Federasi renang internasional
Contoh perlombaan renang (Foto: kajianpustaka.com)

Federasi (Organisasi) Renang

Diposting pada

Federasi renang internasional, merupakan wadah bagi para penggiat olahraga renang dengan segala kemampuan yang mereka punya agar terus di asah, serta mengubah diri mereka untuk menjadi kebanggaan bagi negaranya pada kancah internasional. Berikut pembahasannya.

Ayu Maesaroh – organisasi.co.id

Hai para organisator, bagaimana kabar kalian hari ini? Masih sering melaksanakan berbagai olahraga bukan? Jangan sampai kita lalai karena tidak melaksanakan olahraga secara rutin.

Karena bagaimanapun di era pandemi seperti ini, kita harus benar-benar menjaga kesehatan tubuh, stamina tubuh, agar tidak mudah terjangkit bakter ataupun virus yang dapat menyebabkan kita terkena penyakit tertentu.

Mengingat harta yang paling mahal dalam agama apapun, adalah sebuah kesehatan. Karena dengan tubuh kita sehat, kita bisa melaksanakan aktifitas apapun yang ingin kita lakukan.

Juga bisa makan makanan yang ingin kita makan, dan sebagainya. Dan jika bingung olahraga apa yang bisa dilakukan, kalian bisa melakukan olahraga yang mudah seperti lari pagi, yoga di rumah, HIT cardio di rumah.

Ataupun melakukan olahraga renang. Dan bicara masalah olahraga renang, kali ini kita akan membahas mengenai salahs atu organisasi internasional renang, yang menaungi berbagai kegiatan pertandingan di tingkat dunia.

Berikut pembahasannya:

Federasi Renang Internasional dan Nasional

Adanya organisasi terbentuk, pasti terbesit sebuah tujuan yang ingin dicapai, yang kemudian pada akhirnya berujung membuat beragam kegiatan yang ingin terlaksana.

Lalu kemudian organisasi tersebut mulai mencari para kandidat yang ingin masuk dan bergabung ke organisasi tersebut. Mereka yang sama dengan pola pikir dari organisasi tersebut, dan sebagainya.

Akhirnya menemukan wadah yang bisa menjadi tempat aspirasi dalam mengemukakan pendapat sesuai dengan apa yang menjadi keresahan para anggota.

Begitu juga dengan para federasi yang ada dan terbentuk, khususnya untuk bidang renang. Di dunia sendiri organisasi renang yang terkenal adalah FINA, atau singkatan dari Federation Internationale de Natation.

Organisatoris lain baca ini: Snorkeling dan Diving: Pengertian Hingga 3 Perbedaan

Organisasi tersebut terbentuk pada tahun 1908, tepatnya tanggal 19 Juli. Dengan jumlah anggota awal ada 9 negara, yang kemudian sekarang sudah mempunyai lebih dari 100 anggota negara.

Indonesia sendiri yang merupakan organisasi tahap nasional, mempunyai organisasi bernama PRSI, atau singkatan dari Persatuan Renang Seluruh Indonesia.

Organisasi ini terbentuk pada tahun 1951, tepatnya pada tahun 21 Maret. Kemudian mendapatkan surat SK sebagai organisasi resmi bidang renang yang mana bisa menjadi wadah para penggiat renang.

Ialah pada tahun 20212 tepatnya pada tanggal 5 Maret. Untuk lebih jelas mengenai keduanya, berikut ulasan selengkapnya:


Sejarah Berdirinya FINA

Sejarah federasi renang internasional
FINA logo (Foto: fina-brand.com)

FINA atau singkatan dari Federation Internationale de Natation, adalah salah satu organisasi renang tingkat dunia yang telah ada sejak tahun 1908.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, dulu organisasi ini hanya mempunyai anggota sebanyak 9 negara yang ada di dunia.

Namun lambat laun dan semakin banyak orang yang menyukai olahraga renang ini. Hingga pada akhirnya federasi tersebut telah mempunyai sekitar lebih dari 100 anggota negara.

Yang kemudian anggota tersebut terbagi atas beberapa federasi renang, namun tetap berada di bawah naungan federasi renang internasional ini.

Beberapa wilayah federasi renang tersebut antara lain:

  • ASUA yang berbasis di Amerika Serikat dengan jumlah anggota sebanyak 40 anggota yang tersebar di seluruh wilayah Amerika.
  • LEN adalah federasi tingkat Eropa, yang telah mempunyai 51 anggota, dan tersebar di wilayah Eropa.
  • OSA, yang berbasis di tingkat Oaseania, dengan anggota yang ada di seluruh wilayah Oaseania.
  • AASF, berbasis di tingkat Asia, dengan jumlah anggota sebanyak 43 anggota yang termasuk dalam negara yang berada di ranah wilayah Asia
  • CANA, adalah federasi renang pada tingkat Afrika. Jumlah anggota dari wilayah federasi ini sekitar 45 anggota yang tersebar di berbagai wilayah negara yang termasuk dalam benua Afrika.

Kantor resmi FINA, berada di Swiss, tepatnya di Laussane. Selain itu federasi renang dengan basis internasional ini, juga bertanggungjawab atas beberapa hal yang menyangkut dunia renang.

Contohnya adalah menjadi induk organisasi dari pola air, lalu renang indah, serta renang pada perairan terbuka. Tidak heran pada periode tahun tertentu, FINA akan menyelenggarakan kompetisi basis internasional.


Atlit Renang yang Memiliki Penampilan Menawan

Atlet renang dunia yang menawan (Foto: merdeka.com)

Yang pasti, dari sebuah organisasi tertentu akan melahirkan bibit unggul yang menjadi kebanggaan tersendiri bagi organisasi tersebut.

Hal tersebut juga berlaku kepada organisasi federasi renang taraf internasional ini. Yang mana beragam anggota dari organisasi tersebut, mempunyai jebolan atlet yang sangat berbibit unggul.

Bukan hanya kepiawaiannya dalam melakukan bermacam gaya renang yang ada. Namun juga ketampananan dan karismatiknya pun mengikuti para atlet ini.


Berikut daftar para atletnya:

Sun Yang

Atlet satu ini bisa dibilang sebagai atlet yang sangat mahsyur dengan ketampanan yang ia miliki. Bukan hanya itu, badan yang atletis pun membuat siapa saja akan merasakan jatuh cinta pada pandangan pertama.

Meski demikian, atlet Sun Yang juga dikenal dengan beberapa attitude-nya yang kurang baik. Sehingga mendapatkan berbagai permasalahan yang cukup serius.

Namun dari berbagai pemberitaan yang ada dan pernah menyenggol namanya, nyatanya Sun Yang berhasil menjadi atlet renang yang berprestasi dengan memegang rekor sebagai atlet renang dengan mendapatkan 5 medali emas dalam sepak terjang karirnya.

Ning Zetao

Atlet dari China lainnya adalah Ning Zetao. Ia merupakan atlet dengan bentuk badan yang atletis, menawan, dan lainnya. Sehingga pada Olimpiade Rio 2016 lalu, ia banyak mendapatkan perhatian.

Zetao pun pernah memecahkan rekor sebagai perenang tercepat, dengan waktu renang yang ia butuhkan hanya 48 menit untuk jarak 100 M. Namun di usia yang masih muda yakni 26 tahun, Zetao memilih untuk pensiun dalam dunia renang.

Li Zhuhao

Selanjutnya ada Li Zhuhao, yang juga atlet berasal dari China, dengan anugerah ketampanan dan badan yang atletis. Membuat siapa saja akan jatuh cinta padanya.

Organisatoris lain baca ini: Induk Olahraga Ski Air: 4 Peralatan dan Teknik

Disamping itu, Li juga pernah memecahkan rekor dengan mendapatkan medali perak di ajang Asian Games 2019, dengan waktu yang diperlukan untuk berenang, sekitar 51, 46 detik saja.

Won Young Jun

Atlet renang asal Korea Selatan ini, juga pernah memecahkan rekor di ajang World Champion pada tahun 2017, yang diadakan di Budapest. Ia pada spesialisasi gaya renang backstroke.

Dengan hanya mempunyai waktu tempuh sekitar 25, 2 detik saja. Young Jun sendiri lahir pada tahun 1998, yang mana sekarang umurnya sudah menginjak 22 tahun.

Cha Gyu Cheol

Cha Gyu Cheol ini, merupakan atlet dari Korea Selatan dengan spesialisasi renang gaya kupu-kupu. Hingga keahliannya tersebut menghantarkan dirinya pada rekor renang gaya kupu-kupu, pada perlombaan Summer Youth Olympics pada tahun 2010, yang terselenggara di Singapura.

Itulah beberapa pembahasan mengenai beberapa atlet tampan yang pernah menghiasi kancah olimpiade renang internasional.


Federasi Renang Nasional

PRSI logo (Foto: id.wikipedia.org)

Setelah menyinggung organisasi federasi renang tingkat dunia atau internasional, selanjutnya adalah organisasi renang tingkat Nasional.

Apalagi jika bukan PRSI atau singkatan dari Persatuan Renang Seluruh Indonesia. Organisasi terbentuk dan ada pada tahun 1951, tepatnya pada tanggal 27 Maret.

Pencetus pertama yang menginginkan adanya organisasi untuk menaungi para pecinta atau penggiat olahraga renang ini, adalah Prof. Dr. Poerwo Soedarmo. Dan sekarang PSRI sudah memiliki sekitar 34 anggota yang tersebar di banyak wilayah di Indonesia.

Organisasi ini juga sudah mendapatkan SK resmi oleh pemerintah pada tahun 2012, tepatnya pada tanggal 5 Maret. dan juga sering melakukan Munas setiap 4 tahun sekali.

Untuk ketua umum sekarang yakni Anindya Novyan Bakrie, dengan dibantu oleh beberapa wakilnya, sampai dengan wakil ketua 5.

Kemudian ada sekretaris di bawahnya, lalu bendahara sebagai pengurus daripada keuangan yang masuk dan keluar untuk berbagai kepentingan dari organisasi.


Atlit Renang Indonesia yang Menawan

Atlet renang Indonesia tertampan (Foto: bola.com)

Terlepas dari hal tersebut, Indonesia juga mempunyai para atlet renang yang menawan, bahkan membuat siapa saja akan terpana dengan ketampanan yang dimiliki. Berikut daftarnya:

I Gede Siman Sudartawa

Merupakan salah satu atlet renang kebanggaan dari Indonesia, asal Bali yang membuat siapa saja akan langsung melirik kepadanya.

Pasalnya, ia mempunyai kriteria sebagai sosok idola idaman oleh para kaum hawa, mengingat ia mempunyai paras yang karismatik, serta badan yang sangat atletis.

Raymond Sumitra Lukma

Adalah salah satu atlet renang yang juga banyak dieluhkan oleh masyarakat Indonesia. Pemuda yang sudah menginjak 23 tahun ini, pernah memberikan torehan prestasi kepada Indonesia.

Seperti misalnya pada tahun 2017, ia mendapatkan medali perunggu untuk cabang olahraga renang pada ajang olimpiade Asian Games, yang terselenggara di Mayasia.

Gagarin Nathaniel Yus

Gagarin sendiri merupakan atlet renang kebanggaan Indonesia asal Jakarta, dengan sederet prestasi yang ia persembahkan kepada Indonesia.

Membuat siapa saja terkagum padanya. Tak hanya itu, ia juga terkenal dengan sisi karismatik serta tubuh yang sangat atletis. Membuat siapa saja akan merasakan gejolak keterkaguman pada dirinya.

Manfaat Olahraga Renang bagi Tubuh

Terlepas dari adanya federasi renang internasional yang menjadi wadah bagi para penggiat olahraga renang dengan segala kemampuan yang mereka punya.

Olahraga renang ternyata memberikan faedah yang sangat banyak bagi siapa saja yang ingin tekun dan serius untuk mempelajari olahraga renang ini. Beberapa faedah atau manfaatnya antara lain:

Kesehatan Jantung Terjaga

Kita sudah paham sebelumnya, bahwa sampai detik ini penyakit serangan jantung menjadi penyakit mematikan di seluruh belahan dunia.

Bahkan pengobatannya pun membutuhkan waktu yang cukup lama. Jadi sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan jantung.

Massa Otot Terbentuk dengan Baik

Mempunyai masa otot yang sangat lama, merupakan hal yang sangat baik, guna mempertahankan kelenturan daripada otot.

Sehingga kemungkinan kecil untuk terkena cedera ketika melakukan segala sesuatu yang membutuhkan tenaga yang cukup banyak.

Menghindarkan Diri dari Obesitas

Seperti yang kita ketahui, bahwasannya penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang sampai sekarang belum ada obat secara sempurna untuk bisa benar-benar menyembuhkan penyakit tersebut.

Organisatoris lain baca ini: Badan Pembina Olahraga Cacat (BPOC): Konsep Organisasi

Dan awal daripada diabetes tersebut adalah pola makan yang kurang terjaga, sehingga kita obesitas, lemak ada di berbagai bagian dari tubuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk kita menjaga berat badan tubuh tetap ideal dengan melakukan olahraga renang ini.

Penutup

Itulah beberapa ulasan mengenai federasi renang internasional. Yang mana telah membahas berbagai sisi dari pembahasan tersebut.

Mulai dari sejarahnya, pencetus, hingga kepada alasan daripada pembentukan organisasi tersebut, yang mana salah satunya adalah menjadi wadah untuk para penggiat olahraga ini.

Lewat dari mereka mengembangkan bakat mereka di bidang renang, yang kemudian beralih menjadi seorang atlet profesional, yang dapat mengharumkan nama Indonesia di mata dunia.

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka

  1. https://id.wikipedia.org
  2. https://narmadi.com
  3. https://juara.bolasport.com
  4. https://pbprsi.org
  5. https://www.genpi.co
  6. https://www.alodokter.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *