Pengertian WWF
Ikon WWF (Foto: idntimes.com)

WWF: Organisasi untuk Mahluk Liar dan 7 Program

Diposting pada

WWF, salah satu organisasi di tingkat dunia dengan segudang fokus program, guna mempertahankan kehidupan masyarakat di seluruh dunia pada beberapa aspek, serta perlindungan untuk beberapa hewan atau makhluk liar. Berikut beberapa ulasannya. Ayu Maesaroh – organisasi.co.id

Hai para organisator, apa kabar? Semoga hari ini menjadi hari yang bahagia, dengan semangat pagi yang penuh untuk mengawali pijakan kaki masa depan yang gemilang.

Karena siapa lagi yang mau berteriak keras untuk meminta keadilan atas ketidakadilan berkehidupan, berbangsa dan bernegara.

Siapa lagi yang mau menggaungkan dengan keras menyatakan adanya ketimpangan dalam bermasyarakat, di negeri tercinta ini. Sungguh, Indonesia sangat membutuhkan para organisator dan berbagai pihak lain.

Untuk terus menggaungkan kedua hal tersebut, agar para penguasa sadar dan tak lagi menyela bahkan menolak atas apa yang ada.

Dengan orang-orang yang bersatu dalam satu wadah bernama ‘organisasi’. Mencoba memerdekakan kehidupan makhluk hidup yang tercipta oleh-Nya.

Termasuk dengan beberapa hewan dengan spesies langka, yang kini semakin hari semakin surut. Bahkan nasib mereka berada pada ujung tanduk.

Yang entah kapan nasib mereka, ketimpangan yang mereka dapatkan dari oknum tak bertanggungjawab, serta ketidakadilan lainnya akan diusut.

Sungguh, dunia rasanya benar-benar bagai jeruji besi, yang lebih kejam dibandingkan dengan apapun. Dengan oknum yang tidak bertanggungjawab terus mengintai mereka, gerak-gerik mereka.

Sembari bersiap, membawa panah, senjata tembak, beserta dengan perlengkapan peluru yang mutakhir. Mereka rela membeli peralatan tersebut seharga jutaan rupiah, demi memberikan sebuah ketidakadilan bagi mereka.

Dan tidak memberikan kesempatan bagi mereka para hewan yang ada di dunia ini, terutama spesies langka, untuk menikmati udara segar, yang Tuhan mereka sediakan.

Itulah, sebuah organisasi apapun itu, meski terlihat mungkin sebelah mata, namun kita tidak tahu, bagaimana sepak terjang perjuangan mereka dalam menggaungkan permohonan sebuah keadilan.

Hingga mulai beragam organisasi muncul dengan tujuan dan ideologi masing-masing. Salah satunya adalah organisasi dunia, yang bergerak dalam perlindungan beberapa hal, yakni spesies, kelautan, sungai, dan sejenisnya. Berikut ulasannya.

WWF, Organisasi untuk Mahluk Liar

Logo WWF
WWF logo (Foto: wwf.id)

seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, bahwasannya ada salah satu organisasi tingkat dunia yang memfokuskan program kerja mereka pada beberapa hal.

Salah satunya adalah melindungi beberapa spesies hewan liar yang hingga detik ini menjadi hewan dalam kategori hampir punah. Jumlah dari mereka sangat sedikit bahkan populasinya di dunia.

Ialah WWF, atau yang sering dikenal dengan World Wind Fund for Nature, adalah salah satu organisasi yang berfokus pada hal tersebut, dengan membuat berbagai upaya yang tertuang dalam sebuah program.

Dulunya organisasi ini memiliki nama World Wildlife Fund, dan sekarang nama itu berganti. Namun nama tersebut masih terpakai untuk federasi organisasi di wilayah Amerika Serikat sana.

Organisatoris lain baca ini: Induk Organisasi Berkuda Indonesia: Teknik,dan Manfaat

Mereka adalah organisasi berbentuk konservasi, yang mana mendapatkan 5 juta lebih dukungan dari berbagai negara dan berbagai pihak.

Kemudian project mereka tersebar di lebih 100 negara yang ada di dunia. Juga memberikan support kepada beberapa project konservasi dan lingkungan. Organisasi ini berdiri pada tahun 1960-an.


Profil Organisasi WWF

Adapun profil dari mereka, yang mana organisasi tersebut sangat mendapatkan respon positif dari berbagai pihak di seluruh dunia.

Dengan beberapa negara kemudian membuat sebuah federasi yang sama dan bekerjasama dengan mereka, untuk saling merangkul dan berjabat tangan.

Mensupport satu sama lain untuk bersama-sama melindungi spesies hewan yang ada pada negara masing-masing, di berbagai belahan dunia.

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, WWF adalah salah satu organisasi terbesar yang ada di dunia, dengan fokus mereka pada melindungi beberapa spesies hewan yang hampir punah dan beberapa hewan dilindungi lainnya.

Organisasi ini ada dan terbentuk pada tahun 1960-an, tepatnya pada tanggal 11 September. Ada sekitar ada 4 pencetus dari organisasi ini.

Beberapa pencetus tersebut antara lain:

  • Sir Julian Huxley, yang merupakan seorang ahli biologi
  • Pangeran Bernhard dari Belanda
  • Max Nicholson, dan terakhir
  • Sirr Peter Scott, seorang pelukis yang mendapatkan mandat untuk membuat logo WWF.

Setidaknya organisasi ini telah menaungi beberapa organisasi bertaraf nasional lain yang tersebar di beberapa wilayah negara di belahan dunia.

Hampir sekitar 20-an lebih organisasi nasional tersebut bersinergi dengan WWF. Untuk sekarang kantor resmi dari organisasi ini, berada di Swiss, tepatnya di Gland.

Itulah sedikit profil dari organisasi WWF ini.


Program Kerja WWF

Sejalan dengan pembahasan yang di atas, organisasi ini memiliki beberapa program kerja, yang kemudian mendapatkan berbagai respon positif dari hampir semua pihak.

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, salah satu fokus program mereka adalah tentang dukungan mereka terhadap beberapa project konservasi dan lingkungan.

Yang mana tujuan dari project tersebut adalah melindungi ekosistem dari beberapa hewan yang ada dalam lingkungan tersebut, dan sebagainya.

Selain itu, ada beberapa program lain yang mereka galakan, untuk mengoptimalkan peran mereka terhadap keadaan dunia untuk lebih baik, terutama dalam ranah perlindungan terhadap hewan serta lingkungan hidup manusia.

Earth Hour 60+

Adalah salah satu program yang tercetuskan oleh WWF, dengan melakukan pemadaman listrik di beberapa rumah dan kantor yang dirasa tidak begitu diperlukan selama satu jam.

Tujuan daripada program ini, adalah meningkatkan kesadaran kepada seluruh masyarakat di seluruh dunia, bahwasannya perubahan iklim era sekarang sudah tidak bisa terprediksi dengan tepat seperti sediakala.

Bahkan sekarang saja, di bulan Juni yang biasanya Indonesia pada musim hujan, pun berubah menjadi kemarau, namun kadang berubah menjadi gerimis, rintik mengundang.

Marine Stewardship Counsil (MSC)

Adalah salah satu lembaga swadaya yang terbentuk oleh WWF, dengan program kerja memberikan persetujuan terhadap project lingkungan perikanan berkelanjutan.

Hal ini mencakup lingkup seluruh dunia. Untuk mengajukan program tersebut, para pelaksana project harus memenuhi beberapa syarat yang ada, guna mendapatkan sertifikat dari lembaga swadaya ini.

Organisatoris lain baca ini: Menembak dan Berburu: Sejarah, Induk Organisasi

Sehingga tujuan dari mereka yakni menjaga kesehatan perairan baik laut ataupun sungai di seluruh dunia, tetap terjaga keasriannya.

Dengan cara menangkap ikan yang berkelanjutan, serta hal lain yang berkaitan dengan kesehatan dari lingkungan laut.

Itulah beberapa program dari WWF, yang sampai sekarang masih terlaksana dengan baik.


Batasan dan Ruang Kajian WWF

Salah satu fokus dari WWF yakni melindungi populasi harimau (Foto: indonesiawindows.com)

Kemudian ada beberapa batasan serta ruang lingkup daripada organisasi tersebut. Dengan adanya fokus yang ada, diharapkan program tersebut dapat terlaksana dengan baik dan juga keberhasilannya sesuai dengan apa yang diharapkan.

Yang mana batasan dan ruang kajian dari WWF ini, berbentuk visi serta misi mereka, sebagai alasan dari pembentukan organisasi tersebut.

Visi serta misi dari organisasi ini, yang pasti adalah melindungi berbagai area lingkungan hidup manusia dan beberapa spesies hewan lainnya.

Dari beberapa permasalahan yang ada seperti polusi untuk lingkungan perairan dunia, berbagai kasus yang menyangkut kesejahteraan hidup dari para hewan yang berada di sebuah lingkungan, tempat mereka tinggal.

Adapun ruang lingkup mereka yang kemudian menjadi fokus daripada program yang mereka lakukan.

Bidang Pangan

Dalam bidang ini, WWF, lebih menitikberatkan pada memerangi limbah lingkungan yang padaakhirnya merugikan berbagai aspek kehidupan.

Kemudian mendistribusikan beberapa produk pangan yang bersih dari berbagai bahan kimia seperti pestisida buatan dan sebagainya.

Sehingga kemakmuran daripada masyarakat di dunia bisa lebih terjamin, walau tidak 100%.

Iklim Dunia

Dalam bidang ini, mereka lebih menitikberatkan kepada meminimalisir menggunakan energi yang menggunakan karbon.

Kemudian menciptakan iklim dunia yang tahan, atau yang dapat terprediksikan kembali seperti pada asalnya. Serta membuat sebuah pembaharuan energi, yang mana nantinya akan melindungi ozon sebagai lapisan dari bumi ini.

Perairan Air Tawar

Dalam lingkup ini, WWF berfokus pada mewujudkan air tawar yang sehat, sehingga beberapa spesies hewan yang berada di sana serta beberapa hal lainnya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

WWF sendiri bekerjasama dengan beberapa perusahaan, serta beberapa lembaga internasional lain, untuk bersinergi, menjaga kesehatan lingkungan air tawar.

Wildlife Conservation

Dalam bidang ini, organisasi tersebut berrkonsentrasi untuk melindungi beberapa ikonik hewan yang memang harus mendapatkan perlindungan ekstra.

Organisatoris lain baca ini: Induk Olahraga Ski Air: 4 Peralatan dan Teknik

Beberapa ikonik hewan tersebut antara lain gajah, harimau, badak, serta beberapa hewan ikonik lain yang tersebar di seluruh belahan wilayah dunia.

Bidang Perhutanan

Organisasi ini berkonsentrasi pada perlindungan adanya ekosistem dari hutan yang ada di seluruh dunia. Dengan program mereka untuk melestarikan hutan, serta spesies yang ada di sana.

Juga menjaga kehidupan manusia, untuk masih bisa merasakan okisigen yang masih terbilang bersih dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Aspek Kelautan

Mereka membuat sebuah program ini dengan tujuan dapat mengamankan keeksistensian daripada habitat dari para penghuni bawah laut.

Entah dari beberapa bahan yang membuat polusi di bawah laut, sampah plastik, dan sebagainya. Serta menjaga kebutuhan manusia pada bidang laut.

Begitu pun juga dengan era pandemi seperti ini, yang mana mereka membuat sebuah project seperti membuat T-shirt dengan berwarna background putih dengan ada gambar panda.

Sebagai salah satu bentuk dari kepedulian kita terhadap lingkungan hidup serta spesies yang ada di dunia ini. Dengan cara dapat membeli T-shirt tersebut.

Yang mana nantinya hasil tersebut untuk menjalankan beberapa program lainnya yang sudah terancang.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai organisasi dengan berfokus pada lingkungan serta keberlangsungan hidup dari beberapa spesies hewan yang ada.

Terutama beberapa hewan yang menjadi ikonik yang tersebar habitatnya di seluruh dunia. Dari adanya pembahasan tersebut, dapat kita tarik kesimpulan bahwasannya lingkungan hidup kita ini sangatlah penting.

Terutama pada beberapa aspek tadi yang menjadi fokus daripada organisasi ini. Yang mana kita kadang tidak sadar, bahwa kadang tindakan kita sebagai manusia, dapat mengganggu keberlangsungan hidup makhluk lain.

Oleh karenanya, tidak salah jika mulai dari sekarang, kita saling menghargai sesama makhluk Tuhan yang ada di dunia ini. Saling menjaga lingkungan hidup satu sama lain.

Yang berujung pada kemakmuran, kemaslahatan bersama, dan kesejahteraan yang bersama juga.

Sekian ulasan kali ini, semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka

  1. https://mediaindonesia.com/humaniora/121783/1961-wwf-berdiri-1
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Dana_Dunia_Untuk_Alam#Program_dan_kampanye_terkenal
  3. https://id.wikipedia.org/wiki/Jam_Bumi
  4. https://id.wikipedia.org/wiki/Marine_Stewardship_Council
  5. https://www.worldwildlife.org/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *