Atraksi Sepatu Roda Olahraga Dan Gaya Milenial

Diposting pada

Atraksi sepatu roda merupakan permainan atau olahraga yang menggunakan sepatu khusus dengan roda di bawahnya. Lalu bagaimana sejarah awal mula permainan ini muncul? Dan bagaimana cara menggunakannya? Mari kita simak penjelasannya.

Sri Damara, Olahraga – Organisasi.co.id

Sepatu roda merupakan permainan sekaligus olahraga yang sangat populer di masa sekarang dan sangat digermari para kaum milenial.

Olahraga ini digemari oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, bahkan dewasa. Atraksi sepatu roda juga sering diperlombakan dalam event kejuaraan olahraga.

Organisator lain baca ini: Induk Olahraga Sepatu Roda, Sejarah, Peralatan

Atraksi Sepatu Roda Olahraga Dan Gaya Milenial

Atraksi Sepatu Roda
Sumber by Tempo.co

Olahraga atau permainan sepatu roda sangat mengasyikkan dan juga bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Permainan ini juga mempunyai manfaat yang lain bagi kesehatan tubuh kita, yaitu membuat daya tahan tubuh kita menjadi kuat dan juga menguatkan otot kaki.

Selain itu, atraksi sepatu roda juga bermanfaat untuk membantu melatih syaraf motorik, menyeimbangkan dan juga meningkatkan konsentrasi otak kiri dan otak kanan.

Bagi yang kesulitan tidur tidak ada salahnya mencoba olahraga ini, karena olahraga sepatu roda bisa membantu meningkatkan tidur menjadi lebih nyenyak dan juga berkualitas.

Bermain sepatu roda dapat melatih keseimbangan, kelincahan dan juga koordinasi tubuh, mengubah mood menjadi lebih baik dan sebagai pengalihan agar anak tidak kecanduan gadget.

Permainan atraksi sepatu roda termasuk dalam jenis olahraga, dan juga mempunyai dua cabang olahraga, yaitu inline freestyle dan roller speed.

Inline freestyle adalah permainan dengan menggunakan sepatu roda yang memiliki 4 atau 5 roda dalam 1 baris.

Kebutuhan Alat Dan Bahan Olahraga Sepatu Roda

Atraksi sepatu roda saat ini menjadi permainan yang populer di era digital dan juga sangat digemari kaum milenial.

Sebelum melakukan atraksi, sebaiknya persiapkan dahulu alat dan juga bahan untuk menunjang permainan, yaitu:

  • Sepatu roda.
  • Helm.
  • Bantalan lutut.
  • Bantalan di pergelangan tangan.
  • Tempat atau area untuk bermain sepatu roda (jalanan, lantai kayu).

Sejarah Olahraga Sepatu Roda

Olahraga sepatu roda merupakan suatu permainan yang menggunakan alat seperti sepatu dengan roda pada bagian bawahnya.

Olahraga ini dimainkan dengan cara mengayunkan kaki layaknya seperti sedang berjalan agar rodanya dapat berputar.

Sepatu roda di patenkan di Belgia tahun 1760 oleh penemunya, yaitu John Joseph Merlin.

Metode terbaru dari sepatu roda oleh James Plimpton tahun 1863. Dia menemukan jenis sepatu roda dengan 4 roda yang tersusun seperti roda pada mobil.

Jenis ini memiliki keunggulan yaitu memiliki sumbu untuk memudahkan dalam mengendalikan gerakan. Desain sepatu roda ini terkenal hingga penjuru Eropa.

Organisasi sepatu roda internasional dibentuk pada tahun 1942 dengan nama Federation De Roller Skating. Sejak adanya organisasi ini, mulai banyak diadakan kompetisi sepatu roda.

Organisator lain baca ini: Induk Organisasi Dunia Olahraga, 71 Nasional Dan Internasional

Perkembangan sepatu roda di Indonesia

Anak-anak sedang bermain sepatu roda, Sumber by Literasia.com

Olahraga Sepatu roda masuk Indonesia sekitar tahun 1960-an. Sejak saat itu, para anak muda baik di Jakarta, Bandung, dan juga Surabaya mulai menggemari permainan ini dan menjadi lifestyle hingga kini.

Organisasi sepatu roda di Indonesia didirikan pada tahun 1979 dengan nama PERSOSI atau Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia.

Sejak terbentuknya PERSOSI, perkembangan olahraga ini makin pesat dan juga menyebar si seluruh wilayah Indonesia.

Olahraga ini belum masuk ke dalam kategori olahraga yang di perlombakan di Olimpiade. Namun pada Olimpiade musim panas di tahun 2012, olahraga ini pernah masuk dalam Olimpiade.

Trik Dasar Bermain Atraksi Sepatu Roda

Di awalnya kemunculannya, sepatu roda mendapatkan kecaman karena dianggap membahayakan dan mengganggu pengguna jalan.

Seiring perkembangan waktu, sepatu roda mengalami penyempurnaan bentuk menjadi olahraga yang populer.


Permainan sepatu roda dapat menjadi aktivitas yang seru, latihan yang sangat luar biasa, dan juga olahraga lomba ataupun alat transportasi.

Sebelum bermain, sebaiknya mengetahui langkah-langkah trik dasar atraksi sepatu roda seperti di bawah ini untuk meminimalisir kesalahan dan juga cedera dalam bermain.

Metode 1:

Gunakan peralatannya.

Peralatan untuk bermain sepatu roda adalah sepatu roda. Anda bisa membelinya di toko olahraga atau juga bisa menyewanya di arena sepatu roda.

Ukuran sepatu roda sama seperti ukuran sepatu biasa. Peralatan lainnya untuk bermain sepatu roda adalah sebagai berikut:

1. Helm

Saat pertama kali bermain sepatu roda, penggunaan helm akan membuat lebih nyaman. Dengan menggunakan helm dapat melindungi kepala dari benturan atau cedera.

2. Bantalan pergelangan tangan dan juga lutut.

Saat bermain olahraga sepatu roda tangan dan juga kaki akan sering terkena lantai. Untuk melindunginya dari lecet, maka gunakan bantalan pada pergelangan tangan dan juga lutut.

Atur posisi tubuh.

Bukalah kaki selebar dengan bahu, kemudian tekuk bagian lutut seperti sedang jongkok. Rendahkan bagian bokong ke tanah, lalu bersandar sedikit ke depan dalam posisi jongkok. Kunci permainan adalah keseimbangan, untuk mencegah anda terguling.

Ketika pertama kali berada di arena anda akan merasakan tidak memiliki kendali atas sepatu roda. Anda mungkin akan kehilangan keseimbangan dan terjatuh beberapa kali.

Hal ini merupakan hal yang normal bagi pemula, teruslah melatih postur tubuh hingga bisa anda kuasai.

Setelah menguasai keseimbangan tubuh, selanjutnya berlatih memperbaiki postur tubuh yaitu dengan sedikit menggerakkan sepatu agar dapat membantu menjaga keseimbangan.

Berjalan seperti bebek.

Gunakan tumit bersama-sama dan bagian jari-jari kaki menekan, lalu mulai berjalan pelan ke depan, Ke kanan dan ke kiri.

Tetap di posisi jongkok dan jaga tumit berada di bawah tubuh sehingga bisa lebih mudah dalam menjaga keseimbangan.

Teruslah berlatih hingga merasa nyaman saat berjalan dengan sepatu roda. Selalu pusatkan keseimbangan tubuh di bagian tumit dan juga tetap pada posisi berjongkok.

Setelah merasa percaya diri, maka mulailah bergerak agak cepat dan ambil langkah yang lebih panjang. Kemudian dorong roda lebih keras agar bisa melaju pada setiap langkahnya.

Pelajari cara meluncur

Pelajari cara meluncur dengan memperpanjang langkah. Dorong dengan menggunakan satu kaki dan meluncurlah dengan menggunakan kaki yang lain.

Sementara meluncur dengan satu kaki, jaga kaki yang lainnya pada lantai agar tidak menghambat saat meluncur.

Berlatihlah berbelok

Apabila ingin belok ke kanan, miringkan tubuh ke bagian kanan, begitu juga sebaliknya. Pastikan postur tubuh tetap pada posisi jongkok.

Meluncur lebih cepat.

Gerakkan kaki lebih cepat dengan menempatkan tekanan di roda dan mendorong badan ke depan.

Berlatih dengan menggunakan berat badan akan membantu mendapatkan kecepatan dengan cara bersandar pada langkah.

Gunakan lengan untuk membantu  menjaga keseimbangan tubuh dan tekuk siku untuk mendapatkan kecepatan.

Organisator lain baca ini: Organisasi Hockey Indonesia, Sejarah Induk & 6 Aturan

Pelajari cara berhenti.

Sepatu roda di sebelah kanan mempunyai rem pada bagian tumit. Jika ingin berhenti, maka meluncurlah dengan sepatu roda berada sejajar antara satu dengan yang lain.

Tetap di posisi jongkok dan juga bersandar sedikit ke depan. Tempatkan sepatu roda yang kanan sedikit ke depan sepatu yang kiri, lalu angkat kaki kanan dan tekan keras tumit.

Semakin keras menekan tumit, maka akan semakin cepat pula sepatu roda akan berhenti. Dan tekan tumit dengan keras agar semakin kuat rem bekerja.

Jika merasa sulit memberi tekanan pada tumit, maka bisa gunakan tangan untuk menekan ke bawah pada lutut kanan agar dapat membantu mengerahkan kekuatan untuk berhenti.

Metode 2:

Mencoba Manuver Khusus

  • Pelajari cara berjalan mundur.

Saat berjalan ke depan, posisikan kaki seperti huruf “v” dan berikan tekanan di tumit.

Jika ingin berjalan mundur posisi kaki membentuk huruf “v” terbalik, jaga agar jari-jari pada kaki dan juga tumit terpisah.

Tetap di posisi jongkok dan juga berikan tekanan di kaki kanan, sedangkan kaki yang lainnya terangkat, lakukan bergantian.

  • Melakukan trik heel-toe.

Jajarkan sepatu dan mulai berjalan dengan tumit pada satu kaki dan juga jari kaki yang lainnya.

Lakukan beberapa luncuran, lalu angkat jari kaki dan berseluncur hanya bagian tumit, dan juga kaki yang lainnya membuntuti tepat di bagian belakang.

  • Melakukan gerakan berbelok tajam.

Saat meluncur dan ingin berbelok, maka lakukan dengan cara menyilangkan sepatu satu ke sepatu yang lainnya, kemudian dorong.

Contohnya, jika ingin berbelok ke kiri, maka silangkan sepatu kanan ke kiri, lalu putar badan ke kiri, dan dorong dengan sepatu kanan ke kiri.

Putar bahu ke arah yang baru, kemudian bersandar ke putaran untuk membantu menjaga keseimbangan. Tekuk lutut sedikit agar lebih stabil.

  • Melakukan gerakan melompat.

Lakukan seluncur beberapa kali, kemudian dekatkan kedua sepatu, lalu tundukkan badan, dan lakukan lompat jarak pendek.

Metode 3:

Meningkatkan Kemampuan Bermain Olahraga Sepatu Roda

Berlatih di arena khusus.

Cara terbaik untuk bermain sepatu roda yaitu sering melakukan latihan. Temukan arena untuk bermain sepatu roda dan lakukan latihan secara rutin di arena tersebut.

Bergabung dalam tim atau liga.

Jika ingin sesuatu yang lebih menantang, maka bergabunglah dalam tim sepatu roda. Adapun jenis tim atau liga sepatu roda adalah seperti di bawah ini:

Roller derby menjadi olahraga populer, bahkan di sebagian besar kota mempunyai tim sendiri.

Jika tidak ada tim sepatu roda, maka kumpulkanlah beberapa teman dan kemudian ciptakan tim sendiri.

Roller hockey merupakan jenis olahraga sepatu roda yang berorientasi pada liga yang populer. Jenis sepatu yang cocok untuk bermain olahraga ini adalah sepatu roda jenis inline skate.

Aggressive skate, layaknya seperti skateboard yang membutuhkan keterampilan khusus dalm melakukan trik-triknya.

Organisator lain baca ini: Badan Pembina Olahraga Cacat (BPOC): Konsep Organisasi

Belilah sepatu roda yang bisa meningkatkan kemampuan.

Beragam jenis sepatu roda yang tersedia saat ini dan digunakan sesuai kebutuhan yang berbeda-beda pula.

Berikut ini adalah jenis sepatu roda yang digunakan sesuai dengan kebutuhan, diantaranya yaitu:

  1. Roller Skate indoor: sepatu yang khusus dipakai di ruangan.
  2. Roller skate outdoor: di desain khusus agar tahan pada kondisi jalanan yang keras. Sepatu ini bisa digunakan di aspal atau jalan lainnya.
  3. Roller Skate balap: sepatu roda agar dapat meluncur dengan cepat. Jika ingin membeli jenis ini sebaiknya beli yang jenis inline.

Saran

  • Pastikan mengikat tali dengan kencang agar tidak terlepas saat sedang bermain.
  • Memastikan ukuran sepatu roda pas di kaki.
  • Jika berlatih di arena khusus, gunakanlah pegangan besi di samping arena untuk membantu menjaga keseimbangan.
  • Luangkanlah waktu untuk pergi ke arena dan berlatihlah setidaknya 1 kali seminggu untuk mengasah keahlian dalam bermain sepatu roda.
  • Cek sepatu roda dan juga perhatikan  bila terdapat kain, benang, tali, minyak, dan juga pipa atau bahan keras dan licin lainnya pada lantai.

Foto-Foto Wanita Cantik Beratraksi Sepatu Roda

Berbagai kalangan menyukai permainan ini, bahkan sepatu roda menjadi permainan populer masa kini.

Baik itu laki-laki ataupun perempuan, mulai dari yang dewasa dan juga anak-anak menyukai permainn ini.

Banyak diantara selebriti tanah air yang menggemari permainan sepatu roda. Siapa sajakah mereka? Mari kita simak bersama-sama.

1. Andien

Atraksi Sepatu Roda Andien saat berbelanja menggunakan sepatu roda, Sumber by Instagram @andienaisyah



2. Titi Kamal

Atraksi Sepatu Roda Titi Kamal dan suami selalu kompak dimanapun berada, Sumber by Instagram @titi_kamall

 

3. Intan Ayu

Atraksi Sepatu Roda
Intan Ayu Purnama tampil stylish dengan sepatu roda, Sumber by Instagram @tanayudjanuismadi

4. Prisia Nasution

Atraksi Sepatu Roda Prisia Nasution nampak mahir menggunakan sepatu roda dengan posisi kaki terangkat, Sumber by Instagram @prisia



5. Syahnaz

Syahnaz dan suami kompak dengan sepatu roda sambil membawa si kembar jalan-jalan, Sumber by Instagram @syahnazs


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *