Pengertian Atlet Dan Atletik: 6 Definisi dan Kriteria

Pengertian atlet
(Foto: cirebonraya.pikiran-rakyat.com)

Pengertian atlet pada salah satu cabang olahraga, yang diperlombakan melalui olimpiade. Memahami pengenalan dasar atletik dan atlet sangat penting sehingga dapat memenuhi minat untuk gerak dan beraktivitas.Fifih Fauziyah, Konsep Organisasi – organisasi.co.id

Atletik merupakan cabang olahraga terdiri dari berbagai gabungan olahraga fisik, misalnya olahraga lompat, lari, serta jalan.

Bacaan Lainnya

Sekarang ini, atletik menjadi salah satu diantara olahraga umum yang mana seluruh penjuru dunia memainkannya. Atletik ini sudah menjadi olahraga yang memiliki skala internasional.

Bahkan hampir semua Negara yang ada di dunia seringkali terlibat pada perlombaan cabang tersebut, termasuk di Negara Indonesia.

Atletik secara bahasa berasal dari Yunani, yaitu Athlon artinya berlomba maupun bertanding.

Atletik sendiri mempunyai pengertian dan istilah lain berasal dari berbagai bahasa, yaitu athletics – Inggris, Athletiek – Belanda, Athletuque-Perancis, serta Athletik-Jerman.

Selain itu, dianggap merupakan olahraga sederhana karena sama sekali tidak memerlukan banyak perlengkapan serta alat-alat begitu rumit.

Atletikpun tidak membutuhkan pembiayaan besar apabila ingin menekuninya.

Atletik memiliki manfaat agar dapat tingkatkan daya tahan, kekuatan, kelenturan, kecepatan, koordinasi, serta kemampuan-kemampuan biomotorik lain.

Atlet pengeejaannya sering disebut dengan istilah atlit, maupun olahragawan yang mahir olahraga serta bentuk lainnya berupa latihan jenis fisik.

Berdasarkan KBBI, atlet merupakan olahragawan, terutama ikuti perlombaan maupun pertandingan yang berhubungan dengan ketangkasan, kekuatan serta kecepatan.

Pada berbagai cabang olahraga, atlet harus memiliki kemampuan fisk lebih tinggi. Seringkali digunakan agar dapat merujuk terhadap peserta atletik.

Dari uraian tersebut bisa kita tarik kesimpulan bahwa atlet adalah individu memiliki peran pada sebuah aktivitas pada bidang olahraga serta bakat, keterampilan, ataupun motivasi yang merupakan kebutuhan terhadap cabang olahraga untuk bisa memperoleh prestasi setinggi-tingginya.

Kemudian dikumpulkan pada sebuah program pelatihan lebih khusus serta intensif berdasarkan cabang olahraganya sendiri.

Definisi Atletik Oleh Beberapa Pakar

Pentingnya perkembangan atletik hingga sekarang ini para ahli menyampaikan teori, gagasan, pengertian, pendapat, pemberi arah supaya atlet tidak melenceng, dan tidak jauh dari perkembangan serta sejarahnya sekarang.

Para ahli penting sekali akan perkembangan atletik sampai sekarang ini, hingga banyak teori maupun gagasan yang masih tetap berlaku untuk bahan pembelajaran pada setiap kelas.

Organisatoris lain baca ini: Legendaris Bulu Tangkis Dunia: Pengertian, 10 Atlet

Untuk memahami atlet dari pengertian sampai teorinya, tidak salah dan wajar sekali apabila semuanya mengacu terhadap pendapat ahli terkait pengertian atletik.

Berbagai Pakar Dalam Pengertian Atletik

Adapun pengertian berdasarkan ahli berikut ini.

Pendapat Eddy Purnomo

Pendapat Edi Purnomo ini pengertian atletik merupakan aktivitas maupun kegiatan jasmani terdiri dari gerakan dasar harmonis serta dinamis yaitu jalan, lempar, lari dan lompat.

Apabila kita lihat dari arti maupun istilah ‘atletika’ berasal dari Yunani yaitu Athlon maupun Athlum artinya sebagai Perlombaan/Pertandingan maupun Lomba.

Pendapat Mochammad Djumidar A. Widya

Pendapat Djuminar atlet merupakan sebuah unsur dari pendidikan kesehatan jasmani, merupakan pengertian dari komponen pendidikan secara keseluruhan yang memperioritaskan akivitas fisik dan adanya pembinaan pengembangan jasmanis, sosial, mental serta emosional secara serasi, seimbang dan selaras.

Pendapat Sukirno

Berdasarkan pendapat Sukirni, pengertian atletik merupakan olahraga paling tua serta merupakan induk dari berbagai cabang olahraga, maka itu atletik seringkali menjadi the mother of sport.

Pendapat Eri Periatma

Atletik merupakan sebagian besar aktivitas ini berlangsung di lapangan serta lintasan, orang-orang inggris menyebutnya atletik ini pengertian dari track n field sport. Yang mana track tersebut artinya lintasan, field artinya lapangan.

Pendapat Muhajir

Pendapat Muhajir, pengertian atletik merupakan olahraga tumbuh kembangnya bersamaan bersama aktivitas alami manusia.

Meloncat, berlari serta melempar yaitu bagian tidak terpisahkan dari sejarahnya yang panjang dalam kehidupan Indonesia.

Pendapat Woeryano

Berdasarkan Woeryanto, pengertian atletik ini merupakan dasar cabang olahraga misalnya bulutangkis, sepakbola, hockey, basket serta lainnya.

Cabang olahraganya memerlukan kecepatan, kekuatan serta daya tahan, sedang atletik unsur tersebut telah terbina dengan seksama.

Cabang dalam Dunia Atletik

Pengertian atlet
(Foto: cnnindonesia.com)

Di bawah ini cabang olaharaga dunia atletikan dari setiap nomor yang seringkali dipertandingkan.

Jalan cepat

Jalan cepat merupakan satu-satunya cabang atletik masuk pada nomor jalan. Berbeda dengan jalan biasa, jalan cepat ini mempunyai aturan tersendiri harus kita ikuti sebagai para atlet yang tanding.

Sepintas, cara olahraga tersebut terlihat sedang lari-lari kecil.

Pada olahraga jalan cepat, kedua kaki maupun salah satunya harus ada yang nyentuh tanah, sedang pada lari terdapat sebuah fase singkat saat tubuhnya seperti melayang.

Pada jalan cepat, memerlukan pula bahu serta sendiri panggul fleksible. Harus mengayun menggunakan siku dengan bentuk 900 misalnya saat melakukan jogging namun langkah kakinya tetap mendatang bukan lompat.

Lari jarak pendek

Lari jarak menjadi nomor pada cabang atletik favorit.

Bahkan juara dalam 100m lari cepat meraih gelar kehormatan untuk manusia paling cepat di dunia ialah pelari dari Jamaika.

Berdasarkan teknik lari pada atlet, beberapa pengertian tersebut harus kita perhatikan yaitu ayunan lengan harus tetap kita perhatikan pula, begitupun kecondongan badan berdasakan jenis maupun tipe lari, harmonisasi gerakan tungkai serta lengan serta pengaturan napas.

Lari jarak menengah

Salah satu cabang atletik yang pertandingkan dengan resmi pada banyak kejuaraan.

Teknik lari menengah berbeda sedikit bersama jarak pendek, karena seiring bertambahnya tempuh maka mempengaruhi cara lari sampai teknik pernapasan.

Jenis ini pada umumnya pertandingkan pada 2 jenis jarang tempuhnya yaitu 800m serta 1500m.

Lari jarak jauh

Lari yang satu ini disebut pula dengan marathon.

Meskipun pemenangnya sudah ada pemutusan dari setiap waktu tempuh paling pendek, tetapi atlet jarak jauh akan lari dengan kecepatan lebih rendah tetapi stabil supaya menyelesaikan sampai garis finish.

Perlombaan resmi, masuk pada lomba lari merupakan mulai dari 3km sampai 42km.

Lari rintangan

Seringkali tersebut dengan lari gawang, cabang atlet ini harus lari sambil usaha melalui rintangan dengan bentuk gawang yang menempatkan pada track lari.

Pertandingan tersebut biasanya untuk putri gawang 100m, serta 110m untuk putra dan 3000m halang rintang.

Lompat jauh

Jenis pada cabang ateltik ini dibagi pada 2 jenis lompatan yaitu lompatan vertikal serta horizontal. Lompat jauh ini masuk pada cabang horizontal.

Dengan cara memindahkan bandannya sejauh mungkin. Jenis lompatan tersebut membutuhkan teknik.

Lompat tinggi

Lompat tinggi adalah kelompok lompat masuk pada lompatan secara vertikal. Cabang olahraga tersebut, orang-orang yang melakukannya harus memindahkan badan tanpa bantuan apapun setinggi-tingginya.

Selain di atas, terdapat beberapa cabang atletik lainnya seperti lompat galah, lempar lebing, tolak peluru, lempar cakram, dan lempar martil.

Pengertian Atlet

Berdasarkan KBBI, atlet merupakan olahragawan, terutama bagi yang ikut perlombaan maupun pertandingan.

Atlet adalah profesi yang berkompetisi serta menekuni satu maupun lebih pada bidang olahraga, dengan menggunakan kekuatan, kecepatan fisik, ketangguhan di dalamnya.

Organisatoris lain baca ini: Olahraga Tradisional: Pengertian, Tujuan, Hingga Sejarah

Pada berbagai cabang olahraga, atlet harus memiliki kemampuan fisik lebih tinggi daripada kalangan orang biasa.

Tugas utama seorang atlet yaitu berkompetisi, untuk memenangkan kompetisinya, atlet harus melakukan latihan agar bisa meningkatkan kekuatan, keahlian serta ketangguhan diri untuk terus bersaing bersama atlet yang lain.

Pada kompetisi, atlet dapat berkompetisi baik dengan berkelompok maupun individu. Atletpun harus tetap aktif tanding agar dapat mengasah kemampuannya berdasarkan bidang digeluti.

Kriteria Menjadi Atlet

Sebagian kalangan yang meniti karier pada bidang olahraga salah satu opsi menarik yang dapat Anda jajal pada masa depan.

Atlet salah satunya, yang dapat dikatakan the star of the show pada bidang tersebut. Sama halnya dengan profesi-profesi lainnya, menjadi atlet harus cocok-cockan.

Maksudnya, harus memiliki modal untuk bisa menunjang standar kompetisi sebagai atlet. Tidak hanya sekedar fans dengan cabang olahraga tertentu serta sering nonton pertandingan yang dapat membuat Anda layak untuk berprofesi atlet.

Menyenangi mata pelajaran pendidikan jasmani

Jika Anda merasa hal demikian selama masa kecil, saat masih di bangku SD dan bercita-cita menjadi atlet, hal ini pengertian tanda awal Anda mulai dapat mempertimbangkan diri untuk menjadi seorang atlet professional sebagai jalan karir.

Tidak menganggap olahraga hanya hobi

Seseorang yang asli memiliki passion besar pada sebuah hal tentunya tidak akan setengah-setengah saat terjun ke dunianya.

Begitupun apabila Anda mempunyai passion yang besar di bidang olahraga, apalagi cita-citanya menjadi atlet. Tentunya akan merasa rugi besar jika menjalaninya tidak sepenuh hati.

Mempunyai kecerdasan fisik

Kecerdasan manusia terdapat 9 jenis, salah satunya yaitu kecerdasan fisik, kecerdasan yang mempunyai arti Anda bisa andalkan kekuatan fisik secara optimal untuk mengerjakan banyak hal, Andapun dapat lihai pula dalam seimbangkan kesinergisan antara badan dan pikiran Anda.

Mempunyai fisik mendukung

Berbicara mengenai fisik, Andapun tidak boleh melupakan jika Anda harus mempunyai bentuk fisik mendukung terhadap kualifikasi olahraga yang menjadi favorit Anda.

Seperti, bentuk fisiknya yang ideal pebasket pasti akan berbeda dengan pesenam lantai.

Biasa hidup sehat

Banyaknya melakukan aktivitas fisik, tentunya atlet pasti dituntut agar dapat menjaga gaya hidupnya sesehat mungkin.

Untuk siapapun yang telah terbiasa pola hidup sehat, artinya Anda tidak kesulitan keep up bersama athletes life

Atlet Tercantik Indonesia Yang Melegenda

(Foto: jawapos.com)

Beberapa atlet tercantik Indonesia yang masih melegenda hingga sekarang akan di bahas berikut ini.

Alvina Tehupeiory

Seorang spinter dari Maluku, pada 2019 Avina pecahkan rekor nasional untuk 200m, sudah terpilih oleh PBPASI isi kuota atlet Olimpiade Tokyo 2020 meski sempat tertunda.

Sebelum itu, tidak sedikit prestasi yang sudah ia ukir, yaitu menjadi juara 1 400m PON XIX Jabar pada 2016 salah satunya.

Avina torehkan waktu yang terbaik yaitu 23,75 detik maupun dari rekor lamanya mampu lebih cepat 11detik.

Alvina berhasil kalahkan lawannya yaitu Livia Rizki Jawa Tengah mencatat 25,03 detik, serta Sri Mayasari Sumatera Selatan 25,31 detik.

Jeany Nuraini

Ia memiliki usia masih termasuk belia, prestasi menorehkan banyak harapan remaja cantik  yang satu ini tidak dapat kita remehkan. Jeany sapaan akrabnya adalah spinter muda di Indonesia.

Jeany telah terkenal spiner remaja tercepat di Indonesia pada 3 tahun berturut-turut, yaitu di Kejurnas 214, 2015 serta 2016. Pada 2017 Jeany sukses menyabet 2 medali emas pada nomor 100m serta 200m.

Awal 2018, Jeany sukses mendapat podium pertama pada nomor 100m putri Asia School Game Malasyia. Yang tampil di SEA Games pada 2019 lari 4x100m dan 4×100 campuran.

Indonesia tentunya menampilkan atlet-atlet yang hebat nan berprestasi. Selain itu, Indonesiapun memiliki atlet-atlet yang cantik bahkan melegenda hingga kini.

Daftar Pustaka

  1. Definisi atletik
  2. Atlet putri Indonesia
  3. Atlet profesional
  4. Definisi atlet
  5. Definisi dan jenis cabang olahraga atlet
  6. Ciri atlet profesional
  7. Jenis cabang olahraga
  8. Cabang olahraga selain lari
  9. Olimpiade Tokyo 2020

Pos terkait