Mahasiswa Dan Mahasiswi Kerja Sampingan
Contoh Mahasiswi Jual Online

Mahasiswa Kerja Sampingan, Berikut 13 Ide Terbaiknya

Diposting pada

Usaha sampingan bagi mahasiswa untuk kerja sampingan, bukan sesuatu yang susah diera sekarang ini, berikut ide terbaik buat kamu.

Dhilah, Profesi – Organisasi.co.id

Bagi Anda yang berstatus mahasiswa bekerja sampingan itu bukan sesuatu yang sulit atau susah di era digital sekarang ini sebagaimana kita bisa menemukan Banyak ide dan cara untuk kreatif dan bisa menghasilkan uang.

Kenali apa hobi anda, apapun hobi tersebut maka anda menang satu langkah, sebab dengan hal tersebut tinggal selangkah lagi. Sudah menjadi sumber produksi uang kamu.

Tentunya banyak diantara mahasiswa yang membayangkan dan mencoba untuk berkhayal bagaimana jika bisa menghasilkan uang yang banyak dari usaha sampingan yang mereka lakukan.

Usaha sampingan yang kita maksud pada pembahasan ini, yakni sebagai seorang mahasiswa dia juga berupaya untuk membuat sebuah kreativitas dan inovasi inovasi baru.

Untuk bekerja memanfaatkan waktu luangnya disaat dia tidak sibuk dengan urusan perkuliahan. Usaha sampingan dengan segala inovasi.

Generasi milenial tidak hanya menyuguhkan tentang bagaimana dia bisa menguasai teknologi tetapi generasi milenial juga harus mampu untuk menciptakan polarisasi diri untuk berdaya dalam situasi yang terjadi seperti sekarang ini.

Nah bagi anda mahasiswa atau mahasiswa yang memutuskan sikap untuk terjun dengan dunia usaha sampingan maka berikut kami Tampilkan beberapa ide yang sangat mudah dan gampang untuk Anda wujudkan.

Organisatoris lain baca ini: Profesi akuntan, pengertian dan pembagian.

Mahasiswa Kerja Sampingan Dengan Jual foto

Usaha yang paling mudah dari hobi kamu terdekat, sebagai mahasiswa selain kerja tugas juga bisa menghasilkan uang dengan aktifitas sampingan. Jual Foto.

Bagi anda yang suka untuk melakukan travelling atau mengunjungi beberapa tempat yang baru pariwisata baik lokal maupun domestik.

Foto Mahasiswi Cantik
Sepanjang original, maka foto ini layak jual.

Maka ini kesempatan anda untuk mengambil gambar selain daripada untuk kebutuhan instagramable, demi mengisi daripada ruang-ruang media sosial yang anda miliki.
Maka sekaligus juga kesempatan untuk kamu mengabadikan beberapa momen yang menarik pada daerah yang Anda kunjungi.

Untuk selanjutnya momen tersebut Anda jual dan tentu anda memproduksi dolar dengan menjual foto-foto.

Adapun tempat jual foto secara online kita bisa menjualnya di Shutterstock atau Adobe stock atau dreamstime atau istockphoto.com, alamy atau freedigitalphotos.net dan 500px.

Intinya banyak tempat menjual foto yang bisa anda manfaatkan menjual foto tersebut dengan menggunakan kamera handphone anda.

Tidak harus menggunakan kamera yang sangat canggih namun yang lebih penting daripada itu adalah Anda harus menjual foto yang natural alami dan jelas itu bukan foto milik orang lain.

Sebab menjual foto, bukan seperti menebar pesona, seperti pesonamu pada wanita-wanita yang kamu sakit, hehe.

Usaha Sampingan, Desain grafis

Selanjutnya ada usaha sampingan bagi anda seorang mahasiswa.

Jika anda yang sekarang menjadi status mahasiswa, mungkin anda punya laptop. Laptop tersebut hanya anda pergunakan untuk mengerjakan tugas.

Sudah saatnya anda melirik dan memberikan “beban tambahan” kepada laptop tersebut untuk usaha rumahan ataupun usaha sebagai seorang mahasiswa. Laptopnya jangan terlalu kita manjakan.

Maka barang elektronik tersebut, selain bertugas untuk menyelesaikan tugas-tugas kampus maka Sudah saatnya anda memberikan beban tambahan dengan, menjadi tempat untuk mengerjakan desain grafis.

Tentunya untuk menjadi seorang desain grafis yang profesional itu perlu belajar. Ini soal kesabaran dan ketekunan melatih ketajaman sebagai seorang desainer.

Usaha desain grafis
Kegiatan Usaha desain grafis

Namun kalau bisa profesional anda bisa menghasilkan uang bilamana desain-desain anda tersebut telah menarik daripada orang lain. Usaha sampingan desain grafis sangat menarik buat anda.

Ada banyak tema desain grafis yang bisa anda manfaatkan sebagai usaha rumahan maupun sampingan, misalnya mendesain foto yang lucu, ataupun mendesain beberapa spanduk kegiatan yang lebih unik.

Pada intinya pembuatan desain grafis itu adalah harus inovatif dan unik dan lain dari yang lain itu pada prinsipnya. Copy milik orang lain, edit, variasi, temukan gaya khasmu. Setelah itu anda akan temukan bagaimana ciri khas anda sendiri.

Kerja Sampingan, Pembuatan Konten Untuk Mahasiswa

Nah ini menjadi di salah satu alternatif sebagai pekerjaan bagi mahasiswa, yakni membuat konten. Terdiri dari konten YouTube, konten website, hingga konten media sosial.


Tahun 90-an, konten website, maupun kemudian youtube, banyak kita anggap, pekerjaan tak ada guna.

Penulis Konten, Kerja sampingan Sebagai mahasiswa
Penulis Konten Sebagai Usaha Sampingan Mahasiswa

Namun setelah tahun 2015, setelah menyaksikan konten creator maupun youtuber menjadi miliarder. Barulah semua sadar, lho kok bisa? Ternyata usaha menjadi seorang youtuber itu menghasilkan uang banyak yah?

Tidak heran, para pejabat mulai memiliki usaha sampingan menjadi youtuber maupun konten kreator. Tidak ketinggalan para artis sudah mulai dengan “pelan” meninggalkan TV. Dan membangun channelnya sendiri pada youtube.

Memerlukan beberapa ciri penggunaan bahasa yang lebih lembut bahasa yang lebih menarik, tentunya dengan bahasa yang lebih cocok dengan karakter sebuah media.

Penghitungan bayaran conten creator atau penulis. Dalam hal pembuatan konten ini bisa dihitung berdasarkan jumlah kata atau panjang tulisan untuk Website.

Maupun menghitung Berapa durasi kalau dia berbentuk konten YouTube.

Namun disarankan untuk awal pembuatan tulisan belajar dulu tentang bagaimana cara menulis dengan menggunakan Seo search engine Optimizer (SEO).

Sebab rata-rata pemilik website itu menggunakan Seo terserah menggunakan menggunakan yoast SEO, Rank Match SEO, maupun all-in-one SEO.

Organisatoris lain baca ini: Pengertian profesi dan Syarat.

Jasa jual rumah

Usaha sampingan dengan modal kecil lainnya untuk mahasiswa yang mau kerja, dengan memanfaatkan jual beli properti.

Triknya sangat mudah cukup menggunakan kamera, datang foto-foto lokasi rumah atau properti yang hendak dijual. Tanyakan harga, tanyakan kompensasi atau persen yang akan anda dapatkan ketika mampu menjual 1 unit.

Sebaiknya temui pemilik properti, sebab jika anda bertemu dengan salesnya, bisajadi keuntungan anda sangat rendah. Trik menemukan siapa pemilik perumahan adalah biasanya pada pemasaran ia hadir mengawasi karyawan.

Jual BelI rumah
Agen Jual Beli rumah

Maka tanyakan, siapa pemilik. Para karyawan tentunya akan menunjukkan kepada anda.

Setelah, perkiraan keuntungan itu, selanjutnya silakan memformulasi membuat gambar sebaik mungkin atau membuat gambar tersebut seindah mungkin Lalu lakukan publikasi lewat media sosial. Manfaatkan medsos menghasilkan uang selain dari postingan anda bersama pacar.

Adapun tips atau bayaran yang kita akan dapatkan dari proses penjualan rumah ini, ada beberapa macam:

  1. Jasa advertiser, mempromosikan daripada rumah atau properti, dihitung berapa kali di Munculkan pada media sosial yang kita miliki dengan menjadi influenxer juga bisa menjadi alternatif atau,
  2. Fee dengan bayaran langsung yang kita dapatkan setiap penjualan dari promosi yang telah kita buat.

Jasa jual rumah ini menjadi sebuah usaha rumahan yang menarik karena tidak membutuhkan waktu untuk Anda tinggal dalam satu tempat.

Duduk menunggu pelanggan anda datang. Tentu dengan memanfaatkan dari pada status media sosial baik Facebook WhatsApp Instagram bahkan konten YouTube. Berdoa semoga ada yang tertarik, namun jika belum ada yang tertarik. Jangan berkecil hati.

Sebab membangun brand memang butuh waktu. Anda tahu tidak bahwa bisnis properti menjanjikan keuntungan besar, baik sebagai usaha langsung maupun sebagai sampingan.

Translator

Daripada anda sebagai mahasiswa hanya sibuk menjadi translator hati, maka sebaiknya anda memanfaatkan waktu untuk kerja sampingan dengan mentranslate bahasa asing.

Translator adalah merupakan jasa dengan modal minim yang menarik bagi kamu khususnya yang yang mengambil jurusan bahasa, yakni bahasa Inggris, bahasa Jerman, Bahasa Jepang ataupun bahasa asing lainnya.

Kebutuhan translator ini tidak hanya dibutuhkan bagi mereka yang berstatus sebagai pelajar, tetapi juga sekarang sudah mulai berkembang dimana banyak website membutuhkan konten yang berbahasa Inggris.

Tentunya ini menjadi sebuah potensi pendapatan menarik buat Anda yang ada pada jurusan bahasa tersebut untuk menawarkan jasa mentranslate dari konten-konten sebelum dipublikasi.

Cara membangun brand, hampir sama, silahkan posting pada media sosial tentang kemampuan anda mentranslate bahasa yang anda kuasai.

Jualan online

Bahkan tanpa modal dalam menjalan usaha sampingan.

Jualan Online ini merupakan sebuah ide yang yang sudah banyak kita saksikan, namun meski begitu ini bisa menjadi sebuah ide alternatif untuk Anda yang mau melakukan usaha dan kerja sampingan sebagai seorang mahasiswa.

Jualan online ini ini hampir sama dengan jual beli properti hanya saja jualan online ini dia lebih menggunakan material yang dijual dengan harga yang yang terjangkau maksudnya harga di antara Rp20.000 hingga rp50.000.

Idenya bisa dengan menjual casing HP jual beli headset, atau bahkan jual beli HP.

Modal untuk usaha ini bahkan bisa disebut gratis karena hanya bermodalkan foto-foto, dimana foto tersebut bisa anda dapatkan dengan memotret langsung pada gerai atau toko-toko yang menyediakan benda-benda yang akan kita jual.

Lalu memposting ke media sosial yang kita miliki. Mana orang lain tahu (menduga sih iya), bahwa benda yang anda pajang tersebut bukan milik anda.

Reseller

Jika jual-jualan ini bisa dengan sepengetahuan pemilik toko ataupun tidak, maka reseller lain lagi.

Reseller ini ada sebuah kesepakatan antara kita sebagai mahasiswa yang mau menjual ulang dia punya produk.
Tentunya dengan kesepakatan Berapa bagi hasil yang kita bisa dapatkan apabila mampu untuk menjual produk mereka.

Biasanya seorang reseller juga berbekal dengan foto-foto produk, dan biasanya mendapatkan harga-harga khusus untuk reseller.

Belum lagi jika pemilik produk atau pemilik toko itu memberikan harga yang sama antara harga yang ada di tokonya secara langsung ataupun pada reseller tidak ada perbedaan harga jual.

Keuntungannya bisa berlipat bukan. Tanpa modal, hanya mengandalkan repost pada status anda saja.

Beautypreneur

Untuk yang satu ini, tentu membutuhkan wajah yang lebih menarik atau cantik tentunya.
Dan jika anda memiliki wajah yang cantik, kulit putih apalagi bening. Sebening cinta yang kau tanam (gombaal), maka bisa memanfaatkan segmentasi ini untuk sebagai seorang mahasiswa yang kerja sampingan untuk menghasilkan uang.

Beutypreneur
Beutypreneur, menjadi alternafit usaha tanpa modal

Potensi ini bisa anda manfaatkan dengan mereviu beberapa produk kecantikan yang ada, hampir sama dengan reseller tapi dia lebih cenderung untuk banyak melakukan review.

Agar menarik daripada penonton yang lainnya. Untuk membeli produk yang kamu miliki.

Namun sekali lagi, penampilan yang menarik sangat menunjang hal ini.

YouTubers

Ini tren pada tahun 2015 keatas, setelah melihat beberapa youtuber yang berhasil mendapatkan uang dengan nilai ratusan juta rupiah bahkan hingga miliaran rupiah.

Sehingga pekerjaan ini menciptakan banyak orang yang berpikir untuk Bagaimana membentuk channel YouTube, dan melakonkan diri menjadi seorang youtuber.
Berbentuk podcast, maupun dengan memanfaatkan pengambilan gambar dan video melalui kegiatan Adventure.

Ataupun membuat narasi narasi dalam bentuk video beserta gambar dan video yang menarik.

Untuk menjadi seorang youtuber harus menentukan kemistri, dan ciri khas dari channel tersebut. Sehingga jangan melakukan karena ikut-ikutan. Percaya atau tidak bahwa kebanyakan yang berhasil jadi youtuber adalah yang mempublikasi apa hobinya.

Ada konten yang viral karena memiliki konten makan. Kerjanya hanya makan saja, ataupun konten tentang hasil penjelajahan. Maka kenali hobi anda, formulasi hobi tersebut, edit, variasi dan buat berbeda dengan yang lain. Kemudian publikasi.

Sekalilagi, harus sabar, membangun konten ini butuh waktu yang lama, 1 atau 4 tahunan, baru membuahkan hasil. Namun percaya deh, kalau kamu sabar, kamu akan dapatkan efek baiknya.

Organisatoris lain baca ini: Channel Viral

Jasa cuci mobil atau motor

Jika anda mahasiswa yang tinggal di rumah Anda sendiri, ketika di halaman rumah Anda cukup untuk memarkir 1 atau 2 mobil, atau cukup untuk memarkir motor.

Maka memanfaatkan lokasi tersebut untuk membuat jasa pencucian mobil atau motor, cukup dengan persiapan air yang bersih, tenaga, ketelitian untuk memperhatikan kebersihan dari pada kendaraan yang akan kita cuci.

Anda sudah bisa memulai usaha baru tersebut.

Jangan salah anda sekarang berstatus sebagai Direktur minimal direktur pada usaha sampingan yang anda buat. Direktur cuci mobil/motor. Kecil dulu, besar kemudian. Intinya apapun usaha dan kerja anda sebagai mahasiswa berupa kegiatan sampingan, akan memberikan efek baik buat anda.

Jual beli motor
Usaha Jual beli motor sebagai alternatif usaha.

Jasa Jual Beli Motor

Nah tentu mahasiswa rata-rata memiliki kendaraan, bagi anda mahasiswa yang berasal dari daerah.

Ketika Anda melanjutkan pendidikan tentunya, anda memiliki koneksi yang luas.

Manfaatkan kondisi tersebut untuk mempertanyakan Adakah motor teman kulian yang hendak mereka jual, atau ada teman kuliah yang mau mengganti motor dengan motor yang baru.

Nah itu kesempatan anda untuk menjualkan motor mereka, tentunya dengan kesepakatan harga dan berapa keuntungan yang anda akan dapatkan.

Jasa jual beli motor ini sebagai usaha sampingan yang menarik, karena banyaknya volume kendaraan di kota, dan juga perkembangan teknologi inovasi pembuatan kendaraan.

Sehingga banyak dari pemilik kendaraan yang mau berganti kendaraan dengan model yang baru.
Tentunya bagi yang tinggal di daerah kendaraan tersebut masih cukup bagus dan banyak peminat, maka manfaatkan kondisi tersebut dengan memasarkan kendaraan ke daerah asal anda misalnya.

Jasa titip, Kerja Sampingan Mahasiswa

Ini bukan menitip hati yah.

Jasa titip yang kita maksud di sini biasanya berbentuk produk, atau material tertentu. Untuk diantar atau dibawa ke sebuah tempat.

Ini hampir mirip dengan layanan antar online.
Namun positifnya jasa titip yang anda buat ini adalah anda kenali daripada para pelanggan pelanggan tersebut.

Sehingga mereka tidak perlu menggunakan jasa titip online tersebut yang lain. Dan kali ini ini Jasa Anda yang terpakai sebagai usaha seorang mahasiswa yang kerja untuk menghasilkan dollar.

Kerja Sampingan, Agen SPG Sebagai Mahasiswa

Jika anda memiliki beberapa teman kuliah yang memiliki wajah dan penampilan yang cantik menarik, maka anda bisa memanfaatkan dengan membuat agen SPG.

Mahasiswa Kerja Sampingan menjadi SPG Atau sales Promotion Girls
Kegiatan SPG Atau sales Promotion Girls (Foto:Suara.com)

Contohnya mereka-mereka dengan rasa percaya diri, untuk menawarkan properti atau produk tertentu pada orang lain. Tentunya juga mereka harus percaya diri untuk memakai pakaian yang dalam tanda kutip sedikit seksi atau bahkan seksi.

Agen SPG ini menjadi langganan untuk beberapa produk terutama perusahaan-perusahaan rokok kecantikan atau produk rumah tangga.

Maka menjadi SPG atau keagenan sales promotion girls tersebut bisa menjadi sebuah alternatif untuk Anda pergunakan dan manfaatkan menjadi usaha sampingan.
Tentunya bukan di saat Anda sementara kuliah tetapi memanfaatkan waktu berlibur atau di luar dari pada jam perkuliahan.

Apakah perlu badan usaha?

Ah tidak harus untuk awal-awal, cukup mengandalkan koneksi. Caranya, anda masuk keperusahaan dan tawarkan jasa tersebut.

Demikian beberapa alternatif usaha sampingan dengan modal kecil bagi anda para mahasiswi, silahkan ceritakan apa pengalaman anda pada kolom komentar.

Sumber:

  1. Situs Jual Foto
  2. Memulai bisnis properti
  3. Jenis Usaha Sampingan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *