Teknik Gulat Amatir
Salah Satu Teknik Dalam Olahraga Gulat (Foto: Huskie)

7 Teknik Olahraga Gulat Amatir, Dan Induk Nasional & Dunia

Diposting pada

Ternyata olahraga gulat secara amatir maupun profesional telah ada semenjak ribuan tahun lalu, bagaimana sejarah dan apa induk organisasinyanya?

Zahrani Xing Takasihie, Olahraga – Organisasi.co.id

Tahukan anda, bahwa Rasulullah Nabi Muhammad SAW, pernah mengalahkan pegulat terhebat pada zamannya? Bahkan pegulat tersebut yang merupakan jawara, memeluk agama Islam setelah ia berhasil takluk oleh Nabi Muhammad SAW.

Organisatoris lain baca ini: Induk Organisasi Dunia Olahraga, 71 Nasional Dan Internasional

Asal muasal olahraga gulat amatir

Ada banyak jenis dan ragam olahraga yang bisa kita minati, salah satunya adalah olahraga gulat.

Gulat sendiri tidak hanya terdiri dari satu jenis olahraga namun ada berbagai macam lainnya yang menjadi indukan dari olahraga gulat.

Olahraga gulat merupakan salah satu cabang dari  olahraga bela diri. Dengan menggunakan gerakan kombinasi yang terdiri tarikan, dorongan, mengangkat dan putaran.

Serta menitik bertakan pada teknik bantingan, gulungan, dan  dengan kuncian oleh para atlet mengurangi kestabilan lawan dan meningkatkan gerakan serangan dalam satu waktu.

Singkat sejarah mengenai olahraga gulat, olahraga ini sudah ada sejak 2050 sebelum masehi  di Mesir dan Yunani.

Pada tahun 1896 olahraga gulat secara resmi masuk dalam pertandingan dalam olimpiade I di yunani atau sering kita kenal dengan nama Olympiade Modern.

Faktanya gulat merupakan olahraga bela diri tertua di dunia yang telah menjadi olahraga kesehatan dan prestasi yang telah di pertandingkan sejak romawi hingga sekarang. Setelah itu olahraga ini berkembang pesat hingga keseluruh penjuru dunia.

Gulat Masuk Indonesia

Sedangkan di indonesia olahraga gulat masuk oleh orang orang belanda, sebelum belanda datang di indonesia sudah ada gulat tradisional, namun menjadi popular karena di bawa oleh belanda menjelang abad ke 20.

Pada tahun 1960 terbentuklah organisasi gulat seluruh indonesia dengan sebutan PGSI (Persatuan Gulat Seluruh Indonesia).

Pengertian gulat sendiri merupakan suatu kegiatan yang menggunakan tenaga yang kemungkinan mengandung pengertian suatu perkelahian atau pertarungan antara dua orang yang sangat sengit untuk mengalahkan lawannya

Pada olympiade modern yang di adakan di yunani pertama kali, olahraga gulat masuk dalam pertandingan dengan gaya bebas dan gaya romawi.

Jika di indonesia ada PGSI maka secara internasional ada Persatuan Olahraga Gulat Amatir Internasional. Olahraga ini merupakan olahraga untuk melatih ketahanan diri, sama dengan beladiri lainnya.

Olahraga ini bertarung antara 2 orang pegulat. Dalam pertarungan olahraga gulat ada beberapa teknik dasar yang harus di ketahui. untuk mendapatkan suatu prestasi pada suatu perlombaan di butuhkan strategi dan teknik dasar.

Organisatoris lain baca ini: Induk Taekwondo: Olahraga Seni Bela Diri

Teknik Dasar Bermain Gulat Amatir

Strategi yang di gunakan adalah melakukan gerakan yang tepat pada waktu yang tepat.

Sedangkan dalam teknik utama pada pengaturan dan pemanfaatan waktu, berikut adalah macam macam teknik dasar dalam olahraga gulat, yakni:

  1. Teknik jatuhan
  2. Teknik posisis bawah
  3. Tekhnik serangan kaki
  4. Teknik susupan
  5. Teknik tarikan
  6. Tekhnik sambungan
  7. Teknik bantingan.

Selain teknik teknik ini, ada beberapa teknik dasar yang lainnya, yang harus di ketahui oleh pemula yang ingin terjun kedalam dunia olahraga pergulatan yaitu:

Clinch Fighting

Clinch fighting atau pertempuran klinis merupaka teknik yang sangat sulit, seorang lawan harus berfokus untuk menggulung lawan.

Induk Olahraga Gulat
Tekhnik Penguncian Dalam Olahraga Gulat (Foto: Aturan Permainan)

Organisatoris lain baca ini: Induk Olahraga Catur (Sejak Abad Ke7) Dunia dan Indonesia

Joint lock

Joint lock merupakan kunci pergelangan tangan dalam gulat. Pada teknik ini seorang lawan berfokus untuk memanipulasi sendi musuh.

Teknik Joint Lock
Teknik Joint Lock (Foto: Kaskus)

Leverage

Disini pegulat dapat menggunakan kaki untuk mengalahkan musuh.

Leverage
Teknik Leverage, Dalam Olahraga Gulat (Foto: Penjasology)

Grappling Hold

Teknik pegangan bergulat merupakan suatu gerakan yang berfokus untuk penjepit, penyerahan pada musuh.

Grapling Hold Dalam Kegiatan Gulat
Grapling Hold Dalam Kegiatan Gulat (Foto: One)

Selain pada teknik  dasar pegulat ada beberapa pengaturan waktu yang harus dilakuakn.


Pengaturan waktu itu meliputi kesadaran dan kemampuan memanfaatkan tiga jenis pengaturan waktu ialah:

  1. Kemampuan mengatur waktu dalam gerakan atau perobohan lawan tidak dalam keadaan seimbang adalah jenis pengaturan waktu yang paling sering dalam olahraga ini,
  2. Mengetahui kapan mengambil keputusan untuk menyerang yang agresif, atau untuk mempertahankan diri dengan segera adalah kemampuan pengaturan waktu yang sangat berguna dalam suatu pertandingan
  3. Mengetahui dan menyadari akan skor pertandingan dan kondisi fisik dan mental lawan adalah hal terpenting yang sangat membantu dalam suatu pertandingan.

Dalam pengaturah waktu yang dilakukan pada saat pertandingan, seorang lawan harus bisa menjatuhkan musuhnya di waktu yang tetap dengan memanipulasinya.

Pada olympiade modern ada 2 gaya yaitu gaya bebas dan gaya Yunani, perbedaan pokok antara kedua gaya tersebut adalah: dalam gulat romawi larangan keras menangkap bagian bawah pinggang lawan atau menggunakan kaki secara aktif. Untuk melakukan setiap gerakan, sedangkan dalam gaya bebas menangkan kaki lawan dan penggunaan kaki secara aktif untuk melakukan setiap pergerakan diperbolehkan.

Untuk melakukan sebuah pertandingan, seorang pegulat harus sering berlatih keseimbangan antara waktu dan gerakan yang harus mereka lakukan.

Fakta Tentang Postur Tubuh Pegulat

Latihan yang konsisten akan memberikan banyak dampak pada postur tubuh seorang atlet salah satunya adalah pada postru tubuh pegulat.

Jika kita perhatikan para pegulat nasional maupun internasional memiliki postur tubuh yang tinggi, besar, kekar dan berotot hal ini karena pemberasan otot akibat latihan yang konsisten.

Besar otot yang mereka miliki oleh para pegulat berbeda dengan besar otot orang biasa, sama seperti olahraga angkat besi atau angkat beban, kebanyakan dari mereka memiliki otot yang cukup besar terutama pada lengan dan paha untuk menompang berat lawan.

Dalam pertarungan ini membutuhkan kekuatan otot untuk melawan, terutama pada otot lengan dan otot tungkai.

Setiap teknik yang mereka lakukan memiliki berbagai macam kekuatan pada otot seorang pegulat.

Selain itu beban untuk melawan lawan pegulat juga besar sehingga seorang pegulat harus memiliki kekuatan dan postur tubuh yang kekar. Tidak hanya itu, postur tubuh yang tinggi dan besar juga memudahkan para pegulat untuk melawan musuh.

Pembesaran struktur otot terjadi pada otot terutama pada bagian lengan, otot tungkai, otot bahu, otot lengan atas, otot lengan bawah, otot tungkai bawah.

Otot- otot tersebut berguna sebagai penompang untuk memberikan perlawanan pada lawan.

Hal ini memiliki peran penting pada pertahanan antara seorang pemain gulat untuk mengalahkan lawan. Seorang pemain gulat berbeda dengan pemain bela diri yang lainnya.

Jika pemain gulat berpostur tubuh, besar dengan otot yang kekar untuk ngalahkan lawan, maka beberapa seni bela diri selain gulat ada yang menggunkan kaki, tangan.

Serta tenik teknik gerakan untuk mempertahankan dirinya saat bertarung dengan lawan.

Induk Olahraga Gulat Amatir Nasional, PGSI

PGSI adalah singkatan dari Persatuan Gulat Seluruh Indonesia, merupakan ibu kandung dari olahraga gulat. Berdiri pada 7 Februari 1960.

Tancap gas, hanya satu tahun setelah beridi, yakni tepat pad atahun 1961, PGSI telah mengirim utusan untuk mengikuti pertandingan olahraga Amatir di Yokohama.

Logo PGSI
Logo Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (Foto; Gatra)

Induk Gulat Internasional

Dalam skala Internasional, olahraga Gulat berhimpun dalam sebuah organisasi secara mendunia, yakni dalam bendera UWW (bahasa InggrisUnited World Wrestling) atau Uni Gulat Dunia.

Uni Gulat Internasional Olahraga Amatir
Logo UWW (Foto: BCW)

UWW berdiri sejak tahun 1912, saat ini bermarkas di Lausanne Swiss.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *