Flatarchy, Flat, Hierarki: Definisi, Ciri & Kelebihan

Flatarchy Sistem Organisasi
Perbedaan, Hierarki, Flat dan Flatarchy

Flatarchy sebagai salah satu struktur pengorganisasian penggabungan antara konsep flat dengan hiearki secara hybrid keduanya.Fauzi, Struktur – Organisasi.co.id

Hierarki sebuah organisasi adalah aliran instruksi yang berasal dari pimpinan. Konsep hierarki ini masuk kategoris bentuk bagan yang tradisional. Banyak mengalami cercaan dan hujatan. Sebab memiliki persamaan otoritel dan feodal.

Bacaan Lainnya

Flatarki merupakan struktur turunan dari organisasi datar dengan melakukan kombinasi bentuk hierarki. Secara hybryd.

Adapun Flaraki memiliki kedudukan sejajar antara satu anggota dengan yang lainnya. Bagaimana secara jelas membendakan ketiganya berdasarkan judul dari tulisan ini?

Sebagai bahan perbandingan bacaan kami bahas sebelumnya dalam artikel dengan judul holacracy dan Sosiokrasi. Sebagai gaya manajemen terbaru pada era digital.

Pada pembahasan kali ini, akan kita kupas mengenai Hierarki, flat dan flatarki dalam koordinasi lembaga secara terstruktur.

Pembahasan pada artikel ini menjelaskan tentang definisi, cici persamaan, perbedaan dari ketiga konsep manajemen kepemimpinan:

  1. Hierarchy
  2. Flat (datar)
  3. Flatarki

Hierarchy

Pada perkembangannya struktur organisasi yang awalnya tradisional lebih feodal dimana pucuk pimpinan mengambil kewenangan lebih dan seluruh kegiatan secara terstruktur adalah instruksi Top Down. Lebih instruksional dari pimpinan.

Definisi dan Istilah Hierarki

Hirarki merupakan bahasa Yunani hierarkhia aturan dari imam, hierarkhes presiden ritual secara sakral.

Organisasi Hierarki
Bentuk Organisasi Hierarki

Pada dasarnya bermakna sebagai benda, nama nilai dan kategori yang memiliki tempat lebih tinggi dari yang lainnya. Sehingga dengan posisinya yang diatas dapat mengintervensi bagian di bawahnya.

Berikut beberapa pengertian menurut pakar mengenai Hierarkhia, yakni:

  1. Meriem Webster, a). menjelaskan bahwa hirarki adalah kelompok yang mengendalikan suatu organisasi dengan beberapa pembagian tingkatan. b). Suatu sistem dengan benda atau seseorang (kelompok orang) yang memiliki tempat dengan serangkaian posisi dengan kepentingan dan status berbeda.
  2. Secara bahasa Hierarkhes terdiri dari 2 kata, yakni: Hieros yang bermakna “supranatural, suci”. dan Archos yang berarti “penggaris”, sehingga dengan demikian Hierarkhes adalah garis (batas) orang memiliki kemampuan supranatural atau suci.
  3. Verdier, 2006 Abad keVI pertama kali kata ini tercipta oleh Pseudo Dynoisius The Aeropagite dengan mengkanalisasi bahwa memposisikan hieros (suci) dan arkho (aku pemerintah). Dalam sebuah peraturan-peraturan sakral secara keagamaan. Lalu berkembang ke sakralitas aturan filsafat, politik dan sebagainya.
  4. Kulish, 2002, Hampir semua sistem organisasi pemerintahan maupun swasta yang ada di dunia terbentuk dengan formasi hierarkhia.

Jika melihat sejarah, penggunaan kata ini khusus untuk kelompok gereja pada awalnya, namun berkembang keluar dan mendapatkan adopsi pada sistem pemerintahan.

Pada abad ke XIV kata ini masuk dalam kosakata bahasa Inggris, hingga menyebar keseluruh dunia oleh para penjajah yang menginvasi negara lainnya.

Perdebatan Hierarki Dan Agama Katolik

Membaca transparansi sejarah secara sederhana mengenai hierarkhia menjadikan perdebatan antara Marthin Luther dengan pihak gereja (Katolik).

Pada masa kepemimpinan Konsili Trento yang menyampaikan bahwa hirarki puncak adalah negara gerejawi dan siapapun yang melakukan perlawanan terhadap seluruh kebijakan tersebut, maka masuk dalam kategori “terlarang secara agama”.

Maka dengan klasifikasi dan pembelahan secara taksonomi tersebut menghasilkan suatu kewenangan penuh yang otokratik. Lalu tertranslate dengan gaya otoriter dalam style kepemimpinan.

Prinsip dasar hirarki memiliki karakter yang ekslusif dominan dari yang lainnya. Dan pusat atau centrum utama seluruh aktifitas berpusat kepada satu atau kelompok secara egalitarian.

Namun jika membuka fakta yang sebenarnya, hirarki telah terbentuk sejak masa purba, dengan berbagai zaman: dari zaman prasejarah.

Sebagaimana kepemimpinan zaman purba dengan kendali pimpinan kelompok yang mereka anggap kuat dan titisan dewa.

Bedasarkan hasil penelitian, primata juga menganut sistem ini. Dan terkadang terjadi oposisi dari mereka yang melakukan penentangan kepemimpinan dominan secara hirarki.

Istilah yang berhubungan dengan hirarki:

  1. Ranking adalah urutan tertinggi hingga kerendah,
  2. Scaled, pembagian berdasarkan kapasitas
  3. Monarki, kepempinan turun temurun
  4. Anarki, kekuasaan untuk menghukum yang lainnya
  5. Oligarki, kekuasaan sekelompokorang
  6. Egaliter, kekuasaan yang sama.

Flat Struktured

Model hirarki bertahan untuk dominasi kekuasaan, melahirkan kelompok yang tidak senang dengan kepemimpinan yang otoriter dan kadang anarkis demi menerapkan aturan.

Kesemuanya untuk mempertahankan kekuasaan, baik secara politik maupun pemerintahan.

Sehingga memunculkan konsep baru dalam menata pemerintahan dengan gaya yang lebih adil dan manusiawi menurut pemilik konsep Flat Organizational Structured.

Dalam hata Flat memiliki istilah yang sama dalam pembahasan ini, yakni datar, sejajar. Penggunaan kata tersebut memiliki makna yang sama.

Bentuk Organisasi Flat Atau Datar
Bentuk Organisasi Flat Atau Datar

Jenis plat ini lebih mengutamakan inovasi, dan kecepatan dalam mengambil keputusan untuk bertindak.

Struktur flat adalah merupakan sebuah struktur perusahaan yang tidak melakukan perbedaan terhadap title senoritas ataupun jenis pekerjaan.

Sehingga memberikan ruang gerak kepada karyawan untuk mendistribusikan keilmuan mereka pada pekerjaan yang mereka inginkan penerapan struktur data Rini ini lebih sering kepada perusahaan yang kecil hingga menengah.

Meski pada kenyataannya beberapa perusahaan yang awalnya menggunakan struktur pelat. Ketika sudah berkembang mereka mengganti strukturnya. Menjadi struktur yang hirarkis dan cenderung beresiko pada perkembangan dari perusahaan tersebut.

Definisi Flat Organizational Structured

Ada banyak ahli dan kelompok yang telah memparkan definisi dari bagan ini, seperti:

  1. BBC.co.uk menuliskan definisi flat organizational struktured adalah bentuk lembaga dengan jumlah pimpinan yang terbatas. Manajer memiliki kendali yang luas, menggunakan rantai komando yang pendek. Jenis Flat (datar) banyak terpakai pada pengorganisasian usaha kecil. Atau sebuah lembaga yang modern.
  2. Marketing 91, menjabarkan bahwa struktur organisasi datar merupakan sebuah perusahaan dengan manajemen puncak. Melakukan komunikasi langsung dengan karyawan, bagian marketing, serta para pelanggan. Dalam penerapannya menciptakan efisiensi prosedur birokrasi dan koordinasi.

Telah mengalami perubahan dan pada era organisasi modern dengan memberikan kesempatan dan ruang kepada anggota untuk memberikan saran.

Dan pada era milenial semua terposisikan sama dalam hal pengambilan keputusan dan hak yang sama antara satu dengan yang lain.

Jenis datar memiliki konsentrasi yang tinggi dan gesit dengan kecepatan kerja yang dapat diandalkan mereka.

Dengan memanfaatkan sumber daya mereka miliki langsung bisa memulai untuk bekerja. Mereka sering menginkubasi cara daftar ini jika mau mengaplikasikan dalam internal startapp.

Biasanya melakukan uji coba jika akan melakukan peralihan atau semacam redirect pola lama dengan pola yang baru.

Ciri Organisasi Datar

Organisasi datar (flat), memiliki karakteristik yang berbeda dengan bentuk lainnya. Terutama memiliki perbedaan 180 derajat dengan hirarki.

Ciri penting pada organisasi datar, yakni:

  1. Memfokuskan kepuasan pelanggan,
  2. Kerjasama tim yang kuat,
  3. Anggota fleksibel dalam melakukan koordinasi,
  4. Pekerjaan tidak terpaku pada satu bagian saja, melainkan bisa menyeberang untuk membantu mencapai tujuan,
  5. Terdapat pimpinan (beberapa) sebagai penanggung jawab,
  6. Pendekatan desentraliasai.

Jenis bagan ini efektif untuk meningkatkan moral karyawan dalam hal kinerja, dengan peningkatan retensi kreatifitas mereka. Selain itu, pengambilan keputusan yang cepat karena bawahan bisa melakukan interaksi secara langsung kepada pucuk pimpinan tertinggi.

Berorientasi dengan komunikasi langsung pada pelanggan untuk mengetahui kebutuhan dan kekurangan mereka, yang menyebabkan sistem secara cepat dapat memenuhi kebutuhan.

Flatarchy

Meski organisasi sejajar sebagaimana pembahasan sebelum ini, dianggap sebagai “oposisi” pada struktur secara hirarki. Namun masih terdapat beberapa kekurangan serta ketidak puasan. Sehingga memunculkan sebuah konsep yang baru.

Definisi Flatarchy

Flatarki mengintegrasikan inkubator maupun startapp sebagai sebuah solusi. Dan memandang bahwa bagan ini adalah merupakan bagian yang fleksibel. Yang sering menerapkan ini adalah organisasi dengan tim kerja antar bagian.

Prinsip dari pada struktur datar ini adalah anggota yang selalu berinovasi. Dan memiliki kewenangan untuk memiliki ide.

Bentuk Flatarchy Sistem
Bentuk Flatarchy Sistem

Memanfaatkan semua potensi yang ada pada anggota dalam partisipasi terhadap apa yang dihadapi. Dengan memanfaatkan ketangguhan kegesitan dan efisiensi.

Jack Whelch, berpendapat bahwa salah satu keunggulan utama secara kompetitif sebuah organisasi adalah kemampuan untuk belajar dan mentranslasi pembelajaran itu dalam sebuah action yang cepat dan tepat.

Berikut beberapa pengertian membahas mengenai struktur flatarki ini, yaitu:

  1. Menurut Investopedia, Flatarki (flatarchies) adalah sebuah konsep bagan organisasi dengan menghapus sistem hirarki dan rantai komando, untuk meningkatkan produktifitas kerja para karyawan, dengan tujuan percepatan implementasi.
  2. Jacob Morgan, Flatarchy merupakan struktur yang berasal dari hierarki dan atau flat, untuk menciptakan pola koordinasi menghilangkan manajer, sebab mereka menganggap bahwa diri mereka adalah bos untuk pekerjaannya.
  3. Institut Chartered Accountants Menjelaskan, nama struktur yang unik namun keberadaannya tidak aneh. Proses penggabungan metode Hierarkhia dan datar, dan bentuk ini tidak berdiri sendiri melainkan semacam ad hoc.

Harus kita akui kebesaran Google linkedIn adobe yang kita saksikan sekarang ini ataupun perusahaan kedirgantaraan dengan proyek skunworks.

Lockheed Martin merancang secara awal seluruh proyek-proyek tersebut dimulai dengan struktur flatarki yang mereka bentuk secara sederhana. Memiliki jumlah anggota yang terbatas namun inovasi yang tidak terbatas. Dengan otonomi yang lebih luas.

Kekurangan Kelebihan Flatarchy

Dimana saja bisa diterapkan struktur ini?

Tidak ada pembatasan, apakah pada struktur besar ataupun kecil. Akan tetapi sebuah konsep bagian flatarki ini jika dibentuk dalam perusahaan.

Maka keberadaannya harus “terisolir” untuk menjaga kemurnian struktur mereka demi menciptakan sumber ide baru. Dalam Bahasa Inggris Flatarchy, merupakan bagian dari konsep holacracy dan sociocracy. Dikembangkan oleh Ternary Software Di Exton Pennsylvania tahun 2007. Flatarchy lebih kepada otonomi dan tidak feodal.

Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan dari struktur ini.

Kelebihan

Kelebihan yang paling penting dalam struktur ini adalah:

  1. Inovatif karyawan yang lebih tinggi,
  2. Anggota merasa memiliki sistem dan mendapatkan penghargaan,
  3. Pimpinan yang terbatas, sehingga pengambilan keputusan tidak berliku-liku,
  4. Ide anggota lebih cepat terlaksana,
  5. Sistem koordasi yang cepat,
  6. Efektif jumlah dan efisiensi anggaran.

Kekurangan

Meski memiliki beberapa kelebihan, namun juga terdapat beberapa kekurangan, yang menjadi perhatian, yakni:

  1. Kebingungan “pimpinan” karena banyaknya masukan karyawan,
  2. Beberapa karyawan mengharapkan struktur hirarki (lebih senang mendapatkan perintah),
  3. Penambahan anggota yang banyak beresiko tidak produktif,
  4. Beberapa Pimpinan menginginkan kepemimpinan otokratis (hambatan).

Demikian beberapa bentuk struktur yang berbeda namun pada dasarnya sama. Jika Hierarkies menganut sistem vertikal (top down) dengan pimpinan sebagai pengendali sistem. Maka struktur Flat mengadopsi pola koordinasi yang sejajar atau datar.

Akan tetapi kelahiran sistem Flatarki menghapus keduanya sekaligus memodifikasinya untuk sebuah sistem yang duduk sama rendah. Dan tidak ada perbedaan antara yang senior dengan junior (lama atau baru) semua memiliki peluang yang sama dalam mememberikan ide-ide menarik.

Kira-kira jika anda hendak mendirikan organisasi, mau memakai sistem yang mana dan ideal?

Sumber Perbandingan:

  1. Flatarchy, can help you
  2. 5 Types Organizational structures
  3. Organizational struktured
  4. Flat Organizational Structured

Pos terkait