Organisasi internasional untuk mahasiswa
Definisi organisasi internasional (Foto: hot.liputan6.com)

Organisasi Internasional untuk Mahasiswa: 7 Daftar

Diposting pada

Organisasi internasional untuk mahasiswa, adalah salah satu wadah untuk para generasi muda yang berada di lingkungan perguruan tinggi, merasakan berbagai pengalaman yang luar biasa dalam taraf yang lebih luas. Terdapat pembahasan mengenai pengertian, hingga daftar dari hal tersebut.

Ayu Maesaroh – organisasi.co.id

Hai para organisator, yang sekarang mungkin masih berada pada tahap sebagai mahasiswa, atau baru menginjak dunia kemahasiswaan.

Hiruk pikuk kegiatan yang ada, kemudian berbagai tumpukan tugas yang tiada henti datang untuk menemani disaat kita berada pada sambutan para tirai malam dengan keindahan bintang yang ada.

Dengan segelas kopi yang kini hanya menjadi ampas, dan pahit pun menjadi camilan setiap malam untuk memaksa diri, bangun, membuka lembaran-lembaran kertas berisi rumus yang membuat dahi mengeryit.

Belum lagi dengan beberapa tugas dari organisasi yang kita ikuti. Hingga pada akhirnya sebuah profesionalitas pun diadili.

Begitulah mahasiswa, susah senang menyatu, menjadi harmoni yang akan selalu terkenang ketika sudah melewatinya. Berbagai kenangan organisasi yang kita ikuti.

Orang-orang yang kita kenal dan menjadi sahabat karib dalam berjuang mewujudkan tujuan yang hakiki. Organisasi, sebuah kumpulan manusia tanpa henti mengkritik, memberikan pandangan terhadap fenomena di dunia ini.

Menjadi tameng pertama, dalam menegakkan keadilan, memotong lingkarang setan berisi kemunafikan, kelicikan, kecurangan para penguasa.

Yang menggunakan cara menginjak rakyatnya, demi keberhasilan dan kebahagiaan yang ada. Dan sekarang, organisasi apa yang hari ini menjadi kendaraanmu untuk bertumbuh dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi?

Organisasi Internasional untuk Mahasiswa

Beragam organisasi internasional untuk mahasiswa
Ragam organisasi internasional mahasiswa (Foto: news.okezone.com)

Tetapi bicara masalah organisasi, ada beberapa jenis organisasi yang biasanya dapat diikuti oleh para mahasiswa. Salah satunya organisasi internasional, yang mana menawarkan berbagai pengalaman luar biasa.

Mulai dari orang-orang yang kita temui, dengan berbagai bahasa yang mereka miliki, pengalaman yang mereka miliki. Sehingga kita bisa lebih banyak untuk mengambil pelajaran tentang pengalaman mereka.

Organisasi internasional terdiri dari dua suku kata, yakni ‘organisasi’ dan ‘internasional’. Dengan masing-masing mempunyai arti yang berbeda-beda.

Mulai dari ‘internasional’ terlebih dahulu, yang mana kata tersebut memiliki arti menyangkut sebuah bahasa, negara atau antar bangsa, dalam hal ini adalah cakupan di seluruh wilayah dunia (KBBI).

Sedangkan ‘organisasi’, adalah kata yang memiliki arti sebagai wadah untuk beberapa orang yang memiliki pemikiran yang sama, pola pandang terhadap suatu hal juga sama, dan sebagainya.

Sehingga mereka akan berkumpul menjadi satu, membentuk perkumpulan tertentu, dengan merancang tujuan yang ingin dicapai dalam organisasi tersebut.

Kemudian terdapat beberapa jabatan serta wewenang yang harus terselesaikan, dan sebagainya.

Oleh karenanya ‘organisasi internasional’ adalah kumpulan daripada berbagai orang dengan latar belakang yang berbeda, mulai dari bahasa, ras, suku, hingga kebangsaan.

Organisatoris lain baca ini: Dunia Olahraga Sepak Takraw Skala Internasional dan Nasional

Namun mereka berada dalam organisasi tersebut memiliki kesamaan dalam pola pikir, pola pandang terhadap suatu fenomena tertentu yang terjadi di dunia ini, dan sebagainya.

Sehingga para anggota bersinergi untuk bisa mewujudkan tujuan yang telah terancang dari organisasi tersebut. Itulah kesimpulan dari pengertian organisasi internasional.

Untuk lebih jelas, berikut ulasan selengkapnya.


Pengertian Mahasiswa

Sejalan dengan hal tersebut, maka yang biasanya mendapatkan penugasan untuk bisa ikut serta dalam organisasi berbasis internasional adalah mahasiswa.

Yang mana pada taha sebagai mahasiswa, mereka akan memaksimalkan kesempatan tersebut untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya.

Menyerap semua pembelajaran pada organisasi internasional yang dikhususkan untuk mahasiswa. Tapi bicara soal mahasiswa, apa sebenarnya arti yang kata ‘mahasiswa’ yang sebenarnya?

Beberapa literatur yang ada, mengatakan bahwasannya arti kata ‘mahasiswa’, adalah pengertian bagi seseorang yang sedang menempuh pendidikan pada taraf perguruan tinggi.

Dalam hal ini seperti Universitas, Sekolah Tinggi Akademisi, Institusi, dan sejenisnya. Dengan memenuhi syarat administrasi yang ada pada sekolah tinggi tersebut.


Meski demikian, tidak serta-merta mahasiswa adalah gelar yang didapat dengan melakukan hal tersebut, lalu mempelajari ilmu yang mereka selami selama menjadi mahasiswa pada universitas atau sekolah tinggi tersebut.

Namun, lebih dari itu. Mereka harus bisa mengaplikasikan berbagai teori yang telah mereka dapatkan, bahkan adanya tuntutan bagi mereka untuk berinovasi, membuat sebuah perubahan, dan sebagainya pada bidang yang mereka pelajari tersebut.

Adapun beberapa pendapat tentang pengertian mahasiswa menurut para ahli.

Menurut KBBI

Dalam KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, mengartikan kata ‘mahasiswa’ sebagai seseorang yang belajar di perguruan tinggi, dalam tatanan susunan struktur pendidikan yang disahkan pemerintah.

Mereka, menjadi level tertinggi dalam susunan struktur pendidikan tersebut.

Sarwono

Mengartikan kata ‘mahasiswa’ adalah seseorang yang terdaftar secara legal untuk belajar pada perguruan tinggi, dengan batasan umur antara 18 s/d 30 tahun.

Mereka adalah bagian dari kelompok masyarakat, yang mendapatkan status karena sebuah ikatan dengan sebuah perguruan tinggi.

Menurut Knopfemacer

Mendefinisikan ‘mahasiswa’ sebagai seseorang yang menjadi seorang calon sarjana, dengan mendapatkan didikan yang sedemikian rupa.

Organisatoris lain baca ini: Induk Organisasi Basket Nasional dan Internasional, Sejak 1891

Tujuan daripada didikan tersebut, adalah menciptakan generasi atau lulusan yang intelektual.

Itulah beberapa pendapat tentang ‘mahasiswa’ dari beberapa ahli yang ada.

Peran dari Mahasiswa

Yang kemudian mereka mendapatkan peran penting dalam kehidupan, bahkan menjadi satu kunci agar sebuah negara ataupun bangsa, dapat berubah sesuai dengan tujuan yang menjadi cita-cita.

Berikut peran daripada para mahasiswa:

Peran Moral

Yang mana para mahasiswa mendapat tuntutan agar menjalani hidup dengan prinsip bertanggungjawab, sesuai dengan norma yang ada.

Bahkan, hal tersebut menjadi pressure tersendiri bagi mahasiswa, terutama pada ranah sosial di kehidupan bermasyarakat.

Peran Sosial

Hal tersebut menitikberatkan pada kegiatan yang mereka lakukan, berujung kepada kemaslahatan masyarakat, dengan kreatifitas yang mereka miliki.

Kemudian mereka sokong dengan teori-teori yang mereka dapatkan di bangku perguruan tinggi, dengan harapan dapat mengimplementasikannya di kehidupan bermasyarakat.

Peran Intelektual

Dengan harapan seorang mahasiswa bisa melakukan perubahan pada tatanan kehidupan sosial masyarakat, agar keadaan mereka lebih baik, dan semakin baik.


Pengertian Organisasi Internasional Mahasiswa

Organisasi mempunyai berbagai jenis yang dapat kita ikuti, bahkan sebelumnya sudah dibahas bagaimana sebuah organisasi menjadipoin penting seseorang dalam menggali berbagai pembelajaran atas apa yang ingin mereka pelajari.

Kemudian berbagai organisasi dengan penawaran mempelajari bidang-bidang tertentu pun bermunculan. Dan kemudian menemukan berbagai orang dengan beragam latar belakang yang berbeda.

Untuk mengisi organisasi tersebut, meramaikan organisasi tersebut, dan sebagainya. Terutama beragam oganisasi internasional yang dapat diikuti oleh mahasiswa.

Hal tersebutlah yang membuat para ahli tergelitik untuk memberikan aspirasi mereka tentang pengetian daripada ‘organisasi internasional’ tersebut.

Berikut beberapa pendapat dari mereka:

Menurut N.A Maryam Green

Pendapat beliau tentang ‘organisasi internasional’ adalah sebuah bentuk kerjasama antar negara dengan tujuan pembangunan serta konduktifitas masyarakat luas.

Untuk bisa melaksanakan perjanjian tersebut, setidaknya ada 3 atau lebih negara sebagai anggotanya.

D.W Bowett

Mendefinisikan ‘organisasi internasional’, adalah sebuah perkumpulan antar berbagai negara, bersatu, dan membuat sebuah kesepakatan bersama.

Tujuan daripada hal tersebut adalah mengupayakan kepentingan yang menjadi patokan. Bentuk dari perhimpunan ini bisa multiteral atau banyak negara, atau bilateral, yakni maksimal dua negara.

Pariere Mandalangi

Beliau memberikan pendapat tentang ‘organisasi internasional’, adalah sebuah aktifitas dengan bentuk perjanjian, dengan tujuan membuat sebuah kesepakatan.

Organisatoris lain baca ini: Induk Organisasi Tenis Meja Indonesia Dan Internasional

Bentuk dari terselenggaranya kesepakatan tersebut bisa formal maupun sejenisnya. Serta pada pelaksanaannya, anggota bisa terdiri dari 3 negara, atau lebih.

Itulah beberapa pembahasan dari definisi ‘organisasi internasional’ menurut para ahli.


Daftar Organisasi Internasional untuk Mahasiswa

Contoh perkumpulan organisasi internasional (Foto: sripurwa04.wordpress.com)

Adapun beberapa daftar organisasi internasional untuk mahasiswa, yang bisa menjadi peluang mempelajari berbagai bidang yang ada.

Serta ikut menjadi agent of change, yang dapat mengubah negara menjadi lebih baik lagi di kemudian hari. Beberapa organisasi internasional tersebut antara lain:

WWOF (World Wide Opportunities of Farm)

Adalah salah satu organisasi internasional yang mengajak para sukarelawan terutama mahasiswa, untuk bergelut pada bidang pertanian.

Memberikan berbagai peluang dalam berbagai macam bidang yang menyangkut pertanian, dengan biaya hidup dan sebagainya ditanggung oleh pihak organisasi.

Sudan Volunteer Program

Adalah organisasi yang memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk belajar bahasa inggris di beberapa tempat di Sudan.

Serta mendapatkan andil untuk ikut berkontribusi di tempat tersebut. Untuk biaya hidup dan tempat tinggal sudah tercover oleh pihak organisasi.

United Nations Volunteer

Organisasi yang terbentuk oleh PBB ini, adalah sebuah fasilitas dari mereka untuk para sukarelawan termasuk para mahasiswa yang ingin berkontribusi dalam bidang ekonomi, serta kesehatan pasca bencana alam di berbagai negara.

Untuk hal tersebut, mereka membutuhkan yang sudah memiliki pengalaman demikian.

Jenis Organisasi Scholarship

Biasanya untuk jenis organisasi ini, meliputi beberapa hal. Seperti beasiswa untuk bisa melanjutkan perguruan tinggi dengan gelar S2, dan sebagainya.

Untuk masalah biaya hidup dan lainnya, ada yang ditanggung ada yang hanya pada biaya sekolahnya saja. Dan untuk mengikuti organisasi jenis ini, kalian harus memenuhi beberapa syarat yang ada.

Jenis Organisasi Exchange

Jenis organisasi ini lebih kepada pengabdian seorang mahasiswa di sebuah wilayah atau negara tertentu, dengan kategori yang mereka sukai.

Organisatoris lain baca ini: Induk Organisasi Dunia Olahraga, 71 Nasional Dan Internasional

Benefit dari organisasi tersebut, selain dapat mempelajari berbagai hal, pun mendapat channel di masa depan untuk berbagai project yang ada.

AIESEC

Adalah salah satu organisasi no – profit yang mana menitikberatkan pada pengembangan passion menjadi seorang leader atau pemimpin.

Salah satu program dari organisasi ini, adalah memberdayakan anak-anak muda pada potensi yang mereka minati, dan sebagainya.

Organisasi ini sudah ada lebih dari 100 negara yang menjadi membernya, termasuk Indonesia.

IUS (International Union Student)

Adalah organisasi yang bergerak pada kemahasiswaan di seluruh dunia, dengan tujuan membela haka dan kepentingan pelajar seluruh dunia.

Dalam hal ini adalah peningkatan kesejahteraan serta standarisasi dari sistem pembelajaran yang ada.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai organisasi internasional mahasiswa. Dengan berbagai organisasi yang sudah dibahas, menjadi salah satu referensi kalian untuk ikut serta dalam mengubah dunia menjadi lebih baik.

Terutama dengan para mahasiswa yang menjadi agent of change. Memberikan dampak perubahan bagi dunia, dengan kreatifitas yang mereka dapat di berbagai pengalaman berorganisasi mereka.

Serta di dukung dengan berbagai teori yang mereka dapatkan dan mereka pelajari di bangku perguruan tinggi, yang kemudian mereka implementasikan dalam hidup.

Tidak menutup kemungkinan, dengan berorganisasi, kedepannya bisa mendapatkan berbagai peluang, untuk menunjang masa depan kita, dan sebagainya.

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka

  1. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/2649835/ingin-traveling-ke-luar-negeri-gratis-ikut-5-organisasi-ini
  2. https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-mahasiswa/#Pengertian_Mahasiswa
  3. https://kbbi.web.id/internasional
  4. https://dosensosiologi.com/pengertian-organisasi-internasional-para-ahli-dan-contohnya-lengkap/
  5. https://rencanamu.id/post/unit-kegiatan-mahasiswa/kenalan-sama-organisasi-aiesec-yuk
  6. Persatuan Mahasiswa Indonesia
  7. https://news.schmu.id/peran-mahasiswa/#3_Peran_Mahasiswa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *