Apakah Taliban Imam Mahdi
Taliban Solder (Source: Media Indonesia)

Apakah Taliban Imam Mahdi? Sejarah Dan Struktur Organisasi Pergerakan

Diposting pada

Taliban telah berhasil mengusir Amerika Serikat dari Afghanistan, apakah ini akan bermakna bahwa kelompok ini merupakan Imam Mahdi? Bagaimana sejarah dan struktur organisasi pasukan tersebut? Struktur, Organisasi.co.id

Apakah Taliban Imam Mahdi?

Jejak tapak kaki pada gurun pasir yang tandus. Dentuman mesiu dan letupan senapan bersahutan, perang telah berlangsung bahkan dalam waktu yang relatif lama.

Ada airmata dan kesedihan, mereka menyeka airmata dan kesedihan dan berdiri diantara ruang-ruang gerilya menembus barikade kekuatan lawan dengan gerakan senyap, kapan perang sesungguhnya ini berakhir?

Awal kata dari artikel ini adalah “Malhamah Al kubra”. Sebagaimana Malhamah Al kubra atau Armageddon merupakan sebuah peristiwa peperangan besar dan dahsyat pada akhir zaman dengan melibatkan pasukan terkuat antara Islam dan Eropa. Dengan ciri-ciri pasukan Islam menggunakan bendera hitam, pakaian yang unik, perawakan tdk terlalu gemuk, berasal dari area Khurasan.

Organisatoris lain membaca ini: Konstitusi BPUPKI dan PPKI, Struktur Serta Strategi Proklamasi

Mereka Imam Mahdi?
Ilustrasi Imam Mahdi (Foto: Inilah Koran)

Khurasan itu mencakup, India, Mesir, Pakistan, Afghanistan, Irak, Turmenistan, Tajikistan dan Iran.

Dalam hadist Rasulullah menyebutkan bahwa Imam Mahdi akan muncul dari Khurasan. Dan akan bergerak menuju Alquds (Palestina) untuk melakukan pembebasan, Palestina (dari cengkraman dunia).

Kita kembali pada pertanyaan awal apakah Taliban merupakan Imam Mahdi, yang oleh banyak ulama/pakar banyak menafsirkannya?

Jika ciri-ciri bendera hitam, sebagaimana penjelasan sebelum ini, maka Isis juga menggunakan bendera hitam. Dan banyak pergerakan dalam pasukan Islam di Jazirah Arab menggunakan warna gelap sebagai Arroya dan Alliwa (bendera simbol pasukan).

Kemudian, ciri selanjutnya Imam Mahdi merupakan bagian dari kelompok pasukan yang selalu menang dalam pertempuran, dan kelompoknya adalah kelompok yang selalu berperang.

Tentu ini yang akan menjadi bagian dari pembedahan artikel ini untuk melihat secara jelas bagaimana sejarah berdiri, sehingga kita bisa memahami.

Sejarah Berdiri Afghanistan Dan Taliban

Bendera Afghanistan
Afghanistan Flag (Source: Detiknews)

Taliban itu pernah mendapat dukungan dari Amerika, kemudian dimusuhi, dan selanjutnya membuat Amerika Serikat “bertekuk lutut” di Afghanistan.

Jauh sebelum Amerika melakukan invasi pada tahun 2001, Afghanistan telah melakukan peperangan melawan Beruang merah Rusia, namun Afghan berhasil membuat Rusia kembali ke Negaranya dengan tertunduk malu dan lesu. Sebab selama pendudukan, ia tidak mampu menaklukkan tanah tandus ini.

Bagaimana sejarah berdiri pasukan ini?

Pendudukan Rusia 1979 – 1989

Presiden Uni Soviet Leonid Bheznhev (Kini jadi pecahan Rusia) 1979 -1989 berniat menguasai Afghanistan, namun dalam satu dekade pendudukan. Uni Soviet tidak mampu menaklukkan negara bergurun tersebut.

Justru sebalikunya Rusia menjadi bahan tertawaan Amerika Serikat.

Lho kenapa demikian?

Nah, para organisatoris harus mengetahui bahwa dulu ada 2 negara adikuasa, yakni Amerika Serikat dan Uni Soviet. Kedua negara adikuasa tersebut selalu terlibat perang dingin. Dimana kaki Uni Soviet berada, maka dipastikan Amerika akan berlawanan. Begitupun sebaliknya.

Nah selama pendudukan Uni Soviet di Afghanistan, maka Amerika memasuki negara tersebut tahun 1980, untuk memberikan bantuan, material dan senjata kepada para gerilyawan. Untuk melawan pemerintah bentukan Uni Soviet.

Apakah saat itu penjuang Taliban? Bukan, Taliban saat itu belum lahir. Namun Mujahidin.

Amerika memberikan sokongan dana gerilyawan untuk melakukan pemberontakan kepada pemerintah berkuasa. Dari pemerintahan Babrak Kamar (27 Desember 1979 hingga 14 November 1986), Mohammad Chamkani 24 Nov. 1986 hingga 30 September 1987). Mohammad Najibullah (30 September 1987 – 16 April 1992).

Sebelum pemerintahan Babrak Kamar, ada satu presiden bernama Hafidzullah Amin, yang tewas tertembak oleh pasukan Rusia, karena yang bersangkutan sebelumnya sepakat untuk menanamkan paham komunis di Afghanistan.

Namun tercium oleh Uni Soviet bahwa dirinya merupakan agen CIA, meski Amerika tidak pernah mengakui bahwa Hafidzullah merupakan agen CIA.

Akan tetap Amerika tidak menyangkal jika Hafidzullah yang menjadi bagian dan skenario pembunuhan terhadap Nur Muhammad Taraki (Presiden pertama Republik Demokrasi Afghanistan).

Organistaoris lain membaca ini: Struktur Organum, Wibawa Institusi Dan Alur Pengambilan Keputusan Lembaga

Sejak Kapan Ada Negara Afghanistan?

Pertanyaan cerdas.

Negara Afghanistan lahir sejak tahun 1973, ketika itu bernama Republik Afghanistan, hingga tahun 1978. Kemudian berubah menjadi Angkatan Bersenjata Afghanistan tahun 1978 berusia 3 hari (27 April – 30 April 1978) oleh pimpinan Abdul qadir Dagarwal melalui Revolusi Saur oleh para militer.

Nah setelah hal tersebut memasuki tahun 1978 berubah menjadi Republik Demokrasi Afghanistan. Tahun 1987 – 1992 menjadi Republik Afghanistan. Setelah tahun 1992 – 1996 berubah menjadi Negara Islam Afghanistan.

1996 – 2001, Persatuan Islam Afhganistan

2001 – 2004, Republik Transisi Afghanistan

2004 – 2021, Republik Islam Afghanistan

2021 (Agustus), Taliban belum menentukan bagaimana bentuk pemerintahan negara tersebut, namun yang pasti kelompok ini tidak akan mendirikan negara dengan dasar demokrasi.

Kembali ke pendudukan Uni Sovidet dan mainan Amerika Serikat. Selama pendudukan pada negara tersebut, Uni Soviet berusaha menanamkan nilai komunis dalam pemerintahan. Sementara itu Amerika serikat bermain pada arus bawah untuk memfasilitasi pemberontakan dalam melakukan perlawanan dengan paham liberalis.

Yang Amerika lakukan adalah memfasilitasi para pejuang (gerilyawan), mujahidin. tentu kerjasama Amerika dan para gerilyawan melakukan kerjasama bukan karena persamaan Ideologi.

Tapi lebih kepada kepentingan terhadap lawan yang sama.

10 Tahun Uni Soviet mengucurkan dana besar untuk Taliban dan menacapkan paham Komunis di area Khurasan, namun gagal total. Akhirnya ia hengkang dari negara tersebut. Dan apa yang terjadi, akhirnya Uni Soviet bubar.

Berdirinya Dan Istilah Taliban

Memasuki tahun 1990-an, negara ini menjadi negara Islam. Para mujahidin membentuk sebuah kekuatan bernama Taliban. Kelompok ini adalah kelompok pelajar dan anak muda di Afghanistan. Nama Taliban atau Talebon yang berarti “Murid” atau “pelajar” atau “santri”.

Ini merupakan arti dari bahasa Persia atau Pasthun.

Tepatnya pada September 1994. Talebon resmi berdiri dan mendeklarasikan diri pada negara tersebut. Dengan cepat kelompok ini mendapatkan tempat pada hati masyarakat Afghan.

Mendapatkan dukungan dari Pakistan, negara tetangganya. Dan juga mendapatkan pengakuan dari Uni Emirat Arab dan Arab Saudi.

1994 – 1996, Talebon melakukan gerakan milisi untuk mengambil alih pemerintahan, dan puncaknya tahun 1996, faksi ini berhasil mengambil alih pemerintahan. Setelah pada tahun tersebut berhasil menaklukkan Kota Kabul.

1996 – 2001, Kepemimpinan Mohammed Omer, memberlakukan pemerintahan yang bernafaskan Islam, Persatuan Islam Afhganistan. Negara Islam fundamentalis, melarang musik dan Televisi, sebab mereka meyakinkan bahwa berita TV banyak yang hoax.

Begitu juga kepada para wanita, sebagaimana pengaruh komunis dan demokrasi pada negara tersebut, membebaskan wanita memakai pakaian sekehendak mereka.

Namun pemerintahan Mohammed Omer, memberlakukan secara ketat, melindungi wanita dan memerintahkan mereka keluar rumah dengan memakai Burqah. Ini menjadi salah satu pemicu barat mengecam negara tersebut dan menganggapnya tidak demokratis. Dan melanggar HAM (Hak Asasi Manusia) wanita Afghanistan.

Tahun 2001 tepatnya 9 September 2001, terjadi pengebomam di Amerika Serikat hingga menyebabkan korban jiwa 3000 orang. Dan Amerika menuduh bahwa pelakunya adalah kelompok Al Qaeda pimpinan Osamah Bin laden.

Pemerintahan Afghanistan, berdiri melindungi pimpinan Al Qaedah tersebut, dan akhirnya Amerika berhasil memutar balikkan Isu dengan mainan media. Bahwa pelaku adalah teroris. Dan teroris adalah Al Qaeda, Osama Bin Laden.

Amerika Melakukan Invasi oleh perintah Presiden Amerika Serikat George Walker Bush Junior atas persetujuan Parlemen, tahun 2003. Selanjutnya presiden Barrack Obama melanjutkan daripada pendahulunya. Namun belum ada tanda-tanda Afghanistan stabil.

Justru Talebon berhasil menjadi “mesin pembunuh” mengerikan bagi pasukan Amerika Serikat, padahal negara adidaya tersebut memiliki dukungan teknologi yang luar biasa.

Donald Trump Dan Joe Biden

Pemerintahan Donald Trump yang “anti Islam” dan sangat kental melawan Islam Fundamentalis, ternyata dalam hal melihat kondisi Afghanistan, menganggap hal itu merupakan kondisi yang kronik dan membuang-buang anggaran.

Dengan anggaran 30.000 trilyun rupiah.Atau 2 Trilyun US Dollar. Tentu ini merupakan anggaran yang tidak sedikit. Maka 29 Februari 2020, Doha menjadi saksi perjanjian Antara AS dengan Taliban.

Dengan isi perjanjian:

  1. Amerika Serikat menarik mundur pasukan, dalam 14 bulan kedepan. (Batas Juni 2021)
  2. AS melepas 5000 tahan perang,
  3. AS menghapus sangksi kepada Taliban,
  4. Taliban menjaga dan tidak menyerang pasukan AS, serta memerangi terorisme, dan
  5. Pengesahan PBB mengenai perjanjian kedua belah pihak.

Dengan naiknya Joe Biden tahun awal tahun 2021, maka kebijakannya adalah menjalankan perjanjian sebelumnya.

Tepat pada Agustus 2021. Negara ini pun ikut tertunduk meninggalkan negara tandus, mengikuti dan merasakan apa yang dirasakan oleh Rusia pada 30 tahun yang lalu.

Talebon berhasil mengambil alih negara Afghanistan pada bulan Agustus 2021, sebuah berita yang mengagetkan bagi banyak orang.

Bagaimana Struktur organisasi dari pasukan ini, sehingga berhasil memperdaya negara adidaya?

Struktur Organisasi Taliban

Struktur organisasi pasukan Santri Afghanistan ini membuat dunia menjadi kaget, sebab negara besar berhasil mereka pukul mundur dan mengambil alih pemerintahan.

Dan jangan salah yah, bahwa bukan hanya Uni Soviet (Rusia) dan Amerika Serikat yang mereka kubur mimpinya pada negara tersebut. Dalam sejarah menuliskan bahwa 1839 – 1919, Inggris hendak menguasai negara tersebut, namun juga berhasil mereka permalukan. Hingga negara ini mendapat julukan, kuburan para penguasa.

Sebuah berita yang sangat viral. Dan Organisasi.co.id, tertarik untuk melihat komposisi struktur dari pasukan tersebut, hingga memiliki kekuatan yang tak terbantahkan.

Berikut, Organizational structure atau struktur organisasi Talebon, dengan membaca berbagai sumber:

Apakah Taliban, Organizational structure
Organizational structure Of Taliban (Sumber: Organisasi)

Taliban leader (Ketua Taliban)

Merupakan pimpinan tertinggi dari organisasi tersebut, pengambil kebijakan dan kebijakannya berlaku bagi organisasi/negara tersebut.

Mulllah Hibatullah Akhundzada

Karena serangan dari Amerika Serikat tahun 2016, berhasil menggugurkan Mullah Akhtar Mohammad Mansour (pimpinan tertinggi), maka penggantinya adalah Mulllah Hibatullah Akhundzada.

Akhundzada
Mulllah Hibatullah Akhundzada (Source: Times Of India)

Saat pengambil alihan pemerintahan di Afghanistan tahun 1996 hingga 2001. Saat itu usia Haibatullah Akhundzada masih 36 tahun, dan menjadi bagian penting pengambil alihan pemerintahan tahun 1996. Namun tahun 2004 sempat meninggalkan Afghanistan untuk berlindung ke Pakistan.

Ia lahir tahun 1961.

Tahun 1994, ia bergabung menjadi anggota pasukan ini. Menjadi guru milisi jihadi di Kandhahar, sebuah madrasah yang berdiri oleh Mohammaed Omer, presiden saat itu.

Tahun 2015 menjadi wakil dari Mohammed Mansour, dia banyak terlihat pada media sebagaimana posisinya Deputi. Sebab Mohd. Mansour jarang terlihat.

25 Mei 2016, ia menduduki posisi menggantikan pendahulunya. Menduduki posisi tersebut bukanlah perkara mudah, sebab ada 2 pesaingnya yang kuat yakni Mohammad Yaqoob (Putra Mihammaed Omer/Pendiri) dan Sirajuddin Haqqani.

Namun Dewan Kepemimpinan memberikan dukungan melalui perundingan kepada Akhundzada.

Dalam perjalanannya, ia menjadi target pembunuhan, yakni tahun 2012 dan tahun 2019. 2012, tepatnya di Quetta, seorang pemuda menodongkan pistol kepadanya, namun pistol tersebut macet.

Kemudian tahun 2019, sebuah upaya pembunuhan terhadapnya dengan keluarganya, tepat pada saat Sholat Jumat 16 Agustus tahun 2019. Namun ia masih selamat, hanya saudara dan ayahnya yang menjadi korban bom bunuh diri.

Leadership Council (Dewan Kepemimpinan)

Bagian ini adalah merupakan bagian yang mengarahkan dan mengangkat pemimpin dari mereka, jumlahnya 20 orang, namun siapa saja mereka. Mereka merahasiakan siapa saja “senator” dari organisasi tersebut.

Namun dalam penelusuran menyebutkan bahwa Abdul Razaq dan Abdul Sata, dalam sebuah berita menyebutkan memberikan dukungan kepada Mulllah Hibatullah Akhundzada pada Desember 2016. Hal ini dapat ditafsirkan bahwa keduanya merupakan anggota Dewan Kepemimpinan.

Deputy Leader (Deputi Pemimpin)

Dalam penyebutan lain, Deputi Pemimpin sejajar dengan Wakil Ketua/Pimpinan, sebagai penggerak sistem dan struktur organisasi, yakni:

Abdul Ghani Baradar

Sosoknya merupakan Mujahidin, melawan Unisoviet, kelahiran Rahwoddh, ia keturunan Durrani Pasthun, dia memiliki kedekatan dengan Mohammed Omar, dan membantunya dalam “kudeta” tahun 1996.

Ia pendiri dari Taliban, bersama Mohammed Omar.

Abdul Ghani Baradar
Abdul Ghani Baradar (Source: Economist)

Jabatan sebelumnya adalah Menteri Pertahanan era kepemimpinan Omer. Saat invasi AS ke Afghanistan, dirinya menjadi target penangkapan, akhirnya ia ke Pakistan menyelamatkan diri, namun tahun 2007 dan 2010 ia ditangkap pasukan Pakistan.

Beredar informasi bahwa penangkapan itu atas kerjasama AS dan Pakistan namun menteri pertahanan negara Islam (Pakistan) tersebut membantahnya.

Pertengah 2018, Pakistan membebaskan Bharadar. Kemudian Bharadar mendapatkan posisi sebagai deputi diplomasi Talebon di Doha, Qatar.

Tahun 2020, ia tampil kembali ke publik setelah tandatangannya terpakai dalam perjanjian damai Amerika dan Talebon.

Tepat 17 Agustus 2021 atau 20 tahun kemudian. Ia kembali ke Afghanistan setelah tahun 2001 berdiam di Pakistan.

Banyak yang memberikan prediksi bahwa ia yang akan menjadi presiden Afghanistan selanjutnya.

Mohammad Yaqoob Bin Omer

Dalam segi umur, ia masih sangat muda, ia kelahiran tahun 1990, ia merupakan putera pendiri Mujahidin Afghan, Mohammed Omer. Dia Pasthun suku Hotak, merupakan alumni Pakistan.

Mohammad Yaqoob Bin Omer
Mohammad Yaqoob Bin Omer (Source: The Exspres Tribune)

Menjadi wakil dari Hibatullah Akhundzada, tanggal 21 Mei 2016. Pada 29 Mei 2020, ia mengambil posisi sebagai Panglima pemberontak Taliban. Dan mendapatkan dukungan banyak pasukan Afghanistan.

Banyak yang menduga ia menjadi Pimpinan Taliban, namun beberapa faksi lebih mayoritas memilih Hibatullah Akhundzada.

Sirajuddin Haqqani

Haqqani merupakan nama pasukan dan kelompok (suku), Sirajuddin menjadi pemimpin pasukan tersebut. Ia lahir tahun 1973. Ia aktif melancarkan serangan melawan pasukan koalisi AS.

Dengan posisi saat ini sebagai Wakil Ketua atau Deputi Pemimpim bersama dengan Bharadar dan Yaqoob, maka pasukan ini semakin kuat. Sebab dalam beberapa kali pertempuran, ia berhasil mengguncang pasukan Amerika yang melakukan pendudukan pada Negaranya.

Sirajuddin Haqqani
Sirajuddin Haqqani (Source: aberfoylesecurity.com)

14 Januari 2008, masa pendudukan Amerika, ia berhasil melancarkan serangan ke Hotel Serena di Qabul dan menewaskan 6 orang, termasuk warga Amerika Serikat, Thor David Hesla.

Tidak hanya, ia juga merencanakan pembunuhan terhadap pemerintahan boneka Amerika, Hamid Karzhai pada April 2008. Namun upaya ini gagal.

Tahun 2008, ia berhasil menculik David S Rodhe, seorang wartawan New York Times.

Akhirnya pada Februari dan Maret 2010, ia menjadi target pembunuhan Amerika, dengan serangan drone tak berawak. Seketika mengguncang sebuah lokasi, “Bruar”. Ternyata serangan ini gagal, sebab dia tidak berada pada lokasi tersebut.

Korbannya adalah Sangeen Zadron, wakil Haqqani yang gugur pada serangan tersebut.

Kepala Sirajuddin Haqqani bernilai 10 Juta Dollar AS. Dan ini tawaran Amerika yang tidak terwujud.

Bukunya setebal 141 halaman dengan judul Pembelajaran Militer Manfaat Mujahidin, mengeluarkan bahasa yang mengguncang barat.

Dengan kalimat dan seruan mengharapkan muslim disana (Barat) agar mencukur jenggot dan berbaur dengan masyarakat umum. Bersabar!

Main Commander (Komandan Utama)

Ini merupakan pemimpin-pemimpin pasukan yang mengendalikan beberapa pasukan besar pada Talebon, mereka ada 2 orang, yakni:

Khalil Ur-Rehman Haqqani
Qari Zia Ur-Rehman

Key Governor (Gubernur Kunci)

Haji Wafa
Haji Thalib
Nida Muhammad

Spokesman (Juru Bicara)

Zabihullah Mujahid
Suhail Shaheen
Muhammad Naeem

Commission (Komisi)

Abdul Hakim
Anas Haqqani

Demikian artikel mengenai sejarah lengkap dan singkat mengenai Talebon, serta struktur (bagan) organisasi pasukan tersebut.

Jangan lupa memberikan komentar jika ada hal yang kurang.

Sumber:

  1. Pemimpin Taliban Penguasa Afghanistan
  2. Taliban top negotiator calls it quits
  3. Mengenal Pasukan Taliban

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *