Awalan Sambutan Islami: 5 Trik Membuat Teks Menarik

Awalan sambutan islami
Sambutan acara (Foto: klikharry.com)

Awalan sambutan islami, salah satu urutan susunan acara ke dua, yang sering ada, bahkan biasanya prosentase sambutan ini lebih lama. Namun, ternyata ada tujuannya sendiri loh. Juga ada trik untuk membuat teks penyambutan lebih menarik.Ayu Maesaroh, Komunikasi Organisasi – organisasi.co.id

Ada salah satu aspek yang jarang menjadi perbincangan di beberapa forum, ataupun beberapa diskusi, yang sebenarnya mempunyai poin penting agar dapat melakukan dengan baik.

Bacaan Lainnya

Meski terlaksana hanya diperuntukkan oleh orang-orang tertentu. Nyatanya sambutan ini juga menjadi satu hal penting, terutama dalam salah satu acara.

Entah sambutan dalam acara yang formal, semi formal, hingga kepada acara yang berbau agama. Apalagi sekarang yang sifatnya serba online.

Meski tidak tatap muka, serta pressurenya lebih sedikit, jika kita ditunjuk sebagai orang yang menyampaikan sambutan pun, belum tentu bersedia.

Karena di sana ada kewibawaan, sikap yang baik, dan beberapa aspek lain yang berkaitan. Harus selaras. Jadi, bagaimana caranya agar kita dapat melakukan sambutan tersebut? Berikut beberapa penjelasannya.

Trik Membuat Teks Awalan Sambutan Islami Menarik

Yang pertama adalah membuat teks sambutan yang sebagai awalan daripada acara yang terselenggara. Sambutan ini, terdengar gampang.

Hanya memperhatikan poin-poinnya, kemudian langsung bisa tersampaikan kepada audience yang ada di sana. Tapi, bukan itu maksud dari trik ini.

Organisatoris lain baca ini: Alur Komunikasi 4 Arah Dalam Kehidupan Organisasi

Walau hanya poin, kalian harus mengerti terlebih dahulu, isi dari poin yang ada dalam sambutan. Maka, untuk triknya, adalah memperhatikan poin yang ada, sesuai dengan urutannya. Poin tersebut antara lain:

  • Poin pembukaan sambutan, bisa memberikan salam kepada audience yang ada, dan sebagainya.
  • Melakukan beberapa awalan pembukaan. Seperti mengucap rasa syukur, dan sebagainya
  • Ucapan terimakasih kepada para audience yang hadir, serta harapan-harapan yang bisa terwujud nantinya, ketika acara akan terlaksana.
  • Penyampaian rasa terimakasih, kepada beberapa orang tertentu, yang notabennya mempunyai “jabatan penting” di daerah, ataupun wilayah sebagai tempat pelaksanaan acara, dan yang diundang, serta bersedia hadir.
  • Penutup, berupa minta maaf, serta salam.

Itulah beberapa pembahasan mengenai trik dalam pembuatan teks awalan sambutan. Yang mana juga bisa menjadi referensi kalian, untuk beberapa acara sepeti acara islami, dan sebagainya.

Awalan Sambutan Islami Acara Pengajian

Definisi awalan sambutan islami
Sambutan acara pengajian (Foto: katasambutan.com)

Untuk itu, ada beberapa contoh teks yang bisa menjadi pembelajaran untuk kita semua, sehingga nantinya akan lebih mudah dalam memahami, bagaiman konsep dari pembuatan teks sambutan tersebut.

Karena kembali lagi, meski terlihatnya sangat mudah, nyatanya ada trik yang perlu diperhatikan saat membuatnya. Dan trik tersebut sudah terbahas secara detail di poin sebelumnya.

Lalu, bagaimana contoh teks sambutan maupun pembukaan dakwah yang baik?

Untuk itu, berikut beberapa contoh teks sambutan/pembukaan dakwah yang dapat menjadi referensi:

Assalamualaikum wr. wb

Kepada yang terhormat, Ibu Ketua RT yang telah mau hadir dalam acara pengajian.

Yang saya hormati, bapak ibu yang telah hadir dalam acara ini, semoga kita semua mendapatkan ridho dari-Nya, yang telah melangkah dalam majelis taklim, yang Insya Allah mendapatkan rahmat dari-Nya.

Tak lupa shalawat serta salam, kita curahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Yang telah membawa Ummat Islam dari zaman jahiliyyah, zaman yang penuh dengan kebodohan.

Zaman yang tidak paham dengan aturan, dan sebagainya. Kepada zaman modern dengan segala kecanggihan dunia, yang kita rasakan seperti saat ini.

Saya mewakili ketua panitia selaku sebagai pelaksana. Mengucapkan terimakasih kepada hadirin semua, karena telah bersedia untuk datang dalam acara ini.

Yang semoga dengan acara ini digelar, hadirin semuanya dapat mengambil hikmah, pelajaran, serta beberapa poin lain, agar dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan, mungkin secara tidak sadar, hal tersebut dapat mengubah kita, menjadi insan manusia yang lebih baik lagi. Entah dari sikap, prinsip hidup, dan sebagainya.

Terimakasih, sekali lagi saya ucapkan. Maaf bila ada salah kata dari penuturan sambutan ini, mohon maaf sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum wr.wb

Pembuatan Sambutan Islami Acara Besar Agama Islam

Pun dengan awalan sambutan islami lain, yang biasanya sering kita dengar. Yakni, beberapa acara Agama besar Islam, entah Istighosah, sunatan, dan sebagainya.

Juga perlu adanya sambutan, sebagai pembuka dari acara yang akan tergelar tersebut. Hal ini merujuk kepada urutan daripada acara yang ada.

Yang mana sambutan menjadi urutan kedua, dalam pembukaan acara. Apalagi acara besar keagamaan, terutama agama Islam.

Yang mana notabennya memang perlu hal tersebut. Tapi, bagaimana caranya? Berikut contoh teks pembukaan sambutan:

Assalamualaikum wr.wb

Yang terhormat, ‘Alim Ulama, yang telah hadir dalam acara ini

Kepada yang terhormat juga, pemateri di acara kali ini

Yang saya hormati pula, para jamaah yang juga berkenan untuk meramaikan acara ini, agar terlaksana dengan khidmat.

Selanjutnya….

Alhamdulillahhirobbil ‘alamin, pada kesempatan kali ini, kita dapat berkumpul dalam majelis taklim, yang semoga mendapatkan rahmat dari Allah SWT.

Allah yang Maha Kuasa, yang telah memberikan kita nikmat sehat, nikmat islam, iman. Dan semoga dua hal tersebut terus kita pegang, hingga hari akhir itu tiba.

Shalawat dan salam, tak lupa juga kita haturkan kepada Nabi Agung Muhammad, SAW. Beliau adalah Nabi Allah, Nabi yang membawa agama Islam, agama kebenaran, mengajarkan kasih sayang antara sesama makhluk Allah, dan sebagainya.

Saya selaku panitia pelaksanaan acara ini, berterimakasih kepada tuan rumah, yang telah memberikan mandatnya kepada saya, untuk menyambut para hadirin serta ‘Alim Ulama yang telah bersedia hadir.

Semoga dengan berada di majelis ini, kita bisa mendapatkan ilmu baru, yang mana mengubah kita menjadi insan manusia lebih baik lagi, dari hari atau minggu, bulan, bahkan di masa lalu.

Selain itu juga dapat mengimplementasikan apa yang kita dapat dalam majelis ini, kemudian kita tularkan kepada generasi muda, anak cucu kita.

Agar menjadi insan manusia yang lebih baik juga. Untuk itu, saya sebagai ketua panitia pelaksana, berterimakasih atas kesediaan para jamaan serta ‘Alim Ulama, untuk hadir, datang, memeriahkan acara yang insya Allah, mendapatkan rahmat dari-Nya. Amin yaa robbal alamin.

Wassalamualaikum wr. wb

Teks Sambutan Acara Islami Khutbah

Sambutan acara khutbah (Foto: republika.co.id)

Selanjutnya adalah teks untuk beberapa acara pidato islami lainnya, yakni seperti khutbah. Khutbah adalah salah satu pidato yang mana lebih menitikberatkan untuk acara-acara pidato berbau agama Islam.

Meski ada istilah lain seperti ceramah, tausiyah, khutbah adalah istilah yang paling familiar, dan banyak orang menggunakan istilah ini, untuk menamakan pidato yang bermuatan keagamaan.

Biasanya berkhutbah ini, lebih sering digunakan saat sholat jumat, di bulan puasa, dan sebagainya. Jadi, seperti lebih merujuk kepada saat-saat tersebut, tidak bisa semua acara dapat menggunakan istilah khutbah.

Untuk itu, ada beberapa sambutan, yang biasanya ada, sebelum pemateri menyampaikan khutbahnya di depan para jamaah, antara lain:

Assalamualaikum wr. wb

Kepada bapak dan ibu yang telah hadir yang saya hormati

Serta para jamaah yang dirahmati ole Allah SWT.

Alhamdulillahhirobbil ‘alamin, puji syukur kita kepada Allah yang Maha Kuasa. Karena atas izin-Nya, kita dapat berkumpul di dalam majelis, yang Insya Allah mendapatkan rahmat dari Allah yang baik.

Shalawat dan salam, tak lupa juga kita curahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Yang telah membawa kita para Ummat Islam, dari zaman Jahiliyyah, ke zaman yang sangat terang benderang.

Dengan segala penemuan kemajuan zaman, serta membuat aktivitas ibadah kita menjadi nyaman dan aman. Hadirin sekalian yang terhormat.

Saya disini selaku ketua panitia khutbah, berterimakasih, karena telah bersedia hadir serta memeriahkan acara ini. Saya juga meminta maaf, apabila saya beserta panitia lain.

Selanjutnya….

Ketika akan dan saat pelaksanaan nanti, melakukan beberapa kesalahan yang tidak berkenan di hati para hadirin yang ada.

Meski demikian, kami sangat berharap, semoga dengan acara yang akan terselenggarakan nanti, dapat memberikan insipirasi kepada hadirin semua.

Mendapatkan ilmu baru, serta mengimplementasikannya dalam kehidupan. Sehingga nantinya kita menjadi insan manusia yang lebih baik.

Ummat Nabi Muhammad SAW, bisa menjadi lebih baik lagi, tambah ilmu, tambah iman, serta ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Yang nantinya juga akan menghantarkan kita kepada keselamatan di hari akhir nanti, mendapatkan syafaat dari beliau. Dan menjadikan kita sebagai ummat Islam yang baik, bertakwa, dan selalu taat akan aturan ajaran agama Islam.

Yakni menjalankan apa yang diperintahkan, serta menjauhi larangan yang sudah Allah aturkan. Sekian sambutan dari saya.

Apabila ada kesalahan kata, saaya mohon maaf.

Wassalamualaikum wr. wb.

Itulah beberapa contoh awalan sambutan islami, yang mana terbagi atas beberapa topik pembahasan. Hal tersebut bisa menjadi referensi kalian.

Ketika ditunjuk, dan maju ke depan, untuk memberikan sepatah kata, kepada para audience yang sudah hadir dalam acara tersebut.

Tujuan dari Sambutan

Namun, apa sebenarnya tujuan dari adanya kata sambutan tersebut? Yang mana awalan sambutan entah acara islami, ataupun formal lainnya.

Sambutan harus ada, dan wajib untuk dirancang sedemikian rupa. Lalu, apa sih tujuannya? Tujuannya hanya satu, yakni memberikan rasa dihargai, kepada para audience yang sudah hadir secara tidak sadar.

Karena, pada dasarnya seseorang yang pergi dan berada pada suatu acara, mereka harus mendapatkan sebuah penghargaan walaupun hanya sepatah kalimat, atau pun lainnya.

Itu berarti, orang-orang yang menyelenggarakan acara tersebut, menghargai kesediaan mereka untuk berada di acara. Memberikan waktu mereka untuk dapat ke acara tersebut.

Organisatoris lain baca ini: Model Pidato, 4 Metode, Keuntungan Dan Kekurangan

Sehingga nantinya mereka akan sedikit lebih lama untuk tetap stay di acara, menyelesaikannya sampai habis, dan berada di penghujung acara.

Itulah kenapa, sambutan pasti ada kata-kata terimakasih, dan maaf. Kedua hal tersebut, sangatlah penting. Pun juga harus ada dalam teks pembuatan awalan sambutan, baik pada acara islami, maupun formal lainnya.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai awalan sambutan pidato untuk beberapa acara, termasuk acara islami. Yang mana poin-poin tadi, sangatlah penting.

Namun pada dasarnya, semua harus dilatih. Jika tidak dilatih, maka mental kita akan sangat tidak siap, ketika harus mendadak, menjadi orang yang menyampaikan sambutan tersebut.

Walau mudah, tapi itu adalah perspektif orang lain, dan belum tentu bisa sama tanggapannya dengan diri sendiri. Karena, hal apapun d dunia, harus terbiasa terlebih dahulu.

Dibiasakan untuk bisa berkata di depan banyak orang, menerima tanggapan dari banyak orang atas ide ataupun gagasan yang kita utarakan di depan mereka, dan sebagainya.

Terlihat simpel, tapi siapa sangka bahwa tanggapan itu, tidak selamanya berlaku untuk satu individu saja. Jadi, semua harus berlatih, untuk melatih kecakapan, serta mental diri sendiri.

Sekian ulasan dari awalan sambutan pidato, semoga menginspirasi, serta menjadi referensi.

Daftar Pustaka

  1. Kata sambutan yang islami
  2. Kumpulan contoh-contoh

Pos terkait