Belajar otodidak krav maga
Krav maga (Foto: liputan6.com)

Belajar Krav Maga Otodidak: Sejarah dan 4 Teknik

Diposting pada

Belajar krav maga otodidak, adalah salah satu seni bela diri asal negara Israel, yang kini banyak digandrungi. Berikut ulasan selengkapnya mengenai sejarah, hingga teknik dari hal tersebut.

Ayu Maesaroh, Olahraga – organisasi.co.id

Para organisator masih setia menjaga kesehatan badan di saat seperti ini? Atau yang ada hanya kebosanan semata, karena belajar olahraga yang tidak ada variasinya?

Apalagi dengan bela diri, yang mungkin hanya sebatas karate, judo, kempo, taekwondo, dan sebagainya. Rasanya ingin mempelajari ilmu bela diri lain selain itu.

Maklum, anak muda zaman sekarang. Kita butuh eksplor lebih mengenai bidang yang digeluti, dengan tujuan agar mendapatkan pengalaman yang lebih atas hal tersebut.

Nah, kamu bisa mempelajari salah satu ilmu bela diri dari negara lain seperti ilmu bela diri krav, dari Israel. Meski begitu, banyak yang mengatakan bahwa ilmu bela diri ini cukup membahayakan.

Tapi, entah, bahaya atau tidak, tergantung dari kita yang melakukannya. Apa tujuannya, dan bagaimana. Untuk lebih mudahnya, berikut ulasan selengkapnya:

Krav Maga

Krav maga, merupakan seni bela diri yang berasal dari negara Israel, yang mempunyai beberapa titik poin ketika seseorang ingin mempelajarinya.

Ilmu bela diri ini berbeda dengan jenis lain. Seperti misalnya dari taekwondo atau pun wushu, yang kadang tidak sedikit dari jenis tersebut, lebih memilih untuk menghindarkan diri dari sebuah perkelahian.

Karena jenis perkelahian apapun itu, ujungnya tidak akan memberikan impact bagus terhadap manusia itu sendiri. Pun dengan ketika harus berkelahi.

Beberapa jenis bela diri rata-rata akan masih memperdulikan lawan dengan tidak membuat mereka terluka, hingga sampai cedera, meski dalam keadaan terdesak sekalipun.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan krav maga. Walaupun masuk ke dalam gerakan bela diri, nyatanya, krav lebih memberikan gambaran secara realita.

Untuk seseorang dapat mengatasi permasalahan mendesak, krav mengajarkan beberapa gerakan yang bisa terbilang “unik” dan tak biasa.

Contoh belajar gerakan otodidak dari seni bela diri krav maga, antara mencekik, memukul, hingga mencolok mata dari lawan, guna melindungi diri dari serangan lawan.

Terdengar sangat ekstrem bukan? Namun begitulah yang diajarkan dalam krav maga. Memperlihatkan bagaimana dalam realita, dan harus segera mengambil tindakan walaupun berada pada keadaan terdesak sekalipun.

Untuk lebih jelas mengenai krav maga, berikut ulasan lebih lengkapnya:

Sejarah Krav Maga

Belajar krav maga otodidak
Sejarah krav maga (Foto: sportsregas.com)

Seperti yang sudah terbahas, bahwasannya krav maga adalah seni bela diri dari Israel, dengan mengajarkan beberapa trik unik, ketika ada seseorang yang ingin belajar tentang hal tersebut.

Melansir dari wikipedia “krav maga” secara etimologis berasal dari kata atau bahasa Ibrani, yang mempunyai arti sebagai “petarung jarak dekat”.

Mengingat dalam melaksanakan krav maga, lebih berorientasi pada kontak fisik ketimbang menggunakan peralatan. Ya benar. Dalam krav maga, beberapa peralatan seperti pistol, senapan, adalah senjata bagi mereka.

Organisatoris lain baca ini: Bela Diri Muslimah Terbaik, Jenis Dan Perbedaan

Ilmu bela diri ini, ternyata mempunyai sejarah, bahkan sampai sekarang masih berkembang di beberapa negara di dunia.

Ada beberapa versi perkembangan sejarah, mulai dari negara Israel sendiri, kemudian Amerika, sampai kepada krav maga, masuk ke tanah air. Berikut beberapa versinya:

Dari Israel

Ilmu bela diri ini mulai ada sejak tahun 1930-an. Yang mana salah satu penemunya bernama lmi Litctendfield, dengan mengembangkannya berawal dari negara Cekoslovia, tepatnya di kota Batislava.

Hal tersebut ia ciptakan dengan tujuan untuk memberikan perlindungan kepada para tentara Yahudi, dari sergapan dan juga serangan misili Nazi kala itu.

Pun ketika ia sudah berada pada tempat “Inggris untuk Palestina”, lmi mengajarkan gerakan Krav Maga kepada para tentara Yahudi, yang bergerak dengan jalur bawah tanah.

Setelah semua hal tersebut selesai dan Israel terbentuk menjadi negara, lmi pun mengabdikan diri dengan menjadi seorang pelatih dari Pasukan Pertahanan Israel, dengan kurun waktu 20 tahun.

Selama itu, beliau terus menyempurnakan gerakan krav maga, agar menjadi ilmu bela diri yang utuh, juga dapat dipelajari oleh orang banyak nantinya.


Versi Amerika

Secara otomatis, para instruktur handal kemudian tercipta di Israel, dan bergabung menjadi satu. Hal tersebut kemudian membuat negara Amerika tertarik.

Hingga kemudian pada tahun 1980-an, para peminat Krav Maga dan pihak Israel, menandatangani beberapa perjanjian krav maga, guna memberikan ilmunya kepada mereka.

Setelah hal itu, beberapa penggiat krav maga dari Amerika, lantas pergi ke Israel dengan tujuan mempelajari Krav Maga lebih dalam lagi.

Dan jika sudah selesai, maka para penggiat tersebut akan pulang ke negara asal, dan mengembangkan ilmu bela diri tersebut, dengan membuat beberapa sekolah belajar secara otodidak dari krav maga.

Versi Indonesia

Di tanah air sendiri, krav maga terawasi oleh dia asosiasi dengan taraf nasional. Yakni dari Komando Indonesia serta Self Defense Indonesia, sejak pada tahun 2009.

Krav maga di Indonesia, lebih sering digunakan sebagai trik untuk membantu beberapa negara lain yang sedang ada konflik perang, seperti di Palestina, dan sebagainya.

Melansir dari wikipedia, krav maga sendiri pertama kali dikenalkan oleh Bapak David di tahun 2007, dengan mendirikan dua organisasi tersebut.

Yang kemudian lambat laun menjadi salah satu cara untuk mengatasi beberapa konflik perang antar negara, dan Indonesia ikut andil dalam menyelesaikannya.

Tak hanya itu, krav maga juga tidak jarang menjadi senjata untuk melerai perang di wilayah regional. Seperti misalnya Papua, Poso, Aceh, maupun wilayah lainnya.

Itulah beberapa versi sejarah dari krav maga, yang saling berurutan dan dapat menjadi referensi.


Prinsip Bela Diri Krav Maga

Sejalan dengan hal tersebut, krav maga kemudian memiliki prinsip yang kuat, untuk menjadi seni bela diri yang dapat dipelajari, dan dapat terimplementasikan dalam hidup, layaknya jenis seni bela diri lain.

Jadi, tidak hanya belajar secara otodidak untuk krav maga, tetapi dapat secara serius mengenal lebih dalam pada seni bela diri tersebut.

Namun perlu diketahui, bahwasannya krav maga, tidak mengenal gender, baik laki-laki maupun perempuan, dapat melakukan hal tersebut.

Pun dengan aturan yang ada, seni bela diri tersebut tidak mematok secara paten seperti apa aturan yang baik dalam krav maga.

Kuncinya hanya satu, yakni mempertahankan seseorang tersebut agar selamat dari serangan lawan, yang ingin menjatuhkan keadaan.

Jadi, berikut list prinsipnya:

  1. Dilarang terluka
  2. Melakukan penetralan secepat mungkin
  3. Melakukan teknik bertahan ke penyerangan dengan cara secepat mungkin
  4. Melaksanakan eksploitasi refleksi yang ada di dalam tubuh
  5. Mengeksploitasi beberapa bagian yang ada di tubuh lawan, hingga paling sensitif sekalipun seperti mata.
  6. Memakai beberapa benda yang ada, untuk menjadi senjata.

Itulah prinsip dari bela diri krav maga. Cukup unik, ekstrim, dan sangat menantang. Butuh nyali yang lebih ketika harus berhadapan dengan ilmu bela diri tersebut.


Kelebihan Krav Maga

Untuk kelebihannya sendiri, beberapa literatur tidak begitu membahas terlalu dalam. Namun jika dapat disimpulkan, krav maga bisa terbilang 50:50 untuk prosentase keselamatannya.

Hal tersebut merujuk kepada prinsip dan juga titik poin yang ada dalam pembahasan. Mengingat beberapa hal dapat terjadi di seni bela diri krav maga.

Jika dapat selamat, maka seseorang tersebut memang sudah berhasil untuk mengembalikkan keadaan lawan sesuai dengan keinginan mereka.

Meski begitu, seseorang tersebut juga mendapatkan hal yang setimpal dari apa yang mereka laksanakan. Bisa jadi luka, cedera, atau hal lainnya, terjadi pada mereka, karena menggunakan bela diri tersebut.

Walau pun dalam prinsip menghindarkan diri agar tidak terluka itu penting, tetapi gerakan dari lawan terkadang tidak bisa ditebak dengan jelas.

Hingga kemudian kewaspadaan meningkat, dan bisa saja, lawan juga akan melakukan hal yang sama, bahkan lebih ekstrim.

Itulah kenapa kemudian krav maga, kadang lebih diperuntukkan untuk orang-orang yang lebih profesional dalam ketahanan diri dan sudah terbiasa pada peperangan yang sangat realita sekali.

Sehingga tidak sembarang orang dapat melaksanakannya. Harus ada bekal terlebih dahulu, yakni pengetahuan, dan mental.


Teknik Bela Diri Krav Maga

Tenik krav maga (Foto: apkpure.com)

Dan bicara soal masalah pengetahuan tentang krav maga, secara otodidak belajar mengenai krav maga ada tekniknya. Hal itu dapat menjadi referensi kamu.

Ketika ingin masuk menjadi seorang yang profesional dalam krav maga, dan dapat menekuninya untuk kepentingan pembela negara, dan sebagainya. Beberapa teknik tersebut antara lain:

Kuda-kuda

Untuk teknik kuda-kuda, ada beberapa langkah yang perlu kamu pahami, seperti: melakukan gerakan berdiri, dengan kaki terbuka selebar bahu.

Kemudian posisikan jari-jari mu mengarah ke depan, sebagai tanda bahwa kamu, siap untuk bertarung dengan menggunakan ilmu bela diri krav maga, dan sebagainya.

Serangan Lutut

Untuk gerakan ini, lebih menitikberatkan pada menendang kaki pada bagian selangkangan dengan menggunakan lutut.

Lebih jelasnya seperti: mula-mula lakukan kuda-kuda, setelah itu melakukan serangan lutut dengan menggunakan kaki belakang.

Setelah itu angkat kaki dari permukaan tanah, kemudian tekuk lutut kaki kamu secara utuh, setelah itu lakukan penyelipan tumit ke selangkangan lawan, dengan tujuan dapat mendorong mereka ke depan, secara lurus.

Jika sudah, maka dorong mereka, dan segera mundur, kemudian lakukan gerakan awal lagi, yakni kuda-kuda.

Serangan Tumit Telapak Tangan

Jenis gerakan ini, menitikberatkan pada sasaran wajah lawan, dengan tujuan mereka menjadi tidak fokus ketika akan melawan lawan mereka, dan sebagainya.

Untuk jurusnya seperti: lakukan kuda-kuda, kemudian gunakan tangan kiri atau kanan kamu dan letakkan ke depan sesuai dengan garis lurus di depan wajah.

Setelah itu putar bahu dan juga panggul, kemudian bersiap untuk menyerang wajah lawan dengan tenaga yang kuat. Hal tersebut bertujuan agar memberikan efek yang bisa fatal kepada lawan.

Jika sudah, lakukan gerakan awal kembali.

Tendangan ke Depan

Langkah ini adalah menendang lawan menggunakan tulang kering, bertujuan agar lawan yang masih berada pada jarak jauh, tidak dapat mendekat dengan mudah.

Dengan cara: awalan kuda-kuda, kemudian lakukan gerakan lutut ke arah depan dan atas, untuk dapat menendang lebih mudah.

Jika sudah terbuka dan lutut berada di paling atas, lakukan gerakan seperti mencambuk dengan kaki kepada lawan, agar mereka dapat memberikan jarak lebih jauh lagi dari posisi kamu.

Organisatoris lain baca ini: Olahraga Bela Diri, 19 Jenis Untuk Para Wanita Karier

Setelah itu, mundur, dan lakukan gerakan awal kembali.

Mungkin agak bingung, tetapi memang jika ingin lebih paham mengenai hal tersebut, disarankan harus mendaftarkan diri ke beberapa sekolah bela diri krav maga, agar mendapatkan pembelajaran lebih dalam.


Cara Belajar Otodidak Krav Maga

Tetapi, apakah ada belajar otodidak secara mudah guna menekan biaya belajar untuk krav maga secara profesional? Jawabannya adalah ada.

Teknologi sekarang telah memberikan kita banyak pilihan mengenai belajar sesuatu yang ingin dipelajari. Mengingat sekarang sudah banyak orang yang kemudian sadar tentang teknologi.

Dan mulai beradaptasi dengannya. Terutama dengan krav maga yang dapat dipelajari melalui beberapa channel YouTube seseorang yang memang ahli dalam krav maga.

Kamu dapat menirukan beberapa gerakan yang mereka ajarkan, kemudian dengarkan atas apa yang mereka jelaskan dalam video yang dibuat.

Tetapi memang alangkah baiknya, harus ikut berada dalam satu sekolah bela diri khusus krav maga. Agar nantinya dapat pengarahan yang lebih baik.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai belajar otodidak krav maga. Yang mana beberapa poin tersebut dapat menjadi referensi kita semua, yang ingin terjun dalam seni bela diri itu.

Ada resiko dan konsekuensi yang harus tertanggung oleh diri sendiri, ketika sudah ingin serius dan mau bergelut dengan bidang yang diinginkan.

Harus siap juga ketika berada dalam permasalahan mengenai bidang tersebut, dan mewajibkan kamu untuk menyelesaikan semua. Karena, bisa jadi hal tersebut berawal dari dirimu.

Poin tersebut juga sama berlakunya dengan krav maga. Jadi, mental, fisik, dan tenaga, harus benar-benar dipersiapkan, agar nantinya tidak tumbang di tengah jalan.

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka:

  1. sehatq.com
  2. id.wikipedia.org
  3. materiolahraga.com
  4. gayatempo.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *