Struktur Kelas
Contoh Bagan Organisasi Pengurus Kelas

Organogram Kelas Kreatif: Bagan Struktur Dan Contoh

Diposting pada

Organogram kelas kreatif: Bagan Struktur Dan Contoh

Pengorganisasian adalah salah satu cara sebuah kelompok untuk mencapai tujuan dan sasaran yang sudah mereka tetapkan. Pengorganisasian ini adalah aktivitas yang berkaitan dengan mengelompokkan kegiatan, mengatur orang beserta sumber daya-sumber daya lainnya yang ada pada organisasi dan mendelegasikannya kepada anggota organisasi baik dalam bentuk individu atau unit tertentu. Oleh sebab itu, untuk menjalankan berbagai kegiatan yang ada di organisasi perlu menyusun struktur organisasi yang jelas, memperjelas fungsi pada setiap bagian organisasi dan sifat hubungan antara bagian-bagian dalam organisasi.

Dari penjelasan di atas, kita dapat dengan jelas menyimpulkan bahwa menyusun organisasi adalah hal yang sangat pening bagi perusahaan dan organisasi-organisasi dalam skala kecil atau besar

Tujuan Membuat Organogram

  1. Menampilkan pembagian fungsi.
  2. Memungkinkan orang untuk mengetahui apakah hak dan tanggung jawab telah organisasi tetapkan dengan benar atau tidak.
  3. Beri tahu jika seseorang berada di bawah beban kerja yang kelebihan berat badan.
  4. Bantu orang untuk menemukan apakah ada seseorang yang melakukan pekerjaan yang relevan atau tetap menganggur.
  5. Membantu manajer atau pemimpin organisasi untuk mengidentifikasi apakah ada beberapa pekerja atau anggota organisasi yang memiliki bakat namun belum mampu menghasilkan yang terbaik dalam dirinya.
  6. Membantu para manajer untuk mengetahui apakah ada orang yang tidak berkualifikasi memegang posisi penting.

Contoh Organogram Kelas Kreatif

Organogram Hirarki

Organisasi hierarki adalah struktur perusahaan di mana setiap entitas dalam bisnis, kecuali satu entitas, berada di bawah satu entitas lainnya. Jadi pengaturan dalam organogram ini adalah format hierarki. Dalam organisasi seperti itu, hierarki biasanya terdiri dari tingkat tunggal atau kelompok yang memiliki kekuasaan paling tinggi berada di puncak dengan tingkat kekuasaan lain di bawah mereka. Ini adalah model organisasi yang dominan di antara organisasi besar. Sebagian besar perusahaan, pemerintah, dan agama terorganisir adalah organisasi hierarkis yang memiliki tingkat manajemen, kekuasaan, atau otoritas yang berbeda. Anggota struktur organisasi hierarkis berkomunikasi dengan atasan langsung mereka dan dengan bawahan langsung mereka. Penataan organisasi dengan cara ini berguna sebagian karena dapat mengurangi overhead komunikasi dengan membatasi arus informasi. Namun, ini juga merupakan batasan utamanya

Organogram Matriks

Manajemen matriks adalah jenis manajemen organisasi di mana orang-orang dengan keterampilan terkait berkumpul untuk tugas kerja. Misalnya, semua insinyur mungkin berada di satu departemen teknik dan melapor ke manajer teknik namun insinyur yang sama ini dapat mendapat tugas untuk proyek yang berbeda dan kemudian melapor ke manajer proyek saat mengerjakan proyek tertentu. Ini berarti bahwa setiap insinyur mungkin perlu bekerja di bawah beberapa manajer untuk menyelesaikan pekerjaan mereka.

Organogram Datar (Horizontal)

Organogram Datar Sumber: https://www.slideshare.net/sabaAkhan47/organizational-structure-37423638

Organisasi datar (juga dapat kita sebut sebagai organisasi horizontal) mengacu pada struktur organisasi dengan sedikit atau tanpa campur tangan antara staf dan juga manajer. Idenya adalah bahwa pekerja yang terlatih memiliki tingkat produktivitas yang lebih tinggi jika mereka lebih terlibat langsung dalam proses pengambilan keputusan daripada saat manajemen mengawasi. Struktur ini biasanya hanya mungkin ada dalam organisasi yang lebih kecil atau unit individu dalam organisasi yang lebih besar. Tanggung jawab keuangan khusus mungkin juga membutuhkan struktur yang lebih konvensional. Beberapa berteori bahwa organisasi datar menjadi lebih tradisional ketika mereka mulai mengarah ke produktivitas.

Model organisasi datar mempromosikan keterlibatan karyawan melalui proses pengambilan keputusan yang terdesentralisasi. Dengan meningkatkan tingkat tanggung jawab karyawan dasar dan menghilangkan lapisan manajemen menengah, komentar, serta umpan balik, menjangkau semua anggota staf lebih cepat yang terlibat dalam keputusan. Karena interaksi antara pekerja lebih sering, struktur organisasi ini umumnya bergantung pada hubungan yang lebih pribadi antara pekerja dan manajer. Ini berarti bahwa struktur dapat memakan waktu lebih lama untuk dibangun daripada model hierarki tradisional.


Pengertian Organogram

Organogram atau yang memiliki istilah lain sebagai bagan organisasi merupakan sebuah bagan yang berisi mengenai struktur organisasi baik perusahaan ataupun sebuah lembaga. Organisasi yang dimaksud di sini tidak selalu organisasi yang besar namun juga termasuk organisasi yang kecil. Jika organisasi memiliki struktur organisasi maka organisasi tersebut juga dapat memiliki organogram.

Organogram adalah cerminan intuitif dari struktur organisasi. Organogram kelas kreatif adalah salah satu diagram paling umum untuk menggambarkan hubungan antar departemen, atasan, dan bawahan secara jelas dan singkat. Kita dapat mendefinisikan organogram sebagai top-bottom, dengan daftar ikon, diagram arsitektur yang secara otomatis dapat meningkatkan level vertikal. Organogram kelas kreatif menunjukkan korelasi antar unit organisasi dalam bentuk grafik dan memberikan kemudahan yang besar bagi masyarakat untuk melihat informasi rinci tentang unit organisasi serta jabatan dan personel terkait.


Susunan Pengurus Organisasi Kelas SMA

Struktur atau Oragonam dalam kelas kreatif dapat kamu terapkan dalam susunan pengurus organisasi kelas SMA. Sebuah kelas dapat berjalan lancar jika memiliki pengurus kelas. Oleh sebab itu perlu oragonam pada tingkat kelas SMA.

Pada saat SMA, siswa mulai memasuki tahap di mana mereka memiliki banyak keingintahuan dan ingin mencoba berbagai hal terutama hal-hal yang baru. Bahkan beberapa siswa mulai memiliki keberanian untuk mengajukan diri sebagai penguruss kelas. Mereka sudah siap dan ingin memiliki tanggung jawab untuk menduduki suatu jabatan tertentu di kelas.

Dengan menjadi pengurus di kelas, mereka akan merasa tertantang untuk melakukan beberapa hal yang sebelumnya belum pernah mereka lakukan. Hal tersebut dapat memberikan dampak positif kepada siswa. Mereka mulai terlatih untuk memiliki jiwa kepemimpinan. Jiwa kepemimpinan memang harus tumbuh sejak di masa bangku sekolah. Hal ini akan menjadi bekal ketika kelak mereka akan memasuki dunia kerja.

Lalu seperti apa susuan organogram kelas kreatif SMA sehingga dapat memberikan dampak positif kepada para murid? Berikut ini adalah organogram kelas kreatif SMA.

  • Wali kelas. Wali kelas menduduki posisi yang tinggi dalam organogram kelas kreatif. Akan tetapi posisi ini hanya boleh diisi oleh guru.
  • Ketua Kelas. Jika wali kelas adalah guru, maka ketua kelas adalah siswa di kelas tersebut. Sehingga termasuk posisi yang paling tinggi di antara siswa lainnya di dalam kelas.
  • Wakil Ketua Kelas
  • Sekretaris
  • Bendahara
  • Pendidikan
  • Piket Kebersihan
  • Keamanan

Secara umum organogram kelas kreatif SMA adalah seperti di atas, akan tetapi pada setiap kelas di sekolah dapat berbeda-beda, tergantung dengan budayanya masing-masing. Misalnya ada yang hanya memiliki wali kelas, ketua kelas, wakil ketua kelas, sekretaris bendahara dan piket kelas karena merasa keamanan tidak terlalu perlu bagi kelas mereka.


Tugas Pengurus Struktur Organisasi Kelas

Setiap siswa memiliki peranan yang penting dalam organisasi kelas baik yang berada di posisi atas organisasi ataupun yang berada di bawah bagan organisasi. Begitupula dalam struktur kelas, terdapat pembagian tugas kelas pada setiap bagian Berikut ini adalah tugas pengurus yang tercantum dalam struktur organisasi kelas.

Wali Kelas

Wali kelas memiliki peranan yang sangat penting karena menjadi penghubung antara pihak sekolah dengan para murid di kelas. Bahkan wali kelas juga menjadi penghubung murid-murid dengan orang tuanya masing-masing jika berhubungan dengan hal-hal akademis atau kegiatan sekolah. Para murid tidak bisa memilih siapa yang jadi wali kelas mereka karena pihak sekolah yang menetapkan siapa yang akan menjadi wali kelas.

Ketua Kelas

Berbeda dengan wali kelas, para siswa dapat memilih ketua kelas. Ketua kelas biasanya dipilih dengan cara sistem voting. Selain itu, ada juga yang dapa mengajukan diri sebagai ketua kelas.

Jika dalam memilih ketua kelas menggunakan voting, maka seluruh murid di kelas tersebut menuliskan nama yang menurut mereka cocok menjadi ketua kelas, selanjutnya dilakukan pemungutan suara. Orang yang mendapatkan suara terbanyak maka dialah ketua kelas.

Jika orang yang mendapatkan suara terbanyak keberatan maka orang yang mendapat suara terbanyak kedua yang akan menjadi ketua kelas. Tugas dari jabatan ini adalah memimpin kelas jika ada rapat, mengumpulkan tugas dari dara murid lalu diberikan ke guru dan sebagainya.

Wakil ketua kelas

Pemilihan wakil ketua kelas juga berasal dari voting. Biasanya orang yang mendapat suara terbanyak kedualah yang akan menjadi wakil ketua kelas.
Tugas dari posisi tersebut adalah membantu ketua kelas menjalankan tugasnya.

Jika ketua kelas berhalangan hadir maka wakil ketua kelas akan menggantikannya. Selain itu wakil ketua kelas juga bertugas memberikan masukan kepada ketua kelas jika terdapat beberapa keputusan pada sebuah diskusi. Seperti itu hierarki dan struktur dalam suatu kelas.

Sekretaris

Sekretaris juga ditentukan berdasarkan voting. Ketika kelas sedang mengadakan rapat, maka orang yang bertugas mencatat dan membuat notulensi adalah sekretaris. Orang yang terpilih menjadi sekretaris biasanya memiliki tulisan tangan yang bagus. Bagus yang dimaksud di sini adalah mudah dibaca karena terkadang sekretaris menuliskan beberapa pengumuman di papan tulis kelas.

Sekretaris bertugas mendampingi ketua dan wakil ketua jika ada musywarah kelas. Selain itu dia juga bertanggung jawab terhadap berbagai administrasi kelas seperti absensi, data murid dan sebagainya.

Bendahara

Bendahara adalah orang terpilih yang bertanggung jawab atas keuangan kelas. Jabatan yang satu ini bertugas mengurus segala administrasi yang berhubungan dengan uang. Biasanya para murid wajib menyisihkan sebagian uang jajannya untuk khas kelas. Khas kelas dapat digunakan untuk membeli peralatan kelas atau membeli kado jika ada teman satu kelas yang ulang tahun.

Piket Kebersihan

Orang yang bertugas menjadi piket kebersihan adalah setiap murid yang ada di kelas tersebut. Kebersihan adalah tanggung jawab bersama sehingga semua murid wajib mendapatkan giliran piket kelas. Biasanya orang yang bertugas mendapat piket kelas akan membersihkan kelas di pagi hari sebelum kelas dimulai dan sesudah kelas selesai.


Contoh Gambar Organogram SMA

Contoh Organogram Kelas Kreatif SMA Sumber: https://gurupengajar.com/struktur-kelas.html


Kegiatan Kreatif Anak SMA Dalam Lingkup Kelas

Ada banyak kegiatan kreatif yang mendorong kreativitas siswa SMA, salah satunya mendesign ruang kelas. Biasanya pada peringatan hari-hari tertentu, seolah akan mengadakan lomba menghias ruang kelas. Misalnya pada peringatan hari Kemerdekaan Indonesia, sekolah akan mengadakan lomba menghias kelas yang sesuai dengan tema kemerdekaan.


Pada kegiatan ini, organogram kelas kreatif sangat berguna. Ketua akan memimpin rapat mengenai bagaimana konsep design yang akan mereka pakai. Sekretaris akan mencatat semua keputusan rapat. Selanjutnya bendahara yang mengatur segala keuangan yang terkait dengan kebutuhan lomba design kelas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *