Bagan Kelas Kreatif Untuk SMP dan SMA: 3 Jenis

Bagan kelas kreatif
Bagan kelas (Foto: siptek.com)

Bagan kelas kreatif, adalah hal yang sering diberlakukan untuk beberapa kelas baik jenjang SMP ataupun SMA pada moment tertentu. Seperti classmeeting, ataupun sejenisnya. Jadi, berikut beberapa ulasan selengkapnya. Ayu Maesaroh, – organisasi.co.id

Masa sekolah memang masa yang tidak pernah bisa terulang, ataupun kita perbaiki pada masa tersebut, meski harus bereinkarnasi, ataupun menggunakan teknologi canggih, dengan mengembalikan waktu ke masa lampau.

Bacaan Lainnya

Mengingat pada masa itu, segudang moment tergambar jelas, berbagai kegiatan nampaknya sangat membekas. Meski hal-hal kecil seperti membuat ruang kelas yang kreatif dengan menambahkan ornamen dan sebagainya.

Termasuk membuat bagan kelas yang kreatif. Pun hanya dengan bersih-bersih kelas, rasanya, memang patut untuk menjadi kenangan di masa sekolah menengah pertama, ataupun menengah ke atas.

Mencari jati diri, dan kadang, mendapatkan cinta pertama yang mungkin tidak bisa kita pungkiri. Begitulah masa itu. Kekreatifan sangat diuji.

Lalu, bagan kelas seperti apa yang masih berada di ingatan kalian? Benarkah, hal tersebut memberikan kesan tersendiri? Tapi, apa arti dari kata “bagan” itu sebenarnya?

Menurut beberapa literatur yang ada, kata “bagan” sebagai representasi dari sebuah data dengan berbentuk grafik ataupun garis. ‘

Pun secara umum, bagan merupakan salah satu sketsas, yang mempresentasikan tentang kedudukan seseorang dalam suatu organisasi, atau perusahaan tertentu. Termasuk dalam kelas.

Untuk mengenalkan tentang kedudukan, sampai dengan hak serta kewajiban dari orang yang berada pada posisi tersebut.

Lalu, bagaimana cara membuatnya? Berikut pembahasannya.

Bagan Kelas Kreatif Untuk SMP dan SMA

Untuk membuat bagan kelas yang kreatif, perlu adanya beberapa hal ketika akan menyusun semuanya. Mulia dari tema kelas yang akan diangkat.

Kemudian beberapa komponen sebagai pelengkap dari tema yang akan terselenggara pada kelas yang akan re-dekor. Untuk tahapan membuat bagan kelas seperti SMP maupun SMA, antara lain:

Persiapan Bahan

Untuk persiapan bahan bisa tersesuaikan dengan tema yang akan terusung dalam kelas. Misalnya seperti tema science, maka harus membuat bagan dengan nuansa sicence.

Bahan yang harus ada seperti styrofoam, ataupun sejenis kertas lain untuk melukis beberapa benda atau hal yang terkait dengan penemuan-penemuan di dunia, dan sebagainya.

Sebagai ornamen gambar dari bagan kelas yang akan dibuat.

Persiapan Alat

Selanjutnya adalah persiapan alat. Alat dalam hal ini, untuk memudahkan seseorang mengekspresikan konsep yang telah ada, menuangkan berbagai ide-ide kreatif yang mereka suka.

Kemudian mereka poles dengan beberapa ornamen lain, yang membuat tampak lebih manis, bahkan lebih dari itu. Alat-alat yang perlu diperlukan antara lain seperto.

Organisatoris lain baca ini: Organogram Kelas Kreatif: Bagan Struktur Dan Contoh

Gunting, cat air, kuas, ataupun sejenisnya, yang berhubungan dengan peralatan yang harus ada, ketika akan menyusun beberapa gambar, ataupun ornamen yang berkaitan dengan tema usungan.

Jika sudah, bisa langsung terlaksana proses pembuatan, dan nantinya setelah finishing, dapat langsung terpajang di salah satu bagian kelas.

Berikut contoh gambar bagan kreatif yang bisa menjadi referensi:

Definisi bagan kelas kreatif
Contoh bagan kelas kreatif (Foto: toriqa.com)

Pentingnya Menyusun Struktur Pengurus Kelas

Tapi, apa pentingnya membuat sebuah kerangka atau bagan struktur dari kepengurusan Kelas? Apakah bisa seefektif yang dikira ketika kita paham tentang tugas dan wewenang daripada kepengurusan dari kelas tersebut?

Entah efektif atau tidak, setidaknya kita bisa lebih paham mengenai sebuah aturan, tanggungjawab, ketika seseorang tersebut, mendapatkan mandat sebagai ketua kelas, atau salah satu dari bagian struktur kepengurusan kelas sendiri.

Mereka mendapatkan ujian saat itu juga, entah dari sisi tanggungjawab, amanah yang dapat tersampaikan atau tidak, loyalkah orang tersebut terhadap apa yang menjadi dedikasinya, dan sebagainya.

Pun dengan adanya hal tersebut, secara tidak sadar melatih tentang pengenalan daripada tanggungjawab itu sendiri, kepada individu yang mendapatkan mandat demikian, oleh para rekan kelasnya.

Meski demikian, semua harus bekerjasama, entah dari rekan kelas yang tidak berada pada bagan pengurus kelas, ataupun yang ada d dalamnya.


Jenis Bagan Organisasi Kelas

Sejalan dengan hal tersebut, memunculkan beberapa jenis bagan yang banyak tertuang oleh para siswa, baik menengah pertama ataupun ke atas.

Biasanya yang sering diangkat temanya, adalah masalah lingkungan. Jenis tema ini, memang mudah untuk membuat konsep yang sesuai.

Juga untuk memperkenalkan bagaimana alam yang seharusnya. Tidak tercemar dari jenis polutan, habitat serta ekosistem hewan dan tumbuhan terjaga dengan baik.

Serta biota laut yang juga mendapatkan tempat tinggal yang terbaik, tanpa adanya gangguan dari berbagai sampah akibat dari oknum yang tidak bertanggungjawab.

Hal tersebut serasa menjadi sebuah pengharap, bagi kita masyarakat, yang menginginkan keadaan bumi seperti semula.

Tema selanjutnya, soal pendidikan. Dengan menggambarkan bagaimana keefektifan dari proses belajar mengajar. Siswa yang kondusif, serta guru yang gigih dalam mengajarkan berbagai ilmu bagi generasi bangsa.

Tidak ada kasus yang mengaitkan antara guru dan murid. Tidak adanya perlakuan bullying, yang bahkan terprediksi, hal tersebut sangat sulit untuk pudar dari dunia pendidikan Indonesia.

Untuk lainnya, biasanya lebih ke tema keagamaan. Yang mana menggambarkan bagaimana seseorang menimba ilmu, dengan tujuan dapat membaca firman-Nya, sesuai dengan ketentuan yang ada.

Kemudian menjadi bekal masa depan bagi mereka, untuk melangkah ke dunia yang lebih besar, mencekam, bahkan berbahaya. Layaknya hutan belantara, yang di dalamnya terdapat berbagai sifat dan watak dari hewan yang ada di sana.

Bahkan, mungkin tumbuhan mempunyai kedua hal tersebut. Namun, kita sendiri tidak pernah tahu.

Itulah beberapa jenis dari bagan kelas kreatif, yang sering terpakai oleh beberapa sekolah, baik menengah, ataupun atas.


Fungsi Pengurus Kelas dalam Struktur Kreatif SMP dan SMA

Beranjak dari pembahasan tadi, ada baiknya untuk berkenalan terlebih dahulu dengan beberapa posisi dari pengurus kelas.

Dengan orang-orang yang siap mengemban amanah, tugas, dan wewenang agar semua yang berkaitan dengan kelas, dapat terlaksana dengan baik, dan terkoordinir.

Jadi, berikut beberapa pembahasannya:

Ketua Kelas

Seorang ketua, mempunyai tanggungjawab besar dalam memastikan semua kegiatan yang berkaitan dengan kelas, dapat terlaksana sesuai dengan rencana.

Pun dengan beberapa hal yang menjadi pertimbangan, seorang ketua harus bisa menentukan dengan bijak mengenai keputusan untuk pelaksanaan tugas yang berkaitan dengan kelas, atau organisasinya.

Serta mengawasi, dan mengevaluasi jalannya kegiatan, serta bawahannya. Apakah mereka akan bisa dengan amanah dalam menjalankan mandat darinya, atau tidak.

Sektretaris

Bertugas untuk membantu semua yang menjadi kegiatan daripada sang ketua. Mencatat semua hal yang perlu ada dalam kegiatan yang menjadi rancangan antara anggota kelas dengan para pengurus dari kelas.

Kemudian mencatat semua rancangan yang ada, agar menjadi pattern dari beberapa anggota, untuk mensukseskan kegiatan tersebut.

Wakil Ketua

Adalah salah satu pengurus kelas, yang memberikan beberapa saran atas apa yang menjadi keresahan dari sang ketua. Pun menjadi teman diskusi terkait keputusan yang terbaik untuk kesuksesan dari kelas tersebut.

Organisatoris lain baca ini: Bagan Karang Taruna, 8 Deskripsi Tugas Pengurus

Wakil juga ikut serta dalam mengawasi dan mengevaluasi beberapa bawahan dari sang ketua, apakah mereka amahan dan bertanggungjawab atas mandat oleh ketua, dan sebagainya.

Bendahara

Yang terakhir adalah bendahara. Seseorang yang ada dalam posisi tersebut, mempunyai amanah yang besar dalam mengelola keuangan daripada kelas tersebut.

Memanagemen dengan baik bagaimana pengeluaran serta pemasukan keuangan kelas. Sehingga ketika kelas membutuhkan beberapa hal untuk melengkapi kegiatan mereka.

Bendahara bisa langsung memenuhinya dengan membeli peralatan atau sejenis, menggunakan uang kas yang telah terkumpul pada periode tertentu.

Itulah beberapa fungsi dari bagan kelas yang bisa menjadi referensi.

Cara Mencari Referensi Bagan Kreatif

Adapun beberapa cara untuk bisa mencari referensi untuk pembuatan bagan kreatif. Yang paling penting adalah mencari yang hampir sesuai dengan tema yang akan diangkat.

Kemudian, melihat beberapa gambar, apakah sesuai dengan keinginan atau gambaran daripada konsep yang sudah terancang, dan sebagainya.

Namun, perlu diingat, bahwasannya hal tersebut hanya sebatas insprasi, dan bukan untuk dijiplak. Mengingat hal tersebut adalah hasil karya orang lain, walaupun tidak ada hak cipta yang paten dari konsep tersebut.

Tapi, dengan adanya tindakan menganggap referensi tersebut sebagai inspirasi dari konsep pembuatan tema bagan kreatif yang akan tertuang di dalamnya.

Sudah menggambarkan bahwa kita, menghargai karya orang lain. Karena di sana, orang tersebut telah mencurahkan waktu, tenaga, serta pikiran mereka, untuk membuat bagan kreatif tersebut.

Contoh Struktur Kreatif Untuk Kelas SMP dan SMA

Adapun beberapa referensi lain terkait contoh dari struktur bagan kelas yang kreatif, yang bisa diikuti oleh beberapa siswa dari sekolah lain. Entah jenjang SMP, ataupun SMA.

Tujuan dengan adanya pembuatan struktur kreatif biasanya macam-macam. Ada yang karena bisa memenangkan perlombaan ketika classmeeting, ataupun merombak suasana kelas menjadi lebih baru.

Namun, sayangnya sebuah pemikiran yang kreatif, perlu adanya pemantik dari diri siswa tersebut, yang kemudian mereka menuangkan ide mereka, dan mewujudkan ide tersebut lewat tangan mereka sendiri.

Oleh karenanya, perlu adanya contoh struktur bagan yang kreatif, sehingga para siswa dapat terinspirasi atas referensi yang mereka dapatkan.

Bukan berarti mereka menjiplak ataupun sejenisnya, namun terinspirasi sendiri, adalah melihat beberapa bagan kreatif yang hampir sama temanya dengan tema yang diusung.

Kemudian mengkonsepkannya sendiri, dengan versi mereka, untuk kelas yang nantinya akan ditempati. Barulah ketika sudah siap konsep tersebut.

Para siswa mulai bergerak untuk membuat struktur bagan sesuai dengan konsep yang telah terancang, dan sebagainya.

Jadi, berikut beberapa gambar struktur bagan kelas kreatif, yang bisa menjadi referensi:

Struktur bagan kreatif (Foto: kabarin.co.id)

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai bagan kelas kreatif, yang dapat menjadi referensi. Sehingga bisa mendapat gambaran seperti apa bagan ataupun struktur yang pas untuk kelas.

Pun dengan beberapa hal yang perlu diperhatikan dan ada, sebelum membuat bagan ataupun struktur untuk kelas. Misalnya mengenal daripada beberapa fungsi kepengurusan kelas.

Apa hak, kewajiban, dan wewenang mereka, dan lainnya. Pun dengan kerjasama dari anggota, yang juga penting. Agar kelas tampak kompak, solid, dan bersinergi untuk melaksanakan beberapa hal yang berkaitan dengan kelas.

Karena, yang menorehkan berbagai memori entah baik ataupun buruk, adalah orang-orang yang tinggal dalam tempat tersebut. Dan membuat momen itu, menjelma menjadi kenangan, yang tidak pernah terlupa selama masa hidupnya.

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka:

  1. Definisi bagan
  2. Struktur dan pembagian bagan kelas
  3. Fungsi pengurus kelas

Pos terkait