Definisi bola voli
Permainan bola voli (Foto: review.bukalapak.com)

Bola Voli: Sejarah, Ukuran Lapangan dan 4 Perlengkapan

Diposting pada

Bola voli, salah satu cabang olahraga yang telah mendunia, dengan jebolan para atlet yang luar biasa dalam mengharumkan nama bangsa lewat prestasi mereka. Kemudian terdapat pembahasan mengenai sejarah, ukuran lapangan, perlengkapan, sampai dengan federasinya. Ayu Maesaroh – organisasi.co.id

Olahraga adalah salah satu hal yang sangat penting bagi kebugaran tubuh manusia, yang mana hal tersebut menuntut manusia untuk bergerak lebih banyak dengan durasi waktu yang telah dilakukan.

Kemudian hal tersebut juga menjadi salah satu cara seorang individu untuk terus berlatih untuk mendapatkan apa yang menjadi tujuan mereka.

Entah dalam hal ini adalah bentuk tubuh yang lebih baik, atau lebih dari itu. Menjadi seorang atlet dari olahraga yang mereka geluti, serta bertekad mengharumkan nama bangsa lewat bakat olahraga yang individu tersebut miliki.

Salah satu olahraga yang paling sering dijadikan jalan individu untuk melangkahkan kaki ke dunia tersebut entah laki-laki maupun perempuan, adalah voli.

Permainan dengan menitikberatkan pada kekuatan tangan, bermain strategi pukulan yang dapat membalikkan keadaan lawan, dan sebagainya.

Juga dituntut untuk bisa bekerjasama, berkoordinasi dengan baik, terutama sang kapten yang menjadi barometer para anggotanya, yang mendapatkan tugas untuk melaksanakan apa yang menjadi strategi bersama.

Jadi, berikut pembahasan mengenai permainan voli ini.

Bola Voli: Sejarah, Ukuran Lapangan dan Perlengkapan

Bola voli
Definisi bola voli (Foto: semestafakta.com)

seperti yang udah disinggung sebelumnya, bola voli adalah permainan yang menitikberatkan kepada kekuatan tangan. Serta dalam permainannya, berbentuk regu, bekerjasama untuk membalikkan keadaan lawan.

Di dalamnya terdapat berbagai teknik yang ada, sehingga dapat menjadi satu jalan bagi mereka untuk menggunakan teknik-teknik tersebut, agar lebih mudah mewujudkan apa yang menjadi tujuan mereka.

Permainan voli ini dalam catatan sejarah, merupakan permainan yang tercetus oleh salah satu ahli bernama William G. Morgan.

Beliau merupakan seorang ahli berasal dari Amerika Serikat. Pada waktu itu permainan ini tidak seperti sekarang namanya. Adalah minitonette.

Seiring berjalannya waktu dan berubahnya era serta peradaban, olahraga ini pun berevolusi, dan berganti nama menjadu volley ball.

Organisatoris lain baca ini: Voli Dan Basket, Pencipta Atlet cantik Nasional dan Dunia

Yang kemudian tercetuslah berbagai organisasi resmi bola voli, guna menjadi wadah bagi mereka para penggiat olahraga tersebut, serta memberikan kesempatan bagi mereka agar bisa beprestasi pada bidang tersebut juga.

Untuk lebih jelasnya, begini ulasan yang lengkap:


Pengertian Permainan Voli

Dalam beberapa literatur yang ada, mengatakan bahwa permainan voli adalah permainan, yang terdiri dari dua regu dan bermain dalam satu arena.

Mereka mempunyai tujuan yakni mengalahkan lawan, dengan beberapa teknik voli yang sudah mereka pelajari sebelumnya.

Dengan menitikberatkan pada kekuatan tangan, dan lengan tangan. Sebagai alat untuk mengoper bola ke arah lawan. Adapun beberapa pengertian menurut para ahli, antara lain:

Menurut PBVSI

Menurut PBVSI selaku organisasi resmi dari permainan voli di Indonesia, mengatakan bahwa permainan voli adalah olahraga yang terdiri atas dua regu, dan terpisah oleh net yang ada di lapangan.

Keduanya memiliki 3 kali kesempatan untuk memantulkan bola, hingga sampai akhirnya menyentuk ke tanah arena lawan.

Mahfud Irsyada

Mengartikan permainan voli sebagai salah satu olahraga yang terdiri atas dua regu dan terpisah. Kemudian dari masing-masing regu tersebut beranggotakan 6 orang.

Aip Syaifudin dan Muhadi

Keduanya menjelaskan bahwa olahraga voli adalah permainan yang terdiri dari dua regu, dan masing-masing regu terdiri atas 6 orang.

Masing-masing memiliki kesempatan untuk bisa mengubah keadaan dengan berusaha menjatuhkan bola di depan net ke arena lawan.

Jika disimpulkan, maka permainan voli adalah salah satu permainan yang terdiri dari 2 regu dengan masing-masing pemain berjumlah 6 orang.

Yang kemudian mempunyai tujuan untuk mengalahkan lawan dengan menjatuhkan bola ke arena lawan.


Sejarah Permainan Bola Voli

Kemudian sejarah dari permainan voli ini. Yang kita tahu, bahwasannya permainan tersebut tercetus oleh seorang ahli dari Amerika Serikat bernama William G Morgan.

Awla mula adanya pencetusan tersebut, ia bertemu dengan seorang penemu permainan bola juga yang terkenal dengan nama bola basket.

Bernama James Naismith. Dari perbincangan yang ada, membuat G Morgan berinisiatif untuk mencetuskan permainan bola juga, dengan beragam teknik yang ada, serta bisa berkembang sedemikian rupa.

Hingga berselang dari 4 tahun semenjak bola basket itu ada. Permainan voli akhirnya tercetus dengan nama minitonette.

Terdiri dari berbagai aturan yang ada, serta bola voli yang terbentuk sedemikian rupa. Pergeseran waktu dan perubahan zaman, membuat permainan ini semakin digandrungi oleh banyak orang.

Organisatoris lain baca ini: Induk Organisasi Bola Voli, Nasional Dan Internasional

Hingga pada akhirnya tahun 1940-an, tercetuslah federasi resmi bertaraf internasional, sebagai salah satu wadah untuk para penggiat olahraga tersebut agar terus mengasah kemampuan mereka.

Serta menorehkan berbagai prestasi dengan keikutsertaan mereka dalam ajang kompetisi tingkat dunia untuk cabang olahraga voli.


Ukuran Lapangan Bola Voli

Ukuran lapangan voli (Foto: tokopedia.com)

Adapun beberapa permasalahan yang berkaitan dengan permainan bola voli ini. Salah satunya adalah ukuran daripada lapangan voli.

Perlu kita ketahui bahwasannya dalam membuat lapangan voli, sudah ada aturan yang sah dan berlaku, terutama ketika lapangan tersebut diperuntukkan untuk arena pertandingan voli.

Terdapat dua hal yang ada dan perlu perhatian khusus saat membuatnya. Yang pertama adalah ukuran dari seluruh lapangan serta beberapa arena yang ada.

Yang kedua adalah masalah nett, mengingat nett untuk pria dan wanita, tinggi dan panjangnya berbeda.

Ukuran Lapangan

Dalam membuat lapangan voli, harus memperhatikan panjang dan lebar dari tempat tersebut. Untuk panjang dari lapangan voli, ialah sekitar lebih dari 15 meter, dan lebar lapangan sekitar lebih dari 5 meter.

Pun pada setiap arena dari masing-masing regu, terdiri dari salah satu arena bernama clearance, dengan ukuran lebar bagian belakang 3 s/d 5 meter lebih, dan bagian samping berukuran antara 3 s/d 5 meteran.

Ukuran Nett

Untuk ukuran tinggi dari nett, antara putra dan putri berbeda. Untuk khusus putra biasanya tinggi nett sampai dengan 2,40 meter lebih, sedangkan untuk putri 2, 20 meter lebih.

Tinggi dari tiangnya sendiri hampir sama, yakni antara 1/2 sampai dengan 1 meter. Lalu ada salah satu bagian yakni pembatas dari arena lapangan kedua regu.

Dengan ukuran panjang dari garis pembatasnya, sekitar 3 meter berwarna putih. Guna menjadi tanda ketika bola sedikit menyentuh ke arah lawan atau ke arah garis dari pembatas tersebut,


Perlengkapan Permainan Bola Voli

Sejalan dengan hal tersebut, ada beberapa perlengkapan yang perlu ada ketika akan melaksanakan pertandingan voli. Dan perlengkapan tersebut tidak boleh keliru bahkan tidak dipersiapkan sama sekali.

Beberapa perlengkapan tersebut antara lain:

Lapangan Voli

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, bahwasannya lapangan voli menjadi salah satu hal yang sangat penting dari permainan voli tersebut.

Hal ini merujuk kepada lapangan yang menjadi arena pertandingan, dengan memenuhi beberapa syarat dari peraturan internasional yang ada.

Jaring/ Nett

Jaring atau net ini juga sangat penting. Benda tersebut menjadi salah satu komponen yang memisahkan kedua regu, juga menjadi satu arena yang dapat membalikkan keadaan lawan.

untuk jaring ini, juga harus sesiuai dengan ketentuan internasional, terutama pada tinggi nett dan tinggi tiang nett tersebut.

Bola Voli

Adapun ukuran diameter dari bola yang dapat digunakan untuk permainan tersebut. Keliling daripada bola tersebut harus berada pada angka 65 cm lebih, dengan berat dari bola sekitar 280-an gram.

Kemudian untuk bahan dari pembuatan bola, harus kulit. Dengan menggunakan ketentuan kulit yang telah diatur dalam peraturan internasional.

Pakaian dan Kaus Kaki

Yang mana untuk pakaian diharapkan tidak mengganggu pergerakan daripada para atlet itu sendiri. Serta nyaman saat para atlet melakukan berbagai latihan atau teknik voli yang ada, ketika bertanding.

Untuk kaus kaki sendiri, diharapkan dapat melindungi bagian kaki sampai dengan lutut. Mengingat kadang sebagai atlet harus bisa menjangkau bola yang ada.

Kemudian melempar ke arena lawan, tanpa sadar bagian kaki atlet tersebut terluka. Entah karena bergesekan dengan permukaan lapangan, dan sebagainya.

Itulah beberapa perlengkapan yang harus ada, ketika akan melaksanakan pertandingan atau permainan voli.


Federasi Voli Dunia

Logo FIVB (Foto: fivb.com)

Sejalan dengan pembahasan yang diatas, federasi voli internasional pun menjadi wadah yang sangat penting bagi para penggiat permainan voli ini,

Hal tersebut merujuk kepada permainan voli yang semakin dilirik oleh dunia, juga pada era sekarang voli menjadi salah satu cabang olahraga bergengsi, Entah pada tingkat dunia maupun nasional.

Dan organisasi voli terbesar di dunia adalah FIVB, atau singkatan dari Federation Internationale de Volley Ball. Berdiri pada tahun 1947.

Dengan Presiden pertama yakni Paul Libaud, yang merupakan warganegara asli dari Perancis. Dulu tujuan daripada organisasi ini, hanya sebatas memperkenalkan permainan voli ke seluruh penjuru dunia.

Dengan cara mempromosikan secara terus menerus, salah satunya dengan mengadakan Olimpiade untuk pertama kali pada tahun 1952.

Organisatoris lain baca ini: Pengertian Induk Organisasi Olahraga: Manfaat Dan Tujuan

Untuk kantor resmi saat ini berada di Swiss, tepatnya di Lausanne. Dan Presiden FIVB sekarang adalah Ary Graca.

Anggota dari FIVB sekarang, telah mencapai lebih dari 200 negara, dengan pembagian 5 wilayah federasi. Yakni federasi Amerika Serikat, Asia, Eropa, Afrika, serta Norceca.


Federasi Voli Indonesia

Logo federasi bola voli Indonesia
Logo PBVSI (Foto: laluahmad.com)

Indonesia juga mempunyai organisasi penting yang menaungi para penggiat permainan voli ini. Adalah PBVSI, atau singkatan dari Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia.

Organisasi ini ada dan tercetuskan pada tahun 1955, tepatnya di Jakarta. Salah satu programnya adalah mengadakan berbagai turnamen voli tingkat nasional.

Kemudian memilih siapa yang akan siap menjadi timnas voli untuk Indonesia dalam ajang kompetisi internasional. Anggota dari federasi ini, sudah tersebar di 34 wilayah provinsi di Indonesia.

Penutup

Dari pembahasan tersebut mengenai bola voli ini, kita bisa lebih mengerti bagaimana alur, fase, dan semua hal yang berkaitan dengan permainan voli ini.

Juga menjadi ilmu bagi kita, ketika ingin masuk dan terjun menjadi seorang atlet voli yang profesional. Ada beberapa hal yang harus kita tahu, terutama berbagai teknik dan perlengkapan yang ada.

Kemudian beberapa poin lain seperti ukuran dari lapangan, federasi yang menaungi para penggiat olahraga tersebut, sampai dengan sejarahnya.

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka

  1. voi.id
  2. suara.com
  3. sport.okezone.com
  4. sport.okezone.com
  5. https://www.saturadar.com/2019/10/Olahraga-Bola-Voli.html

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *