Pembawa Acara
Pemandu Acara: Brigpol Dewi Sartika (Sumber Kabar Sumbel)

Master Of Ceremony: Pengertian Dan 4 Contoh Naskah

Diposting pada

Master Of Ceremony, bukanlah sebuah kata yang muncul sejak tata bahasa ada, namun merupakan penggalan beberapa kata yang terdapat di dalamnya.

Dhilah, Komunikasi – Organisasi.co.id

Master Of Ceremony dalam singkatannya adalah MC, dengan beberapa istilah yang melekat atau sinonim dengannya, yakni: pembawa acara, protokol. Kata tersebut tidak ada dalam kamus besar bahasa Indonesia, meskipun kata ini sering dan sangat familiar dengan kita, why?

Tentu kita sudah memahami bahwa dari penulisannya, itu menunjukkan ciri berbahasa Inggris. Apa definisi sebenarnya dari MC tersebut?

Menjadi MC sebuah Acara
Salah satu kegiatan resmi adalah Pelantikan

Pengertian Master Of Ceremony

Jangan membuka KBBI untuk menemukan pengertiannya, sebab daripadanya tidak akan kita temui hingga saat ini (tahun 2021).

Meski kata tersebut telah “baku” kedengarannya. Dan juga pada kenyataannya, banyak diantara kita sudah bisa mengetahui apa yang dimaksud dari kata tersebut.

Benar, yang memandu sebuah kegiatan baik acara formal maupun non formal, dengan keahlian serta kemampuan khusus yang mereka miliki. MC menggunakan keterampilan komunikasi yang baik. Dengan gaya intonasi yang meyakinkan.

Kami tidak menemukan sebuah definisi yang sesuai (ilmiah), kami hanya menemukan beberapa tulisan (artikel) yang memberikan penjelasan mengenai artinya.

Dari Gramedia, MC adalah pembawa acara sebagai profesi dengan keterampilan dalam memandu sebuah kegiatan.

Pada pengertian lain, Pembawa acara adalah yang mengendalikan sebuah kegiatan agar berjalan sesuai dengan alur, sumber: Psikologimultitalent.

Maka untuk definisi ini kita sampai pada kesimpulan bahwa istilah lain dari hal itu adalah host, presenter, pengatur, pengendali maupun penguasa sebuah acara.

Belajar Menjadi MC

Untuk menjadi seorang presenter atau host, tentunya membutuhkan sebuah keahlian khusus dan keterampilan.

Pekerjaan ini sekarang menjadi sebuah tren baru. Sebab telah naik level menjadi sebuah “profesi” yang menghasilkan uang.

Profesional kerja. Telah banyak yang menjadi contoh yang dapat kita lihat hidup sebagai presenter. Dan tentu dengan penghasilan yang tidak sedikit.

Sebutlah Tukul Arwana, Raffi Ahmad, Najwa Shihab. Maupun presenter TV yang memiliki nama besar yakni sekelas Fitri Megantara, Zackia Arfan, Sheila Purnama, Safinas Nachiar, Brigita Ferlina, Senandung Nacita, Glory Oyong, Utrich Farsah maupun Marissa Anita.

Selain dari mereka, juga ada yang menjadi host Youtube milik mereka, dengan subscriber yang tidak sedikit, seperti Deddy Corbuzier, Aya Ibrahim, Atta Halilintar, Baim Wong maupun Andre Taulani.

Mereka yang masuk dalam kategori presenter hebat tentunya melewati fase belajar.

Dan pekerjaannya untuk menjadi pembawa acara tersebut memerlukan keahlian khusus.

Bagaimana belajar menjadi seorang pemandu acara?

Berikut beberapa yang harus kita ketahui mengenai proses belajarnya.

Organisatoris lain baca ini: Pengertian Moderator: 5 Tugas, Sikap, Persiapan & Naskah

Segmen

Mengenal segmen yang menjadi sasaran, atau menciptakan segmen sasaran baru.

Misalnya segmen hiburan, Sebagaimana hiburan terbagi lagi menjadi beberapa bagian, seperti; musik, lawak dan sebagainya.

Segmentasi tersebut yang membentuk karakter sebagai pembawa acara.

Atau segmentasi acara formal nonformal: pernikahan, seminar dan lain lain.

Rekam Dan Evaluasi

Semua yang terkenal tersebut tidak langsung sebesar sekarang ini. Melainkan melalui proses yang panjang. Cara paling efekti untuk belajar mengoreksi kemampuan komunikasi adalah merekamnya dan mengevaluasinya.

Cukup menggunakan android yang kita miliki, dan berlatih serius. Rekam saat belajar, dan apa yang anda rasakan setelah merekamnya, apakah ada hal yang harus disempurnakan?


Tentukan Tipe

Tipe seorang pembawa acara mirip dengan tipe atau jenis pidato, yakni:

  1. Memoriter,
  2. Manuscrip,
  3. Impromptu, atau
  4. Ekstempore

Perbedaan keempat definisi tersebut dapat kita baca pada, sebagaimana organisatoris lain membaca ini: Model Pidato, 4 Metode, Keuntungan Dan Kekurangan

Setelah melewati hal tersebut maka kita akan masuk pada proses memulai, dan yang harus kita lakukan adalah:

  1. Mengetahui jenis intonasi dengan menyesuaikan segmen dan tipe,
  2. Melakukan latihan dengan bantuan orang lain, atau dengan rekaman,
  3. Belajar dengan menggunakan alat atau tanpa alat seperti mic.
  4. Menunjukkan kepada khalayak ramai mengenai hasil kerja untuk mendapatkan respon atau saran, sebab banyak yang beranggapan bahwa mata penonton jauh lebih kritis untuk perbaikan.

Setelah memahami hal ini maka kita akan belajar bagaimana membuat sebuah pembukaan ataupun muqoddimah acara.

Pembukaan MC

Muqoddimah atau pembukaan maupun prolog adalah bagian awal saat tampil.

Bagian ini merupakan bagian yang bebas untuk kita pergunakan dalam “memikat” hati pendengar atau penonton. Sebab ini menjadi ciri khas seorang pembawa acara formal maupun informal.

Pembukaan pembaca berita tentu berbeda dengan pemandu acara sebuah kegiatan seminar. Dan dalam contoh kali adalah membuat pembukaan maupun muqaddimah singkat acara seminar.

Contoh Pembukaan 1

Assalamu Alaikum War. Wab.
Salam Sejahtera Bagi Kita Semua,
Om Swastyastu,
Namo Buddhaye,
Salam Kebajikan

Tanpa saya tanyakan, sebenarnya dengan melihat wajah bapak dan ibu sekalian terpancar wajah yang berseri-seri dan berbahagia. Semoga Allah SWT memberikan rahmat buat kira semua, Amin.

Bersyukur kepada Allah SWT, merupakan keharusan bagi siapapun mahluk yang ada dibumi Allah ini, selain itu kita tidak bisa melupakan untuk mengirimkan salam dan sholawat kepada Rasulullah junjungan kita semua, Nabi Besar Muhammad SAW.

YTH Gubernur Jawa Barat, Bapak Ridwan Kamil
Yang Kami Hormati Bapak Ibu Walikota, Bupati se Jawa Barat,
Yang Kami Hormati pula kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Jawa Barat.

Dan seterusnya.

Isi pembukaan adalah salam, mensyukuri nikmat dari Allah, mengirimkan sholawat kemudian memberikan penghormatan kepada para undangan.

Contoh Pembukaan 2

Contoh lain pembukaan pembawa acara:

Assalamu Alaikum War. Wab.
Salam Sejahtera Bagi Kita Semua,
Om Swastyastu,
Namo Buddhaye,
Salam Kebajikan.

Alhamdulillahi Robbil Alamin, Wassalatu Wassalamu Ala Asyrofil Anbiya’i Wal Mursalim, Sayyidina Wa Maulana Muhammadin Wa Ala Alihi Wa Sahbihi Ajmain, Amma Ba’du.

Bahwa apapun kegiatan hari ini merupakan persembahan dari Allah SWT, maka mari kita mensyukuri nikmat Allah ini dengan besyukur kepadaNya. Semoga saja kita mendapatkan Ridho yang berlimpah dari Allah SWT, hingga kita mampu menjalani hidup ini dengan keberkahanNya.

Selanjutnya, kita tidak akan melupakan Nabi Muhammad SAW sang pembawa risalah Islami di muka bumi ini, semoga saja perjuangannya mendapatkan tempat di sisi Allah SWT bersama para sahabat dan tabi’in/tabiuttabi’in.

Yth Menteri Pertanian Republik Indonesia, Bapak Syahrul Yasin Limpo,
Yang kami hormati Gubernur DKI, Bapak Anies Baswedan,
Yang kami hormati para walikota se DKI.

Dan seterusnya.

Inti pembukaan adalah 3 bagian tersebut, yang harus disebutkan oleh seorang pemandu acara.

Organisatoris lain baca ini: Intonasi Artikulasi: Definisi, 3 Jenis, Cara Melakukannya

Contoh Susunan Acara Berbagai Kegiatan

Beberapa kegiatan formal dan informal sebagai contoh pada susunan acara dalam berbagai kegiatan adalah:

  1. Seminar
  2. Pernikahan
  3. Perpisahan Sekolah
  4. Takziyah

Struktur Acara Seminar

Terdapat beberapa bagian acara pada sebuah kegiatan seminar, dengan runtutan acara sebagai berikut, yaitu:

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan Ayat Suci Al Quran (Opsional)
  3. Laporan Ketua Panitia
  4. Sambutan
  5. Seminar

Susunan acara tersebut merupakan pegangan dari pembawa acara, dan bukan moderator. Namun jika kita hendak membuat susunan acara untuk moderator maka kita bisa melihat contoh susunan acara seminar berikut ini.

  1. Pembukaan oleh Moderator,
  2. Pembacaan CV para Pemateri
  3. Seminar
  4. Tanya Jawab
  5. Penutup (Closing)

Susunan acara tersebut diatas aalah susunan acara belum termasuk variasi lainnya. Dan hal itu bisa kita lakukan, beberapa penambahan hingga penyempurnaan acara. Misalnya antara acara ada hiburan: musik, puisi ataupun pementasan.

Susunan Acara Pernikahan

Dalam sebuah hajatan Islam, pernikahan merupakan kegiatan yang sakral dan penting bagi mempelai dan keluarga, sehingga seorang Master Of Ceremony (MC) acara harus menyusun susunannya semenarik mungkin.

  1. Pembukaan oleh MC
  2. Pembacaan Ayat Suci Al Quran,
  3. Sambutan Keluarga Mempelai Wanita,
  4. Sambutan Mempelai Pria
  5. Proses pernikahan
  6. Pesan Pernikahan oleh KUA
  7. Penutup

Kegiatan pernikahan merunut ke budaya setiap orang, sehingga terdapat penambahan dan pengurangan dalam item tertentu, sehingga seorang pengarah acara harus melakukan konsultasi kepada pemilik acara.

Untuk menghindari kesalahan dalam penyusunan acara.

Untuk pernikahan ini, pembawa acara harus menyerahkan susunan acara kepada yang memiliki hajatan. Sebab pernikahan sangat dekat dengan budaya.

Susunan Acara Perpisahan Sekolah

Kegiatan perpisahan sekolah terdiri dari perpisahan guru (meninggalkan sekolah) maupun perpisahan siswa (tamat), untuk contoh ini adalah perpisahan (penamatan) siswa, bagi siswa SMP maupun SMA, yakni:

  1. Pembukaan oleh Protokol
  2. Pembacaan Ayat Suci Al Quran
  3. Pengantar Ketua Panitia
  4. Sambutan Kepala Sekolah
  5. Ucapan Siswa Yang Meninggalkan
  6. Ucapan Siswa Yang Ditinggalkan
  7. Ramah Tamah
  8. Hiburan Dan Penutup

Meskipun posisi hiburan ada pada bagian akhir dari acara, namun bisa saja acara hiburan masuk diantara beberapa susunan acara (disesuaikan)

Acara Takziyah

Dalam acara takziyah, dengan suasana kesedihan, tentu seorang protokol harus melakukan penyesuaian kalimat yang akan digunakan. Adapun susunan acara takziyah yaitu:

  1. Pembukaan Oleh Protokol
  2. Pembacaan Ayat Suci Al Quran,
  3. Pengarahan Keluarga,
  4. Tauzhiyah
  5. Tanya Jawab (opsional)
  6. Penutup.

Demikian susunan acara untuk kegiatan tauziyah, selanjutnya kita akan masuk pada narasi yang akan dibacakan oleh seorang pemandu acara.

Master Of Ceremony atau MC
Trik dan cara menjadi seorang MC (Master Of Ceremony

Narasi Master Of Ceremony Berbagai Acara

Yang tidak kalah menariknya adalah menyusun narasi untuk dibacakan sebagai seorang pemandu acara, sebagai contoh pada kegiatan pernikahan.

  1. Pembukaan oleh MC
  2. Pembacaan Ayat Suci Al Quran,
  3. Sambutan Keluarga Mempelai Wanita,
  4. Sambutan Mempelai Pria
  5. Proses pernikahan
  6. Pesan Pernikahan oleh KUA
  7. Penutup

Berikut kalimat antara bagian

Pembukaan oleh MC

Setelah salam pembukaan… Muqoddimah.

Hanya kepada Allah kita akan menyembah, semoga acara hari ini mendapat Ridha dariNya. Tidak lupa pula penuntun ajaran Islam Nabi Muhammad SAW sang penyempurna akhlak bagi seluruh manusia di bumi ini.

Kami mengucapkan selama datang kepada seluruh keluarga mempelai pria pada acara hari ini, semoga saja selalu dalam kenikmatan dan keberkahan dariNya.

Acara pernikahan hari ini antara saudara Muhammad Syafran Faiz dengan saudari Nurul Firda Alatas, sebagai acara yang menjadi jalan bahagia kedua keluarga.

Izinkan saya, Ramdhan Walid sebagai MC acara mengucapkan selamat datang buat bapak dan ibu.

Pembacaan Ayat Suci Al Quran

Selanjutnya kita memasuki acara pembacaan ayat suci Al Quran, yang akan dibawakan oleh adik kita Qori’ah Fitriana Salman.

Terima kasih kepada adik Qori’ah Fitriana Salman atas pembacaan ayat suci Alquran.

Sambutan Keluarga Mempelai Wanita

Pernikahan adalah fitrah dan garis takdir Allah SWT, tentunya juga memerlukan restu keluarga.

Maka selanjutnya kami mengundang Bapak Mustafa, Ph.D mewakili keluarga untuk memberikan sambutan sebagai keluarga mempelai wanita.

Terima kasih kepada bapak Mustafa atas sambutannya, semoga mendapatkan Ridha Allah SWT

Sambutan Keluarga Mempelai Pria

Berikutnya, kita mendengarkan sambutan keluarga mempelai pria oleh bapak Surandar, M.Sc.

Terima kasih kepda bapak Surandar atas sambutannya.

Prosesi Pernikahan

Ijab Kabul, tidak hanya soal kebahagiaan dan keindahan. Namun Ijab Kabul adalah jalan menuju kebatinan yang hakiki dalam menjalani hidup berdua, kita mendoakan semoga prosesi ini mendapatkan kebaikan disisi Allah SWT.

Selanjutnya kami persilahkan kepada Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) atau mewakili untuk membimbing prosesi pernikahan ini.

(setelah ijab kabul)

Sah, hari ini dan pada waktu ini. Nurud Firdha Alatas resmi menjadi istri dari Muhammad Syafran Faiz, akhirnya ada 2 keluarga yang menyatu, hingga menjadi keluarga besar.

Pesan Pernikahan

Sebagai bekal awal untuk kedua mempelai bersama keluarga, meski ini sering kita dengar, namun hari ini kita memohon kepada ustadz Syafril memberikan nasehat pernikahan, waktu dan tempat kami persilahkan.

Terima kasih kepada bapak ustadz Syafril atas nasehat pernikahannya, semoga saja pernikahan keduanya mendapatkan lindungan Allah SWT hingga ke akhirat menuju syurga Allah SWT.

Penutup

Demikian susunan acara pernikahan antara Muhammad Syafran Faiz dengan Nurul Firdha Alatas dengan persaksian kedua keluarga, saya Ramdhan Walid sebagai pemandu acara memohon maaf jika ada salah kata selama memandu acara ini.

Wassalamu Alaikum War. Wab.

Demikian artikel yang membahas mengenai Master of ceremony, semoga saja memberikan manfaat. Jika ada hal yang kurang silahkan isi pada kolom komentar.

Sumber: Beritaku.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *