaan

Diposting pada

Snorkeling dan diving, dua olahraga selam yang banyak digandrungi oleh banyak kalangan. Terdapat pembahasan mengenai persamaan, perbedaan, hingga kepada pengertian dari keduanya. Ayu Maesaroh – organisasi.co.id

Hai, kembali dengan tulisan yang selalu menginginkan para generasi muda berwawasan yang luas. Dengan segala keterbatasan kegiatan fisik yang ada.

Namun tidak akan pernah ada pembatasan manusia, dalam mencari ilmu, apalagi di era sekarang seperti ini. Teknologi berkembang dengan pesat, serta memberikan berbagai benefit lain bagi manusia.

Memberikan berbagai pilihan hal yang dapat manusia eksplor sesuai dengan keinginan dan kemampuan mereka. Di berbagai bidang, termasuk bidang olahraga.

Ada begitu banyak pilihan yang bisa mereka pelajari, mulai dari olahraga seperti sepak bola, takraw, ilmu bela diri, ataupun yang menguji adrenaline kita, seperti snorkeling dan penyelaman.

Karena, tidak semua orang menyukai hal yang sama, dengan tekni atau pun gaya yang sama juga. Ada pembeda dari mereka. Ada yang suka menantang diri sendiri, atau hanya menikmati keindahan alam sekitar.


Pengertian Snorkeling

Pengertian snorkeling dan diving
Definisi snorkeling (Foto: sportivitas.net)

Kita mulai dari mengenal snorkeling terlebih dahulu, yang mana olahraga ini banyak sekali orang menggandrunginya. Snorkeling merupakan olahraga selam, namun batasan selamnya tidak terlalu dalam, ketimbang salah satu olahraga selam lain yang akan kita bahas.

Mereka menggunakan peralatan yang simpel, dan pastinya tidak sedikit dari orang yang bisa dengan cepat untuk beradaptasi dengan berbagai peralatan yang mereka pakai nantinya saat menyelam.

Untuk pemula, biasanya hanya mengajarkan bagaimana teknik menyelam yang aman, serta belajar mengenai managemen pernafasan, sehingga saat menyelam tidak akan merasakan oksigen yang limit.

Organisatoris lain baca ini: Pengertian Induk Organisasi Olahraga: Manfaat Dan Tujuan

Tapi biasanya beberapa tempat wisata yang memberikan fasilitas snorkeling, akan menyediakan beberapa baju selam, guna melindungi penyelam dari beberapa gesekan dengan terumbu karang, kedinginan, dan sebagainya.


Perlengkapan Snorkeling

Peralatan snorkeling (Foto: gliketapang.co.id)

Adapun beberapa peralatan yang biasanya perlu perhatian khusus oleh beberapa penyelam, dalam hal ini adalah snorkeling.

Meski terlihatnya simpel, tapi hal tersebut harus kita perhatikan dengan saksama. Berikut beberapa peralatan dari olahraga snorkeling ini:

Scuba Diving

Merupakan alat dengan bentuk kacamata renang, lengkap dengan alat bantu pernafasan, yang biasanya berbentuk huruf J.

Gunanya adalah, memberikan oksigen yang ada di permukaan, sehingga kita tidak perlu lagi harus keluar, untuk memasok oksigen ketika kita berada di dalam laut.

Baju Selam

Baju selam ini ada dua jenis terutama untuk wanita. Ada yang di desain untuk mereka yang tidak berhijab, ataupun yang berhijab juga ada.

Yang mana gunanya adalah memberikan perlindungan kepada tubuh mereka dari gesekan dengan terumbu karang, kedinginan saat menyelam, dan lainnya. Bahan yang menjadi material biasanya elastis dan sangat nyaman untuk di pakai.

Godive Fin Full Heel

Adalah alat yang dapat memudahkan kita dalam menyelam, tepatnya untuk bagian kaki. Bentuknya seperti kaki bebek ataupun angsa, yag mana mereka sangat mudah dalam berenang di air.

Bedanya adalah, bentuk dari alat ini lebih panjang dan sedikit lebar, juga ringan. Sehingga kita mudah dalam menggerakkan kaki, agar saat kita menyelam bisa lebih nyaman.

Sarung Tangan Selam

Atau nama lainnya adalah godive neoprene snorkeling gloves. merupakan salah satu alat yang biasanya direkomendasikan untuk melindungi tangan dari terumbu karang yang tajam.

Jadi, ketika kita ingin menyentuh terumbu karang dengan aman, maka kita perlu alat ini. Sehingga kulit kita terjaga dengan baik. Juga alat ini melindungi tangan kita dari rasa kedinginan di dalam air.


Spot-spot Snorkeling Terbaik

Setiap orang, entah mereka melakukan snorkeling ataupun diving, pasti mereka memiliki spot-spot yang bagus untuk mereka melakukan hal demikian.

Apalagi dengan Indonesia, yang terkenal dengan negara yang memiliki laut tercantik di kancah internasional. Tidak heran banyak sekali turis dari berbagai negara ke Indonesia, hanya ingin melakukan dua olahraga tersebut.

Berikut beberapa spot-spot yang bisa kalian kunjungi untuk melakukan dua olahraga tersebut, terutama snorkeling:

Taman Nasional Wakatobi

Perlu kita ingat Wakatobi ini bukanlah taman yang seperti kita lihat. Yang mungkin terdiri dari beberapa tanaman dengan spesies yang berbeda-beda.

Organisatoris lain baca ini: Caddy Golf Tercantik Untuk Pemain Berkelas di Lapangan

Ataupun beberapa hewan yang unik, dan wajib untuk kita abadikan dengan berfoto. Wakatobi adalah laut, yang mana menyuguhkan keindahan dasar laut yang luar biasa indah di Sulawesi Tenggara.

Taman nasional ini telah mendapatkan hak resmi mereka, oleh pemerintah pada tahun 1996.

Pantai Tangsi Pulau Komodo

Tempat untuk snorkeling dan diving selanjutnya adalah, Pantai Tangsi, yang ada di Pulau Komodo. Tempat ini menyuguhkan berbagai keindahan alam, yang bahkan unik ketimbang beberapa tempat lainnya.

Ialah pantai mereka yang memiliki pasir berwarna pink, serta laut yang sangat biru. Memberikan dua kombinasi warna yang sangat apik, dan unik bagi para turis yang baru ke tempat ini.

Pulau Menjangan

Tempat ini terletak di Bali, dan tidak sedikit dari beberapa turis lokal maupun mancanegara ke tempat ini. Pulau ini menyuguhkan keindahan alam bawah laut yang sangat menakjubkan.

Sekaligus, pulau ini memiliki rusa laut, yang mana bisa kalian saksikan hanya ada di pulau ini. Meski demikian, kalian harus berhati-hati ketika akan berdekatan dengan rusa laut ini.

Pulau Karimunjawa

Siapa yang tidak ingin pergi ke Karimunjawa, terutama untuk warga yang ada tinggal di daerah Jawa Tengah. Pulau ini memang terkenal sebagai pulau yang sibuk akan kegiatan snorkelingnya.

Juga sering direkomendasikan oleh berbagai orang yang telah ke tempat tersebut. Sehingga tidak heran jika pulau ini menjadi pulau terbaik se-Indonesia untuk melakukan snorkeling.

Kepulauan Dewaran

Kepulauan ini berada di Kalimantan. Yang mana jika kalian ke tempat ini, kalian akan mendapat suguhan keindahan terumbu karang yang sangat jelas dari permukaan air.

Hal ini merujuk kepada kejernihan air yang masih terjaga dengan baik, dan ketika kalian menyelam di lautnya, kesegaran akan kalian rasakan seketika.


Pengertian Diving

Pengertian diving (Foto: enadive.co.id)

Berikutnya kita beralih ke olahraga air lainnya, yakni diving. Hampir sama dengan sebelumnya, yang mana mereka juga melakukan penyelaman ke dalam laut.

Namun mereka lebih fokus kepada kedalaman laut yang sangat dalam, makanya untuk peralatannya sendiri, bisa kita bilang lebih safety.

Juga orang-orang yang melakukan penyelaman ini, bisa kita bilang lebih profesional ketimbang sebelumnya. Karena melakukan penyelaman ini biasanya lebih fokus untuk keperluan mendadak, ataupun urgent.

Tapi ada juga yang memang mereka melakukan hal tersebut, fungsinya seperti untuk olahraga sebelumnya.

Oleh karena itu, jika kalian ingin bisa melakukan penyelaman, kalian harus belajar dari dasar, sebagai pondasi dari penyerapan materi penyelaman selanjutnya.


Tahap Belajar Olahraga Diving

Tidak seperti snorkeling yang mana pemula pun dapat melakukan olahraga tersebut dengan cepat, untuk diving sendiri dalam pembelajarannya tidak main-main.

Hal tersebut merujuk kepada seberapa kedalaman yang dapat kita selam, dan kita masih mampu. Juga tergantung dengan kebutuhan.

Oleh karena itu, ada beberapa tahapan dari pembelajaran penyelaman untuk pemula, yang perlu kita perhatikan dan perlu adanya praktek. Namun harus dalam pengawasan oleh seorang penyelam profesional.

Skill Berenang

Untuk kalian yang ingin bisa melakukan penyelaman, sebelum itu kalian harus menguasai beberapa teknik berenang terlebih dahulu. Mulai dari yang dasar, hingga mungkin kepada tahap yang sudah handal.

Organisatoris lain baca ini: Tari Yapong Dan Remo: Asal Usul, Gerakan Dan Keunikan

Setelah itu, biasanya kalian akan mendapatkan tes namanya scuba diving, dengan melihat bagaimana kepiawaian kalian dalam menyelam, dengan kedalaman tertentu. Mulai dari 100 meter, 200 meter, dan seterusnya. Jika kalian bisa lolos, maka kalian sudah lolos dalam tahap awal.

Riwayat Kesehatan

Tidak seperti snorkeling yang hanya menyelam di permukaan atau kedalaman yang tidak terlalu dalam, diving bisa menyelam laut hingga kedalaman lebih dari 200 bahkan 300 meter.

Maka keadaan fisik yang bagus sangatlah penting ketika kalian ingin melakukan penyelaman ini. Nah, biasanya beberapa poin dalam pengecekan kesehatan antara lain: pengecekan kesehatan fisik secara keseluruhan, lalu pengecekan jantung, paru-paru, dan beberapa organ tubuh penting lainnya.

Pengenalan Peralatan Diving

Antara snorkeling dan diving, juga sangat berbeda dalam masalah peralatan untuk menyelam. Untuk diving sendiri, biasanya lebih banyak, ketimbang olahraga yang sebelumnya.

Maka, ketika kalian sudah lolos beberapa tahap mengenai tes penyelaman ini, kalian nantinya akan mendapatkan pembelajaran mengenai pengenalan peralatan penyelaman.

Dan kalian harus ingat betul bagaimana fungsi dari satu per satu alat yang nantinya akan kalian pakai saat melakukan penyelaman di laut.

Alat Untuk Diving

Peralatan diving dan snorkeling
Peralatan diving (Foto: sportivitas.net)

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, peralatan selam ini sangatlah rumit, sehingga perlu adanya kefokusan lebih dalam menghafal dan mengerti apa saja fungsi dari beberapa peralatan tersebut.

Berikut beberapa peralatannya:

Masker / Mask

Alat satu ini sangat penting untuk melindungi diri terutama pada bagian mata agar nantinya kita mudah melihat dasar laut, serta terlindungi dari beberapa hal yang dapat merusak penglihatan kita nantinya di dalam air.

Regulator

Adalah sejenis peralatan yang mana memudahkan manusia untuk mendapatkan oksigen dari tabung oksigen yang kita bawa. Regulator ini berfungsi sebagai alat yang mengalirkan udara ke mulut kita, ketika kita menyelam laut di kedalaman tertentu.

Baju Selam

Seperti jenis olahraga selam sebelumnya, penyelaman ini juga membutuhkan baju selam, yang gunanya melindungi tubuh dari kedinginan, iritasi kulit karena tekanan air yang semakin dalam semakin besar daripada manusia, dan sebagainya.

BCD

Atau singkatan dari Bouyancancy Compensasion Device, adalah alat yang memudahkan kita ketika kita ingin kembali ke permukaan setelah menyelam di kedalaman tertentu.

Cara kerjanya adalah BCD ini akan mengembang, lalu akan menarik kita yang memakan BCD tersebut ke permukaan dengan mudah.

Weight Belt

Adalah alat dengan bentuk sabuk, yang mana mereka terbuat dari logam dan memiliki jumlah berat tertentu. Hal ini harus penyelam pakai ketika menyelam.

Mengingat antara massa daripada manusia dengan air, akan lebih besar air ketika kita menyelam lebih dalam. Makanya untuk tetap standby seperti sediakala ketika melakukan penyelaman, kita butuh alat ini.

Gauges dan Dive Computer

Dua alat ini sangat membantu kita dalam penyelaman di kedalaman tertentu. Gauges sendiri adalah alat ukur kita, untuk mengetahui ketersediaan oksigen dalam tabung yang kita bawa saat melakukan penyelaman.

Sedangkan dive computer, adalah alat ukur juga yang memperlihatkan jumlah tekanan udara, lalu kedalaman air, dan sebagainya.

Kaki Katak

Seperti yang sudah kita tahu, kaki katak ini berfungsi sebagai alat yang memudahkan kita dalam menyelam kedalaman air tertentu. Bentuknya seperti kaki katak, namun lebih panjang dan ringan.

Tabung Udara

Merupakan alat yang mana untuk menampung oksigen kita, ketika akan menyelam dengan kedalaman air tertentu. Bahkan kedalamannya bisa lebih dalam.


Snorkeling Dan Diving, Persamaan dan Perbedaan

Terlepas dari hal tersebut, apa saja perbedaan antara snorkeling dan diving ini? Meski hampir sama, nyatanya keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Berikut beberapa perbedaannya:

Peralatan Selam

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, peralatan selam antara snorkeling dengan diving, itu sangat berbeda. Penyelaman ini lebih rumit ketimbang yang sebelumnya.

Tingkat kedalaman

Untuk snorkeling sendiri, tingkat kedalaman penyelaman hanya bisa kurang dari 300 meter. Mengingat untuk tingkat pengamanannya sendiri, bisa kita bilang kurang aman.

Sedangkan untuk diving sendiri, bisa menyelam lebih dalam. Hal tersebut karena kelengkapan daripada peralatan, sehingga mempengaruhi keamanan dari sang penyelam sendiri.

Teknik Selam

Untuk diving, seperti yang sudah kita tahu sebelumnya. Tidak bisa sembarangan orang yang dapat melakukan penyelaman ini. Harus benar-benar orang yang telah mengantongi sertifikat profesional dalam bidang diving.

Sedangkan untuk snorkeling, pemula sekalipun dapat melakukannya. Hanya latihan beberapa menit, kalian bisa melakukan snorkeling ini.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai dua olahraga selam yang banyak penggemarnya, terutama masyarakat kita, bahkan turis mencanegara.

Ada begitu banyak perbedaan serta persamaan yang ada. Sehingga kita bisa lebih tahu, sebarapa kapasitas kita jika ingin melakukan penyelaman. Apakah dengan melakukan snorkeling, atau penyelaman lain.

Sekian, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka

  1. https://juara.bolasport.com
  2. https://phinemo.com
  3. https://id.wikipedia.org
  4. https://www.idntimes.com
  5. https://hellosehat.com
  6. http://www.pusatdiving.com

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *