Gulat dan berat badan
Olahraga gulat (Foto: id.go-travels.com)

Gulat dan Berat Badan: Hubungan, Pengertian, 4 Teknik

Diposting pada

Gulat dan berat badan, adalah dua kata yang memiliki hubungan erat dan tidak bisa terpisahkan. Keduanya seperti satu paket, yang bahkan menjadi penentu apakah atlet tersebut dapat mengikuti pertandingan olahraga tersebut atau tidak. Yang kemudian ada pembahasan mengenai sejarah dan induk organisasi dari olahraga ini.

Ayu Maesaroh – organisasi.co.id

Hai para organisator, bagaimana dengan hari ini? Semoga antara fisik dan mental masih mendapatkan kesehatan yang cukup dan kuat untuk menata hari-hari kita akan seperti apa.

Karena, generasi muda adalah generasi yang penuh dengan mimpi, ambisi, dan berbagai hal lain untuk mendapatkan masa depan yang diimpikan.

Mengingat dunia ini ibarat seperti playground, yang mana ketika kita bermain suatu permainan, disitu ada beberapa hak seperti strategi yang dipakai untuk bisa mendapatkan tujuan.

Lalu ada lawan yang harus kita kalahkan, namun ketika kita kalah pun, hal tersebut, memberikan pelajaran kepada kita sebagai pemain, bahwasannya kesalahan tersebut tidak untuk dilakukan kembali.

Entah dalam bidang apapun, akademisi, sosial, bidang sastra, ataupun bidang olahraga dengan segudang cabang yang bisa seorang individu tersebut sukai.

Termasuk dengan olahraga gulat, yang mana tidak semua orang bisa melakukan hal tersebut, dan mau berkecimpung dalam dunia olahraga gulat ini.

Mengingat ada begitu banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum ikut adu gulat tersebut. Namun, siapa yang tidak menyangka bahwasannya atlet gulat pun sukses berada pada jalan mereka.

Yang kemudian mereka (para atlet) menjadi kebanggaan bangsa dan negaranya, bermula dari prestasi mereka, berjuang demi mengharumkan nama bangsa.

Lalu, bagaimana jika kita ingin menjadi seorang pegulat? Apa yang harus kita pelajari terlebih dahulu sebelum berkenalan dengan olahraga gulat? Berikut ulasannya:

Gulat dan Berat Badan

Pengertian gulat dan kaitannya dengan berat badan
Kejuaraan gulat (Foto: solopos.com)

Gulat tidak pernah lepas dengan berat badan seseorang. Hal ini merujuk kepada beberapa persyaratan yang harus terpenuhi daripada atlet gulat sendiri.

Namun, bukan berat badan yang hanya sekedar lemak, dan sebagainya. Namun, yang diharapkan adalah berat badan yang memiliki kekuatan masa otot.

Dengan tujuan agar nantinya dapat mengangkat badan lawan, yang juga mempunyai berat badan hampir sama dengan atlet tersebut. Sehingga akan terasa lebih adil dan lebih seimbang dari segi lawan.

Gulat sendiri adalah salah satu cabang olahraga, yang mana menitikberatkan pada teknik mengalahkan lawan dengan menjatuhkan mereka pada arena pertandingan.

Organisatoris lain baca ini: Organisasi PSSI, Struktur Peraturan Dan Fungsi

Yang kemudian ada beberapa teknik yang perlu dipelajari, sehingga tidak akan menyebabkan cedera pada lawan, ataupun diri kita sendiri.

Oleh karenanya, tidak heran jika gulat, sangat terikat dengan permasalahan berat badan seseorang, ataupun yang juga menjadi lawan seorang atlet gulat pada arena pertandingan.


Pengertian Gulat

Selain itu, beberapa literatur lain mengatakan bahwa gulat adalah jenis olahraga yang mempertemukan dua orang atlet, dengan keahlian mereka mengenai beberapa teknik gulat yang ada.

Bertanding dengan tujuan mengalahkan satu dan lainnya. Yang kemudian terbentuklah beberapa aturan dalam pertandingan gulat sebelum acara tersebut terlaksana.

Adapun beberapa pengertian gulat menurut para ahli, antara lain:

Menurut Cambridge Dictionary

Pengertian daripada kata ‘gulat’, adalah jenis olahraga, yang mana terdapat dua orang bertarung. Mencoba untuk bisa menjatuhkan satu dengan yang lainnya.

Dengan cara melemparkan lawan ke tanah, menggunakan teknik gulat yang ada, dan sudah dipelajari.

Merriam Webster

Dalam penjabaran mengenai kata ‘gulat’, adalah sebuah kontes yang menghadirkan dua orang individu, tanpa adanya senjata pelengkap apapun.

Mereka berjuang mengalahkan satu dengan yang lain, atau mengupayakan adanya menaklukan satu dengan yang lainnya, dalam arena tersebut.

Jika kita simpulkan, ‘gulat’ adalah salah satu cabang olahraga, yang mana terdapat dua individu yang bertemu pada satu arena pertandingan.

Lalu mereka beradu tanpa adanya senjata apapun, yang kemudian dua individu tersebut beradu saling dengan tujuan menaklukan satu sama lain menggunakan beberapa teknik gulat yang telah mereka pelajari.



Pemain Gulat Legenderias Dunia

Contoh gulat dari WWE (Foto: sport.tempo.co)

Sejalan dari pembahasan tersebut, pada akhirnya dunia memiliki pegulat yang sangat handal, bahkan mereka mendapatkan predikat sebagai ‘Pegulat Legendaris’.

Dengan sederet prestasi yang mereka miliki, predikat tersebut rasanya pantas untuk mereka. Ada yang pensiun lalu mencoba peruntungan dalam bidang lain, ada juga yang masih berada pada jalur yang sudah dari awal mereka pijak.

Berikut beberapa atlet gulat legendaris, dengan berat badan yang sangat proporsional tersebut:

The Rock

Adalah salah satu pegulat yang banyak dikagumi oleh banyak orang dengan keahliannya dalam memenangkan beberapa pertandingan gulat pada masanya.

Kemudian ia pensiun, dengan mencoba peruntungan di dunia akting. Ada beberapa film yang sudah ia bintangi. Seperti misalnya G.I. Joe: Relation, Moana, sampai dengan The Fast and Farious: Franchise.

Stone Cold Steve Austin

Jebolah dari WWE ini, juga sekarang sudah pensiun dengan sukses di beberapa bidang seperti peternakan yang berada di Texas, serta memandu acara TV-nya sendiri berjudul ‘The Steve Austin Show’.

Steve Austin sendiri sudah pensiun sejak tahun 2003 yang lalu. Ia merupakan pegulat yang sangat terkenal dengan ke-rivalannya dengan The Rock jika dalam pertandingan.

Triple H

Adalah salah satu pegulat handal juga, yang sekarang menjabat sebagai salah satu petinggi penting di WWE atau singkatan dari World Wrestling Entertaiment.

Yang mana ia menjabat sebagai Excecutive Vice President of Talent, dan beberapa jabatan penting lainnya. Ia juga sesekali turun ke ring pertandingan gulat.

Chris Jericho

Chris Jericho juga salah satu pegulat dunia yang mempunyai prestasi luar biasa. Ia pernah tercatat memenangkan pertandingan gulat hingga 6x.

Walaupun hanya paruh waktu (tidak setiap pertandingan muncul) ia banyak dikenal oleh kalangan atlet gulat. Chris juga terkenal sebagai vokalis band metal bernama ‘Fozzy’.

The Undertaker

Salah satu atlet gulat paling fenomenal adalah The Undertaker. Pegulat dengan kemenangan lebih dari 20 kali tanpa adanya kekalahan sedikitpun.

Organisatoris lain baca ini: 7 Teknik Olahraga Gulat Amatir, Dan Induk Nasional & Dunia

Yang kemudian pada tahun 2015 dalam pertandingan WestleMania, Brock Lesnar mengalahkan Undertaker. Saat setelahnya, ia pun mengumumkan dirinya pensiun dari olahraga tersebut.

Kane

Adalah salah satu pegulat juga yang terkenal di mata fans, sebagai salah seorang, yang memiliki ikatan darah dengan The Undertaker. Ya, mereka bersaudara.

Namun dalam masalah hubungan antara keduanya, akan ada begitu banyak gejolak yang membuat mereka tidak bisa satu frekuensi, dan sebagainya. Sekarang ia mencoba peruntungan di dunia politik.

Adam Joseph Copeland (Edge)

Adalah salah satu pegulat dengan prestasi yang gemilang, membawanya sukses sampai dengan gelar pertamanya sebagai atlet pegulat pada tahun 2007.

Dari hal tersebut, membawanya kepada salah satu atlet di level kelas berat, dengan merujuk pada prestasi-prestasinya setelah mendapatkan rekor gelar pada tahun tersebut.

Randy Orton

Pegulat selanjutnya adalah Randy Orton, yang mana dia adalah seorang atlet dengan meraih rekor atau gelar sebagai pegulat handal pada usianya di 24 tahun.

Usia yang begitu muda tersebut, membukakan peluang baginya untuk terus berlatih dan mengikuti berbagai ajang kompetisi gulat yang ada. Hingga pada tahun 2013, menjadi titik rekor terbanyak yang ia dapatkan.

Itulah beberapa atlet gulat legendaris dunia, yang sampai sekarang masih banyak orang menyegani mereka.


Asal Muasal Permainan Gulat

Usut punya usut, ternyata ada sejarah dibalik dari permainan atau olahraga gulat ini, dengan membutuhkan berat badan yang sesuai kriteria.

Permainan ini berawal dari tahun 2050 SM, yakni pada masa Yunani Kuno. Yang mana kala itu orang-orang Mesir kuno mempelajari hal tersebut, kemudian menobatkan olahraga ini sebagai salah satu dari pertunjukan acara.

Adalah Pentahlon, dengan memiliki dua arti kata yang berbeda, sebagai nama dari acara yang menyuguhkan pertunjukan gulat ini.

‘Penta’ artinya lima (5), lalu ‘anthlon’ yang berarti pertunjukan atau acara. Maka jika kita simpulkan, acara tersebut menyuguhkan 5 susunan acara yang berbeda- beda.

Hingga kemudian pada tahun 2500 SM, olahraga tersebut menjadi salah satu mata pelajaran yang diwajibkan bagi para pelajar China pada waktu itu, di beberapa sekolahnya.

Kemudian semakin berubahnya zaman dan era, olahraga gulat pun semakin meningkat peminatnya. Dan tahun sekitaran 1890-an, olahraga gulat diikutsertakan dalam olimpiade cabang olahraga.

Olimpiade tersebut terselenggarakan di Athena. Dan olahraga tersebut diikutsertakan ke beberapa olimpiade taraf internasional sampai sekarang. Bahkan sudah ada federasi atau induk organisasi dari olahraga gulat tersebut.


Teknik Bermain Gulat

Sejalan dengan pembahasan yang sebelumnya, mengenai olahraga gulat ini ada beberapa teknik yang harus dikuasai oleh para atlet.

Dan hal tersebut menjadi persyaratan mutlak bagi seorang atlet, guna untuk mengalahkan lawan mereka ketika berada di arena pertandingan. Beberapa teknik tersebut antara lain:

Teknik Clinch Fighting

Adalah salah satu teknik yang menitikberatkan pada penguncian gerak lawan ketika akan melakukan beberapa jurus, entah tendangan, ataupun pukulan lain.

Teknik ini sangat mutakhir untuk membuat lawan tidak berkutik dan sangat mudah mematahkan pertahanan mereka. Meski demikian, teknik ini juga terbilang cukup sulit.

Leverage

Adalah jurus yang sering dilakukan oleh beberapa pegulat, ketika mereka memiliki tinggi serta berat badan yang lebih, walaupun tidak begitu jauh perbandingannya.

Teknik ini menitikberatkan pada kemudahan dari sang atlet untuk menjangkau beberapa bagian dari lawan, agar menjatuhkan mereka lebih mudah. Seperti pergelangan kaki, dan sejenisnya.

Joint Lock

Jenis ini cukup ekstrem dilakukan, mengingat yang atlet kunci bukan hanya pada pergerakannya, namun juga beberapa sendi yang mengakibatkan lawan dari mereka, benar-benar tidak bisa bergerak.

Akibat dari menggunakan teknik ini, lawan atau bahkan atlet itu sendiri bisa mengalami cedera sendi, entah pada level ringan, hingga berat.

Grapping Hold

Adalah salah satu jenis teknik gulat yang menitikberatkan pada pengendalian berbagai gerakan teknik dari lawan, guna mencari celah ada dimana kelemahan mereka.

Saat itu juga kelemahan tersebut dimanfaatkan untuk menjatuhkan mereka dengan sekali gerakan.

Sebenarnya masih ada berbagai jenis teknik lain, namun dari hal tersebut semoga bisa menjadi referensi kalian.


Federasi yang Mengatur Olahraga Gulat

IWA logo (Foto: redbubble.com)

Karena ada beberapa teknik serta sejarahnya, maka hal tersebut yang menjadikan beberapa orang memutuskan untuk membuat federasi atau induk organisasi resmi dari olahraga gulat ini.

Dengan menambahkan beberapa peraturan untuk perlombaan tingkat dunia di cabang olahraga gulat, mulai dari berat badan, dan sebagainya.

Ialah IWA atau singkatan dari International Wrestling Asiciation, merupakan salah satu federasi olahraga gulat resmi tingkat dunia, dengan kantor resmi di Cleveland, Ohio.

Organisatoris lain baca ini: Teori Organisasi Dasar, Arti, Struktur, Persidangan Dan Periode Kepengurusan

Organisasi ini terbentuk pada tahun 1970-an. Dengan tujuan mempromosikan olahraga gulat pertama kali, terutama untuk beberapa pegulat yang berasal dari wilayah Antlantik Tengah.

Pencetus dari IWA, adalah Eddie Einhorn, dan dari berbagai usaha yang ada untuk mensejahterakan organisasi tersebut, muncullah beberapa pegulat yang handal dan profesional kala itu, dengan bayaran yang tidak main-main.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai gulat dan berat badan. Hubungan dan keterkaitan antara keduanya menjadi hal penting bagi kita yang ingin terjun ke dunia atlet gulat.

Paham dengan bagaimana teknik mereka menyerang, mempelajari bagaimana kedisplinan mereka sehingga para atlet-atlet tersebut mendapatkan predikat yang luar biasa pada bidang yang mereka suka, dan sebagianya.

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka

  1. Sejarah gulat
  2. Induk organisasi gulat Internasional
  3. Pegulat Internasional
  4. https://era.id/lounge/3995/4-teknik-dasar-olahraga-gulat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *