November 2021
hari pria internasional (Foto: thebrandboy.com)

November 2021: Peristiwa dan 25 Daftar Hari Penting

Diposting pada

November 2021 dan hari penting lainnya. Banyak yang tidak tahu bahwa bulan tersebut, mempunyai beragam peristiwa penting yang patut kita renungkan, dan hormati. Berikut ulasannya.

Ayu Maesaroh, Konsep Organisasi – organisasi.co.id

Dalam satu tahun, dan terdiri atas beberapa bulan dan hari. Tidak ada kata tidak mungkin untuk kata sebuah “peristiwa”.

Mengingat terciptanya peristiwa, menjadi satu alarm bagi manusia, untuk kilas balik dan belajar dari hal-hal tersebut, agar di masa depan bisa lebih mau lagi.

Entah dalam bidang apapun, tujuan apapun, dan fokus kemanapun peristiwa tersebut tercanangkan, atau pun lainnya. Perayaan akhirnya terselenggara setiap tahun, pada tanggal yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Termasuk di bulan November. Yang mana ternyata ada begitu banyak peristiwa yang jarang kita ketahui, dan mungkin masih asing di telinga kita.

Bahkan mungkin bingung terutama di november tahun 2021 ini, yang mungkin baru mengetahui rentetan peristiwa tersebut. Jadi, artikel kali ini akan membahas beragam peringatan penting di bulan November, yakni:

Hari Inovasi Indonesia

Yang pertama adalah memperingati hari inovasi Indonesia. Peristiwa tersebut terselenggara setiap tahun, tepatnya pada tanggal 1 November.

Pencetus utama dari peristiwa tersebut, adalah CEO dari Founder Frontier Group, yang mana perusahaan tersebut bergerak di bidang riset, kemudian pemasaran, serta teknologi dan digital.

Adalah Handi Irawan, yang juga terkenal sebagai pencetus dari TERA Foundation. Beliau beralasan bahwasannya ketika suatu perusahaan atau pun bidang apapun ingin maju dan berkembang, maka perlu adanya suatu pemantik, sebagai umpan daripada usaha maju dan berkembang tersebut.

Dan cara yang paling mutakhir, adalah “berinovasi”.

Cipta Puspa dan Satwa Nasional

November 2021 bulan penting
Cipta puspa satwa nasional (Foto: bali.kemenag.go.id)

Atau singkatannya ialah HCPSN. Diperingati setiap tanggal 5 November di setiap tahun. Adanya peristiwa tersebut, pertama kali berlangsung pada tanggal 5 November tahun 1993, di era Presiden Soeharto.

Tujuan dari adanya peringatan tersebut, berimbas kepada masyarakat Indonesia untuk lebih aware terhadap satwa serta puspa nasional Indonesia. Baik dalam bentuk perlindungan, pelestarian, atau pun sejenisnya.

Organisatoris lain baca ini: Libur Nasional Juli – Desember

Internasional Pencegahan Eksploitasi Lingkungan dalam Perang dan Konflik Bersenjata

Selanjutnya adalah peringatan mengenai pencegahan eksploitasi lingkungan dalam perang konflik bersenjata. Adanya peringatan tersebut, tercanangkan oleh PBB untuk diperingati setiap tanggal 6 November di tiap tahunnya.

PBB mengesahkan hari tersebut, dengan tujuan agar para warganegara di belahan dunia, untuk lebih sadar dan aware tentang dampak daripada eksploitasi lingkungan, karena genjatan senjata. Peristiwa ini juga terselenggara pada November pada 2021 ini.

Peringatan Kebebasan Dunia

Peringatan tersebut tercetus pada tanggal 9 November di tahun 1989, dan menjadi satu peristiwa dunia yang patut untuk dikenang oleh dunia.

Pasalnya, latar belakang dari hal demikian, adalah Negara Jerman yang dulu terbelah menjadi dua kubu dengan mempunyai berbagai perbedaan perspektif hingga tatanan kepemerintahan.

Bersatu di saat itu juga. Kedua belah pihak tersebut telah terpisah dan tak menyatu selama 40-an tahun lamanya. Belakangan juga peristiwa tersebut, memberikan efek yang baik untuk kehidupan beberapa orang yang ada di Eropa.

Hari Pahlawan

Tepatnya pada tanggal 10 November menjadi peringatan bagi seluruh warganegara Indonesia, mengenang jasa para pahlawan yang rela mengorbankan nyawa mereka, untuk kemerdekaan Indonesia.

Peristiwa tersebut dipicu oleh insiden perobekan bendera Belanda yang terpasang jelas di Hotel Yamato Surabaya. Pihak yang bersangkutan atas pemasangan tersebut.

Dianggap menantang warganegara Indonesia dan Pemerintah, untuk genjatan senjata. Alhasil terjadilah pertumpahan darah. Tanggal 10 November di tiap tahun termasuk pada tahun 2021, warganegara Indonesia memperingatinya sebagai hari pahlawan.

Peringatan Ganefo

10 November bukan hanya sebagai peringatan para pahlawan saja , namun juga hari Ganefo, yakni nama untuk pesta olahraga yang terselenggara oleh beberapa Negara berkembang di dunia.

Peristiwa tersebut pertama kali terlaksana di Indonesia, tepat pada tahun 1963 dengan jumlah peserta sebanyak 51 negara, serta jumlah atlet sekitar lebih dari 2000 atlet.

Latar belakang dari peristiwa tersebut, adalah pendapat Soekarno yang ingin menumbuhkan rasa nasionalisme dari warganegara Indonesia. Serta menentang adanya hegemoni dan imperialisme yang subur di bidang olahraga dunia.

Hari Bangunan Indonesia

Selanjutnya adalah Hari Bangunan Indonesia, yang diperingati setiap tanggal 11 November di tiap tahunnya. Hal tersebut tercetuskan oleh PT Indocement Tunggal Perkasa Tbk.


Dengan beberapa tokoh seperti Dradjat Hoedajanto sebagai ketua umum dari Himpunan Konstruksi Indonesia dan beberapa orang penting lainnya.

Tujuan dari peristiwa tersebut, ialah sebagai alternatif edukasi kepada masyarakat Indonesia, untuk lebih mengerti bagaimana cara melestarikan bangunan yang ada di Indonesia. Serta sebagai tujuan untuk menciptakan bangunan Indonesia yang berkualitas dan berkelanjutan di masa depan.

Hari Ayah Nasional

Jika hari ibu tepat pada tanggal 22 Desember di tiap tahunnya, hari ayah sendiri di Indonesia, diperingati tepat tanggal 12 November pada setiap tahun.

Tujuan adanya hari tersebut, ialah berimbas kepada menghormati posisi ayah serta perannya di keluarga, ke”bapak”an mereka juga, serta pengaruh dari seorang ayah dalam masyarakat umum. Pencetus daripada hari tersebut, ialah Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi Solo.

Kesehatan Nasional

Dalam November 2021, juga ada perhelatan peristiwa lain, yakni “Kesehatan Nasional”, yang juga terselenggara pada tanggal 12 November.

Melansir dari beberapa literatur yang ada, adanya peringatan tersebut, sebagai satu selebrasi Indonesia, bahwasannya telah dengan sukses memberantas penyakit malaria yang pernah melanda Indonesia, serta merenggut nyawa hampir lebih dari ribuan orang.

Korps Brigade Mobil

Tanggal 14 November menjadi hari jadi Korps Brimob (Brigdjen Mobil), sebagai tanda untuk menghormati para Brimob yang siap merelakan nyawanya, demi perdamaian wilayah Indonesia.

Mengingat ada begitu banyak peristiwa yang telah Korps Brimob lakukan untuk menjaga perdamaian Negara, antara lain ikut serta dalam pertempuran kemerdekaan Indonesia, menyelesaikan konflik di Ambon, operasi Seroja, dan sebagainya.

Diabetes Internasional

hari diabetes internasional (Foto: kabarlumajang.pikiran-rakyat.com)

Selanjutnya adalah peringatan untuk hari diabetes internasional, yang tercetus oleh IDF atau singkatan dari International Diabetes Federation, serta organisasi WHO.

Tepatnya pada tanggal 14 November di setiap tahun, dunia akan memperingati hal tersebut. Mengingat jika kilas balik dari track record yang ada. Sampai detik ini, penyakit diabetes terutama jenis diabetes meletus. Masih menjadi PR besar bagi dunia, untuk sesegera mungkin menekan jumlah penderita yang terus meningkat.

Korps Marinir

Korps Marinir adalah salah satu perayaan Indonesia untuk bagi para TNI Angkatan Laut, sebagai hari ulang tahunnya tepat pada tanggal 15 November.

Peringatan tersebut sebagai salah satu apresiasi bagi para TNI Angkatan Laut, yang sudah mau mengabdikan diri mereka untuk menjaga kedaulatan teritorial wilayah Indonesia di bagian laut.

Hari Toleransi Internasional

Mengingat ada begitu banyak suku, budaya, dan bahasa yang ada di dunia ini. Menjadi alasan organisasi PBB mencanangkan untuk memperingati hari bertoleransi sedunia atau Internasional, pada tahun 1995 tersebut.

Tepatnya pada tanggal 16 November. Setiap tahun akan ada beberapa tema yang merepresentasikan hal itu, sebagai satu edukasi dan peningkatan diri atas warganegaranya, akan kesadaran bertoleransi antara satu dengan lainnya.

Pelajar Internasional

Tepatnya pada tanggal 17 November tahun 1939, menjadi hari paling bersejarah di dunia pendidikan dunia, terutama ketika harus kilas balik pada masa yang sangat pilu tersebut.

Berawal dari para pelajar di Cekoslowakia, serta deretan peristiwa pembunuhan berbagai pelajar serta mahasiswa karena menolak akan kependudukan Nazi, dengan hukum fasisme yang mereka bawa.

Kanker dan Paru-paru Internasional

Pada tanggal 17 November 2021 kemarin, juga memperingati hari Kanker paru-paru sedunia. Kanker paru-paru menjadi salah satu penyakit mematika di seluruh dunia.

Melansir dari beberapa literatur yang ada, mengatakan di tahun 2020, lebih dari 1 juta jiwa meninggal, dengan penyebab mengidap kanker payudara.

Geographic Information System

Kemudian di tanggal 19 November, juga sering diperingati sebagai hari sistem informasi geografi. Dimana sebenarnya, sistem ini sudah ada pada tahun 1700-an.

Namun basisnya masih di Kanada (CGIS). Adanya teknologi tersebut, bertujuan untuk menjadi satu penyimpanan data terkait inventarisasi tanah di wilayah Negara Kanada.

Pencetus utama dari teknologi ini, adalah Roger Tomlinson. Tetapi seiring berjalannya waktu, CGIS tidak dapat bersaing dengan beberapa basis teknologi geografis lain seperti MapInfo, CARIS, dan sejenisnya.

Hingga pada tahun 1900-an, teknologi GIS tersebut berkembang kembali, dan semakin merambah ke berbagai ranah wadah penyimpanan data.

Apalagi dengan basis yang sudah berubah menjadi komputer, teknologi GIS sekarang semakin banyak digunakan.

Hari Pria/Laki-laki Internasional

Mungkin yang kerap kali tercuat dan menjadi topik hangat yang terbahas di era sekarang, adalah kesetaraan gender, yang lebih sering dikaitkan dengan wanita, terlebih pada peringatan women’s day, yang jatuh pada tanggal 8 Maret.

Tetapi tanggal 19 November, jarang yang mengetahui adanya peringatan men’s day secara internasional. Pencetus dari adanya hal tersebut, ialah Dr. Jerome, seorang dosen sejarah di Universitas West Indiest.

Alasan beliau mencetuskan peringatan hari pria atau laki-laki sedunia, adalah menyadarkan kepada masyarakat dunia, bahwa ketimpangan gender, bukan hanya dirasakan oleh kaum wanita saja. Serta menghilangkan stigma negatif yang sering dirasakan oleh para pria atau laki-laki dalam kehidupa sehari-hari mereka.

Anak Sedunia

Per tanggal 20 November termasuk di tanggal 2021, sebagai peringatan untuk hari anak sedunia. Pencetusan tersebut lahir pada tanggal yang sama, di tahun 1959.

Buntut dari adanya hal tersebut, adalah agar dapat menjamin kesejahteraan anak, yang berimbas kepada pertumbuhan dan perkembangan anak dapat lebih baik lagi.

Hari Pohon

Selanjutnya ada tanggal 21 November di setiap tahun, untuk memperingati hari pohon di seluruh dunia. Adanya hari tersebut, sebenarnya untuk mengenang salah satu aktivis lingkungan yang berpengaruh dalam penanaman pohon.

Ialah Julius Sterling Morton, yakni seorang editor di majalan cetak di Amerika, beralih profesi sebagai sekretaris agrikultur serta menjadi Gubernur di Nebraskas.

Dari hal itu, beliau berjuang mengkampanyekan untuk melaksanakan penanaman pohon di Nebraskas. Hingga detik ini, beragam rancangan program kerja yang dulu beliau rancang, membuahkan hasil lambat laun ketika beliau sudah wafat.

Perhubungan Darat

Penetapan hari tersebut, sebenarnya sudah sah sejak tahun 1970-an. Yang mana bertujuan agar terus menjadi satu alarm untuk berinovasi.

Dalam bidang pengembangan alat transportasi darat, guna mensejahterakan dan memudahkan ruang gerak manusia, ketika harus pergi atau berpindah tempat, dengan jarak tempuh tertentu.

Anti Kekerasan Terhadap Perempuan Internasional

hari anti kekerasan terhadap perempuan internasional (Foto: wartapilihan.com)

Per tanggal 25 November tahun 2021 nanti, akan menjadi momen memperingati anti kekerasan terhadap perempuan secara internasional.

Tujuan adanya hal tersebut, ialah memberikan penyadaran bahwasannya kekerasan terhadap perempuan, sudah seharusnya hilang dari muka bumi ini, dalam bentuk apapun.

Terlebih dengan istilah marital rape, yang sekarang gencar menjadi perbincangan warganet. Marital rape sendiri adalah kekerasan dalam rumah tangga, dalam bentuk pemaksaan melakukan hubungan intim, yang berujung dengan melakukan sebuah kekerasan jika keinginan tersebut tidak terpenuhi.

Guru- PGRI

Tanggal 25 November nanti, juga akan menjadi satu penghormatan warganegara di seluruh wilayah Indonesia, terhadap jasa-jasa para Guru.

Organisatoris lain baca ini: Vaksin Nasional Bulan Januari – Juni

Yang rela mendedikasikan dirinya untuk mengajar beragam ilmu sebagai bekal kehidupan generasi muda bangsa, yang akan menjadi satu penentu arah kemajuan negara tercinta Indonesia, sampai detik ini.

Hari Tanpa Belanja

Per tanggal 30 November, juga akan ada perayaah hari tanpa belanja. Yang mana di seluruh dunia termasuk Indonesia, akan memperingati hal tersebut dengan cara tidak melakukan berbagai transaksi secara komersial atau pun online selama 24 jam.

Tujuan daripada momen tersebut, adalah menekan konsumerisme yang semakin merajalela, terlebih di era sekarang, semua transaksi belanja terasa lebih mudah.

Solidaritas Internasional bagi Rakyat Palestina

solidaritas bagi rakyat palestine (Foto: parstoday.com)

Kita tahu bahwa sampai detik ini, perseteruan serta genjatan senjata di Palestina terus berlangsung. Bahkan PBB pun masih memikirkan bagaimana caranya.

Agar hal tersebut dapat usai dan perseteruan tersebut bisa terselesaikan dengan baik, dan tidak merugikan antara satu dengan lainnya.

Oleh karenanya, PBB mencetuskan untuk per tanggal 29 November, menjadi hari solidaritas internasional bagi seluruh rakyat Palestine.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai hari-hari penting di bulan November, yang nanti juga akan terayakan di tahun 2021 ini.

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka:

  1. tagar.id
  2. tirto.id
  3. pikiran-rakyat.com
  4. poskota.co.id
  5. bone.go.id
  6. solopos.com
  7. malang.ayoindonesia.com
  8. ayah nasional
  9. rsmardilestari
  10. wikipedia
  11. suara merdeka
  12. wikipedia 2
  13. merdeka
  14. womanindonesia
  15. utaratimes
  16. enkosa
  17. kumparan
  18. kepanghiangkab
  19. dara
  20. opini
  21. enkosa 2
  22. cnnindonesia
  23. permitbeijing
  24. motherandbeyond
  25. idntimes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *