Pencipta olahraga permainan bola voli
Olahraga bola voli (Foto: kids.grid.id)

Siapa Pencipta Permainan Bola Voli?

Diposting pada

Pencipta permainan bola voli, adalah seseorang yang berjasa dalam memberikan tenaga dan fikirannya untuk menciptakan sesuatu yang mana sekarang menjadi salah satu olahraga bergengsi tingkat internasional. Terdapat beberapa pembahasan mengenai profil dan sejarah dari beliau.

Ayu Maesaroh – organisasi.co.id

Hai para organisator? Apa kabar? Semoga hari ini tetap diberikan kesehatan untuk terus berproduktif ya. Nah, dalam artikel kali ini akan sedikit mengulas tentang permainan bola voli.

Dimulai dari bagamana sejarah terbentuk adanya bola voli ini, yang kemudian permainan tersebut menjadi semakin banyak digemari oleh banyak kalangan.

Hal tersebut tidak lain dan tidak bukan dari ide-ide para pencipta permainan bola voli ini. Mereka dengan gigih dan bersungguh-sungguh, menciptakan permainan tersebut.

Dan menjelma menjadi salah satu olahraga yang sekarang banyak digandrungi oleh masyarakat, juga sudah sering mengikuti berbagai ajang olimpiade tingkat internasional, dengan tekad membawa harum nama bangsa.

Jadi, berikut ulasan lebih jelasnya.

Pencipta Permainan Bola Voli: Profil dan Sejarah

Pencipta dari permainan bola voli
Penemuan bola voli (Foto: genemil.com)

Permainan voli adalah salah satu olahraga yang mana lebih menitikberatkan pada permainan tangan, dengan dibantu oleh beberapa gerakan pada bagian tubuh seseorang, guna memberikan pengoperan yang bagus kepada lawan.

Sehingga seseorang tersebut dapat mengembalikan keadaan yang awal. Dalam sejarahnya sendiri, permainan bola voli tercipta oleh seseorang berhama William G. Morgan.

Yang mana kala itu beliau bertemu dengan salah satu pencetus penemuan permainan bola basket. Dari pertemuannya tersebut, memberikan ilham tersendiri bagi Morgan, untuk mencetuskan permainan bola lainnya.

Kemudian pada akhirnya, permainan yang beliau ciptakan tersebut booming, serta mendapatkan perhatian orang. Lalu permainan tersebut dikenal dengan nama Volley Ball, atau permainan bola voli.

Organisatoris lain baca ini: Voli Dan Basket, Pencipta Atlet cantik Nasional dan Dunia

Dari peristiwa tersebut juga, terciptalah berbagai organisasi resmi khusus menaungi para penggiat bola voli, yang juga mereka berniat ingin menjadi seorang atlet bola voli.

Entah organisasi tersebut berbasis internasional dan nasional. William G. Morgan sendiri merupakan pencetus dari permainan bola voli asal Amerika Serikat.

Beliau sendiri lahir pada tahun 1870. Untuk lebih jelas mengenai pembahasan ini, berikut ulasan lebih dalamnya.


Profil Pencipta dan Sejarah Permainan Voli

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pencipta daripada permainan bola voli tersebut bernama Willian G Morgan.

Yang mana beliau lahir pada tahun 1870-an. Pada masa mudanya, beliau menempuh pendidikan tinggi di universitas Springfield College, yang merupakan universitas naungan dari YMCA atau singkatan dari Young Men’s Christian Association.

Setelah lulus dan mendapat gelar, beliau pun bekerja di YMCA Jasmani pada tahun 1895, sebagai Direktur Pendidikan. Tempat kerjanya berada di wilayah Massachussets.

Beliau pun menghembuskan nafas terakhirnya di umur sekitar 72 tahun, tepatnya pada tahun1942, dengan menorehkan berbagai prestasi yang baik dalam hidupnya.

Untuk awal dari temuannya tentang bola voli ini, sebelum itu beliau bertemu dengan salah satu pencipta permainan bola basket yang bernama James Naismith.

Kemudian dari pertemuan tersebut, terbesitlah ide dari sang penemu untuk menciptakan sebuah permainan bola yang juga dapat disukai oleh masyarakat luas.

Hingga kemudian beliau pun menemukan salah satu permainan yang kini disebut sebagai volley ball. Dulu, permainan ini mempunyai nama yang berbeda. Yakni nama aslinya adalah ‘Mintonette’.

Perubahan dari ‘Mintonette’ ke ‘Volley Ball’ tersebut, membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan kemunculan daripada nama tersebut pada era modern atau abad menuju era modern.

Yang kemudian dari penemuan tersebut, menghasilakan berbagai gagasan, dengan mencanangkan organisasi secara global mengenai bola voli ini.

Yang kemudian FIVB tercipta. Hal ini juga dibarengi oleh berbagai negara termasuk Indonesia, yang mana memperkenalkan PBVSI atau singkatan dari Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia.

Tepatnya pada tahun 1955, pada tanggal 22 Januari.


Ukuran Lapangan Bola Voli

Ilustrasi ukuran lapangan bola voli (Foto: freedomsiana.id)

Dari penemuan tersebut, pada akhirnya mencetuskan beberapa aturan yang tercantum dan harus terlaksana oleh penyelenggara daripada ajang kompetisi permainan bola voli tersebut.


Termasuk dengan ukuran dari lapangan bola voli, yang harus proporsional serta sesuai dengan apa yang menjadi kesepakatan aturan.

Dan aturan tersebut pun menjelma menjadi sebuah hal yang harus terlaksana pada setiap ajang kompetisi bola voli tersebut.

Ukuran Lapangan

Seperti ukuran panjang dari lapangan bola voli. Yang mana standar dari FIVB, adalah 18 meter untuk kedua sisinya, serta lebar 9 meter.

Yang kemudian jika kita amati, akan berbentuk seperti persegi panjang. Lalu pada bagian tengah-tengah dari lapangan tersebut, terbagi atas dua bagian dengan garis yang memanjang, membagi keduanya.

Hal tersebut bertujuan untuk bisa membagi wilayah interaksi dari kedua tim, untuk berdiskusi mengenai strategi apa yang akan mereka pakai.

Organisatoris lain baca ini: Induk Organisasi Bola Voli, Nasional Dan Internasional

Garis tersebut nantinya akan ditarik sejauh 3 meter secara sejajar. Lalu pada beberapa bagian dari lapangan, terdapat area clearance, yang mana kegunaan dari area tersebut sebagai tempat untuk membalikkan serangan dari lawan.

Yang mana ukuran dari bagian belakang area ini, antara 3 sampai lebih dari 5 meter. Kemudian bagian depan pada area ini, adalah sekitar 3 sampai dengan lebih dari 4 meter.

Ukuran Nett

Seperti catatan sejarah, adapun ukuran nett yang mana sudah sesuai dengan peraturan yang ada. Ukuran dari tinggi nett antara putra dan putri berbeda.

Untuk putra, tinggi dari nett lapangan sekitar 2,40 meter lebih. Sedangkan untuk putri, tinggi daripada nett yang sesuai dengan aturan, sekitar 2, 20-an meter lebih.

Adapun tinggi tiang dari permainan bola voli, yang mana sesuai dengan kesepakatan sekitar 1 meteran. Baik untuk putri maupun putra.

Itulah beberapa peraturan mengenai lapangan bola voli yang pas sesuai dengan kesepakatan dalam catatan sejarahnya.

Atlet Fenomenal dan Cantik dalam Voli

Terlepas dari hal tersebut, ada beberapa pemain bola voli yang menjadi legenda, bahkan namanya pun terkenal seantero negara Indonesia.

Mereka membuktikan kepada dunia. Dengan memperlihatkan kekompakan, solid, dan kualitas dari permainan voli mereka.

Siapa sajakah mereka? Berikut listnya:

Wilda Siti Nurfadilah Sugandi

Adalah salah satu atlet andalan Indonesia yang sudah wara-wiri di berbagai ajang kompetisi bola voli untuk tim regu putri Indonesia.

Awal sepak terjangnya adalah pada saat ia mengikuti SEA GAMES 2011, kala itu. Dari hal tersebutlah, Wilda menjadi salah satu atlet yang sering dimandatkan untuk maju dalam berbagai pertandingan.

Seperti misalnya pada SEA GAMES 2019 kemarin, yang mana ia di dapuk sebagai lead dari tim bola voli putri. Hingga pada akhirnya membawa Indonesia ke peringkat ketiga, dengan membawa medali perunggu.

Nandita Ayu Salsabila

Ia juga merupakan atlet kebanggaan Indonesia dengan sederet prestasi yang pernah ia raih pada beragam kompetisi cabang bola voli.

Nandita sendiri lahir dari keluarga seorang atlet, bahkan ibunya sendiri juga pernah bergabung dalam Timnas Indonesia mewakili cabang olahraga yang sama.

Gadis ini terkenal modis, berparas cantik, serta masih muda, yakni berumur sekitar 20-an tahun.

Yola Yuliana

Pada masanya, Yola mempunyai berbagai prestasi untuk Indonesia ketika ia bergabung menjadi salah satu bagian dari Timnas Indonesia, untuk cabang olahraga voli.

Dengan kemampuan yang ada serta tinggi yang sangat proporsional yakni sekitar 170-an lebih, membuat siapa saja enggan berkedip ketika bertemu dengan sang mantan atlet timnas Indonesia ini. Sekarang Yola sudah menikah dengan suami yakni Kaesang Akbar.

Wahida Muntaza Arifin

Gadis yang sering disapa sebagai Tasya ini, sudah menginjak usia 20-an tersebut, mempunyai segudang prestasi ketika ia bergabung sebagai timnas Indonesia untuk cabang olahraga voli putri.

Hal tersebut merujuk ketika ia bergabung pada tim putri di SEA GAMES 2017 lalu. Tubuh mungil nan imut tersebut, ternyata di dalamnya mempunyai keahlian yakni sebagai libero di timnas putri.

Yang kemudian dari kemampuannya tersebut, melejitkan namanya, dan ikut sebagai bagian dari Timnas Indonesia.

Yolana Bheta Pangestika

Wanita kelahiran asal Kediri ini, mempunyai sederet prestasi ketika ia bergabung dengan Timnas Indonesia. Sebut saja pada tahun 2017 di ajang kompetisi SEA GAMES.

Yang mana ia bersama tim ptri bola voli, membawakan medali perak, sebagai persembahan mereka kepada Indonesia kala itu. Ia juga terkenal dengan kulit putihnya, serta lesung pipit yang manis ketika ia melempar senyuman kepada khalayak.

Itulah segelintir atlet voli Indonesia, yang tidak hanya mempunyai paras yang cantik, namun mereka juga memiliki kemampuan untuk bisa berkompetisi, dan menuaikan berbagai prestasi, dengan harapan bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Induk Organisasi Permainan Bola Voli

FIVB logo (Foto: fivb.com)

Sejarah mencatat, bahwasannya pencipta permainan bola voli memiliki organisasi resmi yang mana bertujuan untuk menaungi para penggiat dari olahraga bola voli tersebut. Begitu juga dengan Indonesia.

Yang mana mendirikan organisasi resmi bola voli, termasuk mengadakan berbagi ajang kompetisi bertaraf nasional, sehingga bisa menyaring berbagai atlet yang mampu bersaing pada kancah internasional.

Berikut penjelasannya.

Induk Organisasi Bola Voli Internasional

Organisasi resmi bola voli pada kancah internasional adalah FIVB. Yang mana terbentuk dan ada pada tahun 1940-an, tepatnya di Paris Prancis.

Yang mana kala itu para anggota mulai memilih siapa presiden dari organisasi tersebut. Hingga pada akhirnya Paul Libaud menjadi presiden pertama organisasi tersebut.

Kemudian merancang berbagai kegiatan, seperti mempromosikan olahraga bola voli ke berbagai negara, setelah itu mengadakan berbagai perlombaan bola voli tingkat internasional.

Organisatoris lain baca ini: Dunia Olahraga Sepak Takraw Skala Internasional dan Nasional

Awalnya organisasi tersebut pada catatan mengenai pencipta permainan dari bola voli ini, sekitar 14 federasi dari berbagai negara yang tergabung.

Lambat laun serta pergantian kepemimpinan, Federasi ini sekarang sudah mempunyai anggota lebih dari 200 federasi, yang terbagi atas 5 wilayah federasi di dunia.

Organisasi Bola Voli Nasional

Indonesia sendiri mempunyai sebuah organisasi bola voli, yang mana secara resmi sudah mendapatkan pengakuan dari Pemerintah.

Ialah PBVSI, yang telah berdiri pada tahun 1955, tepatnya tanggal 22 Januari. Dari kemunculan organisasi tersebut, pengadaan kompetisi bola voli tingkat nasional pun tergelar untuk pertama kalinya.

Hingga pada akhirnya sampai sekarang, PBVSI sudah mencetak berbagai atlet bola voli kebanggaan Indonesia, yang mana memiliki kemampuan luar biasa, dan mempunyai daya saing terhadap perlombaan tingkat internasional.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai pencipta permainan bola voli. Dengan berbagai pembahasan yang ada, kita bisa lebih paham mengenai permainan bola voli ini.

Juga menjadi referensi untuk bisa lebih yakin, dalam keinginan untuk mewujudkan cita-cita menjadi bagian dari Timnas Indonesia. Mengharumkan nama bangsa.

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka

  1. https://voi.id/memori/40557/olahraga-bola-voli-sejarah-peraturan-dan-ketentuan-dalam-permainan
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/William_G._Morgan
  3. https://www.suara.com/bola/2020/12/08/081733/inilah-ukuran-lapangan-bola-voli-standar-nasional-dan-internasional?page=all
  4. https://www.boombastis.com/atlet-voli-cantik/131787
  5. https://id.wikipedia.org/wiki/Federasi_Bola_Voli_Internasional
  6. https://theinsidemag.com/sejarah-bola-voli/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *